Kini Telah Hadir HTTP/2 di DomaiNesia!

Hi DomaiNesians! 😄 Sekarang, DomaiNesia telah support HTTP/2 lho. Pernah mendengar HTTP/2 ? Apa sih HTTP/2 itu? Apa bedanya dengan HTTP biasa? Yaps, tenang dulu. Kali ini akan dijelaskan satu persatu.

Apa sih HTTP/2?

Menurut Wikipedia, HTTP/2 merupakan suatu protokol website yang bekerja di port 80 sama seperti layaknya protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Masih ingat kan HTTP itu apa? Yaps, ketika mengakses website dengan WWW misalnya www.namadomainanda.com itu berarti anda mengakses protokol HTTP. Terdapat beberapa versi HTTP yang telah dikembangkan. Dari mulai HTTP/0.9 pada tahun 1991, HTTP/1.0 pada tahun 1996, HTTP/1.1 pada tahun 1999 hingga pada tahun 2015 telah dikembangkan versi terbarunya yaitu HTTP/2. HTTP/2 ini merupakan lanjutan dari proyek SPDY yang dikembangkan oleh Google. HTTP/2 memang memiliki banyak keunggulan dari versi terdahulunya. Salah satunya yaitu membuat performa website semakin cepat. Dengan adanya HTTP/2, anda tidak perlu menunggu loading website yang terlalu lama.

Apa Perbedaannya Dengan Versi HTTP Terdahulu?

Rentang waktu antara versi HTTP/1.1 hingga muncul HTTP/2 memang dapat dibilang cukup lama. Membutuhkan waktu 16 tahun untuk meluncurkan versi terbaru. Tetapi, waktu yang lama tersebut tidak sia- sia tentunya karena HTTP/2 memiliki banyak keunggulan apabila dibandingkan dengan versi- versi terdahulunya. Perbedaannya adalah,

HTTP/1.1

HTTP/1 hanya menggunakan 1 koneksi saja antara browser dan web server. Anda harus menunggu request ke web server berhasil lalu menunggu response agar dapat ditayangkan di browser. Hal tersebut terjadi secara berulang- ulang. Coba bayangkan ketika website anda memiliki banyak komponen seperti css yang beragam, banyak javascript yang digunakan, atau memiliki banyak gambar dan video. Hal tersebut akan membuat loading website cukup lama bukan? Padahal sekarang ini jamannya responsive website yang notabene memiliki tampilan yang inovatif dan eye catching. Hal tersebut membuat HTTP/1.1 sudah mulai banyak ditinggalkan.

HTTP/2

Berbeda dengan HTTP/1.1, HTTP/2 memiliki banyak keunggulan. Menurut Wikipedia, HTTP/2 mengijinkan web server untuk menekan konten website ke browser. Sehingga, browser tidak perlu menunggu response selesai secara berulang. Hal ini disebut dengan teknologi “multiplexing”. Sehingga, berapapun besar ukuran website tidak akan menjadi masalah.

Apa Keunggulan HTTP/2?

Adapun keunggulan HTTP/2 dengan teknologi nya yang super canggih tersebut yaitu,
1. Loading website menjadi lebih cepat. Bahkan ketika anda mengakses website via mobile
2. Menghemat resources pada web server

Lalu, Apakah HTTP/2 Telah Mengganti Fungsi HTTPS?

Untuk anda yang membutuhkan keamanan yang tinggi, Kami sarankan untuk masih menggunakan protokol HTTPS saja. Karena, walaupun protokol HTTP/2 sudah memiliki enkripsi akan tetapi masih dirasa perlu perbaikan.

Ya, Kini HTTP/2 Telah Hadir di DomaiNesia!

Kini, anda dapat menikmati keunggulan HTTP/2 pada hosting di DomaiNesia. Saat ini, Kami sedang melakukan upgrade server hosting ke layanan HTTP/2 tanpa biaya tambahan. Dengan kombinasi hosting dan browser yang telah support HTTP/2 nantinya akan membuat loading website anda semakin cepat. 😊

Salam,
Tim DomaiNesia