• Home
  • Tips
  • 6 Tips Sahur Agar Kuat Puasa Hari Ini

6 Tips Sahur Agar Kuat Puasa Hari Ini

Oleh Mutiara Auliya
No ratings yet.

tips sahur agar tidak lemasHi DomaiNesians! Puasa adalah salah satu rukun islam yang wajib dilakukan bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dimulai pada waktu terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Bagi orang yang berpuasa, sahur dan berbuka puasa adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan. Terlebih lagi sahur adalah hal yang sangat dianjurkan Rasulullah agar umat muslim kuat saat menjalankan ibadah puasa. Namun, terkadang rasa kantuk yang tidak tertahankan membuat sebagian orang malas untuk melakukan sahur. Nah, berikut ada 6 tips sahur agar kamu tidak lemas hari ini!

6 Tips Sahur Agar Tidak Lemas

Buat DomaiNesians yang aktif di siang hari, kamu bisa ikuti 6 tips sahur agar tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa!

1. Jangan Sahur Sebelum Tidur Malam!

Banyak orang lebih memilih untuk makan sahur sebelum tidur malam. Hal tersebut untuk mengantisipasi keterlambatan bangun sahur. Namun ternyata hal tersebut tidak bagus untuk kesehatan lho! Tim peneliti dari University of Ioannina Medical School di Yunani mengemukakan bahwa makan terlalu mepet waktu tidur meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan, kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah yang berdampak pada peningkatan risiko sleep apnea dan berkaitan dengan stroke. Selain itu dikutip dari CNN, menurut Ketua Lembaga Dakwah PBNU, KH Maman Imanul Haq, sahur itu waktunya jam tiga ke atas kemudian mengukuhkan niat agar puasa tidak terganggu rasa lapar dan dahaga. Jadi sebaiknya jangan sahur sebelum tidur malam! Kamu bisa menyalakan alarm atau meminta orang lain untuk membangunkanmu!

2. Persiapkan Sahur Di Malam Hari

Untuk mensiasati rasa kantuk dan malas saat sahur, kamu bisa mempersiapkan makan sahur di malam hari. Ini salah satu tips sahur agar tidak lemas khususnya untuk para istri maupun ibu yang harus memasak menu sahur untuk keluarga. Jika ingin memasak, usahakan menu yang simpel-simpel saja. Menu tumis sayuran, ayam goreng dan tempe goreng bisa jadi pilihan. Jangan lupa untuk menanak nasi di rice cooker pada malam harinya.

tips sahur agar tidak lemas

3. Konsumsi Makanan Mengandung Karbohidrat dan Protein

Dokter Samuel Oetoro, MS, Sp.GK mengatakan bahwa menu sahur yang sehat adalah menu yang akan menjaga gula darah tetap stabil seharian. Menu sehat tersebut harus mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah. Karbohidrat kompleks mengandung serat tinggi supaya penyerapannya pelan-pelan, gula darah naiknya pelan-pelan, dan akan dimasukkan ke sel oleh insulin secara perlahan. Karena itu, menjelang buka puasa gula darahnya masih tinggi sehingga tidak merasa lemas di siang hari. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah dan kentang rebus. Kamu bisa juga makan ikan, daging ayam serta putih telur yang mengandung protein. Dikutip dari resepkoki.id, menu seperti ayam popcorn, sup macaroni, tumis kangkung, serta nasi goreng telur bisa jadi pilihan.

4. Makan Buah Sebelum Imsak

Selain karbohidrat dan protein, tubuh kamu juga memerlukan serat. Untuk kebutuhan serat, kamu bisa konsumsi sayur dan buah. Kamu bisa mengkonsumsi apel, pisang, pir atau kurma untuk membantumu berpuasa pada siang hari. Menurut Ayu Bulan Febry Kurnia Dewi, S. KM dalam Menu Sehat 30 Hari untuk Mencegah dan Mengatasi Diabetes Melitus menyatakan bahwa kedelai, apel, jeruk dan anggur adalah jenis makanan yang lambat untuk dicerna. Jadi, makan apel saat sahur bisa jadi tips sahur agar tidak lemas yang bagus untuk kesehatan.

tips sahur agar tidak lemas

5. Minum Air Putih Yang Cukup

Dikutip dari Femina, dr. Eni Gustina, MPH, Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI menyarankan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini sangat penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh agar tidak kekurangan cairan.

6. Jangan Sepelekan Sahur!

Dikutip dari CNN, Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Siloam Hospital mengatakan bahwa orang berpuasa itu yang paling penting tidak merasa lemas dan lapar di siang hari. Menurut Samuel, lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula darah di dalam tubuh mulai menurun setelah dipakai untuk beraktivitas. Untuk itu sahur menjadi sesuatu yang sangat penting. Jadi jangan sepelekan sahur ya kalau tidak ingin puasa kamu terganggu!

NASIAYAM : Promo Sahur DomaiNesia

tips sahur agar tidak lemas

Sekarang kamu jadi tahu 6 tips sahur agar kamu tidak lemas! Nah, nasi ayam bisa jadi pilihan menu sahur kamu. Pastinya dikombinasikan dengan sayur, buah dan minum air putih yang banyak! Ehh kamu bisa gunakan kode kupon “NASIAYAM” untuk mendapatkan diskon hosting 30% selamanya untuk berbagi kebaikan kepada sesama. Selain untuk registrasi layanan baru, promo ini juga dapat digunakan untuk perpanjang layanan hosting atau VM (Virtual Private Server) yang kamu miliki. Promo ini berlangsung pada pukul 02.00 hingga pukul 04.00 WIB saja ya! Kamu bisa mempersiapkan sahur sambil melakukan order hosting ataupun VPS dengan mudah! Bagaimana caranya? Caranya mudah sekali! Kamu tinggal buka https://www.domainesia.com/ramadhan/ lalu klik klik tombol “Pesan Sekarang!”. Salam DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!