Membuat Subdomain Lewat Kontrol Panel Domain

membuat subdomain lewat kontrol panel domain

Introduction

Subdomain merupakan anak dari domain atau biasa disebut bagian dari domain utama. Bagian ini biasanya digunakan untuk membedakan fungsi dari website. Misalnya, blog.domainesia.com. Tulisan blog di depan nama domain utama itulah yang menandakan bahwa halaman tersebut berisi blog dari domainesia.com. Biasanya anda dapat membuat subdomain di di halaman cPanel. Namun, bagaimana apabila domain dan hosting anda terpisah? Bagaimana jika anda hanya membeli domain saja di DomaiNesia? Tenang, anda dapat membuat subdomain melalui kontrol panel domain.

Membuat Subdomain Lewat Kontrol Panel Domain

Adapun langkah- langkah dalam membuat subdomain lewat kontrol panel domain yaitu,
1. Buka http://dash.domainesia.com pada web browser anda. Pilih tab Customer Login. Lalu masukkan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.
enter image description here
2. Maka akan diarahkan ke dashboard domain dan hosting yang anda beli di DomaiNesia
enter image description here
3. Untuk melakukan custom domain, maka pada bagian sidebar sebelah kiri, pilih My Domains. Kemudian klik pada domain yang anda inginkan.
enter image description here
4. Maka anda akan diarahkan pada halaman pengaturan domain yang anda miliki.
enter image description here
5. Scroll halaman, hingga anda dapat menemukan Manage DNS pada bagian bawah. Klik pada Manage DNS.
enter image description here
6. Setelah itu anda akan masuk ke pengaturan DNS. Pastikan name server anda yaitu dns1.domainesia.com, dns2.domainesia.com, dns3.domainesia.com, dns4.domainesia.com. Apabila belum, maka klik Fix Name Servers Automatically. Maka secara otomatis nama server akan diubah.
enter image description here
7. Kemudian setelah name server sesuai, maka pilih Add record. Kemudian klik A record lalu isikan hostname dan IP address dari hosting yang anda gunakan. Hostname di sini, merupakan subdomain. Sehingga, hostname yang digunakan sesuai standar penulisan subdomain. Misal blog.domainesia.com, docs.domainesia.com dan sebagainya.
enter image description here
9. Setelah itu, tunggu sebentar. Maka subdomain telah berhasil anda buat melalui Kontrol Panel Domain. Untuk mengetahui cara membuat subdomain di cPanel, mana anda dapat membacanya di Panduan Membuat Subdomain di cPanel.

Closing

Subdomain merupakan bagian dari domain utama. Bagian ini biasanya digunakan untuk membedakan fungsi dari website. Di DomaiNesia, anda dapat membuat subdomain melalui cPanel atau melalui Kontrol Panel Domain.

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles