• Home
  • Berita
  • 10 Bahasa Pemrograman yang Jarang Orang Tahu

10 Bahasa Pemrograman yang Jarang Orang Tahu

Oleh Ratna Patria

Apakah kamu yang ingin menjadi seorang developer pemrograman yang handal? Untuk menjadi seorang developer pemrograman, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menguasai bahasa pemrograman. Berikut ini adalah 12 bahasa pemrograman yang paling sering dipakai developer.

Menguasai bahasa pemrograman tertentu adalah hal yang wajib dan menjadi standar kompetensi bagi seorang programer. Semakin banyak pengalaman dalam membuat aplikasi dengan bahasa tertentu, bisa meningkatkan penghasilan seorang programmer.

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Dalam pengertiannya, bahasa pemrograman adalah bahasa komputer. Bahasa pemrograman adalah kumpulan dari berbagai  jenis kode-kode yang berfungsi untuk memerintahkan program dalam pembuatan sebuah aplikasi atau perangkat lunak tertentu.

Dalam pengertian lainnya, bahasa ini digunakan untuk membuat intruksi standar menggunakan aturan logika dan algoritma tertentu untuk memerintahkan komputer.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah fungsi bahasa pemrograman:

  • Sebagai media komunikasi antara mesin dengan operator
  • Sebagai media untuk mengoperasikan sebuah mesin tertentu
  • Sebagai media untuk para programmer dan developer dalam mengembangkan suatu aplikasi atau produk digital lainnya
  • Sebagai pemberi perintah pada komputer dan mesin.
Jenis Bahasa Pemrograman
Sumber: Freepik

Mengapa Penting Mempelajari Bahasa Pemrograman?

Sebelum membahas beberapa jenis bahasa pemrograman paling populer, para developer biasanya memiliki kemampuan menguasai beberapa bahasa, jadi tidak hanya satu bahasa saja, kadang seorang programer bisa menguasai 5 bahasa sekaligus.

Jika kamu ingin menjadi seorang programer handal, kamu bisa mempelajari lebih dari 3 bahasa berbeda.

Contoh Bahasa Pemrograman yang Populer

Ada cukup banyak bahasa yang populer dan banyak digunakan dalam beragam keperluan, terutama pembuatan website dan aplikasi.

Beberapa jenis bahasa pemrograman yang dimaksud tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Python

Dalam penggunaannya, Python sering dimanfaatkan oleh perusahaan besar untuk pengembangan website, seperti NASA, Instagram, Yahoo, Google, Reedit, dan juga YouTube. Jika ditarik dalam tingkatan bahasa pemrograman, bisa dikatakan jika Python adalah jenis bahasa tingkat tinggi. Selain itu, Python ini bisa digunakan untuk membangun aplikasi baik untuk website ataupun mobile.

Dalam hal ini, Python juga menjadi salah satu bahasa yang cukup terkenal. Popularitas python ini adalah sebesar 29 persen dari total responden. Untuk kamu yang baru pertama kali belajar tentang pemrograman, maka Python adalah salah satu jenis bahasa yang sebaiknya dipelajari. Hal ini dikarenakan Python cukup mudah dipelajari serta memiliki sintaks yang cenderung bisa digunakan secara sederhana.

Contoh sintax Python

#Penjelasan multibaris
a = 1+3+\
4+4+\
5
print(a);

 

Bca juga : cara membuat website gratis

  1. Java

Bisa dikatakan jika Java adalah salah satu jenis bahasa pemrograman yang sangat terkenal dan banyak ditemukan pada beragam aplikasi, baik untuk aplikasi device komputer dan juga smartphone.

Dalam catatan sejarah, Java adalah bahasa yang dikembangkan sekitar tahun 1991 yang lalu. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1995, Java langsung menjadi bahasa favorit yang banyak digunakan. Hal ini dikarenakan Java memberikan nuansa baru dalam beragam perkembangan teknologi informasi.

Selain itu, hal yang membuat Java langsung terkenal adalah sifatnya yang open source.

Pada waktu itu, pengembang Java membagikan source code secara gratis untuk digunakan. Oleh karenanya, pemahaman tentang bahasa pemrograman yang satu ini cenderung cukup esensial.

Contoh sintax Java

public class kelasSaya{
public static void main(String[] args) {
String NamaDepan = "Domion";
String NamaBelakang = "DomaiNesia";
String namaLengkap = NamaDepan + NamaBelakang;
System.out.println(namaLengkap);
}
}
Hasilnya : Domion DomaiNesia

  1. JavaScript

JavaScript pertama kali diluncurkan pada tahun 1994, di mana pada masa itu internet dan juga website sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Tidak hanya itu, secara fungsi, JavaScript bisa dikatakan cukup istimewa karena mampu mengembangkan sebuah website yang lebih interaktif dan juga lebih menarik.

Oleh karenanya, wajar jika JavaScript menjadi bahasa paling populer ketiga. Saat ini, JavaScript masih banyak digunakan pada kode pengembangan website.

Selain itu, bahasa yang satu ini juga bisa digunakan untuk pengembangan beragam aplikasi mobile, game serta desktop.

Lalu, apa yang menjadi keunggulan dari bahasa pemrograman ini?

JavaScript memiliki beberapa keunggulan yang sangat menarik.

Salah satu keunggulannya adalah JavaScript tidak memerlukan resource memory yang tergolong besar, dinamis serta cenderung lebih mudah untuk dikembangkan.

Hanya saja, ada beberapa keterbatasan dari JavaScript.

Beberapa diantaranya adalah script yang tidak ter-enkripsi, adanya keterbatasan objek, serta bukan untuk digunakan pada pengembangan aplikasi dengan model stand alone.

Baca juga : cara membuat blog untuk profesional

  1. C#

Jenis bahasa lain yang cukup populer dan banyak digunakan adalah C# yang dibaca C Sharp.

Bahasa pemrograman ini sangat menarik karena menggabungkan dua prinsip yang berbeda pada C dan C++.

Nah, C++ dikembangkan oleh Microsoft sehingga bisa dikatakan jika C# cenderung lebih banyak digunakan pada platform Windows dan berjalan pada platform .net.

Apa yang menarik dari C# adalah adanya beberapa keunggulan yang ia miliki.

Beberapa keunggulan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Fleksibel, di mana bahasa komputer C# bisa dieksekusi dengan mesin komputer sendiri ataupun disalin melalui website untuk kemudian dieksekusi dengan komputer lainnya.
  • Powerful, di mana C# memiliki sejumlah kumpulan perintah yang sama dengan C++ serta fitur yang cenderung lengkap dan gaya bahasa yang cenderung lebih sederhana untuk kemudahan dalam penggunaannya.
  • Mudah digunakan karena C# cenderung mengubah dan memodifikasi perintah yang sebenarnya sama dengan C++ serta akan memberitahukan di mana letak kesalahan bila ada hal yang tidak tepat dalam sebuah aplikasi.
    Dengan demikian nantinya C# akan cenderung menghemat waktu dalam mencari error yang muncul.

Dari beberapa poin di atas, bisa dilihat jika C# memiliki beberapa kelebihan yang sangat menarik.

Oleh karenanya, C# termasuk jenis bahasa yang penting untuk diketahui dan dikuasai.

Jenis Bahasa Pemrograman
Sumber: Freepik

Baca juga : rahasia mendapatkan uang dari internet

  1. PHP

PHP juga termasuk salah satu jenis bahasa yang paling populer dan banyak digunakan dalam pengembangan website di dunia.

Bahasa pemrograman yang satu ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1994. Sejak dikembangkan, PHP langsung menjadi bahasa pemrograman yang populer di kalangan developer website. Saat ini, cukup banyak website yang menggunakan PHP sebagai salah satu komponen.

Salah satu contoh yang paling terkenal adalah CMS atau Content Management System seperti Joomla ataupun Website. Tidak hanya itu, Wikipedia dan Facebook pun juga menggunakan PHP sebagai bagian dari bahasa pemrograman. Hal yang menarik dari PHP adalah kemudahan yang ditawarkan.

Terlebih, ada cukup banyak developer yang siap membantu pengembangannya. Hanya saja, PHP tetap memiliki kelemahan, terutama di bagian security serta tidak ideal digunakan untuk pengembangan dengan skala yang relatif besar.

  1. C

Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang bahasa yang satu ini?

Bisa dikatakan jika C juga masuk dalam jenis bahasa pemrograman yang cukup populer karena sudah lama ada di dunia komputer.

Selain itu, C juga termasuk salah satu dasar dari pengembangan aneka bahasa lainnya.

Hingga saat ini, C masih menjadi salah satu pilihan cukup banyak developer untuk mengembangkan website serta aplikasi.

Hal ini didasarkan karena adanya kelebihan dari C di mana struktur data yang lebih baik, sehingga cenderung mudah untuk dipahami dan dikembangkan.

Dalam sejarahnya, C dikembangkan pertama kali pada tahun 1972 silam.

Awalnya, bahasa ini dikembangkan oleh Dennis Ritchie dan digunakan untuk sistem operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun memiliki kemudahan dalam penggunaan, C masih memiliki beberapa kekurangan.

Salah satu kekurangan dari C adalah banyaknya fleksibilitas penulisan dan operator.

Oleh karenanya, seseorang yang baru mempelajari Ccenderung harus lebih jeli dalam mempelajari detail-detail yang ada.

  1. R

R termasuk bahasa yang cukup awal muncul. Bahasa ini pertama kali dirilis pada tahun 1993 yang lalu.

Hanya saja, popularitas R sebagai bahasa pemrograman mulai muncul beberapa tahun belakangan ini karena digunakan dalam keperluan big data.

Selain itu, terkadang R juga digunakan dalam pengembangan website.

Bisa dikatakan jika R cenderung banyak digunakan dalam pengelolaan data, dibandingkan kebutuhan utama untuk mengembangkan website.

