• Home
  • Berita
  • Inilah Aplikasi Alternatif YouTube yang Harus Kamu Tahu!

Inilah Aplikasi Alternatif YouTube yang Harus Kamu Tahu!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Saat ini YouTube merupakan platform streaming video yang paling digemari oleh pengguna internet diseluruh dunia termasuk kamu pastinya. Tercatat hingga saat ini, YouTube memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Namun, bukan berarti hanya ada YouTube sebagai platform streaming video. Platform alternatif YouTube dapat kamu temui dan gunakan secara gratis maupun berbayar. Lalu, apa saja platform alternatif YouTube ini? Simak pembahasannya dalam artikel ini ya, DomaiNesians!

Apa itu platform streaming video?

Sebelum tahu lebih apa saja platform alternatif YouTube, alangkah lebih baik kamu paham dulu apa itu platform streaming video. Jadi, platform ini merupakan sarana untuk pengguna dapat menonton video yang disediakan tanpa harus mengunduh file video tersebut. Tentunya pengguna harus terhubung ke internet untuk dapat menonton video.

Jika dipahami secara teknis, proses streaming video dan audio sama seperti data lain yaitu dengan memecah data video dan audio menjadi paket data. Setiap paket berisi sepotong kecil file, dan pemutar audio atau video di browser pada perangkat pengguna mengambil aliran paket data dan menafsirkannya sebagai video atau audio. Nah, sekarang saatnya kamu tahu apa saja platform alternatif YouTube seperti yang dapat kamu baca dibawah ini

Platform alternatif YouTube

Setelah kamu paham tentang pengertian platform streaming video, saatnya kamu simak platform apa saja yang dapat kamu gunakan untuk streaming video tentunya sebagai alternatif YouTube atau bisa jadi sebagai aplikasi pengganti YouTube.

UseeTV

alternatif youtube
Sumber: UseeTV

Platform atau aplikasi seperti YouTube yang pertama adalah UseeTV. Ini merupakan platform buatan Indonesia sehingga pasar pengguna yang menggunakan kebanyakan adalah warga Negara Indonesia. Menurunnya minat menonton televisi menjadi tujuan utama platform ini untuk memberikan akses streaming mudah bagi tontonan keluarga di Indonesia. 

Berbagai genre video dapat kamu tonton melalui platform ini seperti action, drama, Hollywood, konten lokal Indonesia, konten anak, komedi, dan Bollywood. 

Fitur

UseeTV menyediakan berbagai fitur dalam aplikasinya. Diantaranya adalah acara televisi baik lokal maupun internasional dapat kamu akses disini. Selain itu, kamu dapat menonton berbagai video yang di unggah para kreator seperti tayangan olahraga, berita, serial dan masih banyak lainnya. Satu yang menarik dalam platform ini kamu bisa melihat berbagai event yang diselenggarakan seperti talkshow, podcast dan lainnya. Seperti kebanyakan platform streaming video, UseeTV tersedia dalam versi gratis dan berbayar (premium).

Vidio

alternatif youtube
Sumber: Vidio

Sebagai platform alternatif YouTube selanjutnya adalah Vidio. Bagi kamu penggemar sepak bola dalam negeri maupun luar negeri, tentu kamu tidak asing lagi dengan platform ini. Aplikasi seperti YouTube ini selalu menjadi partner pecinta sepak bola dan olahraga lainnya untuk streaming live pertandingan olahraga. Namun tidak hanya pertandingan olahraga, platform ini juga menyediakan berbagai jenis dan genre tayangan video yang selalu up to date. 

Fitur

Vidio merupakan salah satu platform alternatif YouTube yang cukup lengkap dalam menyediakan pilihan tayangan video. Tayangan olahraga, konten anak-anak, TV show, anime, hingga entertainment tersedia dalam platform ini. Jenis layanan yang ditawarkan adalah layanan gratis dan layanan berbayar untuk konten tayangan yang lebih lengkap.

Dailymotion

alternatif youtube
Sumber: Dailymotion

Alternatif YouTube selanjutnya bernama Dailymotion. Bisa dibilang ini merupakan platform atau aplikasi pengganti YouTube yang cukup tepat. Dalam platform ini pengguna akan disajikan dengan pilihan video kelas satu sehingga platform ini layak untuk kamu kunjungi.

Fitur

Seperti pada platform streaming video pada umumnya, Dailymotion menawarkan berbagai kategori video yang dapat ditonton oleh pengguna. Beberapa diantaranya adalah kategori terkait news, entertainment, sport, dan music. Tenang, untuk menggunakan platform ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk berlangganan alias gratis!

TED

alternatif youtube
Sumber: TED

Nah, ini salah satu yang menarik sebagai alternatif YouTube yang patut untuk kamu coba! TED (Technology, Entertainment, Design) merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai konten video terkait bisnis, kesehatan, budaya, teknologi, entertainment, desain, dan lainnya. Platform ini menjadi wadah inspiratif bagi para penggunanya untuk menemukan ide hingga mengembangkan gagasan. Maklum saja, pembicara yang di hadirkan dalam konten video ini merupakan orang berpengaruh dalam bidangnya. Sebut saja Bill Gates hingga Jeff Bezos pernah menjadi pembicara di TED. 

Namun platform ini sulit jika dibilang menjadi aplikasi pengganti YouTube. Mengapa demikian? Ya, TED memiliki segmen pengguna yang lebih spesifik. Dengan pembahasan yang cukup serius maka segmen pengguna lebih mengarah pada orang akademisi dan peneliti.

Fitur

Berbagai fitur menarik terdapat pada platform ini. Beberapa diantaranya adalah TED Talk, Podcast, Conference, hingga berbagai event penting yang diadakan oleh platform ini. Akses layanan yang diberikan pada platform ini gratis hingga konten berbayar yang disebut dengan membership.

Twitch

alternatif youtube
Sumber: Twitch

Bagi para gamers, mungkin ini menjadi platform atau aplikasi seperti YouTube yang tidak asing lagi. Ya, Twitch merupakan platform streaming video yang berfokus pada konten game walau beberapa konten juga membahas mengenai konten kreatif lainnya seperti musik. Tak salah juga jika platform ini menjadi aplikasi pengganti YouTube khususnya konten video game. Bagi kamu para penikmat game, tentunya Twitch perlu kamu coba! 

Fitur

Fitur yang diberikan dalam platform ini sama dengan platform streaming video lainnya yaitu kategorisasi video berdasarkan jenisnya. Selain itu juga tersedia fitur live video yang dapat digunakan oleh para gamers menampilkan permainan secara live kepada para penonton. 

Netflix

alternatif youtube
Sumber: Netflix

Wah, ini pasti sudah sangat familiar dengan kamu. Netflix menjadi platform selanjutnya sebagai alternatif YouTube. Netflix menjadi satu platform yang cukup banyak digunakan terutama saat pandemi covid-19 menyerang dunia. Platform streaming video yang fokus pada konten film dan series video ini menjadi primadona bagi penikmat film lokal Indonesia maupun internasional. Ribuan film dengan berbagai genre tersedia dalam platform ini.

Fitur

Netflix memberikan kemudahan untuk dapat diakses di berbagai device seperti mobile apps, browser, hingga smart tv sehingga memungkinkan pengguna menonton tayangan netflix bersama dengan keluarga tercinta.

Odysee

alternatif youtube
Sumber: Odysee

Aplikasi pengganti YouTube selanjutnya adalah Odysee. Sebenarnya platform ini tidak jauh beda dengan YouTube atau platform streaming video lainnya. Perbedaannya sekaligus menjadi hal yang menarik bagi platform ini ialah bahwa platform ini berjalan sepenuhnya pada protokol blockchain yang disebut LBRY sehingga sebagai kreator jika kamu cukup cerdas untuk membangun aplikasi menggunakan protokol, kamu dapat mencapai beberapa hal menarik dengan platform ini.

Fitur

Fitur yang ditawarkan hanya berupa pilihan video yang dapat kamu pilih berdasarkan kategori pada setiap videonya. Odysee menyediakan layanan ini kepada pengguna secara gratis.

Nimo TV

alternatif youtube
Sumber: Nimo TV

Lagi-lagi untuk para gamers nih! Selain Twitch yang telah dibahas sebelumnya, Nimo TV ini merupakan aplikasi seperti YouTube yang juga menyediakan beragam konten video yang membahas mengenai game. Platform ini bisa menjadi alternatif YouTube untuk menikmati konten video mengenai game bahkan live streaming game yang paling update

Fitur

Dalam platform ini, pengguna dapat menikmati konten video dengan memilih berbagai kategori yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat menonton live streaming dan pertandingan Esports.

Hotstar

alternatif youtube
Sumber: Hotstar

Bagi para penikmat film, Hotstar ini juga bisa menjadi alternatif YouTube dan juga alternatif platform streaming video selain Netflix. Bisa dibilang sama dengan Netflix, platform ini hanya dibedakan menurut konten yang tersedia dan juga biaya berlangganannya. 

Fitur

Platform ini menyediakan berbagai genre film yang cukup banyak. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan film untuk di tonton karena platform ini menyediakan ribuan film yang siap menemani harimu. Untuk dapat menikmati konten pada Hotstar, kamu harus berlangganan terlebih dahulu.

RCTI+

alternatif youtube
Sumber: RCTI+

Tentu kamu tidak asing lagi dengan nama ini. Ya, platform ini memang berasal dari stasiun televisi lokal yang melebarkan potensinya ke konten digital dan internet. RCTI+ dapat menjadi alternatif YouTube khususnya bagi warga Indonesia. Siaran TV lokal dari berbagai channel tersedia dalam platform ini.

Fitur

Tak perlu khawatir jika kamu melewatkan siaran televisi favoritmu karena dengan RCTI+ ini kamu dapat memutar ulang siaran yang telah tayang. Tentunya platform ini juga menyediakan fitur live streaming dan berbagai event yang diselenggarakan. 

Lebih Banyak Pilihan Untuk Streaming!

Nah, sekarang kamu sudah banyak tahu mengenai berbagai platform streaming video sebagai alternatif YouTube. Kamu bisa gunakan berdasarkan kebutuhan yang kamu cari. Kira-kira mana platform atau aplikasi pengganti YouTube yang bakal kamu gunakan? Apapun platform yang kamu gunakan, pastikan konten yang kamu tonton merupakan konten yang positif dan bermanfaat ya! Kamu bisa juga dapatkan berbagai konten dari Domainesia yang pastinya menarik dan tentunya bermanfaat.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds