• Home
  • Berita
  • VPS Singapore dan Perbedaannya Dengan VPS Indonesia

VPS Singapore dan Perbedaannya Dengan VPS Indonesia

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Kamu pengguna Virtual Private Server (VPS)? Atau sedang berencana untuk mencobanya? Kamu harus tahu kalau VPS yang disediakan oleh kebanyakan provider di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yaitu VPS Singapore dan VPS Indonesia. Apa itu VPS Singapore dan VPS Indonesia? Yuk, pahami keduanya agar kamu bisa membedakan. Pastikan kamu membeli VPS yang sesuai dengan kebutuhanmu!

Mengenal VPS

Apa Itu VPS

Jika membandingkan VPS dan shared hosting, VPS adalah opsi yang lebih aman dan stabil daripada shared hosting di mana kamu tidak mendapatkan ruang server khusus atau dalam kata lain kamu berbagi kamar dengan pengguna lain.

vps singapore
Sumber: Freepik

Layanan VPS seperti menyewa kabin kelas satu dalam penerbangan mewah. Meskipun mungkin ada penumpang lain dalam penerbangan tersebut, tidak ada yang boleh berbagi kabin yang kamu miliki. 

Namun, menggunakan VPS tetap saja skalanya lebih kecil dan lebih murah daripada menyewa seluruh server. VPS biasanya dipilih oleh pemilik website atau sistem yang memiliki traffic cukup tinggi (tingkat menengah) yang melebihi batas paket shared hosting sehingga tidak dapat dipenuhi oleh spesifikasi yang diberikan oleh shared hosting. Solusi server pribadi atau VPS biasanya menawarkan lebih dari satu paket VPS. Penyedia biasanya menyediakan banyak pilihan berdasarkan spesifikasi server. 

Misalkan VPS murah DomaiNesia yang menyediakan sembilan jenis paket VPS sesuai dengan range spesifikasi masing-masing. Kamu bisa mendapatkan VPS mulai dari spesifikasi kecil hingga SSD Disk yang mencapai 960 GB. Tentu paket yang tersedia tetap menawarkan dengan harga yang terbaik.

Jenis VPS berdasarkan letak data center yang populer di Indonesia ada dua jenis yaitu VPS Singapore dan VPS Indonesia. 

Beli VPS Murah

VPS Singapore

Sesuai dengan namanya, VPS Singapore adalah VPS yang lokasi data center-nya terletak di Singapore. VPS Singapore pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan VPS Indonesia. Hanya saja performa akses biasanya tetap bergantung pada lokasi akses pengunjung juga. Ada kemungkinan ketika website yang kamu miliki di hosting menggunakan VPS Singapore dan diakses oleh pengunjung yang berada di Indonesia akan memiliki latency yang relatif tinggi. Latency adalah waktu untuk mentransfer data. 

VPS Indonesia

Sama halnya seperti VPS Singapore, VPS Indonesia dikategorikan berdasarkan lokasi data center-nya. Lokasi data center VPS Indonesia berada di Indonesia. Sama juga dengan VPS Singapore, ini akan mempengaruhi latency. Jika website menggunakan VPS Indonesia dan di akses oleh orang di luar Indonesia kemungkinan akan memiliki latency relatif tinggi dibanding jika diakses oleh orang Indonesia. Jadi, akan lebih baik jika target dan existing user website-mu adalah orang Indonesia gunakanlah VPS Indonesia untuk menghindari latency yang tinggi.

vps singapore
Sumber: Freepik

Bagaimana Cara Kerja VPS

Server adalah komputer tempat penyedia layanan menyimpan file dan database yang diperlukan untuk website kamu. Setiap kali pengunjung ingin mengakses website-mu, browser mengirimkan permintaan ke server dan mentransfer file yang diperlukan melalui internet. 

Nah, VPS ini memberimu server virtual yang mensimulasikan server fisik, namun pada kenyataannya, mesin tersebut digunakan bersama di antara beberapa pengguna. Menggunakan teknologi virtualisasi, penyedia hosting dan VPS memasang lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) server. Lapisan ini membagi server menjadi beberapa partisi dan memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri. 

Oleh karena itu, virtual private server (VPS) bersifat virtual dan private karena kamu memiliki kendali penuh. Itu dipisahkan dari pengguna server lain di tingkat OS. Sebenarnya, teknologi VPS mirip dengan membuat partisi di komputer kamu sendiri, ketika ingin menjalankan lebih dari satu OS (misalnya Windows dan Linux) tanpa reboot. 

Keuntungan Menggunakan VPS

VPS bisa menjadi solusi ideal untukmu jika itu adalah layanan yang benar-benar kamu butuhkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan VPS. 

  • Ini lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada shared hosting
  • Karena sumber daya server seperti memori atau kekuatan pemrosesan dijamin, tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia hingga minimal. 
  • Masalah dan lonjakan traffic pengguna server lain tidak mempengaruhi website atau sistem kamu. 
  • Kamu mendapatkan akses superuser (root) ke server. 
  • Kamu memiliki privasi yang lebih baik, karena file dan database dikunci dari pengguna server lain.

    vps singapore
    Sumber: Freepik

Kekurangan VPS

Namun tetap saja kamu akan menjumpai beberapa kekurangan saat menggunakan VPS. Perlu disadari juga bahwa menggunakan infrastruktur apapun akan memiliki kekurangan masing-masing pada salah satu sudut pandang. Nah, berikut ini beberapa kelemahan saat kamu menggunakan VPS:

  • Ini lebih mahal daripada shared hosting
  • Dibutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis untuk menyiapkan VPS
  • Manajemen server lebih menuntut secara teknis daripada paket hosting atau cloud hosting
  • Server yang dikonfigurasi dengan tidak benar dapat menyebabkan kerentanan keamanan. VPS adalah layanan infrastruktur yang aman. Keamanan VPS berasal dari isolasi setiap instance dari lingkungan lain di server. Bandingkan dengan shared hosting, di mana lingkungan berbagi sumber daya yang sama dan dapat dipengaruhi oleh kerentanan satu sama lain. Serangan penolakan layanan pada website di lingkungan bersama dapat menurunkan data dan situs web perusahaan lain yang dihosting di server tersebut, di mana setiap lingkungan VPS diisolasi dan dilindungi.

Kapan Harus Upgrade Ke VPS?

VPS biasanya dilihat sebagai langkah berikutnya setelah website kamu melampaui batas sumber daya shared atau cloud hosting. Jika paket shared hosting tercanggih tidak lagi cukup untuk menjaga performa website kamu dengan lancar, sebaiknya segera tingkatkan ke paket VPS. 

Namun, ada kasus penggunaan lain ketika memulai dengan paket VPS dari awal bisa menjadi ide yang bagus. Misalnya, situs web eCommerce di mana kamu perlu memastikan pembayaran yang aman dengan lingkungan yang cepat dan stabil dapat memperoleh banyak manfaat dari VPS. 

Faktanya, jika kamu menyimpan segala jenis data sensitif atau harus memproses pembayaran online, VPS dapat membantu kamu mengurangi risiko pelanggaran keamanan dan pencurian identitas. 

Jika kamu mengharapkan lonjakan traffic pada waktu-waktu tertentu di website kamu, misalnya, dalam kasus website  perencanaan acara atau penjualan tiket, paket VPS juga bisa menjadi solusi terbaik. Server game, seperti CS:GO atau Minecraft, dan situs-situs berat sumber daya lainnya juga berjalan dengan kinerja yang jauh lebih baik di VPS.

vps singapore
Sumber: Freepik

Pastikan Infrastruktur Website-mu Terpenuhi Dengan Baik

Sudah paham dengan VPS? VPS adalah opsi yang lebih aman dan stabil daripada shared hosting di mana kamu tidak mendapatkan ruang server khusus atau dalam kata lain kamu berbagi kamar dengan pengguna lain. Jenis Cloud VPS berdasarkan letak data center yang populer di Indonesia ada dua jenis yaitu VPS Singapore dan VPS Indonesia. Jika website kamu di hosting pada VPS yang berseberangan lokasi dengan pengunjung website, ada kemungkinan (walau sangat kecil) meningkatkan latency. Latency adalah waktu untuk mentransfer data. Jadi, akan lebih baik jika target dan existing user website-mu adalah orang Indonesia gunakanlah VPS Indonesia untuk menghindari latency yang tinggi.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds