6 Update Local SEO untuk Tahun 2022

Oleh Argadahana
No ratings yet.

Tahun 2021 hampir usai, yang ditandai dengan banyaknya pengembangan di bidang digital marketing, termasuk local SEO.

Kebutuhan konsumen yang semakin tumbuh dan pasar lokal menjadi lebih kompetitif, membuat mesin pencari seperti Google beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan ini.

Sebelumnya kita pernah membahas SEO lokal atau local SEO pada artikel Memaksimalkan Traffic Dengan Local SEO. Dan kali ini kita akan membahas apa saja update SEO lokal terbaru yang perlu kamu waspadai di tahun 2022.

Google Business Profile Membuat Local SEO Lebih Nyaman Untuk Berbisnis

Ketika Google melakukan rebranding Google My Business ke Google Business Profile, tidak hanya julukan saja yang berubah, namun juga update dan fitur yang baru juga turut dihadirkan.

Kini seorang pemilik bisnis atau usaha tidak lagi perlu untuk masuk kedalam aplikasi atau platform Google My Business untuk melakukan update informasi bisnis. Misalnya mengupdate jam buka, atau menambahkan gambar.

Google business profile
sumber: support.google.com

Seorang pemilik bisnis dapat menggantinya melalui Google Search dan Google Maps.

Kamu juga bisa melengkapi proses verifikasi dan menyelesaikan isu misalnya, tidak muncul di pencarian, dari Google Search. Hal ini akan mempermudah bisnis atau toko kamu hadir di pencarian lokal.

Google Membuat Hasil Pencarian Lokal Lebih Mudah ditemukan

Google menghadirkan fitur Local SERP yang memungkinkan berita lokal lebih mudah untuk dicari dan dibuat. Google merilis dua proyek untuk membantu jurnalis memperkaya cerita mereka dengan data dan informasi lokal dengan:

Census Mapper Project

Berguna untuk memperoleh, menganalisa dan memvisualisasikan data yang telah dikumpulkan untuk kemudian diproses oleh The Associated Press terhadap sebuah area lokal.

Common Knowledge Project

Mengakses komparasi geografis, bagan, dan visualisasi data untuk sebuah daerah dengan berbagai tingkatan wilayah.

Mesin pencari membuat berita lokal menjadi lebih mudah ditemukan dengan beberapa update berikut ini:

  • Local News Carousel: Berita lokal yang relevan dengan kueri yang dimiliki seorang user kini akan muncul pada hasil pencarian teratas di SERP. Hal ini akan membuat berita berita tersebut mudah dicari sementara disisi lain akan memberikan jurnalis lokal lebih mudah ditemukan.
  • Top Stories Carousel: Berita yang berasal dari sumber berita lokal akan muncul berdampingan dengan publisher mayor yang sebelumnya menguasai hasil pencarian. Hal ini akan membuat berita yang berasal dari sumber berita lokal tidak akan sulit bersaing dengan media nasional.
  • More News In Search: Google meningkatkan kemampuannya untuk bisa terhubung dengan kueri berita yang lebih umum.
  • Local Tweets: Penerbit atau jurnalis lokal kini dapat muncul pada bagian berita lokal meski hanya dari sebuah cuitan Twitter.Bing Menambahkan Lebih Banyak Elemen Visual
microsoft bing
sumber: wikipedia.org

Pada bulan Maret 2021, Bing (mesin pencari milik Microsoft) meluncurkan lima update yang berfokus pada hasil pencarian lokal. Tidak hanya itu namun juga menghadirkan hasil pencarian yang terdiri dari integrasi hasil pencarian berbentuk elemen visual dan text.

  • Expandable Carousels: Memberikan pengguna akses untuk melihat informasi tambahan ketika mereka melakukan hover pada sebuah hasil pencarian.
  • Infographic-like Result: Menarik para pencari dengan kueri yang lebih umum untuk melakukan pencarian yang lebih dalam terkait sebuah topik.
  • Intuitive Highlights: Memberikan detail, misalnya daftar bahan, jumlah kalori, dan informasi nutrisi dari sebuah halaman tanpa membutuhkan klik dari pengguna.
  • Integrated Visual Search: Memberikan pengguna sebuah kemudahan untuk mencari barang yang terlihat sama secara visual dengan cara mengklik tombol “integrated visual search”.

Mengapa hal ini penting untuk pelaku usaha yang menggunakan local SEO? Jawabannya adalah, karena Bing menggabungkan konsep yang serupa kepada hasil pencarian lokal miliknya.

Bing menghasilkan hasil pencarian yang kaya akan visual untuk kueri lokal dibandingkan carousel gambar yang sederhana. Ini juga ditambah dengan informasi yang relevan yang dihasilkan dari Bing Maps, gambar terbaik, jumlah pengunjung dan beberapa sumber lainnya.

Setiap Orang Mendapatkan Atribut Baru

Google secara konsisten mengeluarkan atribut baru, seperti yang terjadi pada tahun 2021 lalu misalnya atribut “karyawan menggunakan masker” atau “pengantaran tanpa kontak”.

Atribut-atribut ini menyediakan jawaban bagi para pencari yang ingin mengetahui lebih spesifik mengenai sebuah bisnis yang tersedia pada Google Business Profile. Google selalu ingin membantu bisnis untuk bisa lebih terlihat dan memuaskan para pencarinya.

Beberapa fitur atribusi tambahan seperti “bisnis milik orang kulit hitam” atau “bisnis milih wanita”, akan membantu para pencari yang ingin mendukung sebuah bisnis karena nilai-nilai yang mereka percayai.

Google juga menambahkan fitur panggilan masuk, pesan dan insight pada Google Search dan Maps untuk membantu para konsumen terhubung dengan memberikan akses pada sebuah bisnis untuk melakukan pelacakan pada panggilan telepon dari konsumen.

Toko Lokal Memperoleh Sokongan dengan “Pointy”

Pada bulan Juni 2021, 50% pembeli di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka melakukan pengecekan secara online sebelum melakukan pembelian.

Hal ini membuktikan bahwa dengan menambahkan produk yang kamu miliki pada Google Business Profile dan melakukan update berkala terkait ketersediaan stok akan memberikan keuntungan. Namun seringkali proses ini memakan waktu yang cukup lama dan susah karena saling kejar dengan produk yang sudah terjual.

Google menyadari hal ini dan memberikan fitur integrasi dengan nama “Pointy”. Fitur ini memberikan peritel untuk bisa mengupdate secara otomatis jumlah barang yang tersedia di inventori.

Proses Indexing “Mobile First” yang Masih Berjalan

Mobile first indexing adalah proses indexing yang mendahulukan hasil pencarian berupa situs yang mengedepankan pengalaman perangkat mobile. Hal ini pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2017.

Sejak itu, terdapat beberapa kali perubahan, penghentian dan memulai lagi (termasuk delay pada September 2020) hingga Maret 2021.

Meski masih dalam pengembangan yang sedang berjalan, kamu sebagai pemilik bisnis harus memperhatikan pengalaman pengguna terutama perangkat mobile. Hasil statistik oleh Google menunjukkan bahwa sebanyak 76% pencari menggunakan telepon pintar mereka untuk mencari “sesuatu” yang dekat dengan mereka ketika siang hari. Dan 28% dari pencarian tersebut menghasilkan penjualan.

Nah itu tadi 6 update local SEO yang perlu kamu pahami sebelum masuk di tahun 2022. Jika kamu baru mulai untuk mengoptimasi untuk pencarian lokal, ada baiknya memulai dari membuat akun Google Business Profile sebagai permulaan. Selamat mencoba!

Sumber: Search Engine Journal

Argadahana

Mass communication enthusiast, currently finishing MBA @UGM. Got critics, suggestions, or want to discuss this topic more? Feel free to hit me on my social accounts. :D


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!