Cara Meningkatkan Performa WordPress3 min read

cara meningkatkan performa wordpress

Cara meningkatkan performa wordpress – Jika Anda memiliki website, tentu sangat familiar dengan hal seperti konten website dan kecepatan website. Sebab, semakin bagus konten yang Anda buat, maka akan semakin banyak visitor yang datang .

Namun, hal satu ini tidak boleh disepelekan, yaitu kecepatan website Anda sangat mempengaruhi jumlah visitor yang datang ke website Anda, sebab jika website Anda membutuhkan waktu diatas 10 detik untuk bisa diakses, dijamin pengunjung website segera meninggalkan website Anda.

Oleh sebab itu, cara meningkatkan performa wordpress sangat penting jika ingin menambah jumlah visitor di website Anda.

Apa yang perlu Anda lakukan? Jawabannya adalah perbaiki performa Website

Banyak pemilik website pemula mengira jika website mereka baik-baik saja karena jika dibuka di komputer sendiri prosesnya tidak lambat. Ternyata masih banyak yang belum tahu jika Anda sering mengunjungi website sendiri, maka aplikasi browser seperti Chrome dan mozzila firefox menyimpan cache website Anda, sehingga website Anda menjadi cepat diaksesnya jika di buka di browser milik sendiri.

Namun beda ceritanya jika pengunjung baru yang mengunjungi website Anda untuk pertama kali , bisa jadi mereka merasakan website Anda lama ketika di buka.

Dan ada penelitian jika pengguna yang berada di lokasi yang berbeda bisa memiliki pengalaman yang sangat berbeda pula. Oleh sebab itu, Anda wajib mengecek kecepatan website Anda di tool seperti Pingdom.

Setelah melakukan tes kecepatan website di tools pingdom, tentu Anda akan tahu berapa kecepatan sebenarnya website Anda, lalu berapa sih kecepatan website yang bagus? Rata-rata kecepatan loading website yang baik yaitu dibawah 2 detik.

Lalu bagaimana caranya agar website bisa diakses dibawah 2 detik?

Agar website Anda bisa diakses dibawah 2 detik, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan provider web hosting.

Saran terbaik web hosting murah yang memiliki kecepatan loading website 1,043ms atau hanya 1 detik adalah webhosting DomaiNesia.

Berikut solusi untuk meningkatkan performa wordpress

Cara meningkatkan performa wordpress

  1. Plugin Cache

Bila situs website Anda tidak memiliki plugin cache, maka bisa menyebabkan overload pada sever yang berdampak website menjadi lambat. Sistem cache sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

  1. Memakai CDN (Content Delivery Networks)

Content Delivery Networks yang disebut juga dengan CDN juga sangat mempengaruhi kecepatan website Anda. Sebab, sistem CDN bisa mendeteksi lokasi visitor dan mengirimkan konten ke lokasi server terdekat.

  1. Optimalkan Database

Salah satu penyebab web WordPress Anda menjadi lambat saat diakses adalah database yang besar atau contohnya adalah penumpukan post revision atau draft.

Tak hanya itu saja, seringnya melakukan pemasangan dan pencopotan plugin yang berulang-ulang bisa menyebabkan penumpukan sampah di tabel. Hal ini akan berdampak pada database phpMyAdmin yang tidak stabil sehingga memakan sumber daya.

  1. Mengkombinasi ikon sosial media, JavaScript, CSS bersamaan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam sebuah wordpress setiap sosial media memiliki suatu ikon tersendiri. Dan celakanya, ikon ini memakan bandwith. Dengan mengkombinasi JavaScript, CSS dan gambar secara bersama akan menurunkan loading website.

  1. Optimasi gambar

Gambar atau foto adalah media yang bermanfaat untuk mempercantik artikel wordpress Anda. Namun yang menjadi masalah adalah jika dalam satu artikel memiliki terlalu banyak gambar yang di upload, maka loading dari laman wordpress akan semakin terasa lambat.

Gambar ternyata sangat menghabiskan bandwith ketika diakses, oleh sebab itu disarankan Anda harus mengoptimasi file gambar terlebih sebelum mengupload ke website. Dengan mengoptimasi gambar terlebih dahulu sebelum di Upload, maka Loading website Anda akan lebih cepat daripada Anda tidak mengoptimasi gambar sama sekali.

Cara meningkatkan performa wordpress agar lebih maksimal adalah dengan memakai gambar yang sudah di optimasi terlebih dahulu sebelum di upload. Untuk rekomendasi, sebaiknya gunakan dimensi yang sesuai dan ukuran dibawah 100 Kb.

Untuk plugin WordPress nya Anda dapat menggunakan plugin kompres gambar seperti smush image supaya ukuran gambar bisa diperkecil.

Itulah beberapa alternatif dan cara meningkatkan performa wordpress dengan mengoptimalkan website Anda. Jika Anda mempraktekan cara ini, dijamin Anda akan bisa merasakan perbedaan kecepatan wordpress setelah melakukan optimasi ini.

 

Baca Juga : Promo Domain Murah

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar