Cara Mempercepat Proses Website Dengan AMP

Mempercepat Proses Website Dengan AMP

DomaiNesia – Apakah kamu terkendala karena website kamu lemot? atau banyak pengunjung yang pergi dari website karena websitemu lemot? berikut ini domainesia akan kasih kamu Cara Mempercepat Proses Website Dengan AMP.

Untuk menjadikan website kamu menjadi lebih cepat dibuka ternyata ada dua cara. Cara pertama, Hindari penggunaan JavaScript yang terlalu banyak, agar website tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dibuka. Cara yang kedua, yaitu dengan AMP.

Bagi kamu yang belum paham tentang AMP berikut dasar-dasar AMP

AMP adalah suatu teknologi terbaru dari Google yang digunakan untuk membuat website kamu bisa diakses dengan sangat cepat.

Sebelumnya, pada bulan Februari 2016 kemarin, Google secara resmi membuat teknologi website sehingga memiliki fitur AMP, yang dampak dari AMP ini adalah hasil halaman pencarian google akan meningkat.

Baca Juga : Algoritma Google Terbaru

Guna dari AMP itu adalah Mempercepat Proses Website ketika visitor membuka website kamu. Sebab meningkatnya kecepatan ini dikarenakan adanya beberapa faktor dalam cara membuka halaman sebuah website.

Format artikel AMP ini ternyata sudah dipakai oleh lebih dari 200 publisher, termasuk WordPress.com, dan sudah dipakai di beberapa platform populer. Fitur AMP ini tidak sama seperti pencarian Google, LinkedIn, Medium, Nuzzel, Pinterest, dan Twitter.

Kebanyakan website memiliki banyak sekali elemen konten sehingga membuat saat mengakses halaman membutuhkan waktu beberapa saat untuk bisa membuka website kamu.

Terkadang, meskipun semua optimasi sudah dilakukan oleh pemilik website guna mempercepat loading website, namun websitenya masih terasa lemot.

Baca Juga : Plugin SEO Terbaik 

Manfaat AMP untuk Mempercepat Proses Loading Website

1. Fungsi utama dari AMP adalah loading website yang lebih cepat bagi pengguna perangkat seluler atau ponsel. Studi telah menjelaskan bahwa visitor web biasanya akan meninggalkan halaman website jika tidak terbuka dalam waktu 5 detik pertama. oleh sebab itu, pemakaian AMP untuk website kamu akan sangat membantu untuk menghindari visitor yang pergi.

2. AMP akan menunjang peningkatan peringkat website kamu di mesin pencari. Perubahan algoritma google pada Agustus 2018 menjadikan website yang cepat diakses menjadi poin penting untuk menunjang peringkat dalam pencarian google. Oleh karena itu AMP akan sangat meningkatkan waktu memproses website kamu, maka sangat mungkin untuk website kamu yang memakai AMP akan berada pada peringkat yang lebih tinggi dibandingkan website yang lambat ketika dibuka.

3. Pada hasil pencarian google website kamu akan secara jelas menampilkan simbol AMP. Simbol ini bisa meningkatan peringkat pencarian dan klik halaman website. Sebab, pengunjung akan lebih memilih website yang bertanda AMP karena tentu loading website yang lebih cepat jika dibandingkan dengan website yang tidak memiliki tanpa AMP.

4. Dengan kamu memasang AMP pada website, Google akan mengumpulkan konten dari servernya sendiri dan membuat pengguna tetap berada di halaman pencarian Google. Website yang mengikuti spesifikasi AMP ini akan menerima ‘perlakuan’ khusus dari Google.

Tak hanya itu saja, Search Engine Result Pages Google website kamu juga mulai menampilkan konten AMP dengan tampilan yang mencakup gambar-gambar berukuran besar. Fitur ini akan sangat menarik perhatian pengguna dan setiap konten web akan mendapatkan dorongan traffic di pencarian yang terkait.

Berikut adalah Cara Mempercepat Proses Website Dengan AMP

Mempercepat Proses Website Dengan AMP

 

  1. Install Plugin AMP di Website kamu, bagi kamu yang menggunakan wordpress, kamu bisa memilih banyak sekali plugin, saran kami adalah gunakan AMP for WP.
  2. Setelah plugin kamu aktif, selanjutnya kamu bisa melihat bagaimana situs kamu terlihat di perangkat seluler, untuk mengaktifkan plugin AMP kamu bisa masuk ke menu Appearance » AMP

 

 

Cara Mempercepat Proses Website Dengan AMP

Baca Juga : Cara Upload Plugin Manual 

Pastikan AMP Bekerja di Website Kamu

Setelah kamu selesai melakukan instalasi plugin AMP for Wp berhasil dan kamu sudah mengatur style desainnya, selanjutnya kamu harus memastikan bahwa AMP telah bekerja. Caranya dengan menambahkan /amp di akhir halaman kamu.

Jika website kamu bisa diakses dengan akhiran /amp pada tampilan minimalis, maka instalasi AMP sudah berhasil diaplikasikan. setelah itu kamu tidak perlu melakukan apapun lagi. Tanda petir pada halaman hasil pencarian Google untuk website kamu akan muncul dengan sendirinya setelah instalasi plugin AMP berhasil.

Selamat ! Kini AMP website kamu akan muncul di hasil pencarian Google pada perangkat mobile.

Semoga tutorial Cara Mempercepat Proses Website Dengan AMP (Accelerated Mobile Pages) ini bisa membuat website kamu dibuka dengan lebih cepat.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!