• Home
  • Berita
  • Jaringan 5G di Indonesia, Kapan Bisa Mulai Dinikmati?

Jaringan 5G di Indonesia, Kapan Bisa Mulai Dinikmati?

Oleh Argadahana
4.58/5 (12)

Bersiaplah untuk menikmati jaringan 5G di Indonesia yang rencananya nggak lama lagi bisa mulai digunakan. Meski baru sekedar wacana, dan pada faktanya belum semua daerah di Indonesia memiliki akses 4G dengan baik. Namun rupanya provider-provider jaringan selular di Indonesia sudah mulai berlomba untuk mengembangkan layanan ini sebagai salah satu produk mereka.

Memasuki tahun 2019, jaringan 5G di Indonesia mulai diharap-harapkan kehadirannya. Setelah beberapa waktu lalu Telkomsel melakukan uji coba untuk kesekian kalinya. Dan mengundang sisi ketertarikan serta pertanyaan dari masyarakat.

Kapan jaringan 5G di Indonesia mulai bisa diakses?

Kenali Lebih Dalam Apa Jaringan 5G Itu

Jaringan 5G atau fifth generation (generasi kelima) adalah teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Teknologi terbaru seluler ini baru direncanakan dirilis pada tahun 2020. Dan jaringan 5G ini diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya.

Sebelumnya, kita sudah mengenal beberapa macam jenis jaringan. Yakni jaringan 1G yang bisa mengantarkan suara analog, 2G yang memperkenalkan kita pada suara digital, 3G yang membawa kita kepada data mobile dan 4G LTE yang mengantar kita pada era mobile internet. Kehadiran jaringan 5G ini adalah perkembangan yang tidak hanya pada perangkat telekomunikasi, namun bisa menjangkau beberapa perangkat.

macam macam jaringan
source: pexels.com

Pengembangan jaringan 5G memiliki target antara lain adalah;

  • Rata rata kecepatan data yang lebih tinggi

Jaringan 5G akan secara signifikan cepat daripada jaringan sebelumnya 4G. Dengan menghantarkan 20 Gigabit per second pada titik tertingginya. Dan 100 Megabit per second pada rata-ratanya.

  • Mengurangi latency (interval antara pengirim dan penerima)

5G secara signifikan akan mengurangi tingkat latency untuk mengantarkan secara instant, real-time.

  • Menghemat energy
  • Mengurangi biaya
  • Menambah kapasitas sistem

Jaringan 5G mampu men-support 100 kali lipat kapasitas traffic dan efisiensi jaringan.

  • Konektivitas perangkat secara massive

Kecepatan transfer data memang menjadi daya tarik jaringan 5G untuk para penggunanya. Tentunya seiring dengan kecepatan yang mampu dihasilkan, juga akan berimbas pada pengurangan biaya. Konsep ini mirip dengan cloudhosting yang cepat dan lebih murah.

Fase pertama peluncuran jaringan 5G direncanakan rampung pada April tahun 2019 ini. Peluncuran tahun ini ditujukan untuk mengakomodasi penggunaan untuk komersil. Dan kemudian fase kedua pada April tahun 2020.

Efek Jangka Panjang Kehadiran Jaringan 5G

Sebagai sebuah jaringan baru, 5G menghadirkan berbagai macam efek secara tidak langsung. Salah satunya adalah dampak ekonomi yang akan dirasakan pada tahun 2035. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Qualcomm, 5G akan memberikan dampak pada rantai OEMs, operator, para pembuat konten, para developer dan tentunya para konsumen. Efek ini juga diperkirakan akan menghasilkan sekitar 3.5 triliyun dollar Amerika Serikat pada rata-rata pendapatan tahun 2035. Bahkan dampak pengembangan jaringan 5G ini juga akan membantu lebih dari 22 juta pekerjaan di seluruh dunia.

Penemu Jaringan 5G dan Pengembangnya

Pengembangan jaringan 5G di dunia sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2008. Korea Selatan telah melakukan riset mengenai jaringan ini untuk teknologi komunikasi selulernya. Pada 2008 juga, NASA membentuk sebuah kerjasama dengan perusahaan bernama Machine-to-Machine Inteligence (M2Mi) Corp. Kerjasama ini kemudian bertujuan untuk mengembangkan teknologi jaringan 5G secara khusus.

Verizon Merilis Jaringan 5G Pertama Secara Komersil

Jaringan 5G Verizon
source: androidauthority.com

Dan empat tahun setelah awal mula riset mengenai jaringan 5G dilakukan, tepatnya pada tahun 2012 New York University membentuk NYU Wireless. NYU Wireless adalah sebuah badan riset yang ditujukan untuk mengembangkan jaringan 5G secara nirkabel. Namun meski telah dikembangkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu, teknologi ini baru bisa diakses secara komersil oleh Verizon pada Oktober 2018.

#2019GantiJaringan?

Pada sebuah kesempatan, Cristiano Amon, President Qualcomm menyatakan bahwa kita tidak perlu lagi membayangkan bagaimana jaringan 5G itu. Menurutnya jaringan 5G itu sendiri sudah tersedia dan berada disekeliling ktia. Setelah percobaan dan tes yang sudah dilakukan secara beberapa kali sejak pertama dikembangkan, jaringan 5G diperkirakan bisa mulai diakses pada semester awal 2019.

Adaptasi pada jaringan 5G bahkan diperkirakan bisa lebih cepat daripada ketika jaringan 4G pertama kali diperkenalkan sebelumnya. Hal ini karena perkembangan dunia teknologi sekarang yang sudah menitikberatkan pada teknologi Augmented dan Virtual Reality. Kemudian koneksi antara mobil dan smart home yang membutuhkan koneksi antara mesin tanpa lag.

Meski jaringan 5G tidak melulu menitikberatkan pada aplikasinya pada smartphone. Namun tidak bisa dipungkiri juga, karena jaringan selalu identik dengan telekomunikasi. Smartphone adalah titik tolak awal dimana aplikasi jaringan 5G digunakan.

HP dengan Jaringan 5G

Berbicara soal jaringan 5G di Indonesia, tentunya teman-teman akan mengacu pada satu perangkat terlebih dahulu, yakni handphone. Nggak salah memang berasumsi ini mengingat perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengakses jaringan Internet adalah perangkat mobile dan seluler. Dan faktanya memang, sejak jaringan 5G mulai dikembangkan, pun demikian dengan perangkat-perangkat yang akan bisa mengaksesnya.

hp samsung 5g
source: businessinsider.com

Samsung menjadi yang terdepan dalam persaingan ini dengan kerjasamanya dengan Verizon dan AT&T. Rencananya kerjasama ini akan menghasilkan dua jenis handphone 5G. Pada gelaran CES 2019, Samsung juga mengkonfirmasi bahwa mereka akan merilis smartphone dengan teknologi jaringan 5G pada musim panas 2019 ini. Prototype smartphone 5G milik Samsung ini juga dipertontonkan pada acara yang sama.

Namun disisi lain, OnePlus akan menjadi salah satu yang pertama dalam merilis perangkat 5G dengan menggunakan prosesor Snapdragon 855. Sedangkan Apple, dikabarkan akan menunggu hingga tahun 2020 untuk merilis smartphone 5G. Pihak Apple memiliki pertimbangan menunggu 5G bisa tersedia secara luas.

Jaringan 5G di Indonesia, Kapan Sih Bisa Mulai Dinikmati?

jaringan 5G di Indonesia
source: detik.com

Di Amerika Serikat, Verizon telah mendahului dalam peluncuran jaringan 5G, bagaimana dengan di Indonesia?

Telkomsel menjadi provider terdepan yang telah menjajal jaringan 5G milik mereka pada gelaran Asian Games 2018 yang lalu. Jaringan Telkomsel 5G menggunakan spektrum 800 MHz, kekuatan troughtput mencapai 16 Gbps. Sebagai gambaran, dengan kekuatan ini sebuah hardisk 16 Gb bisa didownload dengan waktu 1 detik saja.

Namun, meski Telkomsel sudah menjajal jaringan 5G di Indonesia milik mereka. Masyarakat diperkirakan baru bisa menikmati jaringan 5G di Indoneisa, baru pada tahun 2021. Hal ini karena belum semua provider di Indonesia bisa menggunakan 5G. Demikian juga dengan ketersediaan device 5G belum begitu banyak. Meski Qualcomm sedang mengembangkan prosesor yang mampu menangkap sinyal 5G, namun urusan ketersediaan perangkat masih berkantung pada pabrikan-pabrikan. Mengingat Apple yang terkenal selalu berinovasi saja, tidak terlalu terlihat terburu-buru dalam menciptakan perangkat 5G milik mereka.

Argadahana

Artikel

Lainnya


Andi
February 4, 2020

Main-main keblog saya bang https://www.mesujitekno.com/2020/02/apa-itu-jaringan-5g.html

Andi
February 4, 2020

Main Keblog saya bang, Mesujitekno.com https://www.mesujitekno.com/2020/02/apa-itu-jaringan-5g.html

ghoem
January 17, 2020

jaringan 4g aja belum maksimal di penjuru nusantara mau tambah 5g?🤮

Perbedaan Jaringan Internet Antar Generasi 1G Hingga 5G
September 13, 2019

[…] negara. Di Indonesia sendiri belum semuanya dapat menggunakan jaringan generasi kelima ini. Walaupun Telkomsel sudah memiliki jaringan 5G di Indonesia, masyarakat Indonesia diperkirakan baru dapat menggunakan jaringan 5G pada tahun 2021. Hal ini […]

Nasrul
August 24, 2019

Gak sabar rasanya

Syejo
July 21, 2019

Malas..ganti2 hp mulu kira kami ini sultan apa.. hp aja mahal..

muhamad riki
July 5, 2019

pengen

Pendi
April 13, 2019

Pengen punya sinyal 5g

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!