Cara Menambah Subscriber YouTube 20197 min read

1/5 (1)

Dari Inbound Marketing kita belajar bahwa dalam memasarkan sesuatu, tujuannya tidak hanya menjual barang, namun memberikan kualitas produk sehingga meninggalkan kesan pada pelanggan. Hal tersebut juga berlaku untuk konten yang diterbitkan. Bukan hanya menerbitkan konten dengan volume yang besar. Konten yang dibuat juga harus berkualitas dan bisa dioptimalkan. Mungkin dulu, konten hanya berupa kata-kata atau tulisan. Tapi saat ini konten yang diinginkan oleh viewer bukan sekedar blog atau ebook. Konten mulai banyak berkembang, seperti blog yang tidak hanya memberikan artikel, namun disertai dengan video atau podcast. Dan saat ini video sangat disukai oleh banyak orang. Munculnya format konten lain juga memunculkan kebutuhan untuk mengoptimalkannya di mesin pencarian.

Seperti yang kita tahu, YouTube adalah platform terbesar, tempat dimana viewer mencari berbagai macam video. Di awal atau akhir video, pasti ada ajakan untuk like dan subscribe, karena creator perlu paling tidak 1.000 subscriber dan 4.000 watch hours di satu tahun terakhir, supaya channel YouTube mereka bisa menghasilkan keuntungan. Lalu bagaimana cara menambah subscriber YouTube? Langkah-langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan YouTube Channel kamu supaya subscriber pun bertambah? Apakah SEO bisa menjadi salah satu cara menambah subscriber?

#1. Beri Nama File Video Menggunakan Keyword

Sama seperti saat kamu lakukan saat mengoptimalkan konten tertulis, kamu juga akan menggunakan SEO Tools untuk mengidentifikasi kata kunci yang mau kau fokuskan untuk video. Setelah menentukan keyword, tempat pertama yang harus disertakan adalah file video itu sendiri bahkan sebelum kamu unggah ke YouTube, karena YouTube tidak bisa ‘melihat’ apakah isi video kamu sesuai dengan judul atau tidak. Namun, YouTube bisa membaca nama file video kamu dan semua kode saat kamu mengunggah video. Jadi kalau keyword yang ingin kamu gunakan adalah cara membuat website, maka jadikan itu nama file video kamu diikuti dengan format video seperti MP4, MOV, dan lain-lain.

#2. Masukkan Keyword Pada Judul Video Secara Natural

Ketika kita mencari video di YouTube, hal yang paling menarik perhatian adalah judul. Judul adalah faktor yang menentukan apakah viewer akan melihat video kita atau tidak. Jadi buatlah judul yang tidak hanya menarik, tetapi jelas dan ringkas. Keyword memiliki peran besar bahkan jika hanya tercantum pada judul, apalagi jika judul tersebut sesuai dengan apa yang dicari oleh viewer. Penelitian yang dilakukan oleh Backlinko menemukan bahwa video dengan keyword yang tercantum pula di judul, sedikit lebih unggul dari mereka yang tidak menerapkannya. Meskipun begitu, trik ini termasuk ide yang baik untuk mengoptimalkan judul, jika sesuai dengan keyword yang secara jelas mendeskripsikan video tersebut. Dan pastikan untuk tidak membuat judul yang terlalu panjang. 60 karakter adalah batas aman supaya judul tidak terpotong di result page.

cara menambah subscriber

Sumber: Pixabay

#3. Optimasi Deskripsi Video

Menurut Google, batas resmi untuk deskripsi video YouTube adalah 1.000 karakter. Meskipun kamu bisa menulis 1.000 karakter penuh, jarang viewer yang membaca deskripsi video, karena mereka lebih cenderung langsung menonton video. Kalau kamu tetap ingin menulis deskripsi video yang panjang, perlu diketahui bahwa YouTube hanya menampilkan 2 atau 3 baris pertama, yang berjumlah sekitar 100 karakter. Selebihnya, viewer harus mengklik Show More untuk menampilkan lebih banyak deskripsi. Oleh karena itu, sebaiknya membuat deskripsi dengan informasi yang paling penting di awal. Lalu untuk mengoptimalkan video itu sendiri, tidak ada salahnya menambahkan transkrip video, untuk mereka yang menonton tanpa volume. Deskripsi yang dioptimasi akan membantu video kamu muncul di Suggested Video, yang merupakan sumber yang signifikan untuk sebagian besar channel. Deskripsi adalah tempat dimana kamu bisa memberikan kata-kata cukup banyak. Artinya kamu bisa mengoptimasi SEO YouTube di bagian ini sebagai salah satu cara menambah subscriber.

#4. Beri Tag Dengan Keyword yang Populer dan Sesuai Dengan Topik

YouTube’s Creator Academy menyarankan untuk menggunakan tag supaya viewer tahu, tentang apa video tersebut. Dengan memberi tag, kamu tidak hanya memberitahu viewer, namun kamu juga memberitahu YouTube. Dengan begitu, YouTube tahu video mana saja yang bisa dikaitkan, yang bisa memperluas jangkauan konten video. Pilihlah tag dengan bijak. Jangan asal memberi tag, apalagi tag yang tidak relevan dengan isi video.

#5. Mengkategorikan Video

Setelah mengunggah video, kamu bisa mengkategorikan video tersebut di Advance Setting. Memilih kategori adalah cara lain untuk mengelompokkan video kamu dengan video serupa di YouTube, sehingga memperoleh paparan lebih banyak viewer. Tips ini bisa jadi tidak semudah kelihatannya. Bahkan YouTube’s Creator Academy menyarankan para marketer, untuk menemukan kategori melalui proses yang komprehensif. Mengkategorikan video dengan tepat bisa menjadi salah satu cara menambah subscriber.

Thumbnail adalah gambar pertama yang terlihat oleh viewer saat menelusuri hasil pencarian video. Seiring dengan judul, gambar thumbnail akan memberi kisi-kisi kepada viewer tentang isi video. Oleh karena itu, gambar thumbnail bisa mempengaruhi jumlah klik dan jumlah views video kamu. Sebenarnya kamu bisa memilih gambar thumbnail yang dibuat secara otomatis oleh YouTube, namun sangat disarankan untuk membuat sendiri gambar thumbnail tersebut. YouTube Creator Academy mengatakan bahwa 90% video yang dinilai memiliki kinerja terbaik memiliki thumbnail khusus. For our information, akun YouTube kamu perlu diverifikasi terlebih dahulu jika kamu ingin mengunggah thumbnail sendiri. Tampilan thumbnail yang menarik dan relevan bisa menjadi salah satu cara menambah subscriber. Sebagai viewer, kamu pasti akan lebih percaya dengan tampilan yang menarik, bukan?

cara menambah subscriber

Sumber: Pixabay

#7. Gunakan File SRT untuk Menambah Subtitles dan Closed Captions

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, subtitles dan closed captions bisa mendorong optimasi pencarian YouTube dengan menyorot keyword-keyword penting. Untuk menambahkan subtitles dan close captions ke video, kamu perlu mengunggah teks transkrip yang mendukung atau timed subtitles file. Kamu juga bisa menambahkan teks ke video yang sudah lama. Teks tersebut akan tersinkron otomatis ke video kamu. Menambah Subtitle atau Closed Captions caranya sama. Kamu hanya perlu membuka video manager, lalu klik “Video”. Cari video yang ingin kamu tambahkan Subtitles atau Closed Captions, lalu klik panah drop-down di sebelah tombol edit. Pilih Text/CC, disitu kamu bisa memilih bagaimana Subtitles dan Closed Caption ditambahkan.

#8. Tambahkan Cards dan End Screens untuk Menambahkan Jumlah Penonton di YouTube Channel

Apa itu Cards? Ketika kamu menonton video, pernahkah melihat ikon bulat berwarna putih di pojok kanan atas, dengan huruf i di tengahnya? Itu adalah Cards. Kamu bisa menambahkan hingga 6 Cards dalam satu video. Keenam jenis Cards tersebut adalah:

  1. Channel cards, yang akan mengarahkan viewer ke channel lain.
  2. Donation cards, yang akan mendorong penggalangan dana atas nama organisasi non-profit Amerika Serikat.
  3. Fan funding, yang akan meminta viewer mendukung pembuatan konten video.
  4. Link cards, yang akan mengarahkan viewer ke situs eksternal. Misalnya berupa official website tempat menjual merchandise.
  5. Poll cards, yang menampilkan pertanyaan kepada viewer dan memungkinkan mereka memilih tanggapan.
  6. Video atau playlist cards, yang akan mengarahkan viewer ke konten YouTube lain yang serupa.

End Screens
Tampilan End Screens hampir sama dengan Cards. Namun, seperti yang kamu tahu, bahwa End Screens tidak akan muncul sebelum video berakhir. Kamu harus melewati sejumlah instruksi untuk menambahkan End Screens, tergantung pada jenis platform apa yang kamu inginkan dan jenis konten apa yang diizinkan oleh YouTube. Penting untuk kamu ketahui, bahwa YouTube selalu menguji End Screens untuk mencoba mengoptimalkan viewer experience, jadi akan ada masanya End Screens yang kamu buat tidak muncul sebagaimana mestinya.

Optimasi SEO untuk Menambah Subscriber

Mengoptimasi SEO pada YouTube bisa menjadi salah satu cara menambah subscriber. Trik-trik di atas mungkin rumit dan memakan waktu, tapi perlu diingat bahwa saat ini, waktu yang dihabiskan orang untuk menonton YouTube meningkat hingga dua kali lipat dari tahun ke tahun. Ada banyak viewer di YouTube, maka ketika kamu mengoptimalkan YouTube, peluang untuk menambah subscriber juga akan meningkat. Tips SEO di atas juga tergantung pada bagaimana kamu mengidentifikasi keyword dan mempromosikan video dengan benar. Tips di atas bisa dilakukan tidak hanya di YouTube saja. Kamu bisa menggunakan YouTube SEO tools untuk mengoptimalkan hasil pencarian. Tools yang bisa kamu coba misalnya Ahrefs Keyword Explorer, Canva, VidIQ Vision, TubeBuddy, atau Cyfe. Itulah beberapa cara menambah subscriber yang bisa kamu coba, yaitu dengan mengoptimasi SEO YouTube. Harapannya, dengan mengoptimasi SEO, video kamu akan lebih sering muncul di hasil pencarian. Selamat mencoba.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar