• Home
  • Berita
  • 10 Contoh Blog Pendidikan Media Belajar Siswa

10 Contoh Blog Pendidikan Media Belajar Siswa

Oleh Ratna Patria

Keberadaan blog saat ini memang sangat membantu dalam banyak bidang termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah website yang berisi tulisan atau artikel, video, foto, dan link ke website lain yang biasanya sudah disediakan oleh blogger. Berikut ini ada beberapa contoh blog pendidikan yang sangat direkomendasikan untuk jadi media belajar siswa.  

Apa Itu Blog Pendidikan?

Blog pendidikan atau edublog adalah blog yang dibuat untuk tujuan pendidikan. Blog pendidikan ini memberikan instruksional yang besar sebagai sumber daya belajar siswa secara online. 

Konten-konten yang dimuat dalam blog pendidikan ini biasanya mencakup topik seputar mata pelajaran tertentu, contoh soal, beasiswa, materi belajar dan lain-lainnya.

Contoh blog pendidikan
Sumber: Envato

Umumnya, blog pendidikan ini dibuat secara langsung oleh beberapa penulis dari berbagai kalangan seperti masyarakat umum non guru, pengamat pendidikan, dosen, bahkan hingga siswa atau mahasiswanya sendiri. 

Namun, memang sebagian besar konten blog pendidikan akan ditulis oleh para pendidik seperti dosen, dan pengamat pendidikan. Sederhananya, mereka yang benar-benar langsung terjun dalam dunia pendidikan. Di Indonesia sendiri juga cukup banyak blog pendidikan yang bisa menjadi sumber belajar siswa. 

Contoh Blog Pendidikan di Indonesia

1.  GuruSD.web.id

Contoh blog pendidikan yang pertama ada GuruSD.web.id sangat cocok dikunjungi oleh siapapun yang berkecimpung di pendidikan tingkat dasar. 

Tak hanya untuk siswa tetapi juga guru karena ada banyak sekali artikel yang membahas contoh soal, tips belajar mengajar hingga informasi terbaru dalam dunia pendidikan. 

Semuanya itu tentu sangat bermanfaat untuk para siswa dan guru SD. Kemudian, konten-konten artikel yang berada di blog pendidikan ini akan dirilis secara rutin. 

2. OperatorSekolah.com

Contoh blog pendidikan selanjutnya adalah OperatorSekolah.com. Isi blog ini menyediakan konten artikel untuk para tenaga pengajar dengan membagikan file-file secara gratis yang bisa diunduh langsung dari websitenya.

File-file yang bisa kamu dapatkan secara gratis tersebut berupa modul mengajar, contoh-contoh soal, dan topik pendidikan lainnya untuk para tenaga pengajar. 

Selain itu, kamu juga bisa dapatkan dokumen-dokumen administrasi yang akan mempermudah pekerjaan guru.

3. Bloggers.id 

Blogggers.id ini adalah salah satu blog pendidikan yang dibangun oleh para guru Sekolah Dasar dari berbagai tingkatan.

Konten-konten yang ada di dalam blog satu ini seputar informasi yang bersumber langsung dari kementerian pendidikan dan kementerian terkait lainnya.

Tak hanya informasi pendidikan saja, tetapi Bloggers.id juga fokus pada pembahasan materi di buku siswa, file download administrasi pendidikan yang siap pakai, hingga tentang aplikasi pendidikan yang efektif untuk digunakan sebagai media belajar siswa.

Contoh blog pendidikan
Sumber: Envato

4. SekolahDasar.net

Hampir sama dengan blog pada GuruSD.web.id, contoh blog pendidikan pada SekolahDasar.net terdapat berbagai macam hal seputar mengajar di sekolah dasar seperti bank soal yang siap digunakan. 

Jadi, kamu tidak akan bisa menemukan konten-konten pendidikan untuk SMP maupun SMA, karena blog ini hanya diperuntukkan untuk sekolah dasar saja. 

5. Ainamulyana.blogspot.com

Contoh blog pendidikan lainnya juga ada Ainamulyana.blogspot.com yang memiliki domain non TLD namun memiliki banyak pengunjung. 

Blog pendidikan satu ini memiliki judul Pendidikan Kewarganegaraan dengan jargon AINA yang berarti Aktual, Inspiratif, Normatif dan Aspiratif. 

Selain memuat konten tentang Pendidikan Kewarganegaraan, blog ini juga memberikan banyak sekali peraturan-peraturan seputar sekolah terbaru. 

6. Gurune.net

Bagi kamu yang ingin mendapatkan materi pelajaran dan contoh jawaban dari buku siswa di tingkat sekolah dasar, Gurune.net adalah salah satu contoh blog pendidikan di Indonesia yang tepat untuk dilihat. 

Blog ini hampir setiap hari melakukan update terbaru. Tak hanya sekadar materi pelajaran, tetapi juga menyediakan file-file administrasi guru, artikel inspiratif, dan berbagai informasi pendidikan lainya. Namun, memang keseluruhan isi blog fokus ke pendidikan di sekolah dasar.

7.  Kangmartho.com

Contoh blog pendidikan yang satu ini memiliki judul Guru Berbagi di mana isi kontennya hampir sama dengan blog sekolah dasar lainya. 

Konten blog ini lebih banyak membahas seputar kebutuhan guru sekolah dasar seperti administrasi pendidikan, materi ajar, dan contoh soal latihan.

8. sejutaguru.com 

Ini merupakan blog milik salah seorang guru sekolah dasar bernama Ali Fauzi. Sejutaguru.com buat merupakan contoh blog pendidikan berisi konten cerita tentang hal-hal yang pernah dialami sang penulis, dan tuangkan dalam wujud artikel.

Contoh blog pendidikan
Sumber: Envato

9. Informasiguru.com

Blog pendidikan dari informasiguru.com ini berisi tentang artikel dan file kelengkapan untuk seorang guru secara lengkap dan masih aktif hingga saat ini. 

Jumlah traffic dari blog pendidikan informasiguru.com sendiri sudah mencapai sebanyak 70 ribu sampai 100 ribu pengunjung setiap harinya. 

10. Domainesia.com 

Terakhir adalah blog pendidikan khusus di bidang teknologi yaitu DomaiNesia. Kamu bisa dapatkan berbagai macam informasi serta tips terlengkap dan terbaru di bidang teknologi. 

Bagi kamu yang masih pemula, blog DomaiNesia ini sangat cocok sebagai sumber belajar seputar teknologi karena disampaikan melalui konten artikel yang mudah dimengerti serta beberapa contoh gambar. 

Cara Membuat Blog Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa blog menjadi media pendidikan bagi siswa dan guru secara online. 

Adanya fasilitas pendidikan secara online ini kamu dapat dengan mudah menyimpan dan mempublikasikan hasil karya tulis di blog. 

Tak hanya sekadar untuk menyalurkan hobi tulis menulis saja, namun blogging saat ini juga memberi manfaat lebih luas. 

Manfaat blogging bisa memberi kesempatan bagi para tenaga pengajar, mahasiswa maupun siswa untuk menyuarakan suara mereka. 

Melalui blogging mereka juga bisa melatih keterampilan komunikasi dan percakapan. Ketika  mengomentari postingan orang lain atau membalas komentar, mereka dapat belajar berkomunikasi yang yang sopan dan bijaksana.

Blogging juga mengembangkan pemikiran analitis dan meningkatkan pembelajaran ke tingkat yang lebih tinggi, tidak hanya sekedar memahami dan mengingat bahan ajar saja. 

Pemikiran analitis yang dimaksud adalah sebelum menuliskan sebuah topik di blog, pasti kamu harus menganalisis subjek dan mengklarifikasi pemikiran tentang subjek tersebut. 

Sederhananya blogging ini memfasilitasi ekspresi kreatif ketika mengembangkan konten asli dan tata letak blog. 

Sehingga dapat berkreasi dalam hal menyesuaikan tema, memilih gambar atau video yang relevan, dan merancang tata letak. 

Ini adalah platform visual di mana para tenaga pengajar, mahasiswa serta siswa dapat mengekspresikan diri. Blogging mampu mengubah belajar menjadi proses yang menyenangkan khususnya di era digital seperti sekarang ini. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk membuat blog pendidikan. Dan berikut ini cara membuat blog pendidikan menggunakan blogspot: 

1. Buka Website blogger.com

Langkah pertama, silahkan terlebih dahulu masuk ke website blogger.com.

2. Login Akun 

Jika sudah berada pada halaman awal blogger.com, biasanya kamu akan diminta data untuk login atau masuk ke akun. Isi alamat email menggunakan gmail dan kata sandi pada kotak login. 

Lalu, langsung klik masuk dan mungkin akan diminta untuk verifikasi identitas terlebih dahulu.

3. Membuat Judul Blog

Sekarang kamu sudah sampai pada tahap membuat judul blog. Ketika sudah membuat judul blog, lanjutkan dengan klik Next.

4. Buat Nama URL Blog

Saatnya untuk kamu membuat nama URL Blog Pendidikan. Pastikan membuat nama URL yang sesuai dengan isi blog kamu ya.

5. Isi Nama Tampilan Blog

Apabila sudah berhasil diverifikasi, kamu akan dibawa ke tampilan profil, dan pilih menu Buat Profil terbatas sehingga muncul tampilan profil blogger. Isilah nama tampilan blog sesuai dengan keinginan.

5. Masuk ke Dalam Dashboard Blogger

Kik lanjutkan ke blogger dan klik kata “Blog Baru” dibagian kiri.

6.Sekarang Blog Sudah Jadi dan Bisa Mulai Buat Konten 

Ketika blog milikmu sudah jadi, kini saatnya menyediakan konten artikel seputar pendidikan untuk dimuat. 

Caranya pun cukup mudah, klik Entri Baru di sebelah kiri atas, nanti kamu akan melihat blanko tempat memasukkan artikel: 

  • Judul artikel. 
  • Tulis isi artikel. 
  • Dan segera publikasikan untuk umum. 

Bagi kamu yang belum pernah mencoba menulis konten untuk blog, cobalah mulai dengan mengetik dua sampai tiga paragraf artikel. Kemudian terbitkan dan coba lihat hasil karya tulisanmu.

Blog Pendidikan Sebagai Media Belajar Online

Jadi, blog pendidikan atau edublog adalah blog yang dibuat untuk tujuan pendidikan yaitu memberikan instruksional yang besar sebagai sumber daya belajar siswa secara online.

Di Indonesia pun kini sudah memiliki banyak sekali contoh blog pendidikan yang dijadikan sebagai media belajar siswa secara online. 

Tak hanya untuk siswa, beberapa contoh blog pendidikan yang sudah disebutkan di atas juga bisa digunakan oleh para tenaga pengajar, mahasiswa, bahkan hingga siswanya sendiri.

Kemudian untuk topik pembahasan dalam blog pendidikan juga sangat beragam. Ada yang khusus untuk sekolah dasar, dan juga mencakup pengetahuan umum atau berisi informasi update seputar pendidikan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Nekomaru Chan
May 28, 2022

terima kasih ya kak atas informasinya, izin share link ke grup solusi masalah komputer biar berkurang yang tumbang pc nya kena ransomware

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!