• Home
  • Berita
  • Punya Bisnis Online? Brand Awareness adalah Kunci

Punya Bisnis Online? Brand Awareness adalah Kunci

Oleh Ratna Patria

Brand Awareness adalah hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua jenis bisnis. Banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk membuat bisnis kamu berkembang pesat. Salah satu cara yang mungkin harus dicoba oleh setiap pemilik usaha adalah membangun brand awareness. Cara ini bukan hanya membantu perkembangan bisnis tapi juga bisa membuat brand produk kamu bisa dikenal.

Tentu sangat familiar dengan nama-nama seperti Aqua, Odol, Google, Pampers, Chiki. Mungkin bagi kamu nama-nama tersebut hanya sekedar brand atau merek suatu produk, namun untuk sebagian orang nama-nama tersebut bukan hanya sekedar merek tetapi sebuah nama. Mengapa seperti itu?

Apa Itu Brand Awareness?

brand awareness adalah
Sumber: Pixabay

Tidak sedikit orang lebih suka menyebutkan nama barang dengan menyebutkan merek. Misalnya seseorang lebih sering menyebut air mineral dalam kemasan dengan Aqua padahal belum tentu air mineral tersebut bermerek Aqua. Itulah mengapa membangun sebuah brand awareness adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan sebuah bisnis.

Brand-brand yang kami sebutkan diatas adalah brand-brand yang memiliki brand awareness yang kuat. Pada artikel ini kami akan mengulas tentang pentingnya brand awareness dan bagaimana cara membangun brand awareness.

Brand Awareness adalah suatu istilah dalam strategi marketing untuk membangun tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Teknik membangun brand awareness adalah hal yang sangat tepat dilakukan untuk mempromosikan suatu produk baru atau membangunkan kembali merek lama.

Membangun brand awareness adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan namun bukan juga hal tidak bisa dilakukan. Saat ini banyak sekali platform terutama platform berbasis digital yang bisa dimanfaatkan untuk membangun brand awareness. Biasanya para perusahaan menggunakan media sosial yang banyak digunakan oleh para konsumen seperti facebook, Instagram, twitter dan lain-lain.

Strategi ini tidak hanya bisa menarik konsumen untuk membeli produk kamu hanya sekali namun konsumen bisa terus menerus membeli produk kamu atau menggunakan jasa kamu. Brand Awareness juga bisa dijadikan sebagai alat ukur dari kinerja sebuah brand. Setiap tahunnya sebuah perusahaan berinvestasi untuk terus memperbaiki dan meningkatkan brand awareness mereka.

Cara Membangun Brand Awareness

Kita telah mengetahui apa itu brand awareness dan seberapa penting brand awareness bagi bisnis kamu. Selanjutnya apa saja cara yang harus dilakukan untuk membangun brand awareness? Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memulai membangun brand awareness produk kamu:

Freemium

Freemium adalah gabungan dari kata free dan premium. Sesuai dengan namanya model promosi ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menikmati layanan yang gratis.

Namun jika pengguna merasa perlu mengupgrade atau memerlukan fitur tambahan kamu bisa membayar lebih. Format promosi free premium biasanya digunakan oleh perusahan-perusahan software seperti OneDrive, Evernote hingga Spotify.

Di satu sisi pengguna bisa menikmati layanan gratis, pemilik bisnis bisa mendapatkan pemasukan dari iklan. Terlebih jika pengguna melakukan upgrade kamu sebagai pemilik bisnis akan mendapat pemasukan.

Referral Programs

Referral program sama seperti promosi dari mulut ke mulut. Seperti yang kamu ketahui jika promosi dari mulut ke mulut adalah satu dari sekian banyak cara promosi yang ampuh untuk menarik konsumen dan membuat brand kita lebih dikenal luas.

brand awareness adalah
Sumber: Pixabay

Namun ada sedikit perbedaan antara referral program dan metode konvensional pada umumnya. Promosi dari mulut ke mulut biasanya tidak membutuhkan bayaran bagi orang yang melakukan promosi tersebut.

Namun Referral memberikan intensif bagi seseorang yang mempromosikan produk tersebut. Salah satu yang sukses menggunakan metode ini untuk mebangun brand awareness adalah Dropbox.

Review Pelanggan

Hampir semua pengguna internet percaya jika review dari konsumen adalah cara paling jitu untuk membuat seseorang membeli sebuah produk. Karena hampir semua pembeli yang berkeinginan membeli sebuah produk akan terlebih dahulu mencari tahu tentang review produk tersebut.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan metode ini untuk membangun brand awareness? Untuk pemilik bisnis online yang telah memiliki website akan lebih mudah menggunakan cara ini. Cara membangun brand awareness adalah dengan mengintegrasikan review pelanggan dalam loyalty program atau keuntungan member.

Pelanggan tidak hanya mendapatkan keuntungan dari poin pada saat mereka berbelanja namun juga mendapatkan poin tambahan setelah mereka menulis review tentang produk yang mereka beli. Cara seperti ini merupakan cara yang lebih halus dibanding harus memaksa pelanggan memberikan reviewnya.

Free Content

Memuat sebuah konten tidak semuda membalikan telapak tangan. Seseorang dituntut sekreatif mungkin untuk membuat sebuah konten yang diperlukan. Biasanya orang akan mencari ide melalui mesin pencari untuk membuat konten. Jadi mengapa kamu tidak menggabungkan konten ke dalam strategi marketing kamu?

Faktanya perusahaan yang mempublikasikan lebih dari 16 blog post per bulan dapat memperoleh trafik sekitar 3.5 dan lead 4.5 lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan yang hanya mempublish 0 sampai 4 post perbulan. Statistik tersebut menunjukan jika hubungan konten dan brand awareness.

brand awareness adalah
Sumber: Pixabay

Jangan Takut Mencoba

Dari beberapa cara diatas mungkin kamu bisa gunakan untuk membangun brand awareness produk kamu. Namun, perlu dicatat tidak semua metode akan berhasil karena tidak semua orang bisa merasakan hubungan emosional yang sama terhadap suatu produk.

Terlebih jika konsumen tersebut pernah memiliki pengalaman buruk terhadap sebuah merek yang memiliki produk yang sama dengan bisnis kamu. Tapi kami jangan sampai patah semangat karena membangun brand awareness adalah hal yang harus dilakukan secara terus menerus.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!