• Home
  • Berita
  • 6 Cara Mengatasi File Corrupt Termudah dan Terlengkap!

6 Cara Mengatasi File Corrupt Termudah dan Terlengkap!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Saat mengoperasikan perangkat keras seperti komputer, laptop, ataupun smartphone, pasti kamu sering bersinggungan dengan file. Seperti saat mengerjakan tugas, bekerja, atau sedang memindahkan file dari satu tempat ke tempat yang lain. File adalah berkas yang berisikan dokumen, gambar, teks, dan sebagainya yang disimpan secara digital.

Terkadang, kamu juga menggunakan internet dalam mengakses beberapa file yang kamu butuhkan, saat kamu ingin mendapatkan file tersebut biasanya kamu melakukan pengunduhan melalui web browser pilihan kamu. 

Namun, apakah kamu pernah saat mengunduh sebuah file dan kemudian file tersebut tidak bisa dibuka?

Biasanya terdapat peringatan “The file is corrupted and cannot be opened” mengapa hal itu dapat terjadi? Yuk kita bahas sebenarnya apa sih file corrupt ini? Penyebab file corrupt dan cara mengatasi file corrupt. Simak hingga akhir artikel ini ya!

Cara Mengatasi File Corrupt : Apa itu File Corrupt?

Jadi, sebenarnya apa itu file corrupt? File Corrupt adalah peringatan atau pesan yang muncul ketika berkas atau file kamu rusak atau partisinya tidak lengkap, sehingga membuat file tersebut tidak dapat berfungsi atau tidak dapat diakses oleh perangkat.

cara mengatasi file corrupt
sumber : envato

Penyebabnya bisa berbagai macam dan dampaknya juga berbeda-beda pula. File corrupt bisa terjadi kapan saja dan melalui media apa saja. Berikut merupakan penjelasan detail penyebab file corrupt dan cara mengatasi file corrupt. 

Cara Mengatasi File Corrupt : Penyebab File Corrupt

Berikut ini cara mengatasi file yang corrupt antara lain :

Pengunduhan yang Terganggu oleh Jaringan

Jaringan adalah salah satu faktor utama jika kamu ingin mengunduh sebuah file yang akan mengarah pada penyebab file corrupt. Jika jaringan tidak stabil, besar kemungkinan pengunduhan file akan terhenti atau terdapat bagian yang tidak terunduh secara sempurna dan akan mengakibatkan file tersebut tidak dapat diakses. 

Terutama, bagi file dengan ukuran yang cukup besar, pastikan kamu memiliki kecepatan internet yang memadai agar saat pengunduhan tidak memerlukan waktu yang lama dan mengurangi risiko untuk file tersebut corrupt.

Pemindahan File yang Belum Tuntas

Penyebab file corrupt selanjutnya adalah saat kamu memindahkan file dari sebuah penyimpanan eksternal seperti flashdisk, hard disk, dan sebagainya ke perangkat keras seperti laptop, dan komputer, kamu tidak memindahkannya dengan sempurna. Tidak sempurna disini dikarenakan perangkat eksternal ini terlalu cepat terlepas (disconnected) dari laptop/komputer atau perangkat eksternalnya yang memiliki kerusakan. 

Saat pemindahan file tidak sempurna, maka partisi dari sebuah file tidak akan menyatu dengan sempurna pula. Hal ini yang nantinya menjadi penyebab file corrupt dan tidak bisa dibuka. 

Terdapat Serangan Malware/Virus

Penyebab selanjutnya dari file corrupt adalah terdapat malware/virus yang berada pada file atau folder. Serangan malware/virus bisa terjadi melalui berbagai macam media, contohnya seperti saat kamu mengunduh file yang berasal dari website yang tidak bisa dipercaya, bisa jadi saat kamu mengunduh suatu file dari website tersebut, sebuah virus/malware akan ikut di dalamnya dan akan menyebar ke komputer/laptopmu.

Untuk membuat website terpercaya, gunakan layanan hosting murah milik DomaiNesia ya!

sumber : envato

Media yang kedua yaitu melalui perangkat eksternal yang sudah terserang malware/virus.

Jika perangkat eksternal tersebut terhubung ke laptop/komputermu maka dengan mudahnya virus/malware tersebut menyebarkan virus ke file-file dan menjadikan file tersebut tidak utuh lagi kemudian file tersebut tidak bisa diakses kembali.

Format yang Tidak Cocok

Penyebab file corrupt selanjutnya adalah format file yang tidak cocok saat kamu membuat dan menyimpan sebuah file dengan format tertentu. Jadi, saat suatu file sudah menggunakan format yang telah ditetapkan, jika kamu mengubah file format tersebut akan membuat partisi dari file akan bingung dan tidak dapat terbuka dengan sempurna seperti saat format file awal.

Cara Mengatasi File Corrupt : Solusi

Jika kamu menemui file yang telah kamu unduh atau kamu pindahkan corrupt, kamu harus tau cara mengatasi file corrupt jika suatu saat hal itu terjadi agar file tersebut tetap bisa kamu buka saat dibutuhkan. Berikut merupakan penjelasan lebih detail dari cara mengatasi file corrupt

Mengembalikan Format File Sesuai dengan Format Awal

Salah satu penyebab dari file corrupt adalah format yang tidak sesuai. Biasanya format file berubah disaat kita melakukan sebuah perubahan, dan akhirnya menyimpannya dengan format file baru. Nah, kamu bisa menerapkan cara mengatasi file corrupt ini dengan merubah format file sesuai dengan file awal yang telah kamu terima. 

Menggunakan Command Prompt

Kamu juga bisa mencoba cara mengatasi file corrupt berikut untuk mendeteksi adanya file yang corrupt pada perangkat kamu melalui command prompt atau lebih akrabnya dikenal sebagai cmd, berikut langkah-langkah dari pengecekan file corrupt menggunakan command prompt

  1. Cari Command Prompt di Windows Menu, atau kamu bisa menggunakan Windows + R kemudian ketikkan “cmd” lalu enter
  2. Klik kanan untuk pilih Run as Administrator.
  3. Ketik chkdsk x: /f /r dan ubah huruf x dengan nama hard disk yang menyimpan file tersebut.
  4. Tunggu hingga pemindaian file corrupt selesai, jangan tutup pemindaian ini.
  5. Jika terdapat pop-up “Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them” maka peringatan ini menandakan bahwa ada file corrupt.
  6. Tutup Command Prompt, lalu restart perangkat

Melakukan Disk Check

Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara mengatasi file corrupt dengan pengecekan file corrupt menggunakan disk check, berikut merupakan langkah-langkah melakukan disk check pada file kamu

  1. Buka File Explorer 
  2. Pilih direktori This PC, lalu klik kanan. Setelah itu pilih Properties kemudian Tools.
  3. Klik Check kemudian Scan Drive dan Start.
  4. Tunggu scan hingga selesai

Membuka Melalui Aplikasi Lainnya

Cara mengatasi file corrupt selanjutnya adalah dengan membukanya melalui aplikasi lainnya. Jika saat kamu membuka suatu file dan memang biasa menggunakan aplikasi tertentu, kamu bisa mencobanya untuk membuka file di aplikasi berbeda yang memiliki fungsionalitas yang sama. Bisa saja, memang format file tersebut sedang tidak kompatibel dengan aplikasi yang biasa kamu gunakan.

Pindahkan File

Cara mengatasi file corrupt selanjutnya adalah dengan memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain, hal ini memang sangat sepele, namun penempatan file juga akan berpengaruh ke bagaimana file tersebut dapat kita akses. Misalnya, terdapat file yang memang tidak bisa dibuka di hp karena pengaruh memori, atau keterbatasan lainnya, nah kamu bisa mencobanya di perangkat lain seperti laptop/komputer.

Scanning Antivirus

Cara mengatasi file corrupt selanjutnya adalah dengan melakukan scanning antivirus secara rutin. File yang corrupt bisa saja disebabkan oleh virus yang telah masuk pada file kamu dan merusak beberapa file dan tidak dapat dibuka. Jadi, pastikan kamu memiliki antivirus yang terinstall pada laptop kamu dan lakukan scanning rutin ya!

Cara Mengatasi File Corrupt : Tips agar File Kamu Tidak Corrupt!

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Walaupun terdapat cara mengatasi file corrupt yang bisa kamu terapkan, namun kamu harus tahu beberapa tips untuk kamu agar dapat mencegah sebuah file corrupted, ikuti tips berikut ini ya! 

Pastikan Kamu Memiliki Jaringan yang Stabil dalam Pengunduhan

Pertama, pastikan saat ingin mengunduh sebuah file, kamu memiliki jaringan yang stabil. Kamu harus memperhitungkan beberapa kecepatan dari internet yang kamu gunakan dengan ukuran atau size dari file tersebut. Jika kamu mengunduh sebuah file yang memiliki ukuran yang cukup besar, setidaknya kamu harus memiliki koneksi yang stabil, karena itu mungkin akan memakan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pengunduhan, jadi jangan sampai gagal terdownload atau terdapat partisi yang belum lengkap terunduh sempurna.

Pastikan File Telah Berpindah Sempurna

Kedua, setelah pengunduhan, kamu juga harus memperhatikan saat memindahkan file dari suatu perangkat ke perangkat lain, seperti dari hard disk, flash disk, handphone, dan sebagainya. Pastikan sebelum kamu disconnect sebuah external disk, file yang kamu butuhkan sudah selesai dipindahkan.

Hal ini juga bisa terjadi ketika kamu memindahkan file dari satu direktori ke direktori lain. Untuk memindahkan menggunakan copy ataupun cut, komputer/laptop juga masih membutuhkan waktu dalam pemindahannya, dan jangan gunakan file yang ingin di pindahkan selama masa pemindahan. Jadi jangan pernah kamu mengganggu proses tersebut jika memang belum terselesaikan.

sumber : envato

Selalu melakukan double check pada File

Ketiga, lakukan pengecekan ganda pada sebuah file. Pastikan sebelum file tersebut kamu gunakan, kamu bisa membuka file tersebut sesuai dengan fungsionalitasnya. Semakin baik lagi jika kamu memiliki cadangan file tersebut di berbagai perangkat. Sehingga, jika terjadi sesuatu pada perangkat utama kamu, kamu masih bisa menggunakan perangkat lain dalam bekerja.

Baca Juga : File Corrupt adalah: Kenali Pengertian dan Cara Pencegahannya

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds