7 Cara Memilih Web Hosting Terbaik di Jaman Sekarang11 min read

5/5 (1)

hosting terbaik
Memilih web hosting terbaik di jaman sekarang memang gampang-gampang susah. Diperlukan suatu taktik khusus dan rencana yang matang untuk menentukan hosting mana yang pas digunakan. Lalu bagaimana cara memilih web hosting terbaik di jaman yang serba “pencitraan” ini? Apakah masih ada hosting berkualitas yang benar-benar berkualitas? Lalu apasih sebenarnya hosting itu? Apa hubungannya dengan website? Bagaimana cara mendapatkan hosting murah gratis domain? Yuk ikuti penelusuran Kami berikut ini.

Apa itu Hosting?

server hosting terbaik

Hosting adalah media atau lokasi untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Dikutip dari Wikipedia, Web hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website. Agar lebih mudah, website diibaratkan sebagai sebuah bangunan. Bangunan atau website akan didirikan pada kapling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah tersebut dapat disebut Hosting. Sedangkan domain merupakan alamat dari bangunan tersebut (website). Apa hubunga domain, hosting dan website? Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website). Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Apa itu Domain, Hosting, Website dan SSL.

Bagaimana Kriteria Web Hosting Terbaik?

Dikutip dari CNET, Adam Berry, seorang Director Digital di Wingard Creative mengatakan bahwa Hosting terbaik harus memenuhi 3S yaitu “Speed, Support, dan Security”.

Speed / Kecepatan

Speed artinya kecepatan server hosting dalam memproses website. Kecepatan website ini berkaitan erat dengan teknologi yang digunakan server, jenis server (Enterprise server atau server biasa) media penyimpanan (menggunakan SSD atau tidak) serta sistem operasi yang digunakan (menggunakan Linux atau CloudLinux). Kecepatan hosting juga bepengaruh terhadap kecepatan website baik diakses dari web browser desktop ataupun mobile. Google mengatakan dalam Google Mobile Site Speed Playbook, bahwa pengunjung website hanya bertahan selama 22 detik saja dalam mengakses website via mobile. Jika website kamu lambat dan waktu akses membutuhkan waktu lebih dari 3 detik maka ada kecenderungan user akan menutupnya.

Support / Dukungan

Support berarti bagaimana pelayanan Tim Support dalam menangani customer. Apakah tanggap dan responnya cepat, apakah Tim Support dapat menyelesaikan semua kendala yang dialami website, apakah Tim Support online selama 24 jam, bagaimana fitur dan fasilitas yang didapat sebagai customer, bagaimana cara kirim tiket dan sebagainya.

Security / Keamanan

Hosting yang bagus akan sadar tentang pentingnya security (keamanan). Untuk menyelesaikan isu security, maka ada beberapa hal yang perlu dilihat baik sisi infrastruktur server, website serta client. Maka dari itu, biasanya web hosting terbaik akan memberikan beberapa pengamanan lebih seperti CloudFlare, Security Protection, Antivirus, Antimalware, Spam Filter dan sebagainya.

Scalability / Skalabilitas

Nasdaq’s Simon Ball, Kepala Bagian Digital Media Nasdaq Corporate Solutions, menambahkan satu hal yang juga penting yaitu masalah Skalabilitas. Hosting harus memiliki kemampuan untuk menghandle website dengan beragam load. Misalnya, ketika website sedang ramai pengunjung maka jangan sampai website down. Skalabilitas juga erat kaitannya dengan kapasitas hosting yang digunakan. Kapasitas hosting tentunya berpengaruh terhadap performa website juga. Jika kapasitas hosting habis, maka website juga akan lambat dan bisa terjadi down tiba-tiba.

Bagaimana Jika Memilih Hosting Yang Salah?

pusing memilih hosting

Mengalami Kerugian

Apabila website sering down, para customer yang berpotensi untuk berkunjung akan malas untuk membuka website. Berkunjung saja malas, apalagi membeli produk di toko online milikmu. Mereka akan dihantui kekhawatiran apakah website ini terpercaya? apakah website ini abal-abal? apa website ini ada indikasi penipuan? dan sebagainya. Sebagai pelaku bisnis, hal ini sungguh merugikan. Kamu tidak hanya akan kehilangan uang untuk membayar biaya hosting yang cukup mahal, namun kamu juga akan mengalami kerugian.

