Nggak Lolos Seleksi CPNS? Coba 7 Pekerjaan Keren dengan Gaji Tinggi Berikut

tidak lolos cpns
Hi DomaiNesians! Menjadi pegawai negeri sipil adalah salah satu impian bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Hasil Survei Litbang Media Group dalam editorial Media Indonesia tahun 2007, menunjukkan bahwa mayoritas penduduk Indonesia lebih suka menjadi pekerja. Menurut survei yang sama, ketika ditanya “Mayoritas penduduk Indonesia ingin menjadi apa?”, lebih dari 70% menjawab ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Nah, tingginya minat menjadi PNS berdampak terhadap mental dan kondisi generasi muda di Indonesia. Berbondong-bondong penduduk Indonesia dari mulai fresh graduate, pegawai swasta hingga guru honorer berlomba untuk mendapatkan kursi PNS. Padahal posisi yang diperebutkan bisa 1 berbanding 1000 lho! Dampaknya tentu saja banyak yang tidak lolos cpns.

tidak lolos cpns

Sumber: sscn.bkn.go.id

Ada banyak faktor yang berpengaruh ketika mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) salah satunya faktor keberuntungan. Belum lagi jika lolos, kamu juga harus dirolling dalam beberapa formasi sesuai aturan yang berlaku.

Sebab-Sebab Tidak Lolos CPNS

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab tidak lolos CPNS, misalnya,

Kurang Persiapan

Ada banyak persiapan yang diperlukan ketika ingin mengikuti seleksi CPNS. Misalnya, persiapan berkas dan syarat-syarat administrasi. Salah satu seleksi pertama yang harus dipenuhi yaitu lolos seleksi administrasi. Kamu harus mempersiapkan beberapa berkas seperti ijazah, SKCK, transkrip nilai, scan KTP, scan foto, surat pernyataan bermaterai dan sebagainya. Terkadang, hal ini dianggap sepele oleh sebagian orang. Namun, ternyata kelengkapan administrasi itu penting lho! Kalau kamu tidak lolos seleksi adminstrasi, kamu tidak dapat mengikuti seleksi selanjutnya.

tidak lolos cpns

Sumber: Pexels

Tidak Belajar

Setelah lolos seleksi administrasi, kamu akan melalui tahapan tes selanjutnya yaitu Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Di dalam tahapan ini, terdapat 3 jenis tes yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Nah tanpa belajar atau wawasan yang luas, pasti kamu tidak akan lolos CPNS deh. Kamu dituntut untuk mengerti tentang dasar-dasar pancasila, pengetahuan undang-undang dasar, pengetahuan umum, dan kemampuan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

tidak lolos cpns

Sumber: Pexels

Kemampuan Fisik Yang Lemah

Kemampuan fisik juga diuji ketika mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kamu harus berangkat sebelum waktu tes dimulai untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Kemudian kamu harus menunggu giliran hingga tes dimulai. Ketika tes SKD berbasis komputer dimulai kamu harus bersiap-siap untuk di depan komputer selama kurang lebih satu setengah jam. Nah, jika kamu memiliki kemampuan fisik yang lemah maka dapat dipastikan tidak akan maksimal dalam mengerjakan.

tidak lolos cpns

Sumber: Pexels

Kurang Berdoa

Faktor keberuntungan adalah faktor penting dalam kelulusan CPNS. Bisa dibayangkan jika yang ikut seleksi berjumlah ribuan sedangkan formasi yang kamu lamar hanya 1 posisi saja.

Tidak Lolos CPNS? Jangan Bersedih!

Hey DomaiNesians! Apakah kamu salah satu orang yang ingin jadi pegawai negeri namun tidak lolos CPNS? Jangan bersedih! Ada banyak pekerjaan keren dengan gaji tinggi yang bisa jadi lahan meraih pundi-pundi uang lho.

 

1. Web Developer

tidak lolos cpns

Siapa yang tidak tahu pekerjaan keren yang satu ini? Pernah melihat website dengan tampilan dan desain yang keren? Nah orang yang membuat website ataupun sistem informasi dapat dibilang sebagai web developer. Ada 2 jenis web developer yaitu frontend developer dan backend developer. Frontend developer adalah orang yang membuat desan dan tampilan website agar menarik untuk dilihat. Sedangkan backend developer adalah seseorang yang membangun engine atau sistem dari website. Misalnya, bagaimana orang dapat login, bagaimana menyimpan data-data dan sebagainya. Banyak orang bilang bahwa menjadi web developer adalah pekerjaan yang cukup keren dan sangat menyenangkan karena hanya berada di depan komputer saja. Namun jangan salah, web developer dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman dan harus memiliki logika yang kuat lho. Untuk itu, web developer memiliki gaji yang cukup tinggi! Jadi, buat kamu yang tidak lolos CPNS, mungkin ini adalah jalan kamu untuk menjadi seorang web developer.

Dikutip dari Indeed, rata-rata web developer mendapatkan gaji sekitar 6 hingga 20 juta perbulan.

Bagaimana jika masih pemula? Tidak apa-apa! Buat kamu yang tidak lolos CPNS dan tidak memiliki background IT jangan khawatir. Ada banyak tutorial, coding bootcamp, seminar, kelas online yang bisa kamu ikuti seperti udemy, w3schools dan sebagainya. Kamu juga bisa ikuti beberapa komunitas untuk memperluas pertemanan dan sebagai media belajar.

 

2. SEO Specialist

tidak lolos cpns

Kamu tidak lolos CPNS? Merasa bahwa menjadi web developer bukanlah bakat kamu? Yasudah jangan dipaksakan. Mungkin kamu bisa belajar menjadi SEO Specialist saja. SEO Specialist adalah seseorang yang bertugas untuk meningkatkan traffic website serta mencari cara agar website dapat menduduki posisi tertinggi dalam search engine melalui suatu keyword tertentu. Nah untuk menjadi SEO Specialist kamu perlu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi lho.

Karena disini, sebagai seorang SEO Specialist kamu harus melakukan analisis terhadap kompetitor, analisis terhadap algoritma Google, analisis keyword tertentu, melakukan optimasi website agar dapat berada di halaman pertama search engine dan membuat konten yang berkualitas.

Intinya, sebagai SEO Specialist kamu harus tahu bagaimana stategi agar website dapat menjadi nomor satu di Google. Karena cukup rumit, SEO Specialist memiliki gaji berkisar antara 5 juta hingga 15 juta.

Bagaimana jika masih pemula? Buat kamu yang tidak lolos CPNS, kamu bisa merintis pekerjaan menjadi SEO Specialist dari nol lho. Di internet ada banyak panduan dan tutorial yang bisa kamu ikuti. Untuk pemula, kamu bisa baca-baca blog milik Neil Patel salah satu SEO Specialist yang sering memberikan tips dan trik bagaimana mencapai rangking 1 di Google. Selain itu, kamu bisa ikuti berbagai komunitas untuk bisa tahu perkembangan di dunia SEO.

 

3. Digital Marketing Specialist

tidak lolos cpns

Tidak lolos cpns? Tertarik dengan dunia marketing? Merasa tertantang ingin untuk menaikkan income perusahaan yang bergerak dibidang digital? Mungkin kamu bisa coba menjadi digital marketing specialist. Mengembangkan perusahaan di era digital sekarang ini diperlukan stategi khusus. Dulu, agar perusahaan bisa berkembang hanya butuh sales yang banyak dan strategi bisnis jemput bola. Namun sekarang ini, dunia internet sudah berkembang sangat pesat. Diperlukan suatu strategi bagaimana meningkatkan awareness dan bagaimana agar customer mau berkunjung dan membeli produk.

Digital Marketing Specialist juga harus bisa menganalisa data penjualan, menganalisa data sosial media sehingga nantinya dapat menentukan stategi yang pas untuk perusahaan. Termasuk menentukan promo, menentukan campaign, dan suka menjalin komunikasi dengan banyak pihak.

Nah, tahukah kamu bahwa Digital Marketing Specialist punya gaji yang lumayan tinggi tiap bulannya? Seorang Digital Marketing Specialist akan memiliki gaji sekitar 4-10 juta. Sedangkan seorang Digital Marketing Manager biasanya akan mendapatkan gaji sekitar 10 juta hingga 15 juta tiap bulannya. Wow!

Bagaimana jika ingin mendalami dunia digital marketing? Jika kamu adalah seseorang yang tidak lolos cpns dan ingin menjadi Digital Marketing Specialist, mudah caranya. Kamu bisa baca beberapa tips dan trik bagaimana membuat suatu strategi marketing yang banyak beredar di internet. Kamu bisa beli buku tentang Facebook Ads, Google AdWords, Content Marketing serta Google Analytics. Jangan lupa, selalu lakukan learning by doing ya!

 

4. UI UX Designer

tidak lolos cpns

Kamu punya hobi membuat desain? Punya hobi menggambar dan “peka” terhadap lingkungan? Mungkin menjadi UI dan UX designer adalah hal yang tepat ketika kamu tidak lolos cpns. Dikutip dari Wikipedia, UI designer adalah seseorang yang membuat desain interface untuk suatu software komputer, smartphone, perangkat rumah tangga dan sebagainya. UI designer adalah singkatan dari User Interface designer yang bertanggung jawab untuk memberikan desain tampilan menarik baik dari sisi bentuk, warna maupun tulisan. Untuk UI designer lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user.

Sedangkan UX Designer adalah kepanjangan dari User Experience Designer. Dikutip dari Wikipedia, UX Designer adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap experience suatu software. Bahasa mudahnya, UX Designer harus memikirkan apakah software tersebut membingungkan bagi user. Seorang UX Designer harus memahami bagaimana kebutuhan dan kebiasaan user. Misalnya, ketika kamu harus membuka sebuah aplikasi. Apakah harus ada tombol “back”? Apakah posisi tombol harus disebelah kanan atau kiri? dan sebagainya. Adapun gaji seorang UI UX Designer antara 5 sampai 10 juta.

Semakin sering berlatih, maka akan semakin banyak jenis-jenis UI dan layout yang kamu ketahui.

Bagaimana jika ingin menjadi UI dan UX Designer? Buat pemula, hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu belajar aplikasi desain misalnya Photoshop ataupun GIMP. Kemudian kamu bisa mencoba-coba untuk membuat desain sendiri. Adapun inspirasi desain bisa kamu lihat di dribbble.com , behance.net atau kreavi.com.

 

5. Social Media Specialist

tidak lolos cpns

Ingin menghasilkan pundi-pundi uang dari sosial media? Tenang saja! Buat kamu yang tidak lolos cpns dan ingin mendalami dunia sosmed bisa mencoba menjadi social media specialist. Social Media Specialist bertugas untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan sosial media. Seperti melakukan posting, memikirkan caption yang pas, menentukan waktu posting, menentukan target customer, menganalisa perilaku customer, membuat iklan dengan budget tertentu, membuat video untuk untuk awareness, dan sebagainya. Jika kamu menjadi social media specialist, tiap bulannya akan dibayar sekitar 3 hingga 9 juta lho. Hayo, siapa yang ingin bermain sosmed kemudian dibayar?

Bagaimana jika ingin menjadi Social Media Specialist? Hmmm… mungkin cukup mudah untuk kamu yang tidak lolos cpns. Skill yang kamu perlukan hanyalah mengoperasikan sosial media baik di komputer ataupun di smartphone. Kemudian menguasai aplikasi desain atau video editing.

Dan yang penting adalah, kreatif dan komunikatif! Kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk membuat caption dan memikirkan apa yang harus dipost di social media.

Selain itu, kamu perlu punya jiwa sosial dan komunikatif yang tinggi lho! Kamu harus peka dan mau berinteraksi dengan banyak orang agar menemukan konten yang pas.

 

6. Fotografer

tidak lolos cpns

Kamu suka memotret suatu objek? Suka fotografi tapi hanya sekedar hobi saja? Oke, sepertinya sekarang perlu memikirkan bagaimana jika fotografer menjadi mata pencaharian kamu jika tidak lolos cpns. Ada berbagai genre fotografi yang bisa kamu pilih lho:

– human interest photography
– street photography
– journalism photography
– potrait photography
– wedding photography
– fashion photography
– maternity photography
– wildlife photography
– food photography
– underwater photography
– newborn photography
dan sebagainya.

Sekali potret, seorang fotografer akan mendapatkan uang sekitar 3 hingga 5 juta tiap bulan. Untuk fotografer profesional, bahkan bisa mencapai angka 10 hingga 20 juta lho! Pekerjaan fotografer ini mulai diminati banyak orang karena perkembangan internet dan sosial media yang cukup pesat.

Bayangkan saja, sekarang ini jika kamu ingin berjualan kue saja butuh foto yang menarik. Tidak bisa sembarang foto dimasukkan ke website ataupun sosial media lho. Dibutuhkan seorang fotografer sekaligus food stylish yang bisa membuat customer “ingin” mencicipi kue tersebut.

Bagaimana jika ingin menjadi seorang fotografer? Yang pasti kamu harus punya kamera ya! Kedua, kamu bisa belajar dari berbagai sumber seperti internet ataupun membeli sebuah buku. Banyak kelas online yang menawarkan materi fotografi juga lho! Terkadang, para fotografer senior sering juga mengadakan kultwit. Kamu bisa menemukan banyak informasi serta tips dan trik tentang fotografi di twitter milik Arbain Rambey di @arbainrambey.

 

7. Bikin Startup

Nah inilah yang jadi impian setiap anak generasi milenial sekarang. Yaps! Punya startup sendiri! Mendirikan sebuah startup adalah sesuatu hal yang keren di era digital sekarang. Apalagi kalau startup kamu berhasil dan mendapatkan suntikan dana dari investor. Nah daripada kamu murung dan terus-terusan bersedih karena tidak lolos cpns, mendingan buat startup. Coba sekarang pikirkan permasalahan yang ada di sekitar kamu. Startup muncul untuk memberikan inovasi terbaru bagi masyarakat. Ada domain khusus untuk membuat startup lho. Coba gunakan .SITE atau .SPACE untuk membangun website startup, sekarang!

Menurut Co-Founder Y Combinator Paul Graham, kamu hanya bisa mendapatkan ide startup yang potensial dengan cara melatih otak kamu agar bisa secara otomatis mengidentifikasi ide yang baik dan ide yang buruk.

Coba cari masalah disekitarmu, coba cari masalah yang dialami orang lain, coba cari startup yang ada di negara lain untuk referensi, atau kamu bisa cari trens terbaru melalui Google Trends. Nah, jika sudah mendapatkan ide, segera eksekusi! Presiden Y Combinator Sam Altman mengatakan bahwa, eksekusi yang baik itu 10 kali lebih penting dan 100 kali lebih berat dibandingkan sebuah ide yang brilian.

Kesimpulan

Ada banyak pekerjaan dengan gaji tinggi yang bisa kamu pilih apabila tidak lolos cpns. Jangan bersedih hati! Mungkin 7 pekerjaan dengan gaji tinggi tersebut adalah jalanmu untuk mencapai kesuksesan. Eh, DomaiNesia sedang membuka lowongan pekerjaan dengan gaji tinggi lho! Kamu bisa cek di halaman karir DomaiNesia. Langsung saja pilih pekerjaan yang kamu inginkan kemudian klik Apply. Siapa tahu, kamulah yang Kami cari! DomaiNesia penyedia hosting murah berbasis cloud. Berdiri sejak 2009, DomaiNesia akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para customer. Jika ada pertanyaan, langsung hubungi Tim Support Kami ya!

Salam,

Tim DomaiNesia

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!