Home  »  Virtual Server   »   Cara Menambah ISO di VPS

Cara Menambah ISO di VPS

Last Update:

cara menambah iso di vps
Hi DomaiNesians! Pernah mendengar kata ISO sebelumnya? Buat yang sering install ulang, pasti sudah tidak asing dengan kata ISO. Apa itu ISO? Dikutip dari Wikipedia, ISO adalah sebuah file yang berisi sesuatu hal yang harus disimpan dalam optical disk (CD atau DVD) yang dapat berbentuk OS. Di VPS, kamu juga bisa menambahkan ISO sendiri lho! Sebenarnya, DomaiNesia telah menyediakan berbagai OS yang dapat kamu gunakan di VPS. Seperti Ubuntu, CentOS, Debian dan Fedora dengan berbagai versi. Nah terkadang ada beberapa ISO yang ingin ditambahkan di VPS. Misalnya, kamu ingin menambahkan ISO Windows Server dan sebagainya. Bagi kamu yang ingin mengubah OS di VPS, silakan baca Cara Install OS di VPS. Perlu diingat bahwa sistem operasi bawaan yang ada di VPS DomaiNesia biasanya berbasis Unix/ Linux. Mengapa? Coba baca 5 Alasan Server Menggunakan Linux. Untuk itu pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang cara menambah ISO di VPS.

Cara Menambah ISO di VPS

Adapun step by step cara menambah ISO di VPS yaitu,

1. Login Client Area DomaiNesia (my.domainesia.com)

Buka https://my.domainesia.com pada web browser kamu. Lalu masukkan username dan password. Username dan password ini merupakan akun pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

cara menambah iso di vps

2. Memilih VPS

Setelah itu kamu akan diarahkan ke dashboard client area. Pada client area, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang dibeli. Untuk melakukan instalasi OS di VPS, silahkan klik Services. Pada bagian VM, silahkan pilih VM (VPS) yang ingin dilakukan instalasi OS.

cara menambah iso di vps

3. Memilih Menu VM Configuration

Tunggu sebentar maka akan diarahkan ke halaman dashboard VM. Arahkan pada kolom VM Management dan pilih menu VM Configuration.

cara menambah iso di vps

4. Menambah OS di VPS

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman VPS Configuration. Pada bagian Select ISO, silakan klik “+”.

cara menambah iso di vps
Lalu tambahkan ISO yang telah dipersiapkan. ISO yang dapat kamu tambahkan yaitu harus berbentuk URL. Jadi, pastikan ISO yang ingin kamu tambahkan telah diupload di suatu media penyimpanan yang dapat langsung di didownload. Kemudian tulis nama file ISO pada bagian ISO File Name. Jika sudah, silakan klik Add ISO.

cara menambah iso di vps

5. Memilih OS di VPS

Setelah OS ditambahkan, maka kamu dapat memilih OS pada bagian select ISO. Pilih ISO yang kamu mau. Kemudian klik Submit.

cara menambah iso di vps

Kesimpulan

Cara menambah ISO di VPS sangatlah mudah. DomaiNesia telah menyediakan berbagai OS yang dapat kamu gunakan di VPS. Salah satu perbedaan antara VPS dan Hosting terletak pada pemilihan OS yang digunakan. Untuk lebih jelas mengenai perbedaan Hosting dan VPS, silahkan baca Apa Perbedaan Hosting dan VPS. Di Hosting, kamu tidak dapat memilih sistem operasi mana yang digunakan. Hosting yang bagus, biasanya akan menggunakan sistem operasi CloudLinux yang memiliki performa dan efisiensi tinggi. Sedangkan VPS atau biasa disebut Virtual Server, user dapat menggunakan sistem operasi (OS) yang digunakan sesuai keinginan. DomaiNesia menyediakan VPS Murah mulai dari 100 ribu perbulan.

Baca Juga: Cara Remote VPS dengan Mudah


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!