Pilih Hosting Indonesia vs Hosting Luar Negeri, Pilih Mana?

hosting indonesia terbaik
Perkembangan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Dikutip dari hasil survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pada tahun 2017 terdapat 143,2 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia menggunakan internet. Hampir sekitar 54,68% penduduk Indonesia telah memanfaatkan internet dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu hanya sekitar 132,7 juta jiwa saja. Memang hal ini tidak dapat dipungkiri karena semakin lama teknologi semakin maju. Dari mulai infrastruktur, software, produk hosting Indonesia terbaik hingga saat ini muncul istilah Internet of Things.

hosting indonesia terbaik

Sumber: APJII

Hampir semua masyarakat bisa terhubung satu sama lain. Jarak bukanlah lagi halangan untuk berinteraksi. Sekarang ini, bapak dan anak yang terpisah pulau saja bisa mengetahui apa yang dilakukan anaknya secara realtime menggunakan teknologi video call. Mau beli barang kebutuhan pokok namun capek keluar rumah, Kamu bisa berbelanja melalui toko online. Pengen cari informasi apa aja, sekarang juga mudah. Kamu bisa gunakan teknologi search engine atau mesin pencari. Terdapat berbagai mesin pencari seperti Google, Yahoo, Baidu atau yang lainnya. Hanya tinggal tulis kata kunci apa yang dicari, lalu klik “Cari”. Dalam sekejap, kamu bisa mendapatkan informasi yang diinginkan. Informasi-informasi tersebut biasanya tersimpan dalam suatu website.

hosting indonesia terbaik

Sumber: DomaiNesia

Lalu apa itu search engine? Menurut Wikipedia, search engine atau mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam suatu jaringan. Nah search engine ini akan mencari “kata kunci” yang kamu tuliskan. Apabila di dalam suatu website terdapat “kata kunci” tersebut, maka website akan muncul. Untuk urutan website mana yang masuk halaman pertama dan mendapatkan peringkat pertama di search engine, hal tersebut tergantung traffic website dan SEO website.

Perkembangan Website di Indonesia

Dari tadi ngomongin website-website mulu. Lalu apa sih website itu? Apa saja jenis website? Bagaimana perkembangan website di Indonesia? Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang berisi kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Biasanya website diletakkan di suatu web server agar nantinya bisa diakses melalui web browser via internet. Masih bingung? Baiklah. Begini, website adalah suatu halaman yang berisi informasi. Informasi ini dapat berupa gambar, video, script website ataupun tulisan tertentu. Kamu pernah mencari sesuatu lewat Google? Ketika kamu tulis kata kunci pada form pencarian dan klik Cari, maka akan muncul beberapa deretan link. Link tersebut bisa kamu buka jika diklik. Nah ketika dibuka, maka akan muncul tampilan baru. Nah itulah yang disebut dengan website.

Apa saja jenis website?

Ada beragam jenis website yang bisa kamu kunjungi. Menurut Progresstech, terdapat jenis website berdasarkan fungsinya antara lain seperti blog, company profile, website personal, website pemerintahan, website portal berita, social media, toko online, website gallery, serta website pendidikan. Dikutip dari hasil survei APJII 2017, sebanyak 89,35% masyarakat Indonesia menggunakan website untuk aktivitas chatting. Di bidang ekonomi misalnya, sebanyak 45,14% masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari harga produk. Kemudian hampir 32,19% masyarakat melakukan transaksi melalui e-commerce atau toko online. Lalu bagaimana website bisa terbentuk? Apakah website bisa terbentuk secara otomatis? Tidak! Kamu perlu domain dan hosting terbaik agar website kamu bisa online!

hosting indonesia terbaik

Sumber: APJII

Perbedaan Domain dan Hosting

Pertanyaan ini sering diajukan oleh beberapa orang yang baru pertama kali mengenal dunia domain dan hosting. Bahkan mungkin bagi sebagian orang yang baru tahu bagaimana cara kerja website dan bagaimana website bisa online. Sudah kita tahu bahwa hosting adalah sebuah tempat atau media yang digunakan untuk meletakkan sebuah file website. Sedangkan domain adalah nama atau alamat dari website tersebut. Tanpa domain dan hosting, website tidak akan bisa online dan diakses banyak orang. Website ibarat sebuah bangunan yang didirikan di atas tanah yang dipetak-petak. Tanah yang berpetak disebut dengan hosting. Sedangkan nama dari bangunan bisa disebut domain.

hosting indonesia terbaik

Sumber: DomaiNesia

Nah, agar dapat membentuk website yang bagus maka diperlukan hosting terbaik dan berkualitas dengan teknologi yang mumpuni. Apa sih ciri-ciri hosting yang bagus? Dikutip dari CNET, Hosting terbaik harus memenuhi 3S yaitu Speed, Support dan Security.

Bagaimana teknologi hosting yang digunakan
Bagaimana kecepatan akses website
Unlimited bandwidth atau tidak
Apakah termasuk jenis server berskala enterprise
Menggunakan SSD atau tidak
Menggunakan CloudLinux atau yang lainnya
Apakah Tim Support melayani 24/7 jam
Bagaimana fitur dan fasilitas yang didapat
Apakah ada pengamanan lebih untuk website dalam hal security
dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca 7 Cara Memilih Hosting Terbaik

Hosting Indonesia vs Hosting Luar Negeri

Nah karena hosting menjadi landasan dari terbentuknya website maka kamu harus pilih web hosting murah dan berkualitas. Ada berbagai macam web hosting Indonesia terbaik dan web hosting luar negeri yang bisa kamu pilih. Lalu, bagaimana? Haruskah saya pilih hosting indonesia terbaik? Atau haruskan saya beli hosting luar negeri? Baiklah, mari ikuti penelusuran kami berikut ini. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih beli hosting indonesia ataupun hosting luar negeri.

1. Kualitas Hosting

Pastikan kualitas hosting menjadi prioritas utama

Buat apa memilih hosting murah namun sering down?
Buat apa pilih hosting hanya karena diskon 50% kemudian website tidak bisa diakses?
Bagaimana jika hosting yang kamu pilih tidak menyediakan fitur backup?

Oleh karena itu, sebelum memilih hosting pastikan kamu tahu bagaimana teknologi, infrastruktur, sistem serta seluk beluk perusahaan penyedia jasa layanan hosting. Dikutip dari A Review on Data Back-up Techniques for Cloud Computing yang dipublikasikan oleh International Journal of Computer Science and Mobile Computing, dibutuhkan suatu proses backup data untuk semua cloud platform seperti Cloud Hosting agar data aman di berbagai situasi. Seperti bencana alam, kebakaran, gempa bumi, kerusakan hardware ataupun kesalahan teknis. Kamu bebas memilih hosting indonesia ataupun hosting luar negeri asalkan kamu tahu bagaimana kualitas hostingnya.

Ada sebagian orang yang menyatakan bahwa hanya hosting luar negeri yang memiliki teknologi dan service yang bagus. Tidak juga! Ada beberapa kasus seperti website error lalu tiba-tiba data tidak bisa diakses. Parahnya lagi, penyedia layanan hosting luar negeri tersebut ternyata tidak menyediakan fasilitas cloud backup dan sulit untuk dihubungi. Data website akan hilang begitu saja dan tentu saja kamu tidak bisa komplain karena hosting sudah dimatikan. Jika menggunakan Hosting Indonesia terbaik, kamu masih bisa berkunjung ke lokasi perusahaan. Bagaimana jika di luar negeri? Yang bisa kamu lakukan hanyalah pasrah saja. Hal tersebut tidak ingin terjadi bukan? Maka dari itu, pastikan kualitas hosting jadi prioritas utama ya!

hosting indonesia terbaik

Sumber: Pixabay

2. Pasar Website

Tentukan lokasi target pasar dari website kamu! Jika website kamu hanya akan diakses oleh user dari Indonesia, maka pilih Hosting Indonesia saja. Ada banyak hosting indonesia terbaik , murah dan berkualitas yang bisa kamu pilih. Hal ini berpengaruh lho terhadap kecepatan akses website. Dikutip dari Firstsiteguide, salah satu solusi terbaik dalam memilih hosting yaitu letakkan website di hosting dengan lokasi server hosting yang paling dekat dengan lokasi target pasar website. Misalnya, kamu ingin membuat toko online “baju anak dan wanita”. Target pengunjung website kamu adalah masyarakat lokal di Indonesia. Untuk itu, pastikan kamu pilih hosting dengan lokasi Indonesia atau sekitarnya. Jika target pengunjung website kamu berada di luar negeri, maka silahkan pilih hosting luar negeri dan pilih server yang paling dekat dengan target pasar kamu!

3. Support

Salah satu yang paling penting ketika menentukan paket hosting apa yang harus digunakan adalah support. Ketika memilih web hosting indonesia pastinya kamu menggunakan bahasa Indonesia juga dalam berkomunikasi. Semua kata-kata, kalimat, chat serta tiket menggunakan bahasa Indonesia. Berbeda dengan hosting luar negeri. Ya, jika kamu memilih hosting dari luar negeri, kamu harus menggunakan bahasa inggris dalam berkomunikasi. Bayangkan saja jika tiba-tiba website error lalu kamu ingin melakukan komplain namun terhalang dalam penggunaan bahasa. Pastinya ribet dan menyusahkan bukan?

4. Harga

Untuk urusan harga, hosting luar negeri memang dirasa lebih murah. Jangan terkecoh dengan harga hosting murah dengan kurs dollar/ euro! Kenyataannya, jika dirupiahkan akan berbeda dan bahkan lebih mahal. Alangkah lebih baik, pilih saja hosting murah Indonesia dengan harga promo. Biasanya, penyedia jasa layanan domain hosting sering mengadakan promo diskon setiap bulan.

hosting indonesia terbaik

Sumber: Pixabay

5. Metode Pembayaran

Ini juga merupakan hal penting setelah harga. Kamu perlu tahu metode pembayaran yang digunakan. Biasanya untuk penyedia domain dan hosting luar negeri hanya menggunakan PayPal dan Kartu Kredit untuk melunasi tagihan. Kamu tidak bisa melakukan transfer langsung melalui bank lokal ke penyedia layanan hosting luar negeri! Berbeda dengan hosting Indonesia terbaik. Kamu juga bisa menggunakan virtual account, SMS banking, internet banking maupun mobile banking. Atau pengen langsung bayar cash ke kantor? Bisa juga! Kamu bisa langsung order hosting di kantor dan melunasinya dengan cara cash.

Cara Memilih Hosting Indonesia Terbaik

Oke, anggap saja kamu memilih hosting Indonesia sebagai landasan membuat website. Lalu bagaimana cara memilih hosting Indonesia yang murah dan berkualitas? Coba ikuti cara ini:

1. Kualitas Hosting Yang Utama

Dikutip dari Firstsiteguide, hosting adalah “landlord” atau tanah dimana website diletakkan. Jadi, pastikan hosting yang kamu gunakan memiliki teknologi terbaru, menggunakan Cloud Hosting, menggunakan Enterprise Grade Server dan menggunakan SSD sebagai media penyimpanan website. SSD ini akan membuat website kamu secepat kilat ketika diakses. Dari segi keamanan, pastikan hosting dilengkapi dengan anti-virus, anti-malware, CloudFlare Railgun dan Security Protection.

2. Pilih Lokasi Server Yang Sesuai

Sudah dijelaskan tadi bahwa sebaiknya kamu memilih lokasi hosting sesuai dengan target pengunjung. Jika pengunjung website kamu berada di Indonesia, pastikan server berada di Indonesia ataupun sekitarnya misalnya Singapura ataupun Jepang. Jika pengunjung website banyak yang berasal dari luar negeri, kamu bisa pilih server Amerika. Hal ini berkaitan langsung dengan kecepatan akses website. Dikutip dari Conversionxl, hampir 57% pengunjung akan meninggalkan website jika membutuhkan waktu loading 3 detik. Lalu berapa waktu yang diperlukan dalam loading website? Sekitar 47% pengunjung mengatakan bahwa 2 detik atau kurang adalah waktu yang dibutuhkan website untuk loading.

hosting indonesia terbaik

Sumber: Thestrangeloop

3. Pastikan Support 24 Jam

Seperti yang tadi telah dijelaskan bahwa support adalah sesuatu yang “urgent” pada saat memilih hosting. Pastikan hosting Indonesia terbaik yang kamu pilih memiliki support dan pelayanan yang bagus.

Bagaimana fitur dan fasilitas yang didapat?
Bagaimana pelayanan dari Tim Support? Ramah? Sopan?
Apakah fast respon dalam membalas chat atau tiket dari customer?
Bagaimana Tim Support dalam melayani hal teknis?
Apakah Tim Support memiliki pengetahuan yang cukup bagik ketika ada website error?
dan sebagainya

4. Hosting Uptime 99,9%

Jangan sampai kamu memilih hosting murah namun server sering down. Pastikan pilih server hosting dengan uptime 99,9%. Buat apa hosting murah namun server sering down sehingga berdampak pada website kamu?

5. Fitur dan Layanan

Sebelum membeli web hosting, kamu juga harus tahu fitur dan layanan yang akan didapat oleh customer.

Apakah customer berhak mendapatkan garansi uang kembali jika pelayanan tidak memuaskan?
Apakah customer berhak mendapatkan unlimited bandwidth, unlimited email dan akses SSH ke server?
Support ke GIT atau tidak?
Apakah customer bisa mendapatkan paket hemat?
Apa ada backup data ke cloud?
Apakah bisa pilih lokasi server?
Apakah mendukung Node.js, Python, Ruby, dan bahasa pemrograman lain?
Apakah support dengan CDN seperti CloudFlare?
Bagaimana pengelolaan cache hosting?
dan sebagainya

hosting indonesia terbaik

Sumber: CloudFlare

6. Memiliki Latency Rendah

Latency adalah lama perjalanan data antara sumber dan tujuan. Sedangkan bandwidth adalah jumlah data yang dapat ditransfer per detik. Jadi pastikan kamu pilih hosting dengan latency yang rendah dan bandwidth tinggi agar akses data dalam website cepat. Untuk mengetahui kecepatan akses website, kamu bisa menggunakan tools seperti PingdomGoogle PageSpeed insightsYahoo! YSlow, dan WebPageTest.

7. Pilih Hosting Indonesia Terbaik , Murah dan Mudah!

Hosting berkualitas tidak harus mahal. Ada beberapa hosting bagus dengan harga murah yang bisa dipilih. Namun perhatikan, harap hati-hati jika harganya tidak standard ya! Maksud hati ingin hemat namun bisa-bisa hosting dengan kualitas buruk yang kamu dapatkan. Lebih baik kamu gunakan diskon atau promo saja! Biasanya ada banyak promo dan diskon setiap bulan yang bisa kamu pilih. Selain harganya murah, kamu juga harus lihat bagaimana pengelolaan hostingnya. Pastikan hosting kamu dilengkapi dengan cPanel Hosting untuk mempermudah kelola domain dan hosting. Mana mungkin kamu melakukan pengelolaan hosting langsung via konsol? Bagi pemula hal tersebut sangat merepotkan. Diperlukan keahlian khusus dalam mengelola hosting tanpa menggunakan cPanel. Untuk itu keberadaan cPanel Hosting sangatlah penting.

hosting indonesia terbaik

Sumber: DomaiNesia

Pengen tahu Hosting Indonesia terbaik , murah, mudah untuk pemula dengan kualitas terbaik? Kamu bisa temui di DomaiNesia. DomaiNesia adalah perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya.

DomaiNesia Jagonya Hosting Indonesia Terbaik

Sejak berdiri pada tahun 2009, DomaiNesia terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. DomaiNesia juga telah melayani lebih dari 45.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. DomaiNesia memiliki 4 lokasi server yang bisa kamu pilih yaitu US, Jepang, Singapura dan Indonesia. Bagi kamu yang ingin memilih hosting Indonesia, bisa langsung cek https://www.domainesia.com/hosting-indonesia/ lalu pilih paket hosting sesuai keinginan. Kamu bisa melakukan order hosting SUPER dengan kapasitas 2 GB maka akan mendapatkan Gratis Domain dan Gratis instalasi web apps. Ada beragam CMS dalam web apps yang bisa kamu pilih seperti WordPress untuk website biasa, Prestashop untuk toko online dan sebagainya.

Jadi pilih hosting luar negeri atau hosting Indonesia? Semua tergantung website yang kamu buat lho! Jika website kamu banyak dikunjungi oleh orang Indonesia, maka pilih Hosting Indonesia Terbaik saja! Jika kamu memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dengan bahasa inggris, jangan coba-coba pilih hosting luar negeri ya! Bisa susah sendiri nanti kalau tiba-tiba website kamu error! Semoga bermanfaat ya!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Newsletter