• Home
  • Tips
  • Perbedaan antara Domain dan Hosting

Perbedaan antara Domain dan Hosting

Oleh Adisty C. Putri
4.79/5 (72)

Perbedaan domain dan hosting terletak pada fungsinya. Hosting adalah sebagai tempat/ media untuk meletakkan file website seperti gambar, video, script website serta database. Sedangkan, domain adalah nama alamat dari bangunan atau website disebut dengan Domain. Jadi tanpa domain dan hosting, website tidak akan bisa online dan diakses banyak orang via internet.

Apa Perbedaan Domain dan Hosting?

Tidak sedikit yang bertanya kepada Kami, sebenarnya apa apa sih perbedaan domain dan hosting. Mengapa untuk membuat website harus perlu hosting dan domain? Bisa tidak jika hanya beli salah satu saja? Penting mana domain atau hosting? Apakah ada beli hosting gratis domain agar tidak ribet dalam proses order? Baik, untuk menjawab itu semua silahkan baca penjelasan berikut.

Hanya sedikit orang yang tahu tentang domain dan hosting, mungkin karena tidak setiap orang menggunakan website, jadi tidak heran jika kata domain dan hosting masih sedikit asing ditelinga kita. Apalagi untuk pemula yang baru ingin membuat website. Mereka pasti masing asing dan awam tentang hosting dan domain. Jadi begini, domain dan hosting adalah komponen utama dalam pembuatan website. Tanpa domain dan hosting, website anda tidak dapat online dan tidak dapat diakses internet.

Baca Juga: Tanya Jawab Domain dan Hosting | Hosting Terbaik

Hosting adalah

Hosting adalah tempat untuk meletakkan file website. Kita ambil mudahnya saja ya. Apabila website anda di ibaratkan sebuah bangunan rumah, hosting adalah kavling tanah yang dipetak- petak tempat dibangunnya rumah sedangkan domain adalah nama alamat dari bangunan/ rumah anda.

perbedaan domain dan hosting

Dikutip dari wpbeginner, Hosting memiliki fungsi sebagai tempat atau media untuk menyimpan segala file yang ada pada website. Hal tersebut bertujuan agar website anda nantinya dapat di akses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. File-file yang ada di dalam website harus disimpan dalam sebuah server Hosting. Nah, server Hosting ini tentu saja harus full selama 24 jam. Jika server down, maka website tidak akan bisa diakses. Untuk itu, pastikan website anda diletakkan di hosting murah dengan garansi 99,9% uptime. Ketika anda sudah memiliki Hosting, maka nantinya juga akan mendapatkan akses cPanel Hosting. cPanel Hosting adalah kontrol panel untuk pengelolaan hosting dan domain seperti membuat subdomain, melakukan hosting web, melakukan domain forwarding, mengelola SSL, membuat email domain, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Pemula

Domain adalah

Domain adalah nama atau alamat dari suatu website. Keberadaan domain ini juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan Hosting. Tanpa domain, website tidak akan memiliki nama. Bagaimana orang lain bisa tahu dan berkunjung ke website anda jika website tersebut tida memiliki nama? Apa yang harus mereka klik di search engine? Haruskan orang lain membuka website melalui IP Address? Tidak mungkin! Maka dari itu hadirlah Domain untuk melengkapi Hosting. Domain digunakan untuk memberikan nama alamat dalam website anda. Ada 2 jenis domain yaitu Domain gTLD (domain global) dan Domain ccTLD (domain id).

perbedaan domain dan hosting

Pertama, Domain gTLD adalah domain global dan tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain gTLD seperti : .com , .net , .org , dan sebagainya. Sedangkan Domain ccTLD adalah domain indonesia (id). Domain id diatur oleh PANDI. Contoh dari domain id seperti : .co.id , .my.id , .id , dst. Berbeda dengan domain gTLD, khusus domain ccTLD (domain id) memiliki syarat tertentu yang sudah dikeluarkan oleh PANDI. Silahkan baca syarat id untuk melihat syarat-syarat apa saja untuk domain ccTLD. Keduanya bisa anda pesan dalam jangka waktu untuk berlangganan minimal 1 tahun.

Setiap orang bebas memilih nama domain untuk website yang dimiliki. Satu nama domain hanya berlaku untuk 1 pengguna. Sifat domain tidak bisa di “keep” atau di “booking”. Jadi, jika anda ingin order sebuah nama domain dan sudah fix memiliki nama domain yang diinginkan, silahkan langsung ketik nama domain yang anda inginkan di halaman pesan domain murah. Jika sudah selesai melakukan pemesanan, jangan lupa segera lunasi pembayarannya agar nama domain yang anda inginkan tersebut tidak digunakan oleh orang lain dan bisa segera aktif agar bisa anda gunakan. Ingat! Pastikan anda sudah tahu nama domain yang ingin digunakan sebelum melakukan order! Jika ada salah dalam penulisan nama domain, anda tidak dapat melakukan refund!

Baca Juga: Tips Memilih Nama Domain

Apakah Bisa Hanya Beli Domain atau Hosting Saja?

Bisa! Tetapi, perlu diingat bahwa website dapat online jika anda memiliki domain dan hosting! Jika memiliki sebuah blog dari *wordpress, *blogspot, *tumblr ataupun *weebly, anda bisa lakukan custom domain. Custom domain adalah melakukan pergantian alamat domain dari suatu media blog gratis namun tetap masih menggunakan hosting dari blog tersebut. Misalnya, anda memiliki blog dengan alamat blogsaya. blogspot .com. Kemudian anda memiliki domain dengan nama blogsaya .com. Lalu, anda ingin mengarahkan blog tersebut ke domain yang ada agar terlihat profesional namun tanpa beli hosting. Apakah bisa? Bisa! Kamu hanya cukup mengarahkan alamat domainnya saja ke hosting gratis milik blogspot. Namun, memang fitur yang didapat cukup terbatas. Anda tidak bisa mendapatkan akses cPanel Hosting, mengatur kapasitas hosting dan sebagainya.

Baca Juga : Tanya Jawab Domain dan Hosting | Hosting Terbaik DomaiNesia

Beli Hosting Gratis Domain

Selain itu agar website lebih aman, anda juga bisa mendapatkan SSL murah Gratis. SSL adalah pengaman sebuah website. Ibarat pagar, SSL akan melindungi bangunan (website) dari semua ancaman virus dan malware. SSL akan membuat suatu jalur secara terenkripsi antara server dan web browser pada sisi pengunjung sehingga akan terhindar dari serangan hacker jahat. Bagaimana jika tidak bisa membuat website sendiri? Tenang! Kamu bisa manfaatkan fitur Instant Deploy juga milik DomaiNesia! Untuk membeli hosting terbaik sekaligus gratis domain, silahkan kunjungi www.domainesia.com.

Baca Juga : Apa Itu SSL? Manfaatnya Bagi Website Bisnis

Kesimpulan

Bagaimana? Sekarang sudah paham perbedaan domain dan hosting kan? Agar website anda bisa online dan diakses oleh orang lain maka file website harus di upload ke Hosting. Cara hosting web nya pun mudah. Ada beberapa cara seperti upload via file manager ataupun via FileZilla. Tanpa domain, website juga tidak mungkin bisa online. Bisa sih, tetapi apakah ada orang yang mau berkunjung ke website anda? Apakah ada orang yang ingin menghapal alamat IP dari server hosting untuk hanya sekedar membuka halaman website anda? Kami rasa tidak ada. Untuk itu, pastikan anda memilih hosting terbaik dan domain murah berkualitas! Tenang saja, ada banyak penyedia domain hosting dengan kualitas terbaik dan harganya terjangkau. Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan tentang perbedaan domain dan hosting. Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan jangan ragu menghubungi Kami 🙂

Salam,
Tim DomaiNesia

Adisty C. Putri


Revival
February 5, 2021

Pembahasannya sangat menarik, penjelasan yang ditampilkan begitu jelas dan mudah dipahami. Terima kasih, semoga bisa bermanfaat juga untuk orang banyak. Salam bangkit

Mahlar
August 13, 2020

Sangat membantu bagi pemula seperti saya yang baru mau belajar mengenai website

septian
May 15, 2020

Artikel yang sangat membantu :)

septian
May 15, 2020

Artikel yang sangat bagi membantu pemula :)

zidan
January 7, 2020

kalo website ini pakenyaa bloger apaa wordpress, minta infonya

Bimo Hutomo
March 17, 2016

Hi, terima kasih telah membaca artikel kami. Sepertinya program Kemkominfo bagi-bagi sejuta domain Indonesia gratis ini kenyataannya tidak gratis dan tidak perlu melampirkan proposal, karena sampai dengan 21 Maret 2016 registrasi domain .ID hanya dikenakaan biaya 15.000 untuk tahun pertama dan cukup melampirkan scan KTP saja, dan bisa untuk pribadi lho. Bisa anda cek kok di https://www.domainesia.com/harga-domain/

dedirahmat
January 12, 2016

wah baru tau nih, betw pas bulan depan gajian, aku pesen 1 orderan hosting di domainesia.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds