• Home
  • Berita
  • 3 Rekomendasi Hosting untuk Startup Terbaik

3 Rekomendasi Hosting untuk Startup Terbaik

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Startup adalah sebuah perusahaan yang baru dirintis oleh individu atau sekelompok orang dengan tujuan untuk menciptakan produk. Dalam pembuatan produk pasti dibutuhkan sebuah website.

Website saat ini memang menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari dunia bisnis. Nah, agar website bisa diakses oleh publik maka dibutuhkan adanya hosting.

Setiap startup memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terutama dalam penggunaan hosting. Maka dari itu kebutuhan hosting untuk startup juga bergantung dengan platform atau produk yang sedang dikembangkan dan juga banyaknya pengguna.

Hal yang paling penting adalah pemilihan hosting adalah sesuai dengan kebutuhan supaya menghasilkan performa produk terbaik.

Kira-kira apakah kamu sudah tahu hosting untuk startup yang cocok digunakan? Kamu akan menemukan jawabannya jika membaca artikel ini hingga akhir!

Apa Fungsi dan Manfaat Hosting untuk Startup?

Tidak hanya membuat website bisa diakses secara publik, hosting memiliki sejumlah fungsi dan kegunaan yang bisa dimaksimalkan oleh startup. Berikut penjelasannya.

Target bisnis menjadi lebih luas

Adanya hosting memang sangat membantu startup dalam pengembangan bisnis terutama untuk mengenalkan produk dan juga layanan yang mereka tawarkan kepada masyarakat yang lebih luas lagi tanpa ada batasan apapun.

Hosting ibarat sebagai nyawa dari produk yang akan dipublikasikan kepada pelanggan karena tanpa adanya hosting, produk tersebut tidak bisa diakses oleh banyak orang.

hosting untuk startup
Sumber : envato

Membangun website

Website adalah salah satu senjata yang bisa digunakan oleh startup sebagai company profile dengan tujuan mengenalkan bisnis dan produknya ke calon pelanggan yang lebih luas.

Selain itu, website juga bisa dimanfaatkan sebagai toko online yang kita tahu manfaatnya untuk meningkatkan penjualan. Untuk pengembangan website tersebut kamu bisa menggunakan WordPress agar website milikmu tampil lebih menarik dan efisien dalam pengerjaan.

Contohnya ketika kamu ingin membuat website toko online maka kamu bisa langsung menggunakan plugin bernama WooCommerce.

Membuat email bisnis

Untuk meningkatkan kredibilitas dari perusahaan, email bisnis profesional adalah salah satu caranya. Memang tidak ada salahnya bahwa startup menggunakan email gratis dalam melakukan email marketing dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Namun ada baiknya kamu menggunakan hosting khusus untuk email sebab ruang penyimpanannya jauh lebih lega dan juga  dengan membeli nama domain kamu bisa menciptakan email yang terlihat lebih profesional.

Layanan VPN

VPN atau Virtual Private Network bisa dikembangkan dari layanan hosting yang kamu gunakan. Kebanyakan perusahaan dan juga startup menggunakan VPN untuk membatasi pengaksesan sistem sehingga hanya bisa digunakan oleh karyawannya saja.

Dengan adanya VPS jelas akan membuat transfer data jauh lebih aman dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Cara Memilih Hosting untuk Startup?

Mengingat fungsi dan manfaat hosting yang sangat signifikan dalam membanngun branding dan juga menjangkau pasar yang lebih luas, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini untuk menentukan hosting yang nanti akan digunakan.

Mempertimbangkan spesifikasi yang sesuai

Cara memilih hosting untuk startup yang pertama yaitu dengan memperttimbangkan spesifikasi yang akan dipilih. Spesifikasi hosting jelas akan mempengaruhi performa dari website.

Apabila menggunakan spesifikasi yang rendah dan tidak sesuai dengan kebutuhan dapat berakibat fatal pada performa website yang terus menurun.

Namun jika memilih hosting dengan spesifikasi yang tinggi dan melebihi kebutuhan maka biaya pengeluaran justru akan membengkak untuk hal yang tidak terpakai.

Sumber : envato

Lalu bagaimana cara menentukannya? Caranya dengan mendiskusikan kebutuhan spesifikasi hosting dengan Project Manager atau dengan pengembang website itu sendiri karena mereka adalah orang yang bisa memperkirakan kebutuhannya.

Memilih sesuai budget

Selain memperhatikan spesifikasi yang dinilai sesuai dengan kebutuhan, memilih hosting untuk startup jelas harus mempertimbangakan budget.

Kembali lagi, jika kamu memilih untuk menghemat budget maka kamu harus mempertimbangkan spesifikasi yang minim namun tetap bisa digunakan untuk website milikmu.

Semakin mahal hosting, maka spesifikasi dan fitur yang ditawarkan juga semakin lengkap. Namun semua spesifikasi tersebut tidak akan dibutuhkan jika website yang dikembangkan tidak responsive.

Untungnya DomaiNesia menyediakan layanan hosting murah dengan kualitas yang sudah tidak usah diragukan lagi. Bahkan kamu bisa memilih hosting murah mulai dari Rp 14.000 per bulannya!

Mengukur estimasi jumlah pengunjung

Mungkin kamu pernah mengunjungi website namun website tersebut tidak bisa dibuka sama sekali. Sebagai pemilik startup pastinya kamu tidak ingin hal ini terjadi dan mengecewakan pengunjung website.

Jika banyaknya pengunjung tidak sebanding dengan spesifikasi hosting, bisa dipastikan hosting akan mengalami down dan tidak bisa diakses. Itulah mengapa memilih hosting untuk startup harus mengukur estimasi pengunjung.

Dengan begitu meskipun luapan pengunjung di website meningkat, website akan tetap aman untuk diakses. 

Memperhatikan jenis hosting

Bagi kamu yang belum tahu, hosting memiliki banyak jenis mulai dari VPS, web hosting, hingga WordPress hosting. Semua jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dibandrol dengan harga beragam sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Jenis hosting mana yang cocok untuk startup? Tenang, DomaiNesia akan membahas setiap jenisnya pada poin berikutnya agar kamu bisa mempertimbangkan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan juga budgetmu.

Rekomendasi Hosting untuk Startup Terbaik

Berikut ada beberapa rekomendasi hosting yang bisa kamu jadikan pilihan.

VPS

VPS atau Virtual Personal Server adalah server pribadi yang hanya digunakan oleh pemiliknya saja. VPS bisa menjadi pilihan hosting untuk startup yang bisa kamu pilih.

Artinya VPS memang cocok digunakan oleh kamu yang menginginkan performa website yang optimal sebab semua resource hanya digunakan oleh satu pengguna saja tanpa harus berbagi dengan pengguna yang lain.

Dengan begitu kamu bisa melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan. Meskipun demikian, harga yang ditawarkan juga tergolong murah jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Kamu bisa memilih harga dan juga spesifikasi VPS yang kamu inginkan. Layaknya hosting yang lain, nantinya VPS bisa kamu gunakan untuk mengembangkan website, aplikasi, hingga beberapa sistem yang akan digunakan.

Mulai dari Rp 80.000 per bulan kamu sudah bisa memanfaatkan VPS untuk startup agar produk yang kamu hasilkan berjalan lebih optimal lagi!

Web Hosting

Pilihan hosting untuk startup yang kedua yaitu web hosting. Sudah saatnya kamu mencoba menggunakan web hosting berbasis cloud yang pastinya memiliki kecepatan handal dan juga ngebut.

Web hosting berbasis cloud cocok untuk startup yang membutuhkan resource yang besar dan juga mendapatkan pengelolaan hosting yang mudah. Ketika mencari web hosting yang memiliki kualitas yang bagus, kamu bisa menggunakan layanan dari DomaiNesia sebab kamu akan mendapatkan beberapa fitur menarik seperti gratis domain dan juga sertifikat SSL.

Selain itu web hosting DomaiNesia mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti Node Js, Python, Ruby, Golang, hingga Java. Karena berbasis cloud maka kamu bisa mendapatkan pengalaman mengarungi website dengan cepat.

Masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan loh DomaiNesian!

WordPress Hosting

Hosting untuk startup berikutnya yang bisa kamu gunakan yaitu WordPress hosting. Jenis hosting ini cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan website berbasis WordPress.

Banyak keunggulan dari WordPress hosting yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari fitur instant deploy yang bisa mempercepat kerja kamu sebab setelah hosting aktif kamu bisa langsung menggunakannya tanpa harus melakukan instalasi ulang.

Dilengkapi dengan LiteSpeed web server yang akan meningkatkan kecepatan website dan juga performa terbaik. Harga yang dibandrol juga tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 25.000 per bulan kamu sudah bisa menggunakan hosting ini untuk kebutuhan startup.

Hosting email

Dalam merintis sebuah perusahaan baru layaknya startup, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kepercayaan calon pelanggan terhadap layanan yang kita berikan.

Untuk meningkatkan kepercayaan itu, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan email profesional dalam melakukan marketing dan juga promosi digital.

Dengan menggunakan hosting email kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan mulai dari tampilan bebasiklan, bisa mengirimkan 1.000 email per harinya, kapasitas yang ditawarkan besar, bisa melampirkan file dengan ukuran yang besar. Semua kemudahan dan keuntungan tersebut bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan hosting email DomaiNesia.

Apakah harganya mahal? Tenang, kamu bisa menikmati layanan dengan harga Rp 17.500 per bulan dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya. 

Baca juga : promo domain di DomaiNesia mulai dari 12 ribu

Mana Hosting untuk Startup yang Akan Kamu Pilih?

Hosting memang mendatangkan beragam manfaat dan juga kegunaan bagi kamu, terutama startup. Yup, hosting bisa kamu jadikan sebagai layanan VPN untuk melindungi sistem diakses oleh orang asing, membangun website, mengembangkan email profesional, hingga meluaskan target bisnis.

Karena kehadirannya sangat vital dalam bisnis digital, maka kamu harus pandai dalam memilihnya. Pertimbangkan mulai dari spesifikasi, budget yang sesuai, target kapasitas pengunjung, dan juga jenis hosting yang akan digunakan.

Ada banyak jenis hosting yang bisa kamu pilih mulai dari cloud server, web hosting cloud, WordPress hosting, hingga hosting email. Jadi mana hosting untuk startup yang akan kamu pilih? Sesuaikan dengan kebutuhanmu ya DomaiNesian!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds