Serba Serbi Hari Pelanggan Nasional 2018

hari pelanggan nasional

Hi DomaiNesians! Selamat hari pelanggan nasional! Semoga para perusahaan senantiasa mengupayakan kepuasan pelanggannya ya! Seperti DomaiNesia yang selalu memiliki komitmen untuk memberikan pengalaman layanan terbaik bagi customer DomaiNesia. Nah bagi yang belum familiar, berikut ada serba-serbi hari pelanggan nasional yang harus kamu tahu.

Serba-serbi Hari Pelanggan Nasional

1. Jatuh Tanggal 4 September

Siapa yang belum tahu kapan Hari Pelanggan Nasional? Ya, hari pelanggan nasional jatuh setiap tanggal 4 September. Dikutip dari Buletin Harpelnas 2018, pada awal September 2003 tepatnya di Ballroom Hotel Shangri-la sedang berlangsung Malam Apresiasi Pelanggan. Nah, dalam acara tersebut Presiden Megawati Soekarnoputri secara resmi menetapkan tanggal 4 Setember 2003 sebagai Hari Pelanggan Nasional.

Terlaksananya Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) pada tahun 2003 adalah hasil kerja sama antara Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Frontier Group, serta 15 BUMN yang secara aktif tergabung dalam kepanitiaan, yaitu: Bank Mandiri, PT Telkom, Bank BNI, PT Garuda Indonesia, PT PLN, PT Pos Indonesia, Bank BRI, PT Semen Gresik, PT Merpati Nusantara Airlines, Perum Pegadaian, PT Krakatau Steel, PT Jamsostek, PT Angkasa Pura II, PT Askes, dan PT Pelni. Biasanya untuk memperingati hari pelanggan nasional tersebut terdapat berbagai aktivitas seperti kirab pada saat Car Free Day. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui akan keberadaan hari pelanggan nasional.

hari pelanggan nasional

Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional 2016

2. Latar Belakang HarPelNas

Hari Pelanggan Nasional juga biasa disebut dengan HarPelNas. Dikutip dari haripelanggan.com, HarPelNas dicetuskan oleh Handi Irawan di tahun 2003 dengan tujuan untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan. Handi Irawan adalah founder dari ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), pencetus hari pelanggan nasional, pencetus IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies), pencetus TOP Brand, founder frontier consulting group serta marketing research consultant. Hari Pelanggan Nasional kemudian berkembang menjadi sebuah peringatan nasional. Baik bagi BUMN maupun perusahaan swasta, peringatan ini membawa revolusi terhadap konsep kepuasan pelanggan. Kepuasaan pelanggan kemudian menjadi acuan bagi setiap perusahaan untuk maju dan berkembang. Hari Pelanggan ini bukan milik Frontier, perusahaan swasta ataupun BUMN, melainkan milik nasional. Setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari HarPelNas, yang merupakan cetusan dari sebuah pemikiran dan pengalaman bertahun-tahun memahami tingkah laku berbagai perusahaan di Indonesia.

hari pelanggan nasional

Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional 2016

3. Banyak Diskon dan Ribuah Hadiah

Nah bagi para customer, momen Hari Pelanggan Nasional dapat menjadi event yang ditunggu-tunggu lho. Ada banyak diskon yang bisa kamu dapatkan seperti pada saat Black Friday ataupun Cyber Monday. Perusahaan akan memberikan berbagai diskon kepada para customer serta memberikan layanan yang lebih pada tanggal 4 September. Selain diskon, ada consumer promo yang bisa dilakukan perusahaan seperti:
– pameran
– program buy one get one
– member get member
– trade in
– free joining free
– free membership fee
– free trial
– kuis berhadiah
– pemberian point reward
– pemberian voucher
dan sebagainya.


haripelanggan.com

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional, DomaiNesia juga memberikan promo DomaiNesia EpicBox! Dapatkan diskon 20% Hosting selamanya sekaligus kesempatan mendapatkan hadiah epic dan keren! Cek selengkapnya di DomaiNesia EpicBox September ya!

4. Senyum Pelanggan Indonesia

Tahukah kamu bahwa Hari Pelanggan Nasional juga memiliki logo dan maskot khusus lho. Dikutip dari website haripelanggan.com, logo harpelnas melambangkan senyum manusia dengan dasar warna hijau. Logo yang dikarang oleh salah satu The Best Ad Designer di Indonesia ini mewakili sebuah senyuman manusia yang tulus, yang menandakan sebuah kepuasan. Pemilihan warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan tipologi huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang.

hari pelanggan nasional

Logo Senyum Pelanggan Indonesia

Menurut Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia,

“Masyarakat harus menjadi konsumen yang pintar dan kritis untuk mendapatkan rasa puas terhadap suatu barang atau jasa yang dibelinya. Be smart konsumen. Kalau kita mendapatkan daya beli berasal dari pendapatan dan itu diperoleh, maka kita selalu hati-hati dalam menggunakan, memilih, melihat kualitasnya, membagi penggunaan dari pendapatan.” (finance.detik.com)

5. Bertema Pemimpin Yang Melayani Pelanggan

Adapun tema Harpelnas pada tanggal 4 September 2018 yaitu pemimpin yang melayani pelanggan. Dikutip dari Buletin Harpelnas 2018, Handi Irawan founder Hari Pelanggan Nasional mengatakan bahwa, tema pada tahun 2018 ini yaitu pemimpin yang melayani pelanggan. Budaya pelayanan hanya tercipta bila ada keteladanan dari pimpinan. Jajaran BOD menentukan 70% pembentukan budaya pelayanan dan kualitas layanan. Pemimpin harus menjadi roda penggerak organisasi dan peduli terhadap pelanggannya.

Menurut Bapak Ir. H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia,

“Pelanggan adalah yang paling utama. Tanpa pelanggan, usaha tidak bisa berkembang. Tanpa pelanggan, profit tidak bisa didapat. Tanpa pelanggan, usaha bisa saja hancur. Gubernur atau jabatan apa pun di pemerintahan, harus bisa melayani masyarakat. Minimal, petugas frontliner kantor pemerintahan bisa tersenyum. Saya kalau berkunjung ke kantor walikota, kelurahan, atau kecamatan, ada frontliner yang tidak tersenyum, saya bisiki ke Lurahnya, ajari dia senyum, atau ganti saja.”

Jadi, sudah paham tentang Hari Pelanggan Nasional? Sudah siap dengan beragam diskon, promo dan ribuan hadiah? Sudah siap untuk merayakan Harpelnas di tanggal 4 September? Jika sudah, pastikan semua disesuaikan dengan kondisi budget kamu masing-masing ya!

Selamat Hari Pelanggan Nasional 2018! Pelanggan puas, pelanggan loyal!
Jangan sampai ketinggalan promo DomaiNesia EpicBox ya!

Salam,
Tim DomaiNesia

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!