Home  »  Permulaan   »   Cara Memasang HTTPS di Blogger (Custom Domain)

Cara Memasang HTTPS di Blogger (Custom Domain)

Last Update:

Hi DomaiNesians! Gimana? Sekarang blog kamu udah keren kan berkat custom domain Blogger? Sekarang udah nggak malu lagi dong kalau mau nulis alamat blog atau alamat website di Curriculum Vitae karena embel- embel *.blogspot.com udah ilang. Nah buat kamu yang belum melakukan custom domain Blogger/ Blogspot yuk segera ikuti Cara Custom Domain ke Blogger. Namun mungkin ada sedikit kekhawatiran, bagaimana masalah keamanan datanya? Apakah postingan di blog saya aman? Bisa nggak ditambahkan protokol HTTPS agar lebih aman? Bisa dong! Sekarang kamu bisa memasang HTTPS di Blogger. Tentu saja yang sudah mengalami custom domain yaa! Yuk ikuti cara memasang HTTPS di Blogger berikut

Custom Domain Blogger

Masih ingat kan apa itu custom domain Blogger? Intinya yang semula nama blog kamu menggunakan .*blogspot.com, setelah dilakukan custom domain akan menjadi namadomain.com, namadomain.my.id atau menggunakan ekstensi domain lainnya. Bagi kamu yang pengen kasih nama blog dengan domain .ID, bisa juga lho melakukan custom domain! Coba ikuti Cara Custom Domain ID ke Blogger.

Apa sih bedanya .COM, .ID, .NET ? Yuk cek Jangan Bingung Pilih Ekstensi Domain!

Mengapa Harus Dipasang HTTPS?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus melindungi website dengan protokol HTTPS. Pertama, karena protokol ini memiliki jalur yang terenkripsi maka dipastikan data kamu akan aman. Kedua, ketika bersaing dengan website lainnya pasti masyarakat lebih memilih website dengan awalan https:// Mengapa? Karena website lebih aman dan tentunya lebih bebas dari beberapa malware.

Cara Memasang HTTPS di Blogger

Yang perlu kamu siapkan tentu saja adalah akun dari Blogger/ Blogspot itu sendiri. Adapun cara memasang HTTPS di Blogger atau Blogspot adalah sebagai berikut,

1. Buka https://draft.blogger.com

Buka web browser lalu ketik https://draft.blogger.com Kemudian masukkan email dan password akun Blogger anda.

cara memasang HTTPS di Blogger

2. Muncul Dashboard Draft Blogger

Tunggu sebentar, maka anda akan diarahkan ke halaman dashboard draft.blogger. Nah pada dasarnya tampilan draft.blogger hampir mirip dengan dashboard blogger, namun bedanya di sana terdapat fitur untuk memudahkan kamu untuk memasang HTTPS. Untuk memasang HTTPS di blog yang sudah dilakukan custom domain maka silahkan pilih Menu Setelan lalu klik Dasar. Pada bagian bawah terdapat tulisan HTTPS. Nah pada Ketersediaan HTTPS tersebut silahkan pilih “Ya”.

3. Mengaktifkan Pengalihan HTTPS di Blogger.com

Setelah itu, silahkan buka https://www.blogger.com/ di web browser kamu.  Masukkan email dan password akun Blogger. Kemudian pilih Menu Setelan dan klik Dasar. Lalu pada Pengalihan HTTPS, silahkan pilih “Ya”. Apabila tidak bisa, silahkan refresh web browser dengan tekan F5 pada keyboard.

cara memasang HTTPS di Blogger

4. Mengubah HTTP ke HTTPS

Jika setting sudah dilakukan, maka sekarang saatnya kamu mengubah semua url HTTP yang ada di source kode HTML menjadi HTTPS. Hal ini agar proses pemasangan HTTPS pada Blogger berhasil. Caranya, silahkan klik Menu Tema. Lalu klik Edit HTML.

cara memasang HTTPS di Blogger

Untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS, silahkan klik Edit Tema. Nah buat kamu yang masih pemula, Kami sarankan untuk melakukan edit HTML di dashboard ini saja. Untuk mempermudah, silahkan tekan ctrl+ F untuk mencari tulisan “HTTP”. Pada kolom search, silahkan tulis HTTP lalu enter. Setelah ketemu, sekarang saatnya mengubah HTTP menjadi HTTPS. Ulangi hingga semua url HTTP berubah menjadi HTTPS. Nah bagi yang udah mahir, kamu bisa kok copas semua kode HTML itu ke editor favorit seperti Notepad++, Sublime Text, dan sebagainya. Setelah selesai jangan lupa di klik Simpan tema!

cara memasang HTTPS di Blogger

5. Pemasangan HTTPS di Blogger Berhasil

Nah setelah disimpan, sekarang waktunya melihat hasil pemasangan HTTPS di blog yang sudah dilakukan custom domain. Silahkan buka web browser, lalu tulis alamat URL blog kamu. Ingat! Alamat blog yang udah di custom domain ya! Yang udah nggak pakai embel-embel *.blogspot.com 😀

Baca Juga : Cara Backup Artikel di Blogspot

Closing

Custom domain memang sangat bermanfaat buat pengguna blogger/ blogspot yang masih awam dengan dunia hosting. Selain membuat blog menjadi lebih profesional, custom domain bisa membuat blog kamu lebih dipercaya masyarakat. Apalagi jika blog kamu udah dipasang HTTPS, pastinya tambah lebih aman. Pengen punya lebih banyak pengunjung blog? Cobain pakai Hosting deh. DomaiNesia jual Hosting Murah lho dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Nggak mau ribet bikin website? Pilih aja Instant Deploy DomaiNesia! Kamu bisa bikin website tanpa ribet hanya dengan sekali klik. Oiya, sepertinya kamu perlu baca Cara Membuat Website Mudah dan Cepat. Yuk order sekarang juga!

Baca Juga : Tips Memilih Hosting Untuk Pemula


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!