Cara Membuat Daftar Isi dengan Mudah

Daftar isi adalah salah satu keperluan di dalam buku ataupun artikel. Berikut akan dijelaskan secara singkat tentang cara membuat daftar isi dengan mudah.

membuat daftar isi

Daftar isi adalah salah satu hal yang mengambarkan sebagai ringkasan suatu buku. Jika anda seorang mahasiswa, maka daftar isi bisa pula menunjukkan kerangka isi pada makalah atau skripsi anda. Tentu saja tanpa adanya daftar isi akan membuat orang – orang kesulitan untuk mengetahui secara jelas apa yang sedang dibicarakan dalam buku tersebut. Berikut akan dijelaskan secara singkat tentang cara membuat daftar isi.

Langkah – langkah atau cara membuat  daftar Isi

Daftar isi memiliki sebuah kepentingan dalam penulisan buku. Ada atau tidaknya daftar isi akan membuat perbedaan yang sangat signifikan. Pada dasarnya daftar isi digunakan sebagai salah satu cara untuk menemukan halaman yang ditujukan pada suatu materi tertentu. Tanpa adanya daftar isi, maka anda tidak akan tahu mana yang akan menjadi bahasan dan pada halaman berapa yang sedang dibutuhkan.

Bagi anda yang kesulitan membuat daftar isi. Simak artikel ini karena akan dijelaskan untuk anda beberapa cara membuat daftar isi. Hal ini akan membantu anda khususnya bagi para penulis atau mahasiswa yang sedang membutuhkan cara untuk membuat daftar isi.

  1. Menggunakan heading

Bagi anda yang menerapkan headings pada Ms. Word anda di setiap pekerjaannya, maka anda dapat dengan mudah membuat daftar isi. Jika anda membuat semua hal yang menurut anda pantas digunakan sebagai heading, maka anda bold kata – kata yang akan dijadikan headings, kemudian anda tinggal klik headings. Setelah itu lanjut terus sehingga semunya telah selesai.

Jika sudah selesai, maka anda masuk ke menu reference lalu masuk ke table of content. Pada menu tersebutlah cara membuat daftar isi dapat anda gunakan. Atur sebagaimana mungkin yang anda inginkan untuk daftar isinya. Setelah selesai, anda klik ok dan voila! Daftar isi yang anda buat telah selesai.

  1. Mengubah judul baru dalam daftar isi

Terkadang ada hal – hal yang terlewati dalam proses pembuatan buku ataupun artikel sehingga perlu adanya editing. Jika anda merasa kurang memasukan judul yang harusnya masuk ke dalam daftar isi, maka anda bisa menambahkan judul baru tanpa perlu membongkar keseluruhan daftar isi. Adapun caranya sebagai berikut

  • Anda block kata yang sudah anda ubah, kemudian anda masuk home dan pilih style heading yang anda gunakan
  • Setelah itu anda masuk kembali ke references kemudian anda klik sub menu update table
  • Tekan enter dan cek, akan ada perubahan pada daftar isi yang anda buat.

Itulah cara mengubah judul yang ada sebagai cara membuat daftar isi.

  1. Mengubah content daftar isi

Jika anda telanjur membuat style anda, maka anda bisa mengubah daftar isi yang anda miliki sesuai dengan style yang anda gunakan dalam Ms. Word. Inilah cara membuat daftar isi dengan cara mengubah konten yaitu masuk ke menu references lalu masuk ke table of content. Setelah sudah masuk ke sub menu, maka anda sesuaikan dengan style yang anda gunakan. Hilangkan heading yang ada dan gantikan sesuai dengan style yang anda miliki. Setelah selesai tinggal oke lalu anda dapat daftar isi sesuai dengan keinginan anda.

Itulah beberapa cara membuat daftar isi yang bisa membantu anda dalam melakukan penulisan buku atau artikel. Semoga hal ini dapat bekerja dengan baik dan membantu anda yang sedang kesulitan membuat daftar isi.

Baca Juga : Beli domain murah Indonesia

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!