Tips Agar website Tidak di Index Mesin Pencari

Tips Agar website Tidak di Index Mesin Pencari

Setiap orang yang memiliki webstie tentu ingin agar websitenya terkenal bukan? Namun bagaimana jika seseorang tidak ingin websitenya diketahui banyak orang agar privasinya terjaga? berikut ini DomaiNesia akan memberikan Tips Agar website Tidak di Index Mesin Pencari khusus untuk web wordpress.

Sebelum kita mulai lebih jauh, kenapa ada seorang blogger yang ingin situsnya tidak ter index mesin pencari? jawabannya adalah bisa jadi blogger tersebut sedang membuat jurnal pribadi atau proyek pribadi yang hanya bisa di akses oleh orang yang mengetahui alamat webnya.

Saat ini WordPress sudah sangat mudah untuk dioperasikan jika kamu ingin membuat website, khususnya untuk membuat jurnal pribadi atau membuat kontent pribadi maka dari itu pentingnya bagi seorang blogger tersebut agar website tidak di index mesin pencari.

Baca juga : Rahasia mempercepat loading website

Berikut Tips Agar website Tidak di Index Mesin Pencari

Ada banyak cara agar website kamu tidak di index oleh mesin pencari, salah satunya adalah Goolgle.

  1. Setting fitur bawaan wordpress

caranya adalah dengan masuk ke menu wordpress “Setting” –> “Reading/membaca” centang search engine visibility

Tips Agar website Tidak di Index Mesin Pencari

Dengan cara kamu mencentang opsi diatas, kamu sudah bisa membuat mesin pencari tidak mencoba merayapi situs kamu. Sehinga membuat situs kamu tidak di Index oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan masih banyak lagi.

2.  Selanjutnya kamu bisa masuk ke “Tampilan” –> “Editor” dan menambahkan kode dibawah ini di bagian Header

  • <meta name=‘robots’ content=‘noindex, follow’ />

3. Memodifikasi robot.txt

caranya adalah dengan merubah kode di robot.txt menjadi

  • User-agent: *
  • Disallow: /
  • Disallow: /NamaFolder/
  • Disallow: /NamaFile.php

Pada kata User-agent:* adalah kode untuk memblokir semua perayapan pesin pencari, untuk memblokir perayapan tertentu kamu bisa menambahkan nama mesin pencari, misalnya untuk perayapan Google

Pada baris kedua untuk memblokir home, atau halaman depan website kamu. jadi semua halaman website kamu tidak mengizinkan mesin pencari untuk merayapinya.

Pada baris ketiga adalah untuk menyembunyikan folder dari perayapan mesin pencari. Jika dalam folder tersebut masih ada folder lagi maka folder tersebut sudah otomatis tidak ikut terindex. jika ingin menambahkan folder yang lain, tinggal copy baris ke tiga lalu ganti nama foldernya.

Baca Juga : Cara buat website 

Pada baris ke empat hampir sama dengan yang bari kedua, bedanya adalah kode tersebut itu untuk memblokir halaman tertentu.

Jika semuanya sudah, selanjutnya kamu bisa simpan file dengan nama robots.txt, lalu taruh file robots.txt ini di direktori pusat atau top level direktori. Jadi jika website kamu http:s//www.domainesia.com maka file robots.txt harus kamu letakan di https://www.domainesia.com/robots.txt.

Itulah Tips Agar website Tidak di Index Mesin Pencari semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu dalam menyembunyikan website supaya tidak terindex oleh mesin penari seperti Google, Yahoo, Yandex Bing Dll.

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!