Mengulik Trend Email Marketing 2020

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Email marketing adalah salah satu bagian penting dari strategi pemasaran bisnis. Kalau kamu seorang marketer atau memiliki bisnis, kamu wajib mempelajarinya.

Dari sisi pelanggan, mereka kemungkinan besar akan mendaftarkan email di e-commerce karena adanya diskon dan penawaran khusus. Sedangkan dari sisi marketer, email marketing adalah sumber ROI terbesar untuk bisnis mereka. Email marketing punya manfaat positif bagi pelanggan dan marketer.

Seperti jenis marketing lainnya, kamu harus mengetahui trend yang selalu berkembang. Apa saja trend email marketing 2020 yang perlu kamu tahu? Yuk disimak!

trend email marketing
Sumber: Pexels

Konten Interaktif

Dalam menjalankan campaign email marketing, kamu perlu memperhatikan konten yang kamu buat. Umumnya, pelanggan email akan lebih suka membaca konten, membuka video atau membeli produk dengan mengklik langsung link yang ada di email yang mereka dapat sehingga bisa mengunjungi halaman website dan menyelesaikan action di website.

Tetapi untuk email marketing 2020, cara tersebut bisa hilang karena developer dan marketer bisa menambahkan konten interaktif langsung ke email pelanggan.

Isi email bisa berupa GIF, pemutar video, kuis dan survei, ulasan produk, countdown timer, menu makanan bahkan CTA add-to-cart atau click-to-buy. Konten interaktif akan meningkatkan engagement email yang berpotensi mendapatkan ROI pada campaignmu.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua email providers mendukung konten interaktif seperti yang disebutkan di atas, kamu perlu punya opsi lain untuk pelanggan yang tidak memiliki akses seperti ini.

Email dengan Bahasa Santai

Untuk saat ini, email marketing harus beradaptasi dengan tulisan dan bahasa yang santai ibarat kamu sedang melakukan percakapan dengan calon pelanggan. Isi email marketing tidak harus selalu menjual, tetapi harus komunikatif.

Bagaimana caranya? Email-email yang berisi pengingat seperti produk di keranjang yang perlu dibayar atau pesan selamat datang bisa kamu coba untuk menyapa pelanggan.

Agar lebih terkesan komunikatif, kamu bisa menggunakan emoji biar tidak ketinggalan trend email marketing 2020. Isi email yang santai dan komunikatif ini menghindari kesan pesan yang biasanya dikirim otomatis yang umumnya terbaca kaku dan dingin.

Otomatisasi

Kalau kita berbicara tentang trend marketing, akan ada peningkatan otomatisasi email marketing 2020. Walaupun kamu akan ada waktu untuk membuat isi pesan email dari awal atau konten khusus yang mau dikirimkan ke calon pelanggan, tetapi otomatisasi email marketing akan tetap berguna di luar cara itu.

Otomatisasi email marketing akan menghindarkan kamu dari keharusan mengumpulkan setiap pesan secara manual. Kamu bisa menggunakan software atau plugin pihak ketiga untuk mengotomatisasi email yang dikirim ke calon pelanggan dengan nama kamu atau bisnismu dan jenis pesan apa yang layak untuk dikirim langsung ke calon pelanggan.

Untuk mengotomatisasi email marketing, kamu harus melakukan segmentasi daftar email yang kamu punya agar bisa mengirimkan campaign email marketing yang relevan untuk mereka.

Ini bisa berpotensi meningkatkan open rates dan click-through rates yang mengarah ke naiknya engagement emailmu.

Artificial Intelligence (AI)

Dulu, big data adalah satu hal yang hanya dimanfaatkan oleh perusahaan. Akses yang lebih mudah dan murah ke cloud computing menguntungkan para pebisnis untuk mengumpulkan big data agar bisa lebih paham apa yang terjadi dalam operating system mereka dan membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas yang bisa berkontribusi pada peningkatan user experiences mereka.

Di tahun 2020, big data dan machine bisa kita gunakan secara bersama. Pada dasarnya, AI akan memecahkan big data dan memberikan insight baru kepada marketer tentang bagaimana email marketing harus dibuat dan untuk siapa tujuannya.

trend email marketing
Sumber: Pexels

Sebagian besar perusahaan punya banyak list konten, kamu harus melakukan otomatisasi dari segmentasi dan kecocokan konten terhadap pelanggan. Konten yang dikirimkan adalah konten yang paling relevan untuk tujuan bisnismu.

Ini adalah langkah awal email marketing 2020, setelah itu kamu akan mendapatkan keputusan bisnis yang lebih nyata dan strategis berkat teknologi AI ini.

Multi-channel

Sebelumnya, marketing dipandang sebagai strategi banyak cabang seperti email, konten, media sosial dan lainnya. Ternyata, marketing multi-channel atau semua platform harus bisa bekerja sama dengan baik dan menghasilkan campaign yang sama bagusnya.

Multi-channel marketing mendominasi di tahun ini. Ini berdampak juga pada email marketing. Ketika kita bisa menggunakan dan memproses data dari platform email marketing, maka komunikasi di email marketing yang akan datang bersifat personal dan relevan.

Personalisasi dan relevansi konten pada email marketing bukan satu-satunya manfaat dari menggabungkan semua platform marketing. Email marketing tetap berfungsi sebagai perekat yang menyatukan pengalaman pelanggan dengan brand.

Misalnya ketika kamu membeli produk di suatu toko, lalu kamu akan menerima email bukti pembayaran. Atau ketika kamu menelepon customer service untuk menanyakan pesanan, lalu kamu akan menerima survei untuk memastikan bahwa kamu terbantu dengan layanan itu.

Bersifat Personal

Dengan trend otomatisasi, email marketing yang kamu kirimkan ke pelanggan memiliki resiko seperti dikirim oleh robot dan terbaca kaku. Kalau ini terjadi, kemungkinan besar pelangganmu tidak akan membuka email. Dalam hal ini, peran personalisasi email sangat penting.

Bagaimana caranya? Kamu wajib menggunakan nama depan pasanganmu di email marketing, baik di subjek email maupun di body email.

Selain memanggil nama pelanggan di email yang kamu kirim, kamu juga bisa memakai info lain mengenai mereka seperti surprise diskon di hari ulang tahun mereka atau daftar produk yang direkomendasikan berdasarkan pembelian mereka sebelumnya.

Privasi Data

Untuk menghormati privasi pelanggan, kamu menerima persetujuan yang jelas dari mereka. Kamu harus bersikap transparan pada formulir berlangganan dan pastikan pelanggan mengisi dengan jelas alasan mereka mendaftar.

Campaign email marketing 2020 perlu memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk berhenti berlangganan dan permintaan penghapusan data.

Mobile Friendly

Saat ini lebih banyak pelanggan yang membuka email melalui perangkat seluler. Ini menunjukkan kalau ke depannya nanti, email marketing 2020 harus beradaptasi ke seluler.

Kalau kamu ingin memastikan pelanggan tetap setia dengan brand dan bisnismu, pastikan email marketing yang kamu kirimkan bisa dibuka dan dibaca di perangkat seluler agar potensi mereka menjadi pelanggan lebih besar. Selain itu mereka juga bisa lebih mudah dan cepat melakukan pembayaran produk kami.

trend email marketing
Sumber: Pexels

2020 adalah Tahun Otomasi

Kamu bisa melihat adanya ketergantungan pada otomatisasi, integrasi atau penggabungan platform dan konten serta keterlibatan AI dalam trend email marketing 2020.

Trend di atas bisa kamu coba dan maksimalkan untuk bisa membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, mengajak dan mengarahkan mereka untuk melakukan tindakan sesuai tujuan campaign.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!