DomaiNesia Update: FleetSSL cPanel, What’s New?4 min read

No ratings yet.

DomaiNesians, pasti ingat sama yang namanya SSL Let’s Encrypt. Yes, SSL gratis selamanya yang bisa kamu pasang lewat DomaiNesia ini ada update terbaru. Sebelum membahas soal update terbarunya, ada baiknya kita refresh dulu apa itu SSL. Secure Socket Layer atau SSL bisa diumpamakan seperti pagar rumah yang memiliki teknologi canggih, sehingga bisa melindungi rumah (website) kamu dari orang-orang yang berniat buruk. SSL akan membuat batasan (enkripsi) antara website kamu dan web browser, jadi informasi yang ada di dalam website akan aman dari pencurian. Kamu bisa membedakan website mana yang menggunakan SSL dan website mana yang tidak dengan melihat URL-nya. Website yang menggunakan SSL akan bertransformasi menjadi HTTPS dan akan terlihat icon gembok di alamat URL tersebut.

ssl gratis selamanya

Tidak menemukan menu Lets Encrypt di cPanel? Coba gunakan AutoSSL: Instalasi SSL Otomatis di Hosting

Manfaat Menggunakan SSL

Manfaat hakiki menggunakan SSL gratis selamanya adalah website kamu akan terlindungi dari pencuri data dan lebih sulit untuk di hack. Gimana sih cara SSL mengamankan data yang ada di website? SSL pada dasarnya adalah protocol atau jalur antara website dengan web browser. SSL akan membentuk kode-kode yang sulit untuk dibaca dan diterjemahkan, maka data pun akan sulit diambil. Jalur antara website dengan web browser tersebut sangat rentan terhadap pencurian data. Jika jalur tersebut tidak di enkripsi, data akan dengan mudah diambil oleh orang lain.

FleetSSL: SSL Gratis Selamanya Dengan Fitur Terbaik

SSL gratis selamanya itu bukannya Let’s Encrypt, ya? Iya, SSL gratis selamanya itu Let’s Encrypt. Tapi, FleetSSL cPanel itu bukan merek baru yang dipakai di DomaiNesia, ya DomaiNesians. FleetSSL adalah nama baru dari Let’s Encrypt. Sudah sejak April lalu DomaiNesia menggunakan layanan milik FleetSSL cPanel. Kenapa ya Let’s Encrypt ganti nama? Perusahaan mereka mengubah nama tersebut untuk memenuhi persyaratan yang diuraikan dalam kebijakan atau Trademark Policy milik Let’s Encrypt. Perubahan nama akan diterapkan secara perlahan untuk menghindari kebingungan dan masalah operasional. Karena nama produk diganti dari Let’s Encrypt menjadi FleetSSL cPanel, maka pengguna yang berkunjung ke website letsencrypt-for-cpanel.com akan diarahkan ke subsite dari FleetSSL.com. Beberapa hal yang berubah bagi pengguna lama adalah:

  • Ikon cPanel akan berubah
  • Setiap tautan ke situs web akan dialihkan ke FleetSSL.com
  • Email dari situs web akan berasal dari FleetSSL cPanel dan bukan lagi dari Let’s Encrypt.

Terus apa ada perbedaan fitur dari Let’s Encrypt ke FleetSSL cPanel? Jawabannya ada. Let’s Encrypt dulu hanya bisa digunakan pada nama domain utama saja, sementara FleetSSL cPanel juga bisa digunakan pada subdomain dan bisa menggunakan Wildcard. Jadi, buat kamu yang mau mengamankan website, bisa menggunakan FleetSSL di DomaiNesia secara gratis.

Keunggulan FleetSSL

Selain mengamankan website, ada beberapa keuntungan menggunakan SSL gratis selamanya, diantaranya adalah:

  1. Gratis, aman, dan transparan

Layanan SSL FleetSSL cPanel ini gratis untuk siapapun yang ingin menggunakannya. Meskipun gratis, layanan FleetSSl cPanel ini tetap terpercaya. FleetSSL akan menjamin kemanan data kamu karena mereka menggunakan keamanan pada platform TLS. Layanan mereka juga bekerja secara transparan. Semua sertifikat akan direkam. Kamu bisa melihat jika terjadi sesuatu yang kurang berkenan.

  1. Bukan hanya domain utama

Ini adalah fitur terbaru yang ada di SSL Let’s Encrypt. Sekarang kamu bisa menambahkan wildcard seperti SSL berbayar. Apa itu wildcard SSL? Wildcard SSL adalah suatu sertifikat yang berisi publik key untuk beberapa subdomain yang ada di setiap domain. Wildcard SSL ini bertujuan untuk mengamankan domain dan semua subdomain dari domain utama.

ssl gratis selamanya

Sumber: Pixabay

  1. Bisa digunakan untuk subdomain

FleetSSL kini sudah dilengkapi dengan wildcard, maka bisa digunakan untuk subdomain. Wildcard berfungsi ketika kamu memiliki beberapa subdomain dan memiliki multisite dengan beberapa subdomain.

  1. Otomatis terinstal di subdomain

Kamu bisa mengaktifkan fitur Add cPanel Subdomain. Jadi, setiap kamu membuat subdomain, SSL akan secara otomatis terinstal.

  1. Renewal otomatis

Sama seperti Let’s Encrypt, FleetSSL memiliki masa berlaku 90 hari. Setelah 90 hari, proses renewal akan secara otomatis terinstal dari sistem. Ini bukan menjadi masalah ya, DomaiNesians. Karena renewal tidak memerlukan aktivitas manusia.

  1. Mudah digunakan

Cara menambahkan layanan SSL gratis selamanya ini sangat mudah. Kamu bisa baca langkah-langkah detailnya di artikel Panduan Instalasi SSL Let’s Encryptatau kamu juga bisa menghubungi Tim Support DomaiNesia langsung.

  1. Tersedia untuk semua paket hosting

Kamu bisa menggunakan FleetSSL cPanel ini di semua paket hosting di DomaiNesia. Mulai dari paket Lite hingga paket Bisnis. Tapi jangan lupa ya, FleetSSL ini hanya bisa digunakan kalau domain kamu terhubung ke hosting DomaiNesia. Yuk, cek dulu apakah nameserver kamu sudah terhubung atau belum.

ssl gratis selamanya

Sumber: Pixabay

Layanan Domain dan Hosting di DomaiNesia

Sebagai penyedia layanan domain dan hosting, DomaiNesia mengutamakan kualitas. Untuk mendapatkan kualitas yang baik, menjaga keamanan setiap website adalah salah satu caranya. Selain FleetSSL cPanel, DomaiNesia menawarkan layanan SSL berbayar lainnya. Produk lain seperti GeoTrust, Sectigo, dan Symantec kami sediakan demi menjamin keamanan data website. Kamu tidak perlu ragu untuk memilih kami sebagai penyedia layanan domain dan hosting yang terpercaya. Tim Support akan dengan senang hati membantu semua kesulitan kamu 24 jam non-stop. Ada yang belum jelas, DomaiNesians? Yuk, chat langsung ke Tim Support kami.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar