Apa Itu VPN? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya5 min read

4.5/5 (2)

Apa Itu VPN? VPN atau Virtual Private Network adalah layanan yang memungkinkan pengguna mengakses web dengan aman dan rahasia, merutekan koneksi melalui server dan menyembunyikan aktivitas kamu di dunia maya. Bagaimana cara VPN bekerja? Kamu sebagai pengguna akan memulai klien VPN (perangkat lunak/software) dari layanan VPN. Perangkat lunak ini akan mengenkripsi data kamu. Data kemudian beralih ke VPN tersebut, dan dari VPN ke website tujuan kamu. Data yang terbaca oleh website tujuan kamu adalah data yang berasal dari VPN, bukan data dari komputer dan lokasi kamu yang sebenarnya. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu VPN.

Manfaat VPN

Koneksi tanpa menggunakan VPN merupakan koneksi yang biasa kita lakukan, namun koneksi yang demikian memiliki beberapa kelemahan. Pihak lain yang memiliki kepentingan bisa melihat data-data yang kamu kirimkan untuk melihat website tujuan melalui VPN. Internet adalah kumpulan server yang bertanggung jawab untuk menyimpan website dan menampilkan website tersebut kepada siapa saja yang ingin melihatnya. Server-server tersebut ‘berbicara’ satu sama lain setiap waktu, termasuk membagi data yang kamu kirimkan, supaya kamu bisa menelusuri sebuah website. Hal tersebut memang bisa membantu kamu berselancar di dunia maya, tetapi tidak akan bagus untuk privasimu. Tidak akan menjadi masalah ketika website yang kamu kunjungi adalah website yang menyenangkan. Tetapi jika data yang kamu kirimkan adalah data perbankan, email bisnis atau hal lain yang bersifat sensitif, tentu akan sangat berbahaya.

apa itu vpn

Sumber: Pixabay

Saat kamu menggunakan layanan VPN, datamu yang sebenarnya akan dienkripsi. Server VPN adalah pihak ketiga yang terhubung ke website atas nama kamu. Hal ini bisa membantu memecahkan masalah privasi di atas dan keamanan dengan cara: Website tujuan melihat server VPN sebagai asal lalu lintas. Tidak ada yang bisa dengan mudah mengidentifikasi kamu atau komputer sebagai sumber data, atau apa yang kamu lakukan. Data kamu dienkripsi, jadi meskipun seseorang melihat apa yang kamu kirim, mereka hanya melihat informasi yang dienkripsi, bukan data mentah. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu VPN.

Apakah Menggunakan VPN Membuat Pengguna Menjadi Anonim?

Tanpa menggunakan VPN, koneksi akan sepenuhnya terbuka. ISP, WiFi router, server apapun bisa melihat data kamu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggunakan VPN akan mengenkripsi transmisi kamu dan membuatnya seolah-olah itu adalah server itu sendiri yang membuat koneksi, dan bukan dari kamu. Tingkat anonimitas bisa kamu perkirakan dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah VPN yang kamu gunakan menyimpan log?
  • Peraturan yang dikeluarkan di negara asal VPN. Dalam beberapa situasi, penyedia layanan VPN mungkin secara hukum diwajibkan untuk menyimpan catatan.
  • Apakah ada enkripsi yang cukup dan protokol koneksi yang aman?

Tidak semua VPN akan melindungi kamu dengan cara yang sama.Kamu bisa membaca lebih banyak tentang apa itu VPN, untuk mengatasi masalah yang dijelaskan di atas.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan VPN?

Berikut adalah alasan mengapa orang menggunakan VPN:

  • VPN mengenkripsi aktivitas kamu di website.
  • VPN menyembunyikan aktivitas kamu dari siapapun yang mungkin tertarik.
  • VPN menyembunyikan lokasi kamu, memungkinkan kamu mengakses konten yang diblokir secara geografis.
  • Menjaga koneksi kamu tetap terlindungi saat menggunakan hotspot WiFi publik.

Dari alasan diatas, kamu sebaiknya menggunakan VPN ketika privasi, keamanan, dan anonimitas web kamu memuat data-data penting.

Penggunaan VPN di Indonesia

Bukan rahasia lagi kalau pengguna internet di Indonesia sangat banyak. Menurut Sekjen APJII, Henry Kasyfi, sekitar 68,8 persen penduduk Indonesia sudah terhubung ke internet. Pengguna VPN di Indonesia sendiri mencapai 41 persen, dan merupakan yang tertinggi di dunia. Fungsi utama VPN sebenarnya adalah menyembunyikan identitas kita di dunia maya. Namun, survey yang dilakukan oleh GlobalWebIndex, mengatakan bahwa sebagian besar orang Indonesia menggunakan VPN untuk mengakses situs-situs yang diblokir. Sementara penggunaan VPN untuk alasan privasi lebih banyak dilakukan oleh pengguna di Eropa. Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa beberapa kantor memblokir situs media sosial atau situs untuk mendownload film dan musik. Hal itulah yang mendukung penggunaan VPN di Indonesia.

apa itu vpn

Sumber: Pixabay

5 VPN Terbaik Untuk Android

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan data dari jaringan yang tidak aman adalah dengan menggunakan VPN. VPN akan mengenkripsi data kamu dan mengubah alamat IP. Namun cukup sulit menemukan VPN yang benar-benar aman. Ada banyak pilihan VPN gratis, namun disertai dengan banyak gangguan, seperti kecepatan rendah, iklan spam, data terbatas atau bahkan mengambil data kamu. Setelah kamu tahu tentang apa itu VPN, berikut adalah beberapa VPN Android terbaik yang aman dipakai di ponsel kamu:

1. NordVPN

NordVPN memang tidak sepenuhnya gratis, namun mereka memiliki kebijakan 30 hari uang kembali jika aplikasi tidak berjalan dengan baik. Fitur premiumnya berkualitas, mudah diunduh, ramah pengguna, memiliki kebijakan tanpa log, dan tidak akan memperlambat kecepatan internet kamu. Kalau kamu ingin tahu seperti apa cara kerja VPN sebenarnya, Nord VPN adalah jawabannya. Aplikasi Android yang satu ini sangat mudah digunakan.

2. Hotspot Shield

Kalau kamu ingin kecepatan yang tinggi dan memiliki kemampuan geo-blocking, Hotspot Shield cocok untuk kamu. Hotspot Shield juga menawarkan versi berbayar dan versi gratis. Versi gratis akan ada iklan dan data dibatasi hanya 500 MB dalam satu hari. Desain antarmuka ramping serta mudah digunakan.

3. Windscribe

Windscribe menawarkan penggunaan gratis hingga 10GB per bulan. VPN ini memiliki fitur pemblokiran iklan, jadi kamu bisa menggunakan layanannya tanpa gangguan pop-up yang berlebihan. Windscribe bisa digunakan untuk mengakses Netflix, namun mungkin kecepatannya tidak terlalu tinggi. Data kamu akan aman karena Windscribe memiliki enkripsi yang tinggi.

4. ProtonVPN

Prioritas utama mereka adalah keamanan. Kecepatan pada versi gratis memang tidak tinggi, namun tetap berfungsi dengan baik untuk layanan dasar. ProtonVPN memiliki kebijakan tidak menyimpan log, kamu bisa menjelajah web tanpa batas, namun Torrenting hanya bisa digunakan pada versi berbayar.

5. TunnelBear

Selain memiliki desain yang lucu, layanan TunnelBear mudah digunakan dan menawarkan kecepatan yang mengesankan. Versi gratis TunnelBear dibatasi hingga 500MB per bulan. TunnelBear bisa dipasang dengan mudah di Google Chrome atau di ponsel Android kamu. TunnelBear memiliki server di lebih dari 20 negara dan menggunakan enkripsi 256-bit.

Gunakan VPN Untuk Keamanan

Untuk pengguna internet yang sangat serius dengan keamanan data, VPN adalah salah satu jalan keluar yang mudah diterapkan. VPN sangat berguna sebagai lapisan keamanan lain, selain protokol SSL di website dan program antivirus. VPN adalah langkah lanjutan untuk menggunakan web dengan aman dengan pencegahan yang memadai. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu VPN.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar