Alexa Rank: Alat Analisis Website Dari Amazon5 min read

No ratings yet.

Sebelum Alexa dipopulerkan oleh Amazon, nama yang dikenal adalah Alexa Traffic Rank. Alexa Traffic Rank ini sudah ada sejak lama dan banyak yang mempertanyakan, apakah metrik ini masih relevan dan bisa dipakai sebagai acuan? Dengan berbagai alat dan metrik terbaru yang tersedia untuk melacak dan mengukur SEO, apakah masih harus melakukan pengecekan Alexa Traffic Rank? Artikel ini akan membahas bagaimana Alexa Traffic terbentuk, cara kerja, dan apakah peringkat yang dihasilkan merupakan hal yang penting untuk SEO saat ini.

Apa itu Alexa Traffic?

Alexa Traffic Rank adalah alat pengukur peringkat yang ditawarkan oleh Alexa.com. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk melihat bagaimana website kamu menghadapi pesaing atau beberapa website terbesar lainnya di internet. Alexa juga menawarkan alat berbayar lainnya, seperti Keyword Research Tool atau Site Audit Tool, namun sejauh ini, alat mereka yang paling banyak digunakan adalah Alexa Traffic Rank. Alexa Traffic Rank ini sebenarnya cukup jelas digunakan. Kamu hanya perlu memasukkan URL. Hasil yang diperoleh oleh Alexa Rank tersebut akan menunjukkan data-data lalu lintas saat ini untuk domain tersebut.

Setiap situs diberikan peringkat. Sama seperti peringkat di Google, semakin rendah angkanya, maka nilainya semakin baik, misalnya, peringkat 5 lebih baik dari peringkat 10. Faktor peringkat utama yang harus kamu perhatikan adalah peringkat global. Semakin populer website tersebut, statistik trafik akan semakin akurat. Jadi, jika sebuah website hanya mendapat sekian ribu pengunjung per bulan, mungkin website tersebut tidak akan muncul di Alexa Rank. Kamu juga bisa melihat perkembangan jumlah traffic sebuah website. Dari traffic yang tercatat tersebut kamu bisa melihat bagaimana lalu lintasnya naik seiring waktu.

Alexa.com didirikan pada tahun 1996, kemudian pada tahun 1999 diakuisisi oleh Amazon. Hingga saat ini beroperasi sebagai anak perusahaan dari Amazon. Usianya di internet yang bisa dibilang sangat tua, Alexa.com bisa mengumpulkan banyak data. Bahkan data tersebut digunakan untuk menyediakan database untuk website Wayback Machine.

alexa rank

Sumber: Pixabay

Cara Kerja Alexa Traffic Rank

Peringkat Alexa didasarkan pada dua set data yang berbeda, yaitu jumlah total pengunjung unik ke website dan jumlah total pageviews. Keduanya memang sederhana, namun data tersebut sangat berharga. Pada dasarnya, untuk mendapatkan peringkat Alexa Traffic Rank yang tinggi, kamu tidak hanya harus mendapatkan lalu lintas yang banyak, namun lalu lintas tersebut harus konsisten dan membuka halaman-halaman yang berbeda di website kamu.

Kalau kamu memiliki website yang ramai lalu lintas, dan lalu lintas tersebut menghabiskan banyak waktu di website kamu, maka kamu bisa jadi memiliki website yang sangat berharga. Alexa Traffic Rank juga memiliki fitur bawaan yang mencegah website memanipulasi statistik, seperti jika kamu mencoba me-Refresh halaman website beberapa kali. Aktivitas tersebut tidak akan membuat website seolah-olah dilihat banyak orang.

Dengan Alexa Rank, kamu bisa melihat tingkat lalu lintas secara umum website kamu dan website pesaing. Beberapa hal yang bisa Alexa informasikan ke kamu adalah:

  • Berapa banyak lalu lintas yang diterima website
  • Peringkat website di internet
  • Sedikit indikator kualitas dan bounce rate

    alexa rank

    Sumber: Pixabay

Tidak Hanya Mengandalkan Alexa Rank

Mengetahui peringkat di Alexa Traffic Rank memang sangat mudah. Cukup masukkan URL dan dapatkan banyak data lalu lintas yang diperlukan. Namun sebenarnya kamu tidak mendapatkan gambaran besar semua hal-hal yang terkait dengan data. Alexa hanya bisa mengumpulkan data dari jutaan pengguna yang menggunakan website dan alat mereka. Data yang dihasilkan oleh Alexa Traffic Rank merepresentasikan angka yang cukup besar untuk memberikan perkiraan lalu lintas website, namun tidak cukup untuk mewakili angka lalu lintas secara keseluruhan.

Belum lagi ketika ada website dengan peringkat di atas 100.000. Data yang diperoleh tentang website tersebut atau website kompetitor tidak akan akurat. Kamu hanya akan menerima hasil dari perkiraan, bukan angka lalu lintas yang aktual. Rincian kualitas lalu lintas juga tidak sepenuhnya bisa kamu dapatkan. Kamu hanya bisa melihat tingkat bounce rate, dimana data tersebut memang penting. Namun kamu juga tidak bisa menyimpulkan sesuatu hanya dari situ saja.

Ketika berbicara tentang SEO, mendapatkan data yang tepat dan akurat adalah hal yang penting. Untuk meningkatkannya saja (SEO), kamu perlu memeriksa dan memantau hal-hal yang benar. Akan sulit untuk membuat perubahan yang berarti jika hanya menggunakan angka perkiraan saja. Jadi, kalau kamu serius dalam menggarap SEO, jangan hanya mengandalkan Alexa Rank sebagai satu-satunya sumber metrik.

alexa rank

Sumber: Pixabay

Apakah Metrik Alexa Traffic Rank Bisa Digunakan Sebagai Acuan?

Setelah beberapa penjelasan diatas, akan ada beberapa yang bertanya, apakah Alexa Traffic Rank bisa digunakan sebagai acuan? Atau apakah hasilnya berguna untuk SEO? Jawabannya bisa ya dan tidak. Kamu bisa menggunakan hasilnya sebagai indikator lalu lintas secara umum. Dan hal yang perlu diingat adalah, metrik ini tidak bisa dijadikan satu-satunya acuan yang menunjukkan kekuatan website tertentu.

Kamu bisa menganggap ini seperti menganalisis kata kunci di Google Trends. Hasil yang diberikan berupa tren umum kata kunci dari waktu ke waktu, namun kamu tidak akan bergantung pada satu referensi atau data itu saja. Praktik terbaik adalah dengan menggunakan alat yang menggabungkan beberapa metrik SEO. Dengan begitu, kamu bisa membandingkan hasil dari Alexa Traffic Rank dengan metrik yang lain. Dari situ, kamu bisa menyimpulkan apakah domain tersebut memiliki lalu lintas yang padat atau tidak.

Alexa Traffic Rank Secara Umum

Secara umum, kamu tidak bisa hanya mengandalkan hasil dari Alexa Rank saja. Hasilnya akan lebih baik jika dikombinasikan dengan matrik lain untuk membantu kamu menentukan kekuatan website kamu sendiri atau kekuatan website kompetitor. Cara terbaik adalah dengan menggabungkan hasil Alexa Rank dengan hasil metrik alat lainnya. Hasil dari keduanya akan memberikan gambaran yang lebih akurat tentang lalu lintas, backlink, kualitas, dan lain-lain.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar