Apa itu Domain? Haruskah Saya Beli?

Hi DomaiNesians!
Pernahkah anda bertanya- tanya, apa sih domain? Apa sih hosting? Terus mengapa saya harus beli domain dan hosting dulu? Saya mau bikin website lho, tapi kok disuruh order domain dan hosting ya? Hmm.. Bagi pemula, mungkin pertanyaan ini sering kali muncul. Pengertian domain di Internet yang cukup rumit, membuat sebagian orang awam merasa kebingungan. Lalu, sebenarnya apa sih domain?

Pengertian Domain

Pengertian domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sebenarnya, domain merupakan sebuah nama. Ya, sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Domain dapat terdiri dari berbagai macam ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi. Ekstensi domain ini memiliki arti masing- masing lho DomaiNesians. Untuk lebih jelas mengenai ekstensi domain, silahkan baca Panduan Memilih Ekstensi Domain.

Sedangkan hosting merupakan media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Nah ibarat perumahan, hosting merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Bangunan yang didirikan tersebut dinamakan website. Dan alamat suatu website tersebut biasa disebut domain. Jadi, untuk membuat website diperlukan domain dan hosting terlebih dahulu. Jika anda tidak memiliki domain dan hosting, bagaimana website dapat berdiri?

Domain Murah Kualitas Terbaik

Nah maka dari itu, pastikan anda memiliki domain dan hosting sebelum membuat website. Banyak penyedia jasa domain dan hosting baik di luar negeri maupun di Indonesia yang bisa anda pilih. Pastikan anda memilih domain murah namun dengan kualitas terbaik! DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Sejak tahun 2009, DomaiNesia telah melayani lebih dari 32.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. DomaiNesia terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. Yuk bijak memilih! Jangan sampai anda menyesal dikemudian hari ya 🙂
Salam,

Tim DomaiNesia