• Home
  • Berita
  • Pay Per Click (PPC) Marketing Untuk Bisnis Online

Pay Per Click (PPC) Marketing Untuk Bisnis Online

Oleh Ratna Patria

Dalam dunia digital marketing banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk membuat bisnis kamu semakin berkembang pesat. Saat ini banyak sekali platform digital yang bisa digunakan sebagai sarana pemasaran sebuah brand atau membuat toko online yang kamu miliki kebanjiran pengunjung.

Salah satunya adalah SEO (Search Engine Optimization) sebagai strategi yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan trafik website. Namun, kali ini kita tidak akan membahas mengenai SEO yang tentu saja sudah sangat populer di dunia digital marketing.

Apa itu Pay Per Click?

Hingga saat ini perkembangan bisnis online terus meningkat pesat hal tersebut baik karena bisa menambah jumlah wirausaha di Indonesia yang masih terbilang rendah dibanding negara-negara tetangganya. Namun, permasalahan lain yang muncul sudah pasti persaingan yang terjadi semakin ketat.

Pay Per Click
Sumber: Pixabay

Lalu, bagaimana cara mengatasi agar bisnis kamu tetap bertahan dalam persaingan didunia digital. Sebenarnya banyak cara yang bisa kamu coba. Salah satu cara yang harus kamu kenali adalah PPC atau Pay Per Click. Tapi, apa itu PPC?

Jika kamu pernah melihat hasil pencarian Google dengan tanda Ads di depannya. Sebagai informasi jika itu sebenarnya adalah iklan. Dari sekian banyak jenis digital marketing, Pay Per Click marketing atau PPC adalah salah satu strategi digital marketing yang cukup banyak digunakan.

Namun jika kamu bukan orang yang berkecimpung pada dunia website atau digital marketing mungkin kamu belum familiar soal cara satu ini. Kami akan mengenalkan kamu dengan apa itu PPC yang tentunya bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis online.

Jadi, PPC atau Pay Per click adalah salah satu dari model internet marketing dimana setiap marketer (Pemasang iklan) hanya perlu membayar jika iklannya di klik oleh target audiens. PPC bisa dikatakan sebagai cara membeli kunjungan ke sebuah situs dan bukan meningkatkan trafik website secara organik.

Cara Kerja PPC Dalam Membantu Bisnis Kamu

Walaupun PPC adalah salah satu model internet marketing yang cukup populer namun masih banyak sekali pemilik bisnis yang tidak mengetahui tentang teknik internet marketing ini. Karena sebagian orang beranggapan bahwa mereka tetap bisa menaikan trafik secara organik dan gratis.

Namun, faktanya kamu bisa mendapat trafik lebih banyak dengan menggunakan PPC. Perlu kamu ketahui jika beriklan melalui Search Engine adalah Pay Per Click paling populer di kalangan pengusaha,

Para pemasang iklan melakukan bidding untuk mendapatkan posisi pada search engine. Hal tersebut bertujuan agar iklannya dapat dilihat dan dikunjungi saat seseorang mencari produk barang atau jasa melalui kata kunci yang relevan.

Sebagai contoh, bisnis kamu dibidang penyedia layanan hosting dan domain murah, maka pengguna yang ingin mencari layanan yang sesuai dengan bisnis kamu kan memasukan kata kunci “jual domain dan hosting murah“.

Kemudian search engine akan melakukan algoritma kompleks pada grup iklan saat melakukan permintaan pencarian. Hal ini yang akan menentukan iklan mana yang kamu putuskan untuk ditampilkan dan dalam urutan apa.

Pay Per Click
Sumber: Pixabay

Karena kamu harus membayar untuk setiap klik pada iklan tersebut, Kamu hanya dapat menawar kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu, sehingga dengan begitu kamu yakin jika akan mendapatkan pengembalian investasi kamu.

Karena setiap pemilik bisnis khususnya online ingin jika websitenya memiliki trafik yang tinggi sehingga arus penjualan bisa berjalan dengan baik. Berikut beberapa alasan mengapa PPC diperlukan untuk membantu meningkatkan bisnis kamu.

Target Customer yang Lebih Tepat

Memasang iklan dengan menggunakan teknik Pay Per Click bisa membantu kamu mendapatkan banyak customer. Karena kamu bisa memilih profil audience sesuai dengan yang kamu inginkan.

Saat ini juga sudah tersedia banyak iklan Pay Per Click yang bisa kamu atur sendiri. Misalnya kamu bisa mengatur iklan berdasarkan demografi, hobi, usia, dan lain sebagainya.

Budget yang Terkontrol

Hal yang paling penting dalam menyusun strategi marketing adalah budget. Tentu saja semua pemilik usaha menginginkan hasil yang maksimal dengan budget seminim mungkin. Sebagaimana yang kita tahu jika pemasangan iklan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun dengan menggunakan PPC kamu bisa mengontrol budget kamu sendiri sehingga tidak over budget. PPC juga memungkinkan kamu untuk mengedit dan menyesuaikan biaya PPC nya kapan saja. Jadi kamu dapat menambah atau mengurangi budget iklan harian sesuai dengan hasil dari performa iklan.

Return On Investment (ROI) Lebih Terukur

Salah satu alasan banyak yang menggunakan PPC karena kamu bisa membayar iklan hanya saat ada orang yang mengklik iklan yang dipasang. Jika tidak ada yang mengklik kamu tidak perlu membayar apapun. Dengan begitu kamu bisa menghitung Return On Investment dengan akurat dan tentunya bisa menghemat budget marketing kamu.

Pay Per Click
Sumber: Pixabay

Demikianlah informasi tentang apa itu PPC, yang mungkin bisa kamu coba sebagai jalan keluar untuk meningkatkan pengunjung website dan tentunya mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalani. Jika cara ini masih belum berhasil, jangan putus asa karena masih banyak sekali cara yang bisa kamu coba.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


ZULFIKRI
September 24, 2020

sangat membantu

Safitri
September 24, 2020

untuk 2020 ini saya rasakan kok indeks agak lama ya.. tapi saya lihat google milih milih artikel. kadang yang dulu dibuat malah cepat keindeks

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!