Perbedaan Domain, Hosting, SSL, & Website?

Oleh Willih Angga
4.72/5 (29)

Perbedaan Domain, Hosting, SSL dan Website

Pernah bingung nggak dengan kata Domain, Hosting, Website dan SSL? Apa sih hubungan antara domain dan hosting? Kalau saya pengen bikin website, apakah harus punya domain dan hosting? Terus biar aman dari serangan hacker, apa harus pakai SSL? Apa sih SSL itu? Hmm…. mungkin pertanyaan ini sering sekali datang ketika anda pertama kali ingin membuat website. Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website? Jadi gini, ibarat ingin memiliki sebuah bangunan, haruslah mempunyai kavling terlebih dahulu agar dapat mendirikan suatu bangunan. Begitu juga di internet jika ingin memiliki sebuah website. Terdapat hosting, website, domain dan SSL yang bisa direpresentasikan sebagai kavling, bangunan, nama bangunan, serta pagar pengaman bangunan.

Domain

Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website

Domain adalahalamat dari sebuah website. Jika diibaratkan, domain merupakan sebuah alamat yang akan menuntun pengunjung menuju ke lokasi kavling atau bangunan. Biasanya domain dalam bentuk situsanda.com atau situsanda.id, ataupun yang lainnya. Untuk domain biasanya memiliki akhiran, yang disebut dengan ekstensi domainuntuk ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll, kemudian ada juga domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id, dll, untuk daftar lengkapnya dapat dilihat pada halaman domain. DomaiNesia memiliki domain murah dengan berbagai ekstensi yang bisa anda dapatkan.

Baca Juga : Tips Memilih Nama Domain

Hosting

Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website

Hosting adalahtempat untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Hosting ibarat kavling, yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Di DomaiNesia sendiri kami menyediakan layanan hosting dengan harga terjangkau tetapi memiliki performa luar biasa, detailnya dapat dilihat pada halaman hosting. Beli hosting murah dengan kualitas terbaik? DomaiNesia punya beberapa paket hosting murah yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan website.

Baca Juga : Tips Memilih Hosting Berkualitas

SSL

Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website

SSL adalah jalur yang berfungsi sebagai pengaman sebuah website. SSL (Secure Socket Layer) akan membuat suatu jalur secara terenkripsi antara server dan web browser pada sisi pengunjung. Sehingga, pada saat pengunjung mengakses sebuah website yang menggunakan SSL maka data yang terkirim akan aman. SSL ibarat pagar pengaman, yang berfungsi melindungi bangunan dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya pencurian. Di DomaiNesia sendiri menyediakan layanan SSL dengan berbagai pilihan, dapat dilihat pada halaman SSL.

Baca Juga : Perlukah Saya Pasang SSL di Website?

Website

Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website

Website adalah bentuk tampilan atau halaman yang berisikan informasi data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Website diibaratkan seperti bangunan yang berdiri di atas kavling tersebut. Pengunjung akan selalu melihat rupa website, sama halnya seperti pembeli yang akan mengunjungi sebuah toko untuk berbelanja. Pengen bikin website tanpa ribet? DomaiNesia memiliki fitur Instant Deploy yang bisa anda pilih.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website

Kesimpulan

Ibarat ingin mendirikan suatu pertokoan. Anda pastinya akan memilih kavling, bangunan, nama bangunan dan pagar pengaman untuk melindungi toko anda. Begitu juga dalam world wide web. Hosting, website, domain dan SSL merupakan representasi dari semua hal tersebut. Gimana? Apa itu Domain, Hosting, SSL dan Website? Udah mulai ada pencerahan bukan? Jadi, kalau ingin membuat website atau toko online pastikan harus ada Hosting sebagai tempat menyimpan file serta harus ada Domain sebagai identitas/ nama website.  Agar aman dari malware dan serangan hacker, maka pastikan selalu pasang SSL di website. DomaiNesia merupakan web hosting murah dengan kualitas terbaik. Kamu bisa dapatkan server hosting berteknologi SSD secepat kilat serta support 24 jam! Yuk onlinekan bisnismu sekarang!

Baca Juga: Paket Hosting dan Domain Murah DomaiNesia

Willih Angga

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds