• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Blog Profesional yang Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Profesional yang Menghasilkan Uang

Oleh Mutiara Auliya
4.68/5 (63)

Kamu penasaran dengan cara membuat blog? Soalnya, kamu sudah punya ide untuk topik blog dan tak sabar untuk segera mewujudkannya?

Tenang, cara bikin blog itu mudah, kok. Bahkan, pemula sekalipun tak perlu waktu terlalu lama untuk membuat blog yang nantinya bisa mendatangkan cuan.

Kamu boleh membuktikannya sendiri! Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat blog pribadi dengan platform WordPress yang dikenal ramah pengguna. Yuk, ikuti sampai akhir!

cara membuat blog
Sumber: Envato

Apa Itu Blog dan Perbedaan Blog dengan Website

Ingin segera masuk ke tahap cara buat blog? Tapi, kamu belum tahu blog itu sendiri apa?

Blog adalah salah satu jenis website yang diisi dengan berbagai postingan sesuai dengan tanggal diterbitkan. Kalau pakai istilah teknis, blog dikenal karena sistem reverse-chronological order. Maksudnya, postingan paling baru akan muncul di urutan paling atas.

Blog merupakan kumpulan tulisan yang umumnya memiliki gaya bahasa yang santai. Selain itu, biasanya blog akan fokus di satu topik tertentu. Itulah yang membuat blog cocok untuk penggunaan pribadi.

Akan tetapi, saat ini sudah banyak juga perusahaan yang memiliki blog profesional.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan blog dan website? Untuk memudahkan, kamu bisa mengetahui jawabannya melalui tabel di bawah ini:

Dengan informasi di atas, sudah siap untuk tahu cara membuat blog pribadi yang menarik?

Beli Domain Murah

Cara Membuat Blog Pribadi dengan Mudah

Berikut ini adalah langkah membuat blog dengan mudah:

1. Menentukan Tujuan

Langkah pertama dalam cara membuat blog adalah menentukan tujuan. Ini menjadi hal yang penting sebagai pedoman kamu untuk mengambil berbagai keputusan.

Nantinya, pada tahap pembangunan maupun pengembangan blog, kamu tidak bingung lagi apa yang harus dilakukan.

Katakanlah, kamu ingin tahu cara bikin blog karena merasa bisa belajar lebih banyak dengan cara berbagi dengan orang lain. Boleh saja.

Atau, tujuan kamu saat membuat blog adalah mendapatkan penghasilan? Sah-sah saja. Jangan salah, di dunia online, potensi untuk mendapatkan cuan dari sebuah blog masih menjanjikan.

Nah, karena artikel ini akan membahas tentang cara membuat blog yang mampu menghasilkan uang, ikuti terus panduannya sampai akhir.

2. Menentukan Niche Blog

Niche merupakan tema utama atau topik dari blog kamu. Meskipun kamu memiliki satu tujuan, misalnya berbagi pengetahuan, kamu bisa saja memiliki beberapa blog dengan niche yang berbeda.

Sebagai contoh, kalau kamu adalah seorang ibu rumah tangga, kamu bisa membuat blog dengan niche parenting atau juga niche kuliner.

Meskipun bisa dikatakan memiliki kategori yang mirip, kedua niche tadi jenis pengunjung dan fokus kontennya berbeda. Niche parenting lebih banyak pada sharing pengalaman dan ilmu, sedangkan niche kuliner lebih fokus pada informasi (seputar makanan).

Hanya saja, bukan berarti harus membuat keduanya bersamaan, ya?

Inilah beberapa tips penting ketika ingin menentukan niche pada langkah cara membuat blog:

  • Ikuti Passion — Disarankan untuk selalu memilih niche yang sesuai dengan minat kamu. Hal ini akan membuat kamu bisa menulis konten yang berkualitas dan senang melakukannya.
  • Punya Masa Depan — Selalu pertimbangkan berbagai kemungkinan untuk membuat blog kamu berkembang. Bisa dengan menghindari niche yang terlalu sempit sehingga membuat kamu kehabisan ide. Bisa juga dengan menghindari sudut pandang yang terlalu rumit untuk dibuat sebuah konten dengan mudah.
  • Sesuai Keahlian — Memilih niche yang sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman akan membuat kamu terlihat sebagai seorang ahli. Ini penting bukan hanya bagi kredibilitas kamu sebagai penulis, tapi juga blog kamu.
  • Tampil Unik — Kamu perlu tampil beda dengan menggunakan pendekatan baru pada saat membuat postingan. Sudut pandang yang unik akan membuat blog kamu menjadi perbincangan di niche yang dibangun
  • Cermati Tren — Jangan terjebak untuk membuat blog dengan niche yang tidak populer bagi pengunjung. Ini akan menyulitkan kamu menganalisa apakah blog kamu sepi karena kualitas artikel atau niche yang tidak populer itu. Ingat, menganalisa perkembangan blog sangat penting sebagai salah satu cara membuat blog yang menarik.
  • Potensi Cuan — Mendapatkan penghasilan mungkin bukan fokus utama semua orang ketika memilih niche. Namun, potensi itu harus diperhatikan terutama untuk memastikan blog bisa tetap ada. Bisa dari sponsor, iklan, atau lainnya.

    cara membuat blog
    Sumber: Envato

3. Memilih Layanan dan Jenis Hosting yang Tepat

Setelah tahu niche apa yang akan menjadi fokus blog, cara buat blog pribadi bisa dilanjutkan dengan memilih layanan hosting. Apa saja yang harus diperhatikan?

  • Pastikan hosting memiliki uptime yang tinggi sehingga blog bisa terus diakses 24 jam
  • Pastikan terdapat berbagai jenis layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan blog
  • Pelajari berbagai fitur keamanan yang ditawarkan oleh penyedia hosting
  • Baca kembali berbagai fitur unggulan yang ditawarkan hosting provider
  • Upayakan layanan hosting memiliki customer support yang baik
  • Bandingkan harga dari berbagai jenis hosting agar bisa mendapatkan value terbaik

Beli Hosting Murah

Nah, kalau semua hal di atas sudah bisa dipenuhi dengan baik oleh penyedia hosting, saatnya memilih jenis hosting yang tepat. Umumnya, jenis hosting yang mendukung cara membuat blog pribadi adalah sebagai berikut:

Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis hosting yang tepat apabila ini merupakan pertama kali kamu belajar cara buat blog. Intinya, pada jenis layanan ini kamu akan menggunakan sebuah server yang sumber dayanya dibagi dengan pengguna lain.

Tenang, performa dari blog kamu tetap akan baik, kok. Bahkan, ini merupakan opsi paling hemat untuk membuat blog dengan traffic yang masih kecil. Kalau tertarik, hosting murah DomaiNesia juga menawarkan layanan ini, lho.

Pilihan tepat kalau kamu: ingin membuat blog sederhana dengan harga murah dan pengaturan mudah.

Cloud Hosting

Cloud hosting bisa disebut sebagai jenis layanan hosting dengan performa yang lebih andal. Secara sederhana, akan ada proses mendistribusikan sumber daya di beberapa server. Dengan begitu, akses website lebih terjamin.

Oleh karena itu, jenis layanan ini kurang cocok bagi pemula. Namun, kamu perlu mengetahuinya supaya ketika traffic blog kamu sudah tinggi, layanan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk upgrade. Cloud hosting DomaiNesia memiliki berbagai kelebihan untuk membangun blog yang andal.

Pilihan tepat kalau kamu: ingin membuat blog dengan resource sendiri, harga masih terjangkau dan performa lebih baik.

WordPress Hosting

Sesuai namanya, WordPress Hosting ditawarkan khusus untuk kamu yang ingin membuat blog dengan platform WordPress. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk bisa menikmati berbagai kelebihan dan fitur unggulan dari platform ramah pengguna tersebut.

Salah satu contoh layanan untuk membuat blog dengan platform ini adalah WordPress hosting DomaiNesia.

Sebagai sebuah jenis layanan khusus, beberapa penyedia hosting akan menyempatkan beberapa fitur untuk meningkatkan kinerja blog yang menggunakan platform WordPress. Yang paling umum biasanya adalah kemudahan konfigurasi dengan one-click installer.

Pilihan tepat kalau kamu:ingin membuat blog WordPress dengan harga terjangkau dan konfigurasi mudah.

VPS Hosting

Bisa dikatakan bahwa ini merupakan salah satu jenis layanan hosting yang memiliki performa terbaik. Sebagai contoh VPS hosting DomaiNesia menggunakan sebuah server fisik yang terbagi menjadi beberapa server virtual. Inilah yang membuatnya memiliki sumber daya khusus sehingga menjamin performa yang andal.

Tak hanya itu, kelebihan dari jenis layanan ini adalah keleluasaan konfigurasi untuk memastikan blog berjalan sesuai dengan keinginan. Pun begitu, jenis layanan ini hanya untuk pengguna yang memiliki keahlian teknis.

Pilihan tepat kalau kamu: ingin membuat blog dengan kendali penuh pada server, harga lumayan tinggi dan performa terbaik.

Beli Cloud VPS

4. Menentukan Nama Domain

Agar blog kamu bisa diakses, kamu perlu memiliki sebuah nama domain. Domain adalah alamat sebuah website yang diakhiri dengan ekstensi tertentu. Yang paling umum adalah domain dengan ekstensi.com.

Membeli domain merupakan salah satu langkah cara membuat blog yang selalu dilakukan bersamaan dengan membeli hosting. Alasannya, beberapa penyedia layanan hosting seperti DomaiNesia memberikan gratis domain untuk durasi berlangganan hosting tertentu.

cara membuat blog

Tak hanya itu, ada banyak pilihan domain murah dengan beragam ekstensi, mulai dari .xyz, .online, .id, hingga .cloud.

Apapun nama domain dan ekstensi yang akan digunakan pastikan sesuai dengan kebutuhan dan brand dari bisnis kamu.

Beberapa tips yang penting ketika ingin membeli sebuah domain antara lain:

  • Sesuaikan dengan target audience — Kalau target pengunjung kamu dari Indonesia, sebaiknya gunakan nama domain dengan bahasa Indonesia
  • Mudah diingat — Gunakan domain dengan menggunakan huruf, tanpa dikombinasi dengan angka. Sebab, akan sulit diingat
  • Tidak terlalu panjang — Domain yang digunakan jangan terlalu panjang. Tak hanya akan menyulitkan pengunjung mengeja, tapi juga kurang baik secara estetika
  • Tidak menggunakan karakter khusus — Hindari penggunaan karakter khusus karena akan terlihat seperti blog spam
  • Tidak terkait dengan brand lain — Sebaiknya tidak menggunakan nama yang masih terkait dengan brand lain
  • Gunakan ekstensi alternatif — Apabila domain.com tidak tersedia, tetap gunakan nama yang sama dengan ekstensi lain seperti .xyz, .online, dan lainnya

Beli Domain Murah

5. Menginstall WordPress

Kalau kamu sudah memiliki hosting dan domain, cara membuat blog pribadi bisa dilanjutkan dengan melakukan instalasi WordPress.

Nah, langkah cara bikin blog dengan WordPress di DomaiNesia bisa dengan fitur Instant Deploy pada saat membeli layanan hosting.

cara membuat blog

Di menu aplikasi web, cukup centang pada bagian Instalasi Otomatis. Kemudian, di bagian bawah silakan pilih tab Blog dan pastikan WordPress menjadi platform yang dipilih.

Sedangkan apabila ingin menggunakan cara membuat blog juga bisa dilakukan dengan instalasi WordPress melalui cPanel, sebagai berikut:

1. Akses cPanel

Untuk mengakses cPanel, kamu bisa melakukan login sesuai dengan informasi username dan password yang diterima melalui email.

cara membuat blog

2. Akses Softaculous.

Setelah berhasil login, masuk ke menu Software dan lalu pilih menu Softaculous Apps Installer Softaculous merupakan sebuah web app yang bisa membantu untuk melakukan instalasi berbagai platform sebagai bagian dari cara membuat blog.

cara membuat blog

3. Memilih Instalasi WordPress.

Dari halaman utama Softaculous, pilih platform WordPress dan klik Install. Tak perlu khawatir dengan Banyaknya pilihan platform yang ada di dalamnya. Sebab, sebagai platform umum untuk membuat blog, menu WordPress akan berada di paling atas.

cara membuat blog

4. Konfigurasi Instalasi WordPress

Langkah cara membuat Blog pribadi bisa kamu lanjutkan dengan melakukan konfigurasi untuk blog WordPress yang akan dibangun.

Beberapa yang harus diperhatikan antara lain:

  • Software Setup — Perhatikan bagian Choose Installation URL. Tentukan protokol yang akan digunakan untuk blog tersebut rekomendasinya adalah https://. Kemudian pastikan domain yang digunakan untuk blog tersebut sudah benar. Terakhir, kosongkan direktori apabila ingin menggunakan direktori default dan selalu gunakan versi WordPress yang terbaru.
  • Site Settings — Isikan informasi utama untuk blog kamu yang meliputi nama blog dan deskripsi blog. Tak perlu khawatir apabila kamu masih belum ingin melakukannya pada saat itu. Pengaturan tersebut masih bisa diubah ketika WordPress sudah terinstal.
  • Admin Account — isikan juga informasi untuk mengakses platform WordPress berupa username dan password. Bila perlu, catat pada sebuah kertas atau gunakan aplikasi password management supaya tidak lupa dan menjaga keamanannya.
  • Choose Language — Pilihlah bahasa sesuai dengan konten dan target pengunjung untuk blog tersebut nantinya.
  • Select Plugins — Kamu bebas untuk memilih plugin yang nantinya akan diinstal di blog tersebut.

cara membuat blog

Apabila semua informasi yang dimasukkan sudah sesuai, cukup klik Install untuk memulai instalasi WordPress. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga instalasi dinyatakan berhasil.

cara membuat blog

Nantinya, kamu akan mendapatkan informasi url yang akan digunakan untuk login ke blog.

Perlu dicatat bahwa WordPress adalah platform content management system (CMS) yang gratis digunakan untuk membuat blog. Dengan menggunakan CMS ini kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Antar muka yang intuitif sehingga memudahkan pengelolaan blog tanpa perlu skill teknis yang tinggi
  • Kebebasan untuk menyesuaikan blog dengan kebutuhan seperti penambahan plugin atau penggunaan tema khusus
  • Keamanan yang terjamin berkat adanya update rutin dari platform CMS tersebut
  • Kemudahan untuk melakukan integrasi dengan beberapa platform lain seperti e-commerce, media sosial, dan analytics
  • Dukungan komunitas yang besar sehingga memudahkan untuk pemula mencari informasi untuk konfigurasi WordPress

6. Mengatur Konfigurasi Dasar WordPress

Setelah instalasi WordPress berhasil, langkah cara membuat blog berikutnya adalah dengan mengatur konfigurasi dasar WordPress.

Sebenarnya, blog kamu sudah bisa digunakan dan diakses secara online. Namun ada baiknya untuk melakukan beberapa pengaturan sebagai berikut:

1. Lengkapi Profil Blogger

Ada baiknya kamu memulai konfigurasi WordPress dengan melengkapi profil kamu sebagai blogger. Hal ini penting bukan saja untuk mengenalkan identitas online kamu, tapi juga untuk menghindari blog kamu dianggap sebagai spam.

Cara untuk membuat blog dengan profil yang lengkap di WordPress adalah dengan masuk ke menu Users > Profile. Setelah itu isikan nama lengkap, email, website kamu lainnya, hingga biographical info.

cara membuat blog

Setelah selesai melakukan perubahan, klik save changes.

2. Ubah Gravatar

Tak hanya sebatas melengkapi profil, cara membuat blog pribadi terlihat lebih profesional adalah dengan mengganti Gravatar default.

Gravatar adalah sebuah foto profil yang terkait dengan akun WordPress dan akan menjadi identitas kamu kapanpun akun WordPress tersebut digunakan.

Untuk mengubah gravatar, kamu bisa masuk ke menu Users > Profile > Profile Picture. Selanjutnya kamu bisa klik You can change your profile picture on Gravatar

cara membuat blog

Kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya dari Gravatar dan dipandu untuk melakukan perubahan foto profil tersebut.

3. Ubah Format Permalink

Inilah salah satu langkah cara membuat blog yang menarik dari sisi SEO yang banyak dilupakan, yaitu mengganti format permalink.

Permalink adalah bagian dari URL website yang menjelaskan tentang sebuah halaman website. Apabila tidak dilakukan perubahan, maka URL blog kamu akan menggunakan sistem penanggalan yang dianggap kurang ramah bagi SEO.

Untuk melakukan perubahan, kamu bisa masuk ke menu Settings > Permalink. Pada halaman Permalink Setting, kamu bisa memilih kategori Post Name. Dengan begitu, setiap kali kamu membuat sebuah postingan, maka judul dari posting tersebut yang akan menjadi permalink.

cara membuat blog

4. Ubah Format Tanggal dan Waktu

Meskipun tidak terlalu berpengaruh pada performa blog, kamu perlu melakukan perubahan pada format tanggal dan waktu pada saat membuat blog. Perubahan tersebut bisa kamu lakukan pada:

  •  zona waktu
  •  format tanggal
  •  format waktu yang akan ditampilkan

Caranya, kamu bisa masuk ke bagian Settings > General. Setelah itu, lakukan perubahan pada beberapa informasi sesuai dengan bahasa konten dan target audiens blog kamu.

5. Atur Konfigurasi Posting

Sebuah blog akan menampilkan postingan terbaru di halaman utama. Namun, berapa banyak postingan yang akan ditampilkan? Kamu bisa melakukan pengaturan dengan cara masuk ke menu Settings > Reading.

Pada bagian Blog Pages Show at Most, tentukan berapa postingan yang ingin ditampilkan. Jangan lupa juga pada For each post in a feed, include, pilih menu Excerpt agar tampilan dari halaman utama blog nantinya bisa lebih rapi.

cara membuat blog

6. Atur Konfigurasi Komentar

Langkah penting yang tidak boleh dilupakan pada cara membuat blog di WordPress yaitu memastikan bahwa semua komentar bisa dimoderasi dengan baik. Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Discussion.

Pada bagian Before Comment Appears pastikan Comment must be manually approved sudah tercentang.

cara membuat blog

Langkah ini bukan hanya penting untuk memastikan tidak ada komentar negatif yang bisa dibaca oleh pengunjung. Akan tetapi, juga untuk memastikan blog tidak banyak mendapatkan komentar spam.

7. Hapus Postingan Default dari WordPress

Cara bikin blog dengan melakukan konfigurasi di WordPress bisa diikuti dengan menghapus postingan default WordPress.

Tenang, langkah ini tidak akan membuat blog kamu bermasalah. Sebab, postingan default hanya bertujuan menunjukkan bagaimana sebuah posting akan terlihat di blog kamu. Jadi, boleh dihapus.

Caranya, masuk ke menu Posts. Lalu, pada postingan Hello World, silahkan bisa pilih menu Trash.

Lakukanlah hal yang sama apabila kamu juga ingin menghapus halaman default bawaan tema. Caranya masuk ke menu Pages. Pilih halaman yang ingin dihapus, dan klik Trash.

7. Menginstall Tema WordPress

Melakukan instalasi tema sebenarnya bukan merupakan langkah wajib pada panduan cara buat blog. Kamu bisa menggunakan tema dasar dari WordPress sesuai dengan versi yang digunakan. Sebagai contoh untuk WordPress terbaru versi 6.2, tema utamanya adalah Twenty Twenty Three.

Hanya saja, apabila tema tersebut tidak sesuai dengan niche blog yang kamu bangun atau warna branding yang kamu gunakan, memilih tema lain untuk blok merupakan pilihan yang tepat.

Untuk melakukannya kamu cukup masuk pada menu Appearance > Themes. Kemudian di halaman utama tema kamu bisa klik Add New.

cara membuat blog

Kamu akan diarahkan ke halaman direktori tema WordPress. Silahkan pilih salah satu diantara tema yang ditampilkan. Selanjutnya, kamu bisa klik Install dan Activate agar tema tersebut langsung dijadikan tema utama blog.

8. Menginstall Plugin yang Dibutuhkan

Langkah cara membuat blog yang menghasilkan uang kurang lengkap tanpa dibarengi dengan instalasi plugin. Jadi, plugin merupakan sebuah itu yang bisa memberikan fungsi tambahan kepada blog. Sifatnya tidak wajib, tapi akan memberikan performa dan kemudahan penggunaan yang lebih baik.

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke menu Plugins > Add New. Seperti halnya pada tema, kamu akan melihat banyak plugin yang ditawarkan di direktori WordPress.

cara membuat blog

Setelah menemukan plugin yang ingin digunakan, kamu bisa klik Install dan Activate.

Kalau kamu masih bingung plugin apa saja yang ingin diinstal pada cara membuat blog, inilah beberapa rekomendasi dari kami:

  • WP Forms — plugin WordPress yang akan memudahkan kamu membuat contact form
  • Akismet — salah satu plugin terbaik yang bisa menangkal spam
  • All in One Security — plugin yang akan membantu kamu mau memberikan perlindungan tambahan kepada blog
  • Yoast SEO — salah satu plugin SEO yang paling direkomendasikan
  • Google Site Kit — ini merupakan plugin yang akan memudahkan kamu untuk melakukan konfigurasi berbagai layanan Google

9. Membuat Halaman Baru

Setelah tema dan plugin terinstall, saatnya kamu membuat halaman baru untuk blog yang baru saja dibangun. Beberapa halaman utama yang perlu ada sebagai bagian dari cara membuat blog adalah:

  • Home — Ini merupakan halaman utama blog yang biasanya diisi dengan sebuah landing page
  • About Me — Halaman blog yang akan menjelaskan tentang blog dan penulisnya
  • Contact — Halaman kontak akan memberikan kemudahan pengunjung untuk menghubungi kamu
  • Disclaimer — Inilah halaman yang akan menjelaskan tentang ketentuan penggunaan informasi di blog
  • Privacy Policy — Halaman kebijakan privasi akan menginformasikan bagaimana data pribadi pengunjung akan digunakan.

Untuk membuat halaman baru pada cara bikin blog, kamu bisa pilih menu Pages > Add New.

cara membuat blog

10. Membuat Postingan Baru

Langkah utama pada cara membuat blog sendiri dengan platform WordPress adalah membuat postingan. Inilah yang nantinya akan sering kamu lakukan ketika mengembangkan blog.

Caranya, kamu bisa memilih menu Posts > Add New.

cara membuat blog

Beberapa tips untuk membantu kamu membuat postingan yang menarik antara lain:

  • Menulislah untuk audiens. Kenali audiens kamu dan tulislah informasi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan dan gaya bahasa yang biasa mereka gunakan.
  • Buat judul menarik. Upayakan untuk selalu memulai sebuah postingan dengan judul yang menarik agar makin banyak pengunjung yang membaca artikel tersebut.
  • Tawarkan pendahuluan yang kuat. Lanjutkan informasi utama dari judul dengan sebuah penjelasan yang lebih lengkap sebelum masuk ke informasi utama di bagian isi
  • Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Meskipun tujuannya untuk berbagi pengalaman dan informasi sebaiknya kamu tidak menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau terkesan menggurui.
  • Buat konten yang bermanfaat. Fokuslah pada informasi yang bermanfaat dan relevan dengan pembaca kamu. Bila perlu perbanyak contoh dan konteks penjelasan.
  • Gunakan struktur yang rapi. Tata dengan rapi alur penjelasan dalam berbagai heading dan subheading sesuai dengan informasi yang akan disampaikan. Manfaatkan format yang lengkap dari WordPress mulai dari H1 sampai H6
  • Sertakan ilustrasi visual. Penjelasan yang melulu tulisan akan membuat pembaca bosan. Jadi tambahkanlah berbagai elemen visual untuk membuatnya lebih menarik.
  • Sisipkan tautan yang relevan. Jangan ragu untuk memberikan tautan ke website lain yang bisa memberikan informasi lebih lengkap kepada pembaca.
  • Ajak pembaca berinteraksi. Baik ketika menjelaskan atau pada saat memberikan kesimpulan, jangan ragu untuk mengajak pembaca berinteraksi baik secara ide, maupun secara langsung melalui kolom komentar.

Baca Juga: 18 Hal yang Dapat Dilakukan Google Photos yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Platform Terbaik Untuk Membuat Blog

Pada panduan cara membuat website pribadi di atas, kami menggunakan platform WordPress untuk memudahkan pemahaman kamu tentang berbagai langkahnya. Akan tetapi, kamu mungkin masih bertanya kenapa harus menggunakan WordPress dan adakah platform blog lain yang direkomendasikan. Berikut ini penjelasannya:

1. WordPress.org

Sumber: WordPress

WordPress merupakan platform blog yang paling dikenal karena ramah pengguna. Nah, WordPress.org merupakan versi software open source yang bisa digunakan secara gratis pada saat kamu ingin membuat blog.

WordPress.org akan memberikan kontrol penuh kepada kamu pada saat mengelola blog, baik dengan menggunakan server sendiri atau berlangganan layanan hosting.

Inilah beberapa kelebihannya:

  • Kontrol penuh pada saat membuat blog seperti mengganti tema, menambah plugin dan lainnya.
  • Fleksibilitas tinggi dengan berbagai pilihan untuk mengembangkan blog baik dengan server sendiri maupun dari penyedia layanan hosting.
  • Gratis dan open source membuat kamu bisa memanfaatkan platform ini tanpa mengeluarkan biaya apapun
  • SEO-friendly karena mendukung berbagai plugin SEO

Inilah beberapa kelemahannya:

  • Perlu pengetahuan teknis tentang WordPress ketika pertama kali menggunakannya
  • Perlu menyiapkan dana tersendiri untuk berlangganan hosting, membeli tema dan plugin berbayar dan lainnya

WordPress.org cocok digunakan untuk: semua jenis blog baik untuk tujuan pribadi profesional maupun untuk perusahaan.

2. WordPress.com

Sumber: WordPress

Meskipun sama sama menggunakan platform WordPress, WordPress.com adalah sebuah layanan hosting blog. Itu artinya Anda tidak perlu mencari hosting sendiri, karena semua aspek teknis dikelola oleh tim WordPress.com. Platform ini sebenarnya menawarkan layanan gratis. Tapi berbagai fitur yang ditawarkan sangat dasar dan terbatas.

Inilah beberapa kelebihannya:

  • Hosting dan domain ditanggung oleh pihak WordPress.com
  • Tersedia paket gratis yang bisa dimanfaatkan untuk mencoba berbagai manfaat platform
  • Semua aspek teknis termasuk back up dan pembaruan versi dilakukan oleh pihak WordPress.com

Inilah beberapa kelemahannya:

  • Hanya dapat menggunakan subdomain WordPress.com sebagai nama blog
  • Tidak dapat menginstal tema kecuali melakukan upgrade ke paket berbayar
  • Akan muncul iklan dari WordPress apabila menggunakan layanan gratis

WordPress.com cocok digunakan untuk: Blog pribadi dengan fitur dasar untuk penggunaan terbatas tapi dengan kemudahan penggunaan.

3. Blogger.com

Sumber: Blogger

Salah satu platform yang sering direkomendasikan pada panduan cara membuat blog adalah Blogger. Inilah platform blogging tertua yang masih populer. Dikenal juga dengan nama blogspot, platform ini dimiliki oleh Google. Kamu bisa menggunakan Blogger dengan gratis dan bahkan bisa mengaktifkan monetisasi untuk bisa mendapatkan penghasilan dari iklan.

Inilah beberapa kelebihannya:

  • Tak perlu keluar biaya untuk menggunakannya karena platform ini gratis
  • Sebagai platform Google maka kamu akan lebih mudah untuk melakukan integrasi dengan layanan Google lain seperti Analytics.
  • Monetisasi dengan menggunakan Google Adsense didukung secara penuh
  • Tak perlu memikirkan tentang hosting dan domain karena ditanggung oleh pihak Google

Inilah beberapa kelemahannya:

  • Tidak bisa menambah fungsionalitas blog dengan plugin
  • Layanan yang sudah cukup lama dengan tampilan yang kurang modern
  • Tidak ada kejelasan tentang dukungan dan update rutin dari Google

Blogger cocok digunakan untuk: blog pribadi bagi pemula dengan dukungan untuk monetisasi.

4. Weebly

Sumber: Weebly

Tak seperti Blogger dan WordPress, Weebly adalah platform tak banyak di rekomendasikan pada panduan cara bikin blog, terutama di Indonesia. Padahal sebenarnya platform ini memiliki berbagai fitur menarik seperti drag-and-drop yang akan membuat proses membuat blog menjadi lebih mudah.

Inilah beberapa kelebihannya:

  • User interface yang menarik dan intuitif
  • Fitur yang canggih untuk pengelolaan blog menjadi lebih mudah seperti drag and drop
  • Bisa digunakan dengan gratis termasuk dengan layanan hosting dan subdomain

Inilah beberapa kelemahannya:

  • Berbagai fitur unggulan hanya bisa digunakan ketika membeli paket berbayar
  • Kemudahan kustomisasi dalam hal tema dan plugin masih belum sebaik WordPress

Weebly cocok digunakan untuk: semua jenis blok untuk tujuan terbatas bagi pemula yang bisa digunakan secara gratis.

5. Medium

Sumber: Medium

Satu platform blog yang dikenal oleh mereka yang gemar membaca adalah Medium. Berbeda dengan WordPress yang bersifat open source, platform ini khusus untuk pengguna medium dan tidak menawarkan pilihan konfigurasi dengan leluasa. Medium memiliki komunitas pengguna yang cukup kuat dan banyak.

Inilah beberapa kelebihannya:

  • Desain minimalis dan fokus pada pembuatan konten penulisan
  • Hosting dan domain sudah disediakan oleh pihak medium dengan syarat dan ketentuan layanan
  • Komunitas yang aktif dan cukup besar dari berbagai dunia dengan pengguna dari berbagai platform baik iOS, Android dan lainnya
  • mendukung monetisasi lewat Medium Partner

Inilah beberapa kelemahannya:

  • Memiliki design yang sama antara satu blog dengan blog lainnya
  • Perlu menyiapkan dana tersendiri untuk berlangganan hosting, membeli tema dan plugin berbayar dan lainnya
  • Konten berada hanya dalam platform Medium, bukan menjadi milikmu sepenuhnya.

Medium cocok digunakan untuk: semua jenis blog yang fokus pada tujuan berbagi ide untuk komunitas pada platform yang terbatas.

6. Ghost

Sumber: Ghost

Ghost merupakan platform blogging open-source baru yang dirancang untuk fokus pada penulisan dan kecepatan. Platform ini diciptakan oleh salah satu pendiri dari WordPress yang menganggap bahwa platform WordPress sudah terlalu rumit untuk blogging.

Dengan tampilan yang segar dan cukup minimalis Ghost cukup menarik bagi pemula yang ingin fokus pada pembuatan konten dibanding berbagai konfigurasi teknis.

Inilah beberapa kelebihannya:

  • Desain modern dengan tampilan yang intuitif
  • Memiliki fungsi untuk optimasi SEO secara default tanpa harus install plugin
  • Bersifat open source dan bisa digunakan secara self-hosted

Inilah beberapa kelemahannya:

  • Memerlukan keahlian teknis untuk melakukan pengaturan pada saat pembuatan maupun pengelolaan
  • Harga untuk menggunakan layanan hosting Ghost Pro bisa cukup mahal
  • Tidak ada pilihan untuk instalasi plugin, hanya ada ekstensi yang sifatnya terbatas

Ghost cocok digunakan untuk: blog profesional dan blog pribadi yang menginginkan desain minimalis dengan konfigurasi SEO bawaan.

Tips Untuk Membangun Blog yang Sukses

Untuk melengkapi panduan cara membuat blog pribadi yang menarik, berikut ini beberapa tips untuk bikin blog yang sukses:

1. Selalu Perhatikan Keamanannya

Keamanan merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan ketika kamu membuat blog. Bukan hanya pada tahap awal saja akan tetapi juga pada tahap pengembangan ketika sudah berisi berbagai macam konten.

Langkah yang paling sederhana biasanya dengan memilih hosting yang memiliki fitur keamanan lengkap. Kemudian bisa diikuti dengan menggunakan platform blog yang selalu diupdate secara rutin.

Tak hanya itu, pastikan selalu menggunakan tema dan plugin dari pengembang yang terpercaya untuk menghindari adanya malware yang mengancam keamanan.

Yang tak kalah penting adalah selalu memastikan standar keamanan dari blog tersebut terpenuhi. Misalnya dengan penggunaan kata sandi yang kuat, otentikasi 2FA, batasan login yang gagal, dan lainnya

2. Jaga Kecepatan Akses Blog

Kalau blog kamu lambat, sebaik apapun konten yang diberikan tentu tidak akan mendatangkan banyak pengunjung. Itulah kenapa penting untuk selalu menggunakan platform atau hosting yang menggunakan teknologi server yang mudah di akses.

Kalau itu sudah kamu lakukan, maka kamu bisa secara rutin menjaga kecepatan blok dengan cara mengoptimalkan aset seperti gambar yang memiliki ukuran terlalu besar. Jangan lupa juga untuk memastikan kamu hanya menggunakan plugin yang dibutuhkan saja. Terlalu banyak plugin akan menyebabkan muncul banyak proses yang membuat blog lambat.

Sebagai langkah tambahan, aktifkan juga cache untuk menyimpan file sementara sehingga waktu loading lebih kecil.

3. Lakukan Backup Secara Berkala

Hindari hal yang tidak dinginkan seperti blog diretas atau terjadi kendala pada server yang bisa mengakibatkan data blog hilang atau rusak. Kalau platform dan layanan hosting yang kamu gunakan menyediakan fitur backup, maka pastikan fitur tersebut dalam keadaan diaktifkan.

Kalau kamu menjalankan cara membuat blog dengan platform WordPress, maka cukup melakukan instalasi plugin backup. Hanya dengan beberapa klik, kamu akan bisa mendapatkan salinan file blog di tempat yang aman

4. Buat Konten Berkualitas

Jangan kecewakan pengunjung blog dengan konten yang berkualitas rendah. Baik konten itu tidak memberikan informasi yang lengkap atau sekedar menggunakan informasi dari blog lain.

Bila perlu, kamu bisa melakukan riset yang lebih dalam agar menghasilkan tulisan yang lebih komprehensif. Bisa juga dengan menggunakan sudut pandang yang unik yang menjadi ciri khas dari blog yang kamu bangun, apapun niche-nya.

5. Selalu Optimalkan SEO

Pada cara membuat blog dengan WordPress dan platform lain, melakukan upaya optimalisasi SEO mutlak dilakukan. Alasannya, langkah tersebut akan membantu blok kamu untuk lebih mudah ditemukan karena berada di peringkat atas hasil pencarian.

Beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk melakukan upaya SEO antara lain dengan:

  • Melakukan riset kata kunci yang relevan
  • Melakukan penataan outline menggunakan hurting yang tepat
  • Menggunakan kata kunci di setiap penjelasan dari artikel yang dibuat
  • Menambahkan berbagai elemen gambar dan video yang teroptimasi secara SEO
  • Memastikan tidak ada kendala indeks pada blog
  • dan lainnya

    Sumber: Envato

6. Promosikan di Media Sosial:

Tak hanya lewat upaya untuk bisa berada di halaman Google, blog kamu bisa dikenal apabila rutin dipromosikan melalui media sosial, apapun platformnya.

Kamu bisa melakukan cara ini secara manual untuk masing masing platform. Atau, kamu juga bisa melakukan postingan otomatis dengan bantuan plugin seperti JetPack agar setiap kali kamu posting di blog, akan muncul postingan di platform media sosial yang sudah ditentukan.

Tak hanya saat membagikannya, kamu juga harus aktif di platform media sosial tersebut agar bisa berkomunikasi dengan Audience yang nantinya bisa menjadi pengunjung dari blog kamu.

7. Membangun Networking

Kalau kamu berfikir bahwa cara membuat blog yang menghasilkan uang bisa dilakukan sendiri, kamu perlu berfikir ulang. Apalagi, untuk bisa menjadi blok yang ramai pengunjung kamu perlu berada di hasil pencarian Google dengan upaya SEO yang baik.

Nah, salah satu kekuatan dari sebuah blog berdasarkan SEO adalah adanya backlink. Dengan jaringan yang kuat dengan blogger lain, kamu bisa mendapatkan link dari berbagai blog dengan niche sama.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kolaborasi konten yang pada akhirnya akan membantu blog kamu untuk berkembang dengan lebih cepat.

8. Berinteraksi dengan Pembaca:

Pada langkah cara membuat blog pribadi di atas, kamu sudah mengetahui adanya fitur komentar di platform WordPress. Itulah salah satu fitur untuk melakukan interaksi dengan pembaca. 

Manfaatkan fitur tersebut untuk bisa membangun komunitas dan keterlibatan dengan pembaca secara baik.

Tak hanya fokus pada proses untuk membuat postingan, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk merespon komentar yang ditinggalkan di blogmu. Berikan jawaban yang informatif dan ramah atas setiap pertanyaan dan komentar yang diberikan di kolom komentar.

Dengan berinteraksi secara aktif dengan pembaca, bukan hanya kamu dapat membangun hubungan baik dengan pembaca tapi kamu juga bisa mendapatkan ide untuk mengembangkan blog kamu.

9. Optimalkan Navigasi

Apabila kamu menggunakan platform blog yang mudah dikonfigurasi seperti WordPress, pastikan kamu memperhatikan kemudahan navigasi untuk mengakses berbagai konten di blog kamu.

Melakukan penataan pada menu menu di blok tersebut. Aturlah penggunaan warna dan juga huruf yang mudah dibaca agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang dicari.

Jangan ragu untuk menggunakan berbagai tautan internal untuk masing masing informasi yang saling berhubungan. Dengan begitu, kamu bisa menata struktur penjelasan yang lebih baik.

10. Gunakan Analytics

Bagaimana kamu bisa tahu performa blog apabila tidak melakukan pengukuran? Nah, penggunaan tools analitik seperti Google Analytics akan membantu kamu mendapatkan data tentang performa blog dan postingan secara otomatis dan akurat.

Kamu bisa memperhatikan jumlah pengunjung, sumber trafik, perilaku pengunjung, dan lainnya. Dengan cara itu, kamu bisa tahu manakah postingan yang paling populer. Jadi, kamu bisa membuat lebih banyak konten yang serupa.

Apapun itu, ketika menggunakan Google Analytics, kamu dapat terus mengoptimalkan blogmu, mengidentifikasi peluang dan ide baru, dan meningkatkan pengalaman pengguna.

11. Membuat Blog Mobile Friendly

Jumlah pengguna internet melalui perangkat mobile kian banyak. Maka, apabila blog kamu tidak dioptimalkan untuk pengunjung mobile itu merupakan sebuah kekeliruan

Salah satu cara paling ideal untuk mendapatkan blog yang mobile friendly adalah dengan menggunakan tema ramah ponsel juga. Dengan begitu kamu akan mendapatkan sebuah desain blog yang responsif. Maksudnya, dapat menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran layar.

Jangan lupa untuk mengatur ukuran font, button, dan penataan menu agar mudah untuk diakses melalui layar ponselnya yang kecil.

12. Patuhi Etika Blogging

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua informasi yang kamu berikan di dalam setiap postingan tidak berasal dari kamu sendiri. Kecuali apabila memang kamu adalah ahli dibidang tersebut.

Maka apabila kamu menggunakan informasi dari pihak lain untuk mendukung sebuah ide atau memberikan penjelasan, pastikan untuk memberikan tautan ke informasi asal. Dengan cara tersebut kamu tidak dianggap untuk melakukan klaim terhadap sebuah informasi secara sepihak.

Yang tak kalah penting juga adalah menggunakan berbagai aset seperti gambar dan video milik kamu sendiri. Apabila ingin menggunakan aset dari orang lain, pastikan kamu sudah meminta izin terlebih dahulu.

cara membuat blog
Sumber: Envato

Kesimpulan Panduan Cara Buat Blog

Cukup banyak juga ya informasi yang sudah kami berikan pada panduan cara membuat blog pribadi yang menarik? Kamu bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk membangun blog yang kamu impikan.

Meskipun penjelasannya cukup panjang, sebenarnya langkah membuat blog secara umum bisa di fokuskan pada:

  • Memilih hosting dan domain
  • Melakukan instalasi WordPress
  • Memilih tema dan plugin
  • Melakukan konfigurasi dasar
  • Membuat Page dan Posts

Demikian informasi yang dapat kami berikan di artikel ini, semoga bermanfaat. Jadi tunggu apalagi? Sudah siap membangun blog kamu sekarang?

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


yayat s
January 18, 2022

kalau saya lihat untuk google + saat ini sudah ngga ada lagi, jadi lumayan agak susah

yayat s
January 18, 2022

mengenai google + saya cari cari sekarang tidak ada lagi, padahal itu cukup membantu dalam mempromosikan website kita, sama halnya seperti pinterest.

rohim
February 14, 2021

Trimakasih kak sudah memberi penjelasan tentang seo bagi saya pemula blog..

Ayoni Sulthon
September 2, 2020

Halo kak, Terimakasih sudah dengan setia memakai domain dari DomaiNesia untuk pertanyaan kakak bisa pakai Tag HTML untuk mendaftarkan website kakak di google console, caranya masuk google webmaster tools dan tambah website --> lalu pilih metode lain dan pilih Tag HTML

Lutfi
August 24, 2020

makasih bang infonya. domain dari domainesia emang bener-bener top, penangananya cepat banget, itu yang bikin aku suka. tapi aku ada sedikit masalah nih. kenapa setiap aku mau index ke google console kok selalu gagal ya? bantuannya dong

Tito
August 17, 2020

Mksh, sangat bermanfaat infonya buat saya yg msh pemula

Swuragil
August 7, 2020

Artikelnya menarik. Bagian yang paling sulit adalah konsistensi merawat blog. Salam

Judi Slot Terpercaya - samudrabet.info
September 22, 2019

izin share ya min, makasih infonya sudah membantu..

amir jainva
July 28, 2019

mantabz infonya bro, saking terperincinya membuat saya pusing baca semua artikelnya.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds