• Home
  • Berita
  • Apa Itu VPN? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa Itu VPN? Kenali Pengertian dan Cara Kerjanya

Oleh Ratna Patria
4.67/5 (3)

Banyak aturan dinegeri ini, salah satunya adalah memblokir situs situs terlarang, nah untuk bisa mengakses situs yang di blokir, kamu bisa gunakan VPN. Dalam artikel ini kita akan apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya.

Tak hanya pada komputer, VPN juga bisa digunakan di perangkan smartphone di Android maupun IOS, Kamu dapat mengakses internet dengan koneksi VPN tersebut dengan mudah dan anonim.

Apa itu VPN?

VPN adalah singkatan dari “Virtual Private Network” (Jaringan Pribadi Virtual). Teknologi ini digunakan untuk membuat koneksi internet yang aman dan terenkripsi, sehingga mengamankan data yang dikirimkan antara perangkat Anda dan server VPN.

Sejarah VPN

Pada masa awal dibuatnya sebuah VPN adalah sebagai alat untuk menghubungkan jaringan antar seuah kantor dengan kantor yang lain yang memiliki lokasi gedung yang bebeda.

Namun, seiring perkembangnya waktu masyarakat menggunakan VPN untuk mengakses situs yang berlokasi di suatu negara tertentu. Selain itu juga dapat dipakai untuk mendapatkan koneksi ke internet yang aman, private, dan dapat mengakses suatu jaringan tertentu yang dibatasi.

Sebagai contohnya adalah Anda bisa mengakses sebuah server yang berlokasi di beda negara dengan koneksi VPN tertentu dan tanpa harus berada di negara tersebut.

Baca juga: Penyebab Your Connection Is Not Secure

Fungsi VPN

Fungsi VPN adalah menyamarkan lokasi saat menggunakan koneksi internet, jadi jika Anda berada di Indonesia, namun mengaktifkan VPN dan memilih lokasi di Amerika, maka saat itu juga lokasi Anda akan tersamarkan di amerika saat mengakses website tertentu. Apa itu VPN dan apa saja fungsi VPN? yuk simak ulasan berikut.

1. Pengamanan Jaringan Public

Salah satu apa fungsi VPN adalah saat Anda mengakses situs atau terhubung di internet tentu komputer / smartphone melakukan pertukaran data, namun jika Anda menggunakan VPN maka pertukaran data akan lebih aman jika berada di area umum seperti wify gratis, saat berada di jaringan kafe, dan lain lain.

2. ByPass Geografis

Dengan mengaktifkan VPN, Anda bisa melewati pembatas geografi terhadap situs situs yang dilarang disuatu negara. Sehingga Anda menggunakan IP tidak dari Indonesia, melainkan IP private dari sebuah negara tertentu.

3. Pertukaran data terenkripsi

Pertukaran data menggunakan VPN bisa lebih aman sebab data yang dikirim bisa di enkrips(di rahasiakan) terlebih dahulu sebelum di kirim ke penerima.

Baca juga : hosting tercepat dan termurah

4. Menyembunyikan perangkat

Dengan mengaktifkan VPN di browser atau di perangkat smartphone, Anda bisa menyembunyikan IP dan nama perangkat, tak hanya itu saja, Anda juga bisa menyembunyikan lokasi dan IP Anda saat menjelajah internet.

apa itu vpn
Sumber: Pixabay

Saat kamu menggunakan layanan VPN, datamu yang sebenarnya akan dienkripsi. Server VPN adalah pihak ketiga yang terhubung ke website atas nama kamu. Hal ini bisa membantu memecahkan masalah privasi di atas dan keamanan dengan cara: Website tujuan melihat server VPN sebagai asal lalu lintas. Tidak ada yang bisa dengan mudah mengidentifikasi kamu atau komputer sebagai sumber data, atau apa yang kamu lakukan. Data kamu dienkripsi, jadi meskipun seseorang melihat apa yang kamu kirim, mereka hanya melihat informasi yang dienkripsi, bukan data mentah. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu VPN.

Kelebihan Menggunakan VPN

Keamanan Data

VPN menyediakan lapisan keamanan tambahan saat Anda terhubung ke internet. Ini mengenkripsi data yang dikirimkan melalui koneksi, sehingga menghalangi pihak-pihak yang tidak berwenang untuk membaca atau mencuri informasi Anda. Hal ini terutama berguna saat Anda menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang rentan terhadap serangan peretas.

Anonimitas dan Privasi

VPN memungkinkan Anda untuk menjaga privasi Anda saat online. Dengan mengarahkan koneksi Anda melalui server VPN, alamat IP Anda disembunyikan dan digantikan dengan alamat IP server VPN. Ini membuat lebih sulit bagi situs web, penyedia layanan internet, atau pihak lain untuk melacak aktivitas online Anda.

Mengakses Konten Terbatas

Beberapa layanan atau konten online dapat dibatasi berdasarkan lokasi geografis Anda. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengubah lokasi virtual Anda dan mengakses konten yang mungkin tidak tersedia di negara atau wilayah Anda.

Bypass Pembatasan Jaringan

Di beberapa lingkungan seperti kantor atau sekolah, admin jaringan dapat menerapkan pembatasan akses internet. VPN dapat membantu Anda untuk melewati pembatasan ini dan mengakses situs web atau layanan yang diblokir.

Keamanan Koneksi Remote

VPN juga digunakan dalam konteks bisnis untuk memungkinkan karyawan mengakses jaringan perusahaan secara aman dari lokasi yang jauh. Ini memungkinkan pengguna untuk bekerja dari jarak jauh tanpa mengorbankan keamanan.

Kekurangan VPN

Meskipun VPN memiliki banyak manfaat, ada juga beberapa kekuranganya, berikut ini adalah kekurangan dari VPN

Kinerja dan Kecepatan

Menggunakan VPN dapat mengurangi kecepatan koneksi internet Anda. Ini karena data harus dienkripsi dan dirutekan melalui server VPN, yang dapat mengakibatkan penurunan kecepatan. Kecepatan VPN tergantung pada sejumlah faktor, termasuk lokasi server VPN dan beban server pada waktu tertentu.

Biaya mahal

Beberapa layanan VPN berbayar memerlukan biaya langganan bulanan atau tahunan. Sedangkan layanan VPN gratis mungkin memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan, jumlah server, atau kebijakan privasi yang kurang jelas.

Keamanan Terbatas

Meskipun VPN dapat meningkatkan keamanan Anda secara signifikan, itu tidak dapat menggantikan praktik keamanan yang baik secara keseluruhan. Anda masih harus waspada terhadap ancaman online seperti phishing, malware, dan serangan lainnya.

Ketergantungan pada Penyedia VPN

Saat Anda menggunakan VPN, Anda mempercayakan penyedia VPN dengan data Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih penyedia VPN yang tepercaya dengan kebijakan privasi yang jelas. Beberapa penyedia VPN mungkin menyimpan log aktivitas pengguna, sehingga privasi Anda dapat terancam jika data tersebut jatuh ke tangan yang salah.

Keterbatasan dalam Mengakses Layanan

Beberapa layanan online, seperti layanan perbankan atau streaming, mungkin memblokir akses dari alamat IP yang terkait dengan layanan VPN. Ini dapat menyulitkan penggunaan VPN dalam beberapa situasi.

Penggunaan Ilegal atau Pelanggaran Hak Cipta

Penggunaan VPN untuk tujuan ilegal, seperti aktivitas kriminal atau pelanggaran hak cipta, tetap ilegal meskipun Anda menggunakan VPN. Sebagian besar penyedia VPN menentang penggunaan layanan mereka untuk aktivitas ilegal.

Keterbatasan Perangkat

Beberapa layanan VPN membatasi jumlah perangkat yang dapat Anda hubungkan secara bersamaan. Anda perlu memeriksa kebijakan penyedia VPN Anda terkait dengan jumlah perangkat yang diizinkan.

Apakah Menggunakan VPN Membuat Pengguna Menjadi Anonim?

Tanpa menggunakan VPN, koneksi akan sepenuhnya terbuka. ISP, WiFi router, server apapun bisa melihat data kamu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggunakan VPN akan mengenkripsi transmisi kamu dan membuatnya seolah-olah itu adalah server itu sendiri yang membuat koneksi, dan bukan dari kamu. Tingkat anonimitas bisa kamu perkirakan dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah VPN yang kamu gunakan menyimpan log?
  • Peraturan yang dikeluarkan di negara asal VPN. Dalam beberapa situasi, penyedia layanan VPN mungkin secara hukum diwajibkan untuk menyimpan catatan.
  • Apakah ada enkripsi yang cukup dan protokol koneksi yang aman?

Tidak semua VPN akan melindungi kamu dengan cara yang sama.Kamu bisa membaca lebih banyak tentang apa itu VPN, untuk mengatasi masalah yang dijelaskan di atas.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menggunakan VPN?

Berikut adalah alasan mengapa orang menggunakan VPN:

  • VPN mengenkripsi aktivitas kamu di website.
  • VPN menyembunyikan aktivitas kamu dari siapapun yang mungkin tertarik.
  • VPN menyembunyikan lokasi kamu, memungkinkan kamu mengakses konten yang diblokir secara geografis.
  • Menjaga koneksi kamu tetap terlindungi saat menggunakan hotspot WiFi publik.

Dari alasan diatas, kamu sebaiknya menggunakan VPN ketika privasi, keamanan, dan anonimitas web kamu memuat data-data penting.

Penggunaan VPN di Indonesia

Bukan rahasia lagi kalau pengguna internet di Indonesia sangat banyak. Menurut Sekjen APJII, Henry Kasyfi, sekitar 68,8 persen penduduk Indonesia sudah terhubung ke internet. Pengguna VPN di Indonesia sendiri mencapai 41 persen, dan merupakan yang tertinggi di dunia.

Fungsi utama VPN sebenarnya adalah menyembunyikan identitas kita di dunia maya. Namun, survey yang dilakukan oleh GlobalWebIndex, mengatakan bahwa sebagian besar orang Indonesia menggunakan VPN untuk mengakses situs-situs yang diblokir.

Sementara penggunaan VPN untuk alasan privasi lebih banyak dilakukan oleh pengguna di Eropa. Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa beberapa kantor memblokir situs media sosial atau situs untuk mendownload film dan musik. Hal itulah yang mendukung penggunaan VPN di Indonesia.

apa itu vpn
Sumber: Pixabay

5 VPN Untuk Android

Salah satu cara terbaik untuk mengamankan data dari jaringan yang tidak aman adalah dengan menggunakan VPN. VPN akan mengenkripsi data kamu dan mengubah alamat IP. Namun cukup sulit menemukan VPN yang benar-benar aman. Ada banyak pilihan VPN gratis, namun disertai dengan banyak gangguan, seperti kecepatan rendah, iklan spam, data terbatas atau bahkan mengambil data kamu. Setelah kamu tahu tentang apa itu VPN, berikut adalah beberapa VPN Android terbaik yang aman dipakai di ponsel kamu:

1. SurfShark

Surfshark adalah salah satu penyedia layanan VPN terbaik saat ini, sebab ada beberapa fitur yang dimiliki yang sangat penting bagi para pengguna VPN karena plug and play, mudah di aktifkan dan mudah di nonaktifkan.

Kecepatan server yang cepat dan stabil, Kecepatan sebuah VPN adalah yang paling dibutuhkan user, karena cepetan VPN yang lama membuat buffering saat sedang melihat video.

VPN

Bagi kamu yang tertarik dengan layanan Pro, ada beberapa fitur yang sangat dibutuhkan user di Indonesia, diantaranya adalah dapat dipakai banyak perangkat sekaligus dan tidak dibatasi jumlah perangkat yang terhubung.

Fitur premium selanjutnya adalah penggunaan netflix di semua negara.  Dan kamu diperbolehkan menggunakan torrent.
salah satu fitur unggulanya adalah kecepatan yang sangat cepat meskipun kamu sedang menggunakan internet reguler.

Fitur sematan yang penting bagi beberapa user antara lain adalah adBlocker, Nobordrs, mode camouflage dimana kamu bisa memakai mode anonim.

Jika ingin berlangganan premium, kamu bisa cek harga promo disini

2. NordVPN

NordVPN memang tidak sepenuhnya gratis, namun mereka memiliki kebijakan 30 hari uang kembali jika aplikasi tidak berjalan dengan baik. Fitur premiumnya berkualitas, mudah diunduh, ramah pengguna, memiliki kebijakan tanpa log, dan tidak akan memperlambat kecepatan internet kamu. Kalau kamu ingin tahu seperti apa cara kerja VPN sebenarnya, Nord VPN adalah jawabannya. Aplikasi Android yang satu ini sangat mudah digunakan.

3. Hotspot Shield

Kalau kamu ingin kecepatan yang tinggi dan memiliki kemampuan geo-blocking, Hotspot Shield cocok untuk kamu. Hotspot Shield juga menawarkan versi berbayar dan versi gratis. Versi gratis akan ada iklan dan data dibatasi hanya 500 MB dalam satu hari. Desain antarmuka ramping serta mudah digunakan.

4. Windscribe

Windscribe menawarkan penggunaan gratis hingga 10GB per bulan. VPN ini memiliki fitur pemblokiran iklan, jadi kamu bisa menggunakan layanannya tanpa gangguan pop-up yang berlebihan. Windscribe bisa digunakan untuk mengakses Netflix, namun mungkin kecepatannya tidak terlalu tinggi. Data kamu akan aman karena Windscribe memiliki enkripsi yang tinggi.

5. ProtonVPN

Prioritas utama mereka adalah keamanan. Kecepatan pada versi gratis memang tidak tinggi, namun tetap berfungsi dengan baik untuk layanan dasar. ProtonVPN memiliki kebijakan tidak menyimpan log, kamu bisa menjelajah web tanpa batas, namun Torrenting hanya bisa digunakan pada versi berbayar.

6. TunnelBear

Selain memiliki desain yang lucu, layanan TunnelBear mudah digunakan dan menawarkan kecepatan yang mengesankan. Versi gratis TunnelBear dibatasi hingga 500MB per bulan. TunnelBear bisa dipasang dengan mudah di Google Chrome atau di ponsel Android kamu. TunnelBear memiliki server di lebih dari 20 negara dan menggunakan enkripsi 256-bit.

Gunakan VPN Untuk Keamanan

Untuk pengguna internet yang sangat serius dengan keamanan data, VPN adalah salah satu jalan keluar yang mudah diterapkan. VPN sangat berguna sebagai lapisan keamanan lain, selain protokol SSL di website dan program antivirus. VPN adalah langkah lanjutan untuk menggunakan web dengan aman dengan pencegahan yang memadai. Itulah penjelasan singkat tentang apa itu VPN.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Jasa Web Purworejo
November 7, 2022

Terimakasih jadi tahu kalau software adalah program yang bisa memudahkan kebutuhan penggunanya untuk mengoperasikan komputer

Stepnosing Tangga Karet
May 21, 2020

terimakasih informasih nya sangat bermanfaat sekali

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds