• Home
  • Berita
  • 5 Alasan Mengapa Kolak Pisang Jadi Pilihan Berbuka Puasa

5 Alasan Mengapa Kolak Pisang Jadi Pilihan Berbuka Puasa

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.


Hi DomaiNesians! Puasa sudah berlangsung beberapa hari nih. Apa menu favorit kamu untuk berbuka puasa? Pastinya kolak pisang juga masuk di daftar menu buka puasa kamu kan? Mau tahu mengapa kolak pisang jadi menu favorit buka puasa di Indonesia? Mau tahu sejarah kolak pisang? Pengen tahu juga apa sih manfaat dan cara membuat kolak pisang? Oke, karena bertepatan dengan bulan ramadhan maka kali ini DomaiNesia akan membahas 5 alasan mengapa kolak pisang jadi pilihan! Yuk ikuti penelusuran kami berikut ini.

5 Alasan Mengapa Kolak Pisang Jadi Pilihan

Kolak pisang bisa menjadi menu wajib untuk berbuka puasa. Ketahui 5 alasan mengapa kolak pisang bisa jadi pilihan!

1. Memiliki Filosofi Tersendiri

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa harus ada kolak pisang di meja makan saat berbuka puasa? Seakan-akan kolak pisang adalah menu wajib yang tidak bisa ditinggalkan pada saat bulan ramadhan. Selain cara membuat kolak pisang yang mudah, ternyata kolak pisang punya sejarah juga lho DomaiNesians! Dikutip dari merahputih, nama kolak diambil dari kata “Khalik” yang artinya Tuhan pencipta alam semesta yaitu Allah SWT. Sedangkan isian kolak ternyata juga memiliki arti tersendiri lho! Kolak bisa dimasak dengan berbagai isian seperti pisang, ubi ataupun labu. Nah, jika kamu memasak kolak pisang dengan menggunakan pisang kepok maka artinya ada harapan bagi masyarakat agar “kapok” untuk berbuat dosa. Jika memakan kolak pisang kepok, terkandung harapan bahwa orang yang memakannya tidak ingin berbuat dosa lagi serta segera bertobat kepada Allah SWT. Berbeda lagi dengan kolak ubi. Kolak ubi memiliki filosofi masyarakat harus mengubur kesalahan- kesalahan yang pernah dilakukan.

cara membuat kolak pisang
Sumber: Pexels

2. Sebagai Media Persebaran Agama Islam

Sejarah mengatakan bahwa Islam berkembang cukup pesat di Indonesia khususnya pulau Jawa. Ternyata kolak pisang memiliki peran yang cukup penting lho! Pada saat islam baru masuk di Indonesia, para ulama menggunakan kolak pisang sebagai media penyebaran agama islam kepada masyarakat di Jawa. Kolak pisang hanya disajikan satu bulan menjelang Ramadhan saja. Nah lama kelamaan kolak pisang ini berlanjut hingga bulan Ramadhan sebagai menu berbuka puasa. Selain cara membuat kolak pisang mudah, rasanya yang manis membuat menu ini banyak disukai masyarakat.

3. Membuat Badan Kita Kembali Fit

Dikutip dari CNN Indonesia, Ika Setyani, Ahli Gizi Siloam MRCC Semanggi mengatakan bahwa semangkuk kolak pisang setara dengan 200 gr nasi atau 1 mangkuk nasi cetak. Misalnya kolak pisang menggunakan berbagai bahan seperti 200 gr pisang tanduk, 40 gr gula merah, 20 gr labu kuning, 20 gr ubi serta 80 ml santan. Dari isian tersebut memiliki nilai gizi 10,9 lemak, 55,34 karbohidrat, 0.98 protein serta 306,42 energi dalam 1 mangkuk. Bayangkan saja, 1 mangkuk kolak pisang memiliki kalori setara dengan 1 mangkuk nasi. Ditambah rasanya yang manis, maka mengkonsumsi kolak pisang bisa bermanfaat untuk memulihkan kondisi tubuh setelah berpuasa. Dikutip dari halodoc, pisang memiliki kandungan gula seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa. Satu buah pisang mampu memenuhi 16% dari total kandungan serat yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu, kolak pisang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan selama melakukan ibadah puasa.

cara membuat kolak pisang
Sumber: CNN Indonesia

4. Kolak Pisang Bagus Untuk Ibu Hamil

Kolak pisang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil lho DomaiNesians! Kolak pisang kaya akan asam folat yang baik untuk perkembangan janin! Selain pisang, di dalam kolak pisang terdapat santan dan gula merah. Dikutip dari halodoc, Lemak pada santan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini merupakan penyebab serangan jantung mendadak yang akhir-akhir ini banyak menyerang kaum muda maupun tua. Namun, jangan mengkonsumsi santan yang berlebihan ya. Semua yang berlebihan itu tidak baik! Gula merah yang terkandung pada kolak pisang mengandung asam lemak, polifenol, senyawa antioksidan serta sejumlah mineral seperti zat besi, zinc, kalsium, dan kalium.

5. Cara Membuat Kolak Pisang Mudah dan Cepat

Sekarang kamu sudah tahu sejarah kolak pisang serta manfaatnya. Nah, bagaimana cara membuat kolak pisang? Cara membuat kolak pisang sangatlah mudah. Hanya butuh pisang, gula merah, santan, daun pandan dan air. Pertama, potong pisang sesuai selera lalu didihkan air. Setelah mendidih, masukkan daun pandan serta gula merah. Kamu juga bisa menambahkan gula pasir dan vanili agar lebih mantap. Kedua, setelah mendidih silahkan masukkan santan perlahan-lahan lalu aduk. Terakhir masukkan pisang yang telah dipotong-potong. Voila! Kolak pisang sudah siap dihidangkan untuk menu berbuka puasa!

KOLAKPISANG : Promo Buka Puasa DomaiNesia

cara membuat kolak pisang

Apa yang baru lho dari kolak pisang! Kamu bisa gunakan kode kupon “KOLAKPISANG” untuk mendapatkan diskon hosting 30% selamanya untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Selain untuk registrasi layanan baru, promo ini juga dapat digunakan untuk perpanjang layanan hosting atau VM (Virtual Private Server) yang kamu miliki. Ehh karena kolak pisang adalah menu wajib berbuka puasa, maka promo diskon ini hanya berlangsung pada pukul 17.00 hingga 19.00 saja ya! Kamu bisa menikmati kolak pisang sambil melakukan order hosting dengan santai bersama keluarga! Bagaimana caranya? Caranya mudah sekali! Kamu tinggal buka https://www.domainesia.com/ramadhan/ lalu klik klik tombol “Pesan Sekarang!”. Salam DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!