5 Tips Agar Hemat Saat Lebaran

tips hemat lebaran

Hi DomaiNesians! Lebaran sebentar lagi nih! Siapa yang udah nggak sabar dengan suasananya? Kumpul dengan keluarga besar, sholat idul fitri bersama-sama, acara sungkeman, bagi-bagi salam tempel serta menikmati liburan bersama. Namun, terkadang di hari raya idul fitri pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Uang THR habis dalam hitungan hari, uang gaji ludes, kemudian pasca lebaran menjadi bangkrut dan tabungan menipis. Jangan sampai itu terjadi ya! Ikuti 5 tips hemat lebaran dari DomaiNesia berikut ini.

Tips Hemat Lebaran

Inilah tips hemat saat lebaran yang bisa kamu lakukan:

1. Buat Rencana Anggaran

tips hemat lebaran

Sumber: Pexels

Pastikan kamu telah membuat rencana anggaran untuk lebaran tahun ini! Lebaran memang menjadi salah satu pos yang paling banyak dan mudah untuk mengeluarkan segelintir uang. Menurut perencana keuangan Ahmad Gozali, pembagian uang THR dan gaji bulanan merupakan kunci agar tak kebingungan masalah keuangan setelah lebaran selesai. Ada beberapa biaya yang harus diperhatikan seperti biaya konsumsi lebaran, biaya mudik, biaya di kampung halaman, biaya oleh-oleh untuk saudara serta biaya hidup setelah lebaran selesai. Kamu harus memperhitungkan berapa budget roti kering yang harus dibeli. Beli secukupnya, jangan terlalu berlebihan! Untuk kamu yang mudik ke kampung halaman, selalu perhitungkan biaya transportasi seperti pembelian tiket pulang pergi ataupun uang bensin. Pastikan selalu bawa uang tunai lebih ya. Takutnya persediaan uang di ATM kosong pada hari raya. Setelah sampai ke kampung halaman, berbagi “salam tempel” sudah menjadi hal yang wajib buat kamu yang sudah bekerja. Hemat bukan berarti pelit ya! Berbagi dengan sanak saudara di hari lebaran tidak akan membuat kantong kamu menipis sepanjang masih batas wajar. Jangan lupa sisihkan uang untuk berzakat ya! Keluarkan kewajiban 2,5% harta kita untuk zakat fitrah di bulan ramadhan.

2. Jangan Tergoda Dengan Banyak Diskon!

tips hemat lebaran

Sumber: Pexels

Sudah beli baju lebaran belum? Kalau di mall atau di pusat perbelanjaan jangan sampai kalap dengan banyak diskon ya! Menjelang hari raya idul fitri seperti ini banyak diskon yang bisa kamu dapatkan baik di mall, pusat perbelanjaan maupun online shop. Manfaatkan diskon tersebut untuk memenuhi beragam kebutuhan untuk lebaran dan mudik. Selain baju baru, kamu juga bisa memanfaatkan diskon harga sembako, tiket mudik, oleh-oleh serta hotel untuk liburan. Manfaatkan promo seperti Flash Sale yang akan menghemat pengeluaran hingga dua kali lipat. Dapatkan domain dengan harga 69 ribu rupiah di Flash Sale DomaiNesia!

3. Jangan Terlalu Sering ke Mall!

tips hemat lebaran

Sumber: Pexels

Berkunjung ke mall dan scroll website online shop adalah salah satu hal yang menyenangkan. Sambil menunggu waktu buka puasa, sepertinya 2 hal ini adalah kegiatan favorit. Namun jika kamu ingin hemat saat lebaran, pastikan jangan terlalu sering ke mall dan berkunjung ke online shop ya! Niat awal hanya ingin cuci mata namun apa daya nafsu mungkin tidak bisa terkontrol. Biaya yang seharusnya dapat digunakan untuk kebutuhan lebaran, akhirnya masuk ke pos-pos yang tidak perlu. Oiya, lebaran tidak melulu soal baju dan mukena baru lho! Jika mukena lama masih bagus untuk dipakai, usahakan nggak usah beli baru ya! Kamu bisa gunakan waktu untuk beribadah, silaturahmi dengan kerabat atau melakukan hal positif lainnya untuk #CariBerkah di bulan ramadhan.

4. Liburan Dengan Keluarga Juga Perlu

tips hemat lebaran

Sumber: Pexels

Berlibur saat lebaran dengan keluarga? Perlu banget! Kamu bisa refreshing dengan memanfaatkan waktu liburan panjang untuk jalan-jalan bersama keluarga. Alangkah lebih baik, kamu bisa bicarakan rencana liburan ini jauh-jauh hari. Agar kamu tahu budget yang akan dikeluarkan, berapa harga tiket masuk, dan berbagai keperluan lainnya.

5. Sisihkan Dana Untuk Kebutuhan Pasca Lebaran

tips hemat lebaran

Sumber: Pexels

Biasanya hal ini yang jadi masalah dalam menghadapi hari lebaran. Walaupun kamu sudah merencanakan anggaran di awal, kamu tetap harus menyisihkan dana untuk kebutuhan pasca lebaran. Kamu tetap harus bayar listrik, bayar kos, biaya makan, dan belanja kebutuhan sehari-hari. Jika kamu sudah berkeluarga kamu masih harus bayar cicilan rumah, cicilan mobil serta biaya sekolah anak.

Bagaimana? Sudah siap menghadapi lebaran dengan cerdas? Dengan mengikuti tips hemat lebaran, kamu bisa merayakan hari raya idul fitri dengan tenang. Hati senang, dompet pun aman. Kami segenap Tim DomaiNesia mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Minal Aidzin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat berkumpul dengan keluarga di hari yang fitri 😊

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Newsletter