Berpengaruh pada SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang bertujuan untuk meningkatkan trafik website dan menempatkan website pada halaman pertama pada search engine. Menurut Neil Patel, salah satu Digital Marketer dan SEO Specialist, SEO adalah suatu proses untuk mengoptimalkan konten online menurut keyword tertentu sehingga ketika dilakukan pencarian di search engine maka konten website kamu berada di peringkat paling atas. Jika traffic bagus, maka website kamu akan masuk ke halaman pertama search engine (Google). Jika website kamu berada di halaman pertama dan ada di peringkat pertama Google, maka ada banyak customer yang akan berpotensi untuk mengunjungi website. Nah, keberadaan hosting juga berpengaruh terhadap traffic SEO. Jika hosting sering down dan website sering error, maka Google akan menganggap bahwa website kamu jelek dan tidak profesional. Hal tersebut secara otomatis, website tidak akan masuk di halaman pertama Google.

Keamanan dan Isu Malware

Isu keamanan data, malware, phising dan spam memang menjadi hal penting dalam memilih hosting terbaik. Memang tidak ada sistem yang 100% aman. Tetapi, jangan sampai hosting murah yang kamu pilih tidak menyediakan fitur backup ke cloud, restorasi, dan remote server. Bisa dibayangkan ketika website diserang malware atau virus dan ternyata web hosting murah kamu tidak menyediakan fitur akses SSH, dan backup dan restore. Lebih menyedihkan pula jika web hosting yang kamu beli dengan harga murah tersebut lepas tangan dan tidak ada Tim Support yang menangani. Bisa-bisa website kamu akan error dan terbengkalai. Jika kamu menggantungkan pundi-pundi uang dari website, hal ini akan berdampak pada pendapatan kamu. Maka dari itu, pastikan hosting terbaik yang kamu pilih memiliki support 24 jam untuk menangani komplain customer. Selain itu jangan lupa memilih hosting dengan fitur security protection.

Bagaimana Cara Memilih Hosting Terbaik ?

Karena web hosting terbaik itu sifatnya sangat penting untuk website, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan. Dikutip dari Huffingtonpost, jika kamu belum memiliki pengalaman dalam dunia domain hosting atau belum pernah membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu garis bawahi:

1. Ketahui Jenis Hosting Yang Diperlukan

hosting terbaik - 4

Ada beragam jenis hosting yang ada di dunia. Dikutip dari Wikipedia, ada beberapa jenis web hosting yang bisa digunakan. Seperti:

Shared Hosting

Shared Hosting adalah layanan hosting yang hanya menggunakan 1 server saja. Jika dibandingkan dengan Cloud Hosting, hosting jenis ini kurang fleksibel.

Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah layanan hosting yang terhubung pada banyak server namun terpusat pada sistem cloud. Jadi, file website kamu sebenarnya bukan ada di satu server, namun ada di beberapa server lainnya yang dihubungkan oleh internet. Cloud Hosting dinilai lebih unggul karena lebih powerful dan reliable. Jika ada server yang bermasalah, maka file website akan dipindah ke server lainnya.

VPS (Virtual Private Server)

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Virtual Private Server juga biasa disebut dengan Virtual Server atau Virtual Machine. Virtual Server adalah suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Jika kamu memilih VPS maka diperlukan suatu kemampuan dasar manajemen dan maintenance server.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah layanan hosting dimana semua akses kontrol diberikan kepada user. User akan diberikan full akses kontrol sebagai root atau administrator. User akan bertanggung jawab terhadap semua maintenance, hardening, kontrol serta security.

Colocation Server

Colocation Hosting hampir mirip dengan Dedicated Hosting karena user memiliki full akses kontrol terhadap server. Hosting jenis ini juga memberikan akses fisik server kepada user. Jadi, perusahaan yang menggunakan Colocation Hosting harus melakukan maintenance fisik dan memikirkan masalah internet, sumber daya listrik, penyimpanan server dan hal teknis lainnya.

Dari sekian banyak jenis hosting di atas, silahkan pilih web hosting sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kamu hanya ingin membuat website pribadi. Kamu bisa menggunakan shared hosting ataupun cloud hosting. Selain harga hosting terjangkau, kamu tidak perlu repot mengurus segala macam maintenance yang ada. Semuanya pasti sudah di sediakan oleh penyedia layanan web hosting dan domain. Jika kamu ingin membuat toko online, kamu bisa menggunakan jenis cloud hosting. Kamu bisa pilih domain dan web hosting terbaik lalu pilih hosting dengan kapasitas sesuai kebutuhan. Jika nantinya website atau toko online kamu pertumbuhannya meningkat drastis, jangan khawatir! Kamu bisa lakukan upgrade hosting ataupun menggunakan VPS terbaik untuk menunjang website.

2. Pastikan Memiliki Support 24 Jam

support hosting terbaik

Support dari suatu penyedia layanan domain hosting memang sangat penting. Apabila ada error di website sewaktu-waktu maka pastikan kamu harus bisa menghubungi Tim Support. Ada banyak penyedia layanan hosting dan domain yang mengklaim bahwa pihaknya memiliki support 24-7 support. Namun ketika ada permasalahan, mereka tidak fast respon dan pelayanannya kurang bagus. Untuk itu, kamu bisa lakukan tes terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana pelayanan Tim Support. Apakah mereka fast respon? Bagaimana jika terjadi error pada website? Bagaimana jika hosting sedang down? Apakah ada garansi uang kembali? Bagaimana pelayanan Tim Support dalam menanggapi permasalahan? dan sebagainya. Jangan sampai kamu hanya memilih hosting terbaik dan hosting harga murah namun ternyata pelayanannya kurang baik.

3. Pilih Web Hosting dengan 99,9% Uptime

Pilih layanan domain dan hosting dengan garansi 99,9% uptime. Apa sih artinya? Artinya, penyedia layanan domain hosting memiliki garansi server UP sebanyak 99,9%. Tidak ada penyedia layanan hosting murah manapun yang menjamin tidak ada server down. Jika ada, hal tersebut harus dipertanyakan kebenarannya. Untuk itu, selalu pilih penyedia hosting dengan 99,9% uptime atau yang sebanding dengan itu. Kalau bisa, pilih juga layanan web hosting berkualitas yang memberikan keterbukaan terhadap status servernya.

4. Tidak melanggar hukum

Selain itu, pastikan penyedia hosting yang kamu pilih tidak mendukung aktivitas yang melanggar hukum. Dikutip dari jurnal yang berjudul Under the Shadow of Sunshine: Understanding and Detecting Bulletproof Hosting on Legitimate Service Provider Networks hampir 50% dari penyedia layanan hosting menemukan laporan adanya indikasi  penyalahgunaan hosting serta spamming. Hal ini beresiko terhadap website kamu apabila penyedia hosting yang kamu pilih mengalami permasalahan hukum sehingga website kamu dapat ikut dimatikan oleh pihak yang berwajib.

5. Pastikan Memilih Hosting Murah Berkualitas

Sekarang ini, ada banyak penyedia layanan hosting di dunia yang bisa kamu pilih. Baik di penyedia domain dan hosting di luar negeri maupun di hosting terbaik dalam negeri berlomba- lomba memberikan promo diskon. Namun, sebelum memilih web hosting, pastikan kamu tahu layanan hosting yang ditawarkan ya. Jangan sampai kamu membeli kucing dalam karung, sudah terlanjur bayar mahal eh ternyata pelayanan dan teknologinya kurang bagus. Jika kamu menggunakan web hosting untuk kebutuhan bisnis seperti toko online, mengelola email perusahaan, website perusahaan dan sebagainya maka kamu harus berhati-hati dalam memilih hosting murah yang banyak berkeliaran di internet. Selalu cek terlebih dahulu,

Bagaimana teknologi yang digunakan?
Apakah ada garansi uptime server?
Apakah servernya sering down?
Bagaimana kapasitas hosting?
Apakah unlimited bandwidth?
Bagaimana testimoni customer lainnya?
Bagaimana pelayanan Tim Support jika terjadi kendala?
Apakah respon Tim Support cepat dan tanggap?
Bagaimana harga hosting pada saat registrasi dan perpanjangan?
Apakah ada paket domain dan hosting agar lebih hemat?
Apakah sering ada promo?
Dan sebagainya.

Ada pepatah yang pernah bilang, “kamu akan mendapatkan apa yang kamu bayarkan”. Jadi, jangan terkecoh dengan iklan hosting murah dengan harga dibawah standar tetapi ternyata kualitasnya masih dipertanyakan. Pastikan kamu membeli hosting murah berkualitas dengan pelayanan terbaik.

6. Bisa Upgrade Hosting Kapan Saja!

hosting terbaik

Kamu tidak akan tahu bagaimana pertumbuhan bisnis dan perusahaan 5 tahun ke depan. Untuk itu, pastikan hosting terbaik yang kamu gunakan dapat diupgrade! Proses upgrade adalah proses dimana kapasitas dan fitur hosting akan ditingkatkan. Misalnya, sekarang ini kamu mulai membuka toko online dan hanya menggunakan hosting dengan kapasitas 750 MB saja. Nah, karena ternyata customer melonjak drastis maka kamu perlu upgrade hosting agar website tidak lambat, email tidak penuh dan pastinya memiliki performa bagus. Untuk itu, kamu harus lakukan upgrade hosting agar kapasitasnya menjadi 2 GB. Dengan upgrade hosting, seharusnya kamu juga mendapatkan fitur tambahan seperti akses SSH untuk melakukan kontrol server, pengelolaan cache, security serta memiliki unlimited website serta subdomain. Bayangkan saja, kamu sudah membayar hosting dengan kapasitas yang lebih besar namun ternyata hanya 1 subdomain yang bisa dibuat.

7. The Power of KEPO

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memilih hosting terbaik adalah melakukan survei atau “KEPO” terhadap beberapa penyedia jasa web hosting Indonesia maupun luar negeri. Memang hal ini dianggap tidak begitu penting, namun jangan salah! Hal ini bisa digunakan untuk melihat seberapa profesionalkah penyedia hosting yang kamu pilih lho!

Bagaimana latar belakang perusahaan?
Sudah berapa lama perusahaan berdiri?
Apakah lokasi perusahaan jelas?
Apakah email dan nomor telepon perusahaan dapat dihubungi?
Bagaimana testimoni dari beberapa customer?
Ada berapa lokasi server hosting yang disediakan?
Apakah status server bisa dipantau oleh customer?
Bagaimana proses maintenance dan rata-rata statistik server down ?

Semua hal tersebut akan membantu kamu dalam menentukan penyedia hosting yang cocok untuk website dan dompet kamu.

Hosting Murah Gratis Domain

Bukan iklan, bukan pencitraan! Ada salah satu penyedia jasa layanan domain dan hosting terbaik yang bisa memberikan 2 hal bahkan 3 sekaligus. Kamu bisa mendapatkan hosting murah, gratis domain serta gratis instalasi web apps lho! Kamu bisa mendapatkan itu semua hanya di DomaiNesia! DomaiNesia adalah perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya.

Sejak berdiri pada tahun 2009, DomaiNesia terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. DomaiNesia juga telah melayani lebih dari 45.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Kamu bisa melakukan order hosting SUPER dengan kapasitas 2 GB di https://www.domainesia.com/ maka akan mendapatkan Gratis Domain dan Gratis instalasi web apps. Ada beragam CMS dalam web apps yang bisa kamu pilih seperti WordPress untuk website biasa, Prestashop untuk toko online dan sebagainya.

Memilih hosting memang hampir mirip dengan memilih jodoh. Gampang- gampang susah. Diperlukan taktik dan perencanaan yang matang tentunya. Pastikan kamu memilih hosting terbaik yang “pas” baik dari segi harga, teknologi, pelayanan serta kebutuhan website. Apalagi di jaman sekarang, kamu harus hati-hati dalam memilih web hosting murah. Jangan cepat tertarik dengan harga murah tapi kualitas murahan ya. Semoga dengan penelusuran ini, kamu bisa mendapatkan web hosting terbaik yang cocok untuk website dan bisnis kamu ya!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar