4 Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula

cara membuat website sendiri
Pernahkan kamu berpikir ingin sekali membuat website sendiri? Adakah cara membuat website sendiri tanpa harus pusing memikirkan bahasa pemrograman? Ada dong! Kamu bisa membuat website sendiri dengan mudah tanpa harus memiliki skill tertentu. Yang kamu butuhkan hanya niat saja 🙂 Bagaimana cara membuat website sendiri dengan mudah? Kamu bisa menggunakan bantuan WordPress!

Pernah mendengar kata WordPress sebelumnya? Mungkin bagi sebagian orang yang familiar dengan blog pasti pernah ya. Dulu, WordPress memang dikenal orang akan platform blognya seperti Blogspot, Tumblr atau Weebly. Eitss tapi bukan itu! WordPress yang digunakan untuk membuat website berbeda lho. Sebelumnya, kenali dulu apa perbedaan WordPress untuk blog dan WordPress untuk website.

Apa itu WordPress?

Jangan samakan website WordPress dengan blog WordPress ya. WordPress memang mengeluarkan 2 produk unggulan yaitu WordPress.com dan WordPress.org. WordPress.com digunakan hanya untuk sekedar “ngeblog”. Anda tidak perlu membeli domain maupun hosting. Blog WordPress ini biasanya ditandai dengan akhiran .wordpress.com.

cara membuat website gratis

Sedangkan WordPress.org merupakan CMS (Content Management System) layaknya website biasa. Agar file website WordPress.org dapat berjalan maka membutuhkan domain dan hosting. Anda bisa melakukan berbagai perubahan dari segi tampilan, konten, security serta konfigurasi agar menjadi website idaman. Karena telah menggunakan domain, maka alamat URL dari website yang berbasis WordPress tidak lagi menggunakan akhiran .wordpress.com. Melainkan nama domain yang kamu miliki misalnya .net, .com, .id dan sebagainya.

cara membuat website gratis

Apa Yang Perlu Dipersiapkan?

Yang perlu dipersiapkan adalah:
1. Niat dan Mental
2. Laptop dan Koneksi Internet

4 Cara Membuat Website Sendiri

Oke setelah alat perang telah siap, cara membuat website sendiri bisa dimulai.

1. Tentukan Tema Website

Pertama kali yang harus kamu pikirkan adalah tema website. Website kamu mau dibikin kayak apa? Isinya tentang apa? Banyak tema website yang bisa dipilih misalnya website pribadi, website perusahaan, toko online, blog, travel website, website kuliner atau website yang berisi beragam review film. Selain itu, coba pikirkan bagaimana tampilan yang nantinya akan dibuat. Apakah bernuansa retro? Apakah berwarna hitam? dan sebagainya. Kemudian jangan lupa untuk mencatat apa yang perlu kamu masukkan dalam website. Misalnya profil perusahaan, foto perusahaan, foto barang yang dijual ataupun kontak yang bisa dihubungi. Jangan sampai kamu macet ditengah jalan gara- gara belum mempersiapkan semuanya.

Pengen tahu tema website pilihan yang bisa kamu pilih? Baca Ide Membuat Website Pilihan

2. Pilih Penyedia Jasa Domain dan Hosting

Sudah tahu belum bagaimana website bisa jalan? Website dibangun diatas yang namanya domain dan hosting. Domain merupakan nama dari website itu sendiri. Sedangkan hosting merupakan tempat di mana website diletakkan. Jadi, website bisa dibangun apabila ada hosting dan ada domain. Untuk lebih jelas mengenai apa itu website, domain dan hosting bisa baca Apa itu Domain dan Hosting. Nah karena domain dan hosting merupakan pondasi utama, jadi pilih penyedia jasa yang terbaik. Pastikan kamu tahu fitur dan layanan yang didapatkan. Cek satu persatu spesifikasi, kapasitas, RAM dan harganya. Coba tanyakan apakah sedang ada promo diskon atau tidak. Lumayan kan bisa dapat domain dan hosting murah 🙂

Bingung pilih Hosting? Baca juga Tips Memilih Hosting Untuk Pemula

3. Gunakan WordPress

Setelah domain dan hosting di dapat, silahkan lakukan instalasi WordPress. Oiya, ada beberapa penyedia jasa layanan domain dan hosting yang memiliki fitur instalasi WordPress langsung lho! Salah satunya, DomaiNesia yang memiliki fitur Instant Deploy. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut agar lebih mudah. Kalau tidak ada fitur tersebut, tenang saja! Kamu bisa melakukan instalasi WordPress sendiri dengan mudah menggunakan beberapa bantuan seperti Softaculous atau download langsung di website resmi WordPress.

Baca juga: Cara Instal WordPress dengan Softaculous

4. Perbaiki Tampilan

Setelah WordPress berhasil terinstal, it’s time for custom your website! Kamu bisa lakukan kustomisasi sesuka hati. Eitss jangan sampai melenceng dari tema website ya. Kamu bisa mendapatkan berbagai tema gratis WordPress maupun yang berbayar. Kamu juga bisa mempercantik website dengan berbagai plugin. Coba baca 6 Plugin WordPress Wajib Kamu miliki. Jangan lupa untuk memasukkan catatan-catatan yang sudah kamu list tadi. Sesuaikan menu, gambar slider, footer dan sidebar untuk mempercantik website.

Pengen tahu cara membuat menu, mengupload gambar dan memasang tema? Yuk cek Cara Membuat WordPress Menarik

Itu tadi 4 cara membuat website sendiri tanpa harus koding. Kamu bisa membuat website sendiri bak programmer profesional hanya dengan berbekal WordPress. Untuk masalah keamanan jangan khawatir karena sudah sepenuhnya diurus oleh Tim WordPress. Namun, jangan lupa untuk selalu update WordPress kamu ke versi terbaru ya! Tertarik dengan hosting murah dan domain murah DomaiNesia? Yuk cek hosting murah Indonesia dan domain murah Indonesia. Sampai jumpa di tips dan trik berikutnya!