Hal ini sebenarnya cukup wajar mengingat R cenderung tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus dikombinasikan dengan bahasa yang lainnya.

  1. Objective C

Objective C merupakan jenis bahasa yang berorientasi pada objek.

Awalnya, Objective C ini digunakan oleh Apple guna mengembangkan beragam perangkat yang mereka buat, terutama iOS.

Hanya saja, Objective C sebenarnya merupakan bahasa yang sudah cukup lama muncul.

Pertama kali Objective C dikembangkan pada tahun 1983 lalu oleh Tom Love serta Brad Cox.

Nah, karena sifatnya yang cenderung berorientasi pada objek, maka tidak mengherankan jika Objective C digunakan untuk membuat sebuah website.

Meskipun, Objective C ini tidak terlalu populer dibandingkan jenis bahasa lainnya. Namun perlu diketahui bahwa Objective C cenderung lebih cocok untuk membuat sesuatu dengan sifat yang lebih terbatas.

  1. Swift

Ketika terjadi WWDC pada tahun 2014 yang lalu, Swift diperkenalkan dan menjadi salah satu bahasa yang cukup terkenal di dunia. Tidak hanya itu, Swift kemudian menjadi bahasa yang paling populer dan menjadi favorite di kalangan developer.

Swift adalah bahasa pengantar yang digunakan dalam pengembangan Mac dan iOS serta menjadi platform utama dalam pengembangan Apple. Nah, karena digunakan Apple dalam pengembangannya, Swift sering dipadukan dengan pemrograman Apple lainnya, yaitu Objective C. Hal menarik dari Swift adalah sifatnya yang relatif aman. Dalam hal ini, Swift memiliki manajemen memori yang bisa dikatakan sangat bagus.

Oleh karenanya, developer yang menggunakan Swift tidak perlu khawatir dan mempermasalahkan perihal manajemen memori saat mengembangkan aplikasi ataupun website.

  1. Mat Lab

Mat Lab atau Matrix Laboratory menjadi jenis bahasa selanjutnya yang perlu diketahui oleh programer.

Mat Lab ini dikembangkan oleh Cleve Moler pada tahun 1970 silam. Mat Lab sering menjadi pilihan dalam pengembangan website. Namun, penggunaan Mat Lab yang lebih banyak adalah pada bidang statistika serta matematika. Di sisi lain Cleve Moler sebagai pengembang Mat Lab pertama kali memberikan akses EISPACK serta LINPACK bagi para mahasiswa tanpa perlu mempelajari Fortran. Oleh karenanya, Mat Lab cenderung lebih populer di kalangan mahasiswa.

  1. Type Script

Bisa jadi tidak banyak developer yang mengenal bahasa ini.

Ya, Type Script memang bukan termasuk bahasa yang begitu populer.

Meskipun demikian, Type Script dibangun dengan dasar Java Script dengan beberapa perbedaan.

Adapun beberapa perbedaan yang dimaksud adalah pada Type Script terdapat beberapa tambahan fitur, termasuk strong typing serta konsep pemrograman dengan OOP klasik.

Selain itu, pada segi dokumentasi, Type Script mendapatkan predikat super-set dari Java Script sehingga kode yang digunakan oleh Java Script juga digunakan oleh Type Script.

  1. VBA

VBA atau Visual Basic for Application merupakan sebuah turunan dari visual basic yang sudah dikembangkan oleh Microsoft dan pertama kali dirilis pada tahun 1993 yang lalu.

VBA ini merupakan kombinasi yang terintegrasi antara bahasa pemrograman atau Visual Basic dengan lingkungan pemrograman atau Visual Basic Editor.

Kombinasi ini nantinya akan memudahkan pengguna untuk melakukan desain serta membangun program Visual Basic dalam aplikasi utama Microsoft Office, terutama untuk beberapa aplikasi tertentu.

Jenis Bahasa Pemrograman
Sumber: Freepik

Selain itu, dalam penggunaannya, VBA membutuhkan bahasa lain seperti .NET.

Meskipun tidak terlalu populer dan jarang digunakan, VBA memiliki beberapa kelebihan.

Adapun beberapa kelebihan yang dimaksud adalah sintaksis yang cenderung lebih sederhana, bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek, adanya konsep single inheritance, open source, dan lainnya.

Tentu, dengan sifatnya yang cenderung open source, maka VBA bisa digunakan secara gratis.

Pengguna juga bisa berpartisipasi dalam pengembangannya dengan lebih leluasa.

Tambah Skill dengan Banyak Belajar

Nah, beberapa hal di atas adalah dua belas jenis bahasa pemrograman yang tersedia dan cukup populer.

Memang, masih ada beberapa jenis bahasa pemrograman lainnya, seperti Ruby, Scala ataupun Script, namun beragam bahasa pemrograman di atas adalah yang secara umum banyak digunakan.

Pelajari beragam bahasa pemrograman tersebut untuk menambah skill!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds