Daftar Gmail Lewat Ponsel? Begini Caranya!5 min read

No ratings yet.

Daftar Gmail Lewat Ponsel? Begini Caranya!

Gmail jadi layanan email paling populer saat ini. Seiring dengan banyaknya pengguna ponsel Android di Indonesia yang mencapai 236 juta jiwa, penggunaan Gmail juga otomatis meningkat. Kenapa bisa? Karena untuk bisa menggunakan ponsel Android secara maksimal, kamu harus punya akun Google yang sekaligus akun Gmail. Ingin menggunakan Google Drive, harus punya akun Gmail. Ingin menggunakan Google Maps, harus punya akun Gmail. Ingin menggunakan Google Play, harus punya akun Gmail. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam mendaftar berbagai media sosial lain semacam Youtube, Google+, dan lain-lain. Maka dari itu, kamu wajib daftar Gmail lewat ponsel.

Pada awalnya, Gmail sempat dibatasi perkembangannya. Fitur Gmail selain mengirim dan menerima pesan, juga hanya mengizinkan teman-teman terdekat pengguna Gmail untuk diundang menggunakan Gmail. Alasannya, Google ingin mempertahankan image elit dan membatasi pertumbuhannya. Namun, di 14 Februari 2007, Gmail mulai menawarkan berbagai macam fitur yang ada hingga sekarang.

Sebenarnya, apa yang menjadi keunggulan Gmail dibanding penyedia layanan email lainnya?

Apa Keunggulan Gmail?

daftar Gmail Lewat Ponsel

source: Freepik

Gmail bisa setenar sekarang bukan hanya karena pengguna ponsel Android yang meningkat. Gmail mampu menawarkan berbagai macam kelebihan dibanding penyedia layanan email lain. Apa saja itu?

  1. Tanpa iklan

    Jika beberapa penyedia jasa layanan lain memasang iklan di dalam laman email, tidak dengan Gmail. Sampai saat ini, Gmail tidak pernah menampilkan iklan di laman email. Kalaupun ada, iklan tersebut pasti berasal dari browser yang kamu gunakan. Jadi, baik lewat browser HP atau komputer, Gmail tidak akan memasang iklan. Enak, bukan? Kamu tidak akan terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul saat mengakses email kamu.

  2. Bisa diakses meskipun offline

    Kamu lagi di tempat yang susah sinyal tapi pengen segera mengirim email? Jangan khawatir, Gmail bisa mengakomodasi itu. Kamu tetap bisa mengaksesnya kalau pakai Gmail. Kamu bisa mengetik pesan yang ingin kamu kirimkan dulu lewat Gmail. Lalu, setelah selesai bisa kamu klik “send”. Otomatis pesan yang kamu kirim akan langsung masuk outbox. Pesan tersebut akan terkirim jika HP kamu sudah menemukan sinyal.Lalu, bagaimana cara menggunakan Gmail Offline? Gampang kok. Kamu tinggal masuk ke akun Gmail kamu atau klik Google Offline ini. Lalu, tinggal centang kotak di samping “Enable Offline Mail”. Kemudian, klik “save changes”. Selesai, kamu bisa mengirim email meskipun kamu sedang tidak ada sinyal.

  3. Penyaringan spam

    Kamu pasti sering mendapat email promosi dari berbagai macam brand kan, DomaiNesian? Dikira ada email penting, ternyata cuma email promosi. Jika kamu pakai Gmail, email yang masuk ke inbox kamu akan disaring terlebih dulu. Jadi, Gmail akan mendeteksi pesan tersebut berguna atau tidak untuk kamu. Jika berguna, maka pesan tersebut akan masuk ke inbox kamu. Jika tidak, maka pesan tersebut akan masuk ke spam. Jadi, kamu tidak akan terganggu lagi dengan email-email yang tidak kamu inginkan.

Keunggulan Gmail dengan Produk Google Lainnya

daftar Gmail Lewat Ponsel

source: Freepik

Selain keunggulan di atas, menggunakan Gmail juga memiliki keuntungan yang lain. Apa saja keunggulannya?

  1. Bisa komunikasi lewat Google Hangout

    Gmail tidak hanya bisa mengirim pesan lho. Tapi bisa mengirim chat juga. Lewat Google Hangout, kamu bisa chatting dengan sesama pengguna Gmail. Di sisi kiri panel Gmail, kamu pasti akan menemukan kontak Google Hangout. Tinggal ketikkan nama kontak yang ingin kamu ajak chatting, terus ketik pesan yang ingin kamu kirim, selesai. Kamu sudah chatting dengan temanmu lewat Google Hangout.

  2. Lebih Mudah Kalau Membuat Blog

    Email adalah salah satu syarat wajib jika kamu ingin membuat blog. Namun, jika kamu ingin membuat blog di Blogger, akan lebih enak kalau kamu mendaftar pakai akun Gmail. Meskipun Blogger membebaskan pendaftar blogger memakai email apapun, tetapi lebih mudah jika pakai akun Gmail.Kalau kamu pakai akun Gmail, kamu tidak perlu sign up atau mendaftar di Blogger. Kalau kamu sudah masuk ke akun Gmail kamu di Google Chrome, maka secara otomatis kamu juga akan terdaftar di Blogger. Jadi, kamu tidak perlu bersusah payah mendaftar terus mengisi data diri di Blogger. Log in ke Gmail, dan kamu sudah tersambung ke semua fitur Google, termasuk Blogger.

Bagaimana Caranya daftar Gmail Lewat Ponsel?

daftar Gmail Lewat Ponsel

source: Freepik

Seperti yang dibilang di atas, jumlah pengguna ponsel smartphone di Indonesia semakin banyak. Ini berarti, segala aktivitas yang bisa dilakukan dengan komputer, akan tergantikan oleh ponsel. Salah satunya adalah membuat Gmail. Sekarang, kamu bisa daftar Gmail lewat ponsel.

Selain lebih mudah, ada untungnya juga kalau kamu mendaftar Gmail lewat ponsel. Kamu juga jadi langsung bisa menggunakan ponsel android kamu secara maksimal. Daripada harus mendaftar di komputer, lalu log in di ponsel, tentu itu akan memakan waktu. Lebih praktis jika langsung daftar Gmail lewat ponsel.
Lalu, bagaimana caranya daftar Gmail lewat ponsel? Mudah kok, DomaiNesian? Kamu hanya perlu ikuti beberapa langkah ini:

  1. Buka menu setting atau pengaturan di ponsel kamu.
  2. Buka menu account atau akun. Pilih add account atau tambah akun.
  3. Klik ikon Google. Lalu, akan muncul 2 opsi, yaitu ‘sign in’ dan ‘create a new account’. Karena kamu ingin membuat email baru, jadi pilih create a new account.
  4. Isi nama depan dan nama belakang, lalu klik next. Kemudian, Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.
  5. Tetapkan nama untuk username Gmail kamu, lalu klik next. Jika nama yang kamu gunakan sudah dipakai orang lain, Gmail akan merekomendasikan nama yang tersedia atau kamu bisa mencari nama lain.
  6. Kemudian, ketikkan password kamu. Paling tidak, password kamu harus memiliki 8 karakter.
  7. Selanjutnya akan muncul kotak Privacy and Terms, klik pada tombol ‘I Agree’ di bawah.
  8. Gmail akan memberikan konfirmasi berupa info username dan password. Klik Next.
  9. Akun Gmail kamu akan langsung diproses oleh Google. Lalu, kamu akan mendapat pemberitahuan yang menjelaskan bahwa akun Gmail kamu siap digunakan.

Nah, itulah cara daftar Gmail lewat ponsel. Tidak susah kan, DomaiNesian? Tinggal ikuti langkah di atas, kamu akan berhasil daftar Gmail lewat ponsel. Kalau kamu sudah paham dasar-dasar menggunakan Gmail, kamu juga bisa mengubah nama domain email kamu. Jadi, yuk praktekkan sekarang juga!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

2 komentar

  1. Avatar Siti Nurcahyani berkata:

    Bantu saya untuk membuat akun google

  2. Avatar Siti Nurcahyani berkata:

    Daftar

Komentar