Home  »  Permulaan   »   Cara Perpanjang SSL Lets Encrypt di Hosting

Cara Perpanjang SSL Lets Encrypt di Hosting

Last Update:
5/5 (3)

Tidak menemukan menu Lets Encrypt di cPanel? Coba gunakan AutoSSL: Instalasi SSL Otomatis di Hosting

Hi DomaiNesians! Website anda sudah terpasang SSL? Jika belum, segera pasang SSL ya. SSL sangat berguna untuk memberikan proteksi terhadap website anda dari serangan malware ataupun para hacker. Di DomaiNesia, anda bisa memperoleh SSL murah berbayar ataupun SSL Gratis Lets Encrypt. Lets Encrypt selain griatis, aman dan transparan, juga mudah digunakan untuk pemula. Mulai April 2019, DomaiNesia mulai mengaktifkan fitur terbaru Lets Encrypt agar dapat digunakan pada subdomain secara otomatis dan terdapat fitur Wildcard. Apakah dapat diperpanjang secara otomatis? Untuk fitur Lets Encrypt terbaru ini, anda dapat perpanjang (renewal) otomatis. Berbeda dengan Lets Encrypt terdahulu yang memasuki masa kadaluarsa setelah 90 hari. Namun, diperlukan unistall kemudian instal ulang agar fitur terbaru Lets Encrypt dapat anda nikmati. Bagaimana cara perpanjang SSL Lets Encrypt? Silakan ikuti panduan berikut.

Bagaimana Cara Perpanjang SSL Lets Encrypt?

Jika sudah lebih dari 90 hari, maka masa aktif SSL Let’s Encrypt akan habis. Untuk renewal/ perpanjang Lets Encrypt biasanya akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Namun ada berbagai keadaan dimana proses renewal/ perpanjang tidak dapat dilakukan secara otomatis. Untuk itu, anda bisa melakukan perpanjang (renew) Let’s Encrypt agar dapat digunakan lagi. Apakah harus bayar? Tidak! Anda bisa memperoleh SSL Let’s Encrypt secara GRATIS! Mau tahu caranya? Ikuti step by step berikut:

1. Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel. Jika masih bingung, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting
login cPanel

2. Memilih Menu SSL/ TSL

Setelah masuk ke cPanel, silahkan tulis “SSL” pada form pencarian. Kemudian klik Menu SSL/TSL

cara install let's encrypt

3. Memilih Manage SSL Sites

Tunggu sebentar hingga muncul tampilan SSL/ TSL. Terdapat beberapa pilihan pengaturan SSL yang bisa anda pilih. Silahkan klik Manage SSL Sites pada bagian Install and Manage SSL for your site (HTTPS).

4. Melakukan Perpanjang SSL Lets Encrypt

Untuk memperpanjang SSL, anda dapat melakukan unistall kemudian lakukan instal SSL Lets Encrypt kembali. Nantinya akan muncul beberapa domain yang dipasang SSL. Silahkan pilih domain yang SSL Let’s Encryptnya ingin diperpanjang. Setelah domain dipilih, silahkan klik Uninstall.

Setelah itu, silakan klik Proceed.

5. Memilih Menu Lets Encrypt

Setelah melakukan uninstal, anda dapat melakukan instal ulang SSL Lets Encrypt. Silakan kembali lagi pada kolom pencarian, dan silakan ketik lets encrypt maka akan muncul menu Let’s Encrypt SSL.
cara install let's encrypt

Klik pada menu Let’s Encrypt kemudian anda akan diarahkan ke halaman Let’s Encrypt SSL. Di sini anda dapat melakukan instalasi sertifikat SSL yang ada di Let’s Encrypt secara gratis di domain yang anda pilih.

6. Memilih Domain yang Diinginkan

Pada bagian Issue a new certificate, silakan pilih domain yang anda inginkan. Terdapat beberapa domain dan subdomain yang bisa anda pilih. Domain yang anda pilih nantinya akan terinstall sertifikat SSL Let’s Encrypt. Kemudian silakan klik +Issue untuk melakukan instalasi SSL.
cara install let's encrypt

7. Melakukan Instalasi SSL Lets Encrypt

Untuk melakukan instalasi SSL, pastikan pada bagian domain/ subdomain tanpa www sudah ada tanda centang dan untuk domain/ subdomain yang menggunakan www sudah bertanda centang. Kemudian untuk validasi SSL silakan pilih http-01. Kemudian klik Issue.
cara install let's encrypt

8. Instalasi SSL Let’s Encrypt Berhasil

Silakan tunggu sebentar hingga proses instalasi berjalan dengan sukses. Apabila telah muncul tampilan seperti ini artinya SSL Let’s Encrypt sudah berhasil dijalankan.

cara perpanjang ssl lets encrypt

Sekarang, coba ketikkan https://namadomain(dot)com pada web browser anda. Pastikan anda telah mengarahkan website ke protokol HTTPS agar tidak ada tulisan “Your Website is Not Secure“. Apabila belum bisa, silakan tunggu maksimal 2 jam. Apabila masih belum bisa juga, silakan hubungi Tim Support DomaiNesia.

Baca Juga: Panduan SSL Gratis Lets Encrypt Komplit

Closing

Let’s Encrypt adalah free open certificate authority yang menyediakan fasilitas sertifikat SSL gratis bagi masyarakat. Dengan adanya SSL, maka akun hosting dan website anda akan aman dan terhindar dari indikasi pencurian data. Fasilitas SSL ini dapat anda dapatkan di DomaiNesia secara gratis tanpa biaya tambahan. Apakah SSL akan diperpanjang secara otomatis? Ya! SSL Lets Encrypt akan diperpanjang secara otomatis ketika fitur terbaru sudah diaktifkan. Namun, untuk pertama kali anda diharuskan untuk melakukan uninstall dan install kembali SSL yang sudah aktif. Mengapa? Hal tersebut karena memasuki masa peralihan antara Lets Encrypt lama dan Lets Encrypt terbaru (Fleet SSL). Namun jangan khawatir, cara perpanjang SSL Lets Encrypt di hosting dapat dengan mudah anda lakukan.

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!