• Home
  • Berita
  • Promosi
  • Harga Domain ID Berubah? Cek Harga Promo Domain ID di DomaiNesia

Harga Domain ID Berubah? Cek Harga Promo Domain ID di DomaiNesia

Oleh Ratna Patria

Hai DomaiNesians! Baru beberapa waktu yang lalu cPanel mengumumkan adanya kenaikan harga pada lisensinya. Kali ini giliran Pandi yang mengumumkan kenaikan harga domain ID. 

Pada tanggal 18 Januari 2022 Pandi mengeluarkan pengumuman resmi adanya perubahan harga pada salah satu domainnya. 

Dalam pengumuman tersebut Pandi mengatakan bahwa harga domain ID akan berada di kisaran harga Rp300.000 belum termasuk PPN. Perubahan harga tersebut akan berlaku mulai tanggal 1 April 2022. Tapi jangan khawatir karena DomaiNesia punya promo domain ID murah.

Tentu saja, harga tersebut juga akan berlaku untuk harga registrasi maupun perpanjangan. Kamu bisa cek perubahan harga domain ID di Pengumuman Perubahan Harga Nama Domain resmi dari Pandi.

Pandi juga mengatakan bahwa semua registrar Pandi yang telah teregistrasi akan melakukan penyesuaian harga. Lalu bagaimana dengan DomaiNesia?

promo domain id
Sumber: Pandi

Promo Domain ID di DomaiNesia

Meskipun Pandi mengumumkan adanya perubahan harga, DomaiNesia tetap berusaha untuk memberikan harga promo domain ID murah.

Di promo domain ID kali ini, DomaiNesia memberikan harga promo khusus untuk registrasi nama domain baru, yaitu Rp190.000 saja! Promo ini terbatas waktu ya DomaiNesians, jangan sampai ketinggalan. Daftarkan nama domain Indonesia sebelum domain ID naik harga di bulan April 2022.

Sayang banget kalau promo domain ID ini sampai terlewat. Karena promo domain ID kali ini lebih murah dari promo domain ID yang lalu. Ada banyak alasan kenapa kamu harus ambil promo domain ID dan menggunakannya sebagai ekstensi domain.

Buat kamu yang sudah punya domain ID, jangan lupa perpanjang sebelum harga naik ya. Domain bisa diperpanjang hingga 9 tahun. Coba bayangkan berapa rupiah yang bisa kamu sisihkan hingga beberapa tahun kedepan. 

Kamu masih bisa memperpanjang domain ID dengan harga Rp249.000 hingga bulan Maret ini saja. Jika melakukan perpanjangan mulai bulan April 2022, kamu akan mendapat harga perpanjang baru yang lebih mahal. Makanya, ayo perpanjang sekarang.

Apa Itu Domain ID?

Domain ID merupakan salah satu bagian dari ccTLD. ccTLD atau country code Top Level adalah Top Level Domain (TLD) yang digunakan untuk mendefinisikan domain negara atau wilayah geografis tertentu.

Bagaimana dengan domain ID? Seperti yang kita tahu, ID itu sendiri merupakan country code untuk Indonesia. Sama halnya dengan domain .UK yang merupakan country code untuk wilayah United Kingdom, atau . TV untuk wilayah Tuvalu. 

Domain ID ini khusus disediakan untuk penduduk Indonesia yang ingin memperkenalkan usaha, profil, atau keahliannya melalui website. 

Apakah domain ID hanya ada satu jenis saja? Tentu tidak. Ada beberapa jenis domain ID lainnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipakai. Domain ID apa saja yang tersedia di DomaiNesia? Berikut ini adalah daftar domain ID:

  • .id: ekstensi yang populer di kalangan entrepreneur untuk perusahaan atau bisnis.
  • .my.id: ekstensi yang bisa digunakan untuk website pribadi.
  • .co.id: ekstensi yang bisa digunakan untuk usaha pribadi atau website perusahaan.
  • .biz.id: ekstensi yang bisa digunakan untuk website bisnis seperti UMKM.
  • .web.id: ekstensi yang juga bisa digunakan untuk website pribadi atau blog
  • .or.id: ekstensi yang digunakan untuk sebuah organisasi atau komunitas.
  • .ac.id: ekstensi yang digunakan untuk website di bidang akademik.
  • .sch.id: ekstensi yang digunakan untuk website sekolah.
  • .ponpes.id: ekstensi yang digunakan untuk lembaga keagamaan.

    promo domain id
    Sumber: Envato

4 Alasan Menggunakan ccTLD Domain Indonesia

Ekstensi yang paling banyak digunakan di dunia sampai saat ini adalah ekstensi domain .com. Banyak orang memilih ekstensi tersebut karena domain .com adalah ekstensi yang paling tua.

Namun justru karena domain ekstensi tersebut sudah lama ada, tidak banyak nama yang tersedia untuk diregistrasikan. Oleh karena itulah kamu perlu memikirkan ekstensi domain alternatif.

Sebelumnya sudah dijabarkan pilihan ekstensi domain ID yang tersedia di DomaiNesia. Tapi pertanyaan selanjutnya adalah mengapa harus menggunakan domain ID? Keuntungan apa yang bisa didapatkan dengan menggunakan domain tersebut?

Mudah Menarget Pasar Lokal 

Masih ingat bahwa domain ID adalah bagian dari ccTLD? ccTLD memungkinakan kamu untuk bisa maksimal dengan target pasar lokal yang spesifik. 

Misalnya, kamu ingin menargetkan pengunjung di Jakarta untuk datang ke website toko onlinemu yang ada di Jakarta. Domain ID akan membuat mesin pencarian mengutamakan nama domain lokal yang muncul lebih dulu.

Pastinya mesin pencari tidak akan memberikan hasil yang tidak relevan. Meskipun mungkin kamu menggunakan domain .com yang populer, namun tokomu terletak di negara lain, tentu bukan menjadi pilihan yang baik.

Memaksimalkan SEO Lokal

Poin di atas juga terkait dengan SEO lokal. Menggunakan ccTLD seperti domain ID akan memberi website nilai SEO yang baik untuk hasil pencarian berbasis negara. Hal ini bisa terjadi karena mesin pencari memberikan hasil yang berbeda.

Berbeda dalam hal apa?  Tergantung pada alamat IP orang yang melakukan pencarian. Artinya, jika seseorang mencari toko baju di Jakarta, website toko baju kamu yang juga ada di Jakarta akan muncul lebih dulu. 

Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

ccTLD bagus untuk meningkatkan kredibilitas dan membuat pengunjung website lebih percaya dengan website kamu. Pengunjung menganggap bahwa website tersebut ada di wilayah yang sama, sehingga pengunjung merasa lebih mudah untuk melakukan pembelian atau transaksi. 

Lebih lagi ketika alamat website dikenal oleh pengunjung tersebut. Banyak orang lebih suka melakukan transaksi dan mengunjungi website dengan bahasa, mata uang, dan wilayah asli mereka sendiri. 

Meningkatkan Kreativitas

Menggunakan domain ID juga bisa mengasah kreativitas pemilik website. Trik seperti membuat lucu nama website sudah digunakan beberapa perusahaan untuk membangun brand awareness.

Cara menggunakan trik ini adalah dengan menggabungkan nama domain dengan ekstensi domain secara bersamaan. Misalnya food.ie yang menggunakan ccTLD dari Irlandia dan subscri.be menggunakan ccTLD dari Belgia.

Kamu bisa mengkreasikan nama dengan bebas. Salah satu ciri nama domain bagus adalah mudah diingat. Dengan trik ini meningkatkan brand awareness bukan hal sulit lagi kan, DomaiNesians.

promo domain id
Sumber: Envato

Registrasikan Nama Domain ID Sekarang!

Serunya punya nama domain menarik seperti di atas bisa kamu dapatkan sekarang. Promo domain id di DomaiNesia bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp190.000 saja. Kesempatan langka seperti ini tentu jangan sampai kamu lewatkan.

Ingat! Promo domain id ini terbatas waktu. Lebih baik ambil sekarang sebelum harga domain id naik di bulan April 2022 mendatang. Buat kamu yang sudah memiliki domain id, juga disarankan untuk memperpanjang domain sebelum harga menjadi lebih mahal.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!