• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

Oleh Mutiara Auliya
4.69/5 (62)

Cara Membuat Blog – Hanya dengan berbekal domain dan hosting, kamu bisa membuat blog sederhana hingga menjadi peringkat pertama Google. Sebelumnya, Pernah mendengar kata “blog” atau website? Tentunya pernah dong ya! Sekarang ini blog sudah menjadi trend atau gaya hidup masyarakat. Sudah banyak blogger yang sukses meraih keuntungan dan populer di media karena berbekal tulisan di blog. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utamanya. Apa itu blog? Apa beda blog dan website? Bagaimana cara membuat blog hingga menjadi blog profesional dan banyak pengunjungnya? Bagaimana cara membuat blog mudah untuk pemula? Nah, kali DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membuat blog profesional.

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu. Dikutip dari Wikipedia, blog atau web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau biasa disebut posting pada sebuah sebuah halaman website. Situs website atau blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. Pertama kali, blog dipopulerkan oleh suatu platform milik Pyra Labs yang bernama blogger(dot)com.

Pernahkah kamu memiliki blog dengan akhiran blogspot? Nah itulah awal mula istilah “blog” dikenal publik. Dengan blog, kamu bisa tulis apapun yang diinginkan. Kamu bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman pribadi, resep makanan, tips dan trik dan sebagainya. Para penulis blog atau biasa disebut “blogger” biasanya akan mudah berkembang karena didukung oleh banyaknya komunitas blogger lokal maupun di internet.

Apa Beda Blog dan Website?

Dari segi fungsi, blog dan website sama. Perbedaannya terletak pada isi konten, server hosting penyimpanan file website dan penggunaan nama domain. Blog lebih populer mengarah kepada *blogspot yang notabene sudah ada sejak jaman dahulu. Blogspot biasanya memiliki nama dengan akhiran (dot)blogspot(dot)com karena memang untuk penyimpanan file masih berada di dalam server hosting milik Perusahaan Blogspot. Sedangkan website biasanya sudah memiliki nama domain sendiri, memiliki ekstensi domain sendiri (seperti .com, .net., id, .xyz dan sebagainya) serta dapat digunakan untuk beragam fungsi misalnya untuk toko online, website perusahaan dan sebagainya. Namun ada juga blog yang sudah berdiri sendiri dengan domain dan hosting menggunakan CMS seperti WordPress.

cara membuat blog
Sumber: Pexels

Saya memiliki blog, apakah blog juga bisa disebut website? Dikutip dari Merriam-Webster, menurut arti katanya, blog adalah website yang isinya konten online tentang tulisan pengalaman pribadi, video, ataupun gambar. Dan semua orang dapat memberikan komentar terhadap apapun yang diposting. Sedangkan website adalah sebuah halaman di internet yang menggunakan domain dan hosting yang memiliki konten tertentu (Wikipedia). Jadi, blog adalah bagian dari website. Dari segi penulisan, blog lebih komunikatif dan lebih menarik. Sedangkan website, tergantung jenis website yang dibuat.

Mengapa Harus Buat Blog?

  1. Dengan memiliki blog kamu bisa bercerita pengalaman

Blogger adalah orang yang bercerita melalui media blog, topik cerita bisa sangat luas, mulai dari pengalaman kecil, pengalaman aneh, pengalaman horor. Banyak orang sukses dengan berbagi pengalamannya yang unik di media blog. Salah satu contohnya adalah KKN di desa penari. Apakah kalian masih ingat? dari hasil cerita di twitter, penulis cerita KKN di desa penari menjadi viral dan mendapatkan banyak penghasilan dari sana.

  1. Blogging dapat mengasah kemampuan komunikasi 

Dengan menulis di blog, kami tanpa sadar akan menambah kemampuan berkomunikasi dan pengetahuan sekaligus. Karena, blogger harus memiliki ide-ide untuk dituangkan di blog mereka. Tanpa sadar mereka juga belajar berkomunikasi yang baik.

  1. Dapat Menghasilkan Uang

Ada banyak cara memonetisasi blog untuk menghasilkan uang dari blog, banyak orang berpikir memangnya bisa ya mendapatkan uang dari blog? nah jawabanya adalah tentu saja bisa. Saat ini sudah banyak sekali para blogger yang menghasilkan ratusan dolar dari blog-blog pribadi.
Kebanyakan para blogger mendapatkan uang dari iklan google adsense, advertorial,  lomba blog, afiliasi marketing dan masih banyak lagi cara mendapatkan uang dari blog

  1. Membantu Orang Lain

Dengan memiliki blog pribadi, kamu bisa membantu tetanggamu memasarkan produk mereka, dengan cara menuliskan review produk jualan tetangga, saudara ataupun teman di blog milik mu.
selain itu kamu juga bisa memberikan tulisan-tulisan yang memotivasi bagi orang lain agar orang lain mendapatkan manfaat dari tulisan-tulisan yang kamu buat di blog.

Memilih Platform yang Tepat Untuk Membuat Blog

ada banyak platform untuk membuat blog yang bisa kamu pakai, ada yang gratis dan ada yang berbayar, berikut ini adalah beberapa platform blog yang bisa kamu pakai untuk membuat blog.

1. WordPress.org

WordPress.org merupakan platform website yang paling sering dipakai para blogger gratisan, Jadi platform ini tidak dipungut biaya sepeserpun, kamu bisa menulis artikel disini dan mendesain blog sesuka hati, menginstall plugin sesuai kebutuhan dan tema yang banyak sekali. Namun untuk membuat website wordpress, kamu harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. berapa harga hosting paling murah ? kamu bisa cek disini hosting murah

2. WordPress.com

Saat ini lebih dari 42% blog di dunia dibuat menggunakan WordPress. Pengguna wordpress saat ini dari berbagai kalangan, mulai dari blogger, toko online, company profile dan masih banyak lagi.

WordPress.com adalah website builder gratis, mereka menyediakan hosting gratis dan domain gratis, namun domain kamu akan mendapat subdomain wordpress.com. contohnya adalah namaAnda.wordpress.com. Namun jika kamu ingin mengganti nama domain TLD juga bisa, kamu hanya tinggal menghubungkan domain ke wordpress.com

3. Blogger.com 

Blogger.com juga hampir mirip dengan wordpress.com, mereka menyediakan website builder dengan tampilan yang mudah dan simpel. Kamu hanya tinggal mendaftar menggunakan email dan mengotak atik tema di bloger secara gratis.
Namun hampir sama dengan wordpress.com, kamu akan mendapatkan domain dengan nama domain namakamu.blogspot.com.

4. Weebly

Weebly adalah blog builder yang lumayan terkenal saat ini, dengan weebly kamu bisa membuat website tanpa perlu belajar bahasa pemrograman. Dengan weebly free kamu bisa membuat website secara gratis dan dapat memakai fitur-fiturnya tanpa biaya sepeserpun.
Tapi nama domain kamu akan berakhiran weebly.com jika memakai versi gratis.

Jika kamu ingin memiliki nama domain sendiri yang berakhiran .com atau .id, kamu bisa menambah paket menjadi Weebly Connect , namun kamu harus membayar biaya $5 perbulan dan kamu bisa memakai domain .com atau .id.
Menurut kami harga tersebut masih terlalu mahal, saran DomaiNesia Anda bisa membeli domain .com dan jenis extensi domain lainya di DomaiNesia dengan harga yang lebih murah. untuk melihat daftar harganya cek harga domain disini

5. Medium

Medium adalah tempat berbagi pengalaman dan cerita menarik, uniknya disana kamu bisa menuliskan semua pengalamanmu dan tulisanmu akan dibaca oleh seseorang disana. 

Fungsi medium hampir seperti blog, namun kamu menumpang di platformnya. 

6. Tumblr

Jika kalian sudah memiliki websitr dengan platform diatas, selanjutnya kamu bisa membuat blog dengan platform tumblr

Platform blog gratis ini adalah opsi lain untuk membuat blog dengan gratis seperti Blogger.com dan wordpress. 

kelebihan dari tumblr untuk membuat blog adalah lebih mudah dan simpel, kamu tidak perlu banyak mengatur tampilan, kamu hanya tinggal menulis isi dari blog yang kamu buat.

Ide Blog Yang Bisa Kamu Pilih

Oke, sekarang saatnya menuju ke cara membuat blog. Tetapi sebelumnya, kamu harus tahu tema dan blog apa yang ingin dibuat. Ada banyak tema yang bisa kamu pilih untuk blog kamu. Antara lain:

  • Blog Tutorial

Kamu bisa menulis tutorial berbagai hal. Misalnya, tutorial membuat website, tutorial cara membuat blog, tutorial memasak sayur kangkung, tutorial mengganti ban mobil dan sebagainya.

  • Blog Informasi

Blog ini membahas tentang informasi berbagai hal. Kamu bisa pilih informasi spesifik ataupun informasi global tentang bisnis, teknologi ataupun otomotif.

  • Blog Food dan Traveling

Buat yang suka jalan-jalan dan kulineran, mungkin blog food and traveling ini cocok untuk kamu.

  • Blog Review Produk

Siapa disini yang suka cari informasi dulu sebelum membeli suatu produk? Nah, buat yang melek teknologi ataupun suka membeli produk tertentu, kamu bisa buat blog review produk. Misalnya review produk handphone, laptop, komputer, otomotif dan sebagainya.

  • Blog Pribadi

Buat yang malas membuat blog dengan topik dan tema tertentu, tidak masalah. Buat blog pribadi saja! Kamu bisa tulis konten sesukamu dan semau kamu. Sudah banyak artis yang populer karena menjadi blogger misalnya Raditya Dika, Benazio Kribo, Shitlicious dan sebagainya.

  • Blog Politik

Untuk yang suka dunia politik, kamu bisa pilih membuat blog politik yang isinya tentang peraturan pemerintah dan pandangan-pandangan ke depan. Namun, jangan buat blog dengan konten hoaks dan menyebarkan kebencian ya.

  • Blog Kesehatan

Untuk yang berkecimpung di dunia kesehatan, berbagi ilmu kepada orang lain melalui blog juga bisa kamu pilih lho!

  • Blog Fashion

Kamu anak fashionable banget? Yuk bagi tips dan trik serta gaya fashion terbaru kamu melalui blog.

  • Blog Parenting

Sekarang ini, blog parenting juga banyak diminati. Banyak ibu-ibu yang “googling” di internet tentang tips dan trik bagaimana mengurus anak, tips memilih sekolah yang bagus dan sebagainya.

  • Blog Lifestyle

Nah agar tetap mengikuti tren, blog lifestyle bisa jadi pilihan.

  • Blog Riset

Kamu bisa tuliskan berbagai macam riset dan eksperimen tentang sesuatu dan sebagainya.

Ide membuat blog untuk pemula antara lain:

  1. Blog Politik
  2. Blog Informasi
  3. Blog Tutorial
  4. Blog Food and Traveling
  5. Blog kesehatan
  6. Blog Fashion
  7. Blog Parenting
  8. Blog Lifestyle

Baca juga : cara membuat website

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Cara membuat blog paling mudah ya di DomaiNesia! Kamu bisa buat blog profesional lengkap dengan domain, hosting serta blog. Dan Kami akan memberikan tips dan trik bagaimana blog bisa ada di peringkat pertama Google. Nah, mau tahu cara membuat blog paling mudah? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini,

  • Menentukan Ide Blog

Tadi telah dijelaskan beberapa ide blog yang bisa kamu gunakan. Coba sekarang pilih salah satu. Blog apa yang ingin kamu buat. Kalau masih bingung, kamu bisa sesuaikan dengan hobi, passion dan tujuan awal pembuatan blog. Misalnya, kamu suka masak. Maka blog bertemakan resep masakan bisa jadi pilihan.

  • Memilih Nama Blog

Saat ide blog sudah berhasil ditentukan, sekarang saatnya memilih nama blog. Karena yang ingin dibuat adalah blog profesional, maka nama blog yang dipilih juga tidak asal-asalan ya. Nama blog disini akan digunakan untuk branding dan sekaligus promosi blog. Untuk blog profesional, kamu tidak akan menggunakan akhiran *blogspot, *wordpress ataupun *tumblr. Kamu akan menggunakan domain TLD seperti .COM, .NET, .ORG, .ID atau yang lainnya. Nah nama blog yang sudah kamu persiapkan, akan dikombinasikan dengan ekstensi domain TLD.

Sebagai contoh: blog yang akan dibuat adalah blog masakan. Maka nama yang akan digunakan masakanenakibu(dot)com atau resepmasakanenak(dot)net atau yang lainnya.

Namun, sepertinya kamu harus tahu apa itu domain terlebih dahulu.

  • Pengertian Domain

Pengertian domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sebenarnya, domain adalah sebuah nama. Ya, domain adalah sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Domain dapat terdiri dari sebuah nama dan diikuti akhiran atau ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi. Untuk tahu jenis ekstensi domain, kamu bisa baca Jangan Bingung Memilih Ekstensi Domain.

  • Memiliki Hosting

Nah, biasanya domain akan berkaitan dengan hosting. Untuk blog yang masih berada di blogspot, *wordpress, *tumblr seperti itu memang tidak membutuhkan hosting. Karena user akan dipinjami “tempat” oleh Perusahaan Blogspot, WordPress ataupun Tumblr. Memang hosting tidak diperlukan, namun efeknya adalah kamu harus menggunakan akhiran sesuai dengan perusahaan tersebut (misalnya *blogspot(dot)com, *wordpress(dot)com). Kamu juga tidak dapat melakukan banyak hal agar blog menjadi profesional.

Berikut beberapa kelemahan menggunakan blog tanpa hosting:

  • Terbatas
  • Susah berkembang
  • Tidak dapat upload video, gambar atau tulisan sebanyak-banyaknya
  • Tidak dapat upgrade hosting
  • Tidak dapat membuat email pribadi/ email perusahaan dengan nama blog sendiri

Nah, untuk itu diperlukan sebuah hosting untuk blog profesional kamu! Ingat ya, DomaiNesia kali ini membahas tentang cara membuat blog profesional. Sebuah blog yang bisa membranding diri kamu. Sebuah blog yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang. Dan sebuah blog yang bisa membuat diri atau perusahaan kamu menjadi terkenal.

Apa itu Hosting? Hosting adalah media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Ibarat perumahan, hosting adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Bangunan yang didirikan tersebut dinamakan website/ blog. Dan alamat suatu website/ blog tersebut biasa disebut domain.

 

Beberapa keuntungan blog menggunakan domain dan hosting sendiri:

    • Bisa memiliki email dengan nama blog sendiri
    • Dapat upload video, gambar, tulisan semau kamu tergantung kapasitas hosting yang dipilih
    • Lebih aman
    • Dapat dilakukan optimasi agar traffik blog tinggi
    • Dapat dilakukan optimasi dari segi SEO agar blog dapat ada di halaman pertama Google
    • Memiliki banyak tema yang bisa dipilih
    • Lebih profesional
    • Cara buat blog lebih mudah
    • Dapat dilakukan upgrade hosting agar kapasitas lega

Install Blog WordPress

Setelah selesai melakukan 3 langkah sebelumnya, langkah cara membuat blog selanjutnya adalah melakukan instalasi blog WordPress. 

Ada beberapa cara untuk melakukan install WordPress. Nah, kali ini akan melakukan instalasi WordPress melalui Softaculous Apps Installer yang ada di cPanel. 

Softaculous Apps Installer adalah tools instalasi otomatis untuk mempermudah instalasi berbagai CMS dan beragam aplikasi website yang bersifat open source. 

Untuk lebih tahu apa saja keunggulan installer ini, langsung saja baca Mengenal Softaculous Apps Installer.

Login cPanel

Langkah pertama instalasi WordPress pada cara membuat blog adalah login ke cPanel. 

Kamu bisa melakukan login cPanel melalui https://namadomain/cpanel. Lalu, masukkan username dan password cPanel.

Buat kamu yang bingung apa username dan password cPanel, kamu bisa buka detail login cPanel pada email yang Kami kirimkan apabila menggunakan produk hosting DomaiNesia.

Buka Softaculous Apps Installer

Apabila kamu telah berhasil login ke cPanel, kamu bisa melakukan langkah kedua pada cara membuat blog yaitu membuka Softaculous Apps Installer

Kamu bisa mengetik Softaculous Apps Installer pada kolom pencarian. Lalu, klik Softaculous Apps Installer.

Install WordPress

Maka kamu akan diarahkan ke dashboard Softaculous Apps Installer. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada installer ini terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk melakukan instalasi WordPress, maka pilih WordPress.

Kemudian kamu akan masuk ke halaman WordPress di Softaculous Apps Installer. 

Di halaman tersebut kamu bisa melihat fitur- fitur wordpress, beberapa screenshots, review dan sebagainya. 

Versi WordPress yang terdapat dalam Softaculous Apps Installer merupakan versi yang terbaru yaitu versi 5.9. Jadi kamu tidak perlu khawatir. 

Untuk install WordPres, silakan pilih Install Now.

Setting Instalasi WordPress

Setelah itu  ada beberapa hal yang harus kamu setting atau konfigurasi. 

Pertama, kamu bisa melakukan setting yang ada pada kolom Software Setup

Di bagian Choose Protocol, isikan protokol yang diinginkan. Apabila websitemu menggunakan SSL maka kamu bisa mengisikan https://. Apabila tidak, biarkan default https://. 

Pada bagian Choose Domain, isikan nama domain yang kamu miliki. 

Domain ini akan menjadi domain dari website WordPress yang akan dibuat. Lalu kosongkan pada bagian In Directory, agar website WordPress terinstall di dalam domain langsung.

Kedua, pada kolom Site Settings masukkan judul dan deskripsi dari website yang akan dibuat. 

Isikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa memilih apakah website berbentuk Multisite atau tidak. Kalau iya, anda bisa centang Enable Multisite (WPMU).

Ketiga masukkan username dan password admin WordPress. Username dan password ini nantinya digunakan pada saat login di wp-admin atau di wp-login. Jadi, jangan sampai lupa. 

Catatan: Tidak disarankan menggunakan username dan password default “admin”. Silakan gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka dan karakter.

Keempat, pilih bahasa dan plugin yang digunakan. Sesuaikan dengan bahasa yang kamu kuasai.

Untuk pemilihan plugin, kamu bisa memberikan tanda centang pada Limit Login Attempts yang berfungsi untuk membatasi login user wordpress. 

Bagi kamu yang masih menggunakan editor classic, silakan beri tanda centang pada Classic Editor

Perlu diketahui bahwa WordPress Versi 5.0  telah menggunakan editor gutenberg. 

Apa itu Editor Gutenberg WordPress? Apa saja fitur terbarunya? Silakan cek Fitur Terbaru WordPress Versi 5.0.

Memilih Tema Blog & Install

Khusus setting tema pada cara membuat blog menggunakan WordPres kali ini, kamu bisa mengatur tema secara manual atau default.

Apabila kamu sudah memiliki tema WordPres dan ingin mengaturnya secara manual, kamu bisa upload folder tema yang kamu miliki ke dalam hosting.

Namun jika kamu belum memiliki tema maka kamu bisa menggunakan tema default. Kamu bisa centang DomaiNesia pada kolom Select plugins/themes sets.

Tenang saja! Tema pada WordPress bisa diganti sewaktu- waktu melalui halaman admin WordPress pada menu Themes, jadi jangan bingung ya.

Instalasi Blog WordPress Selesai!

Setelah itu, klik tanda + pada Advanced Options untuk melakukan konfigurasi database WordPress. 

Isikan nama database, dan table. Kamu bisa mengatur auto upgrade, automatic backup maupun kuota backup. Apabila telah selesai, maka klik Install.

Tunggu hingga proses instalasi selesai. 

Setelah selesai, maka akan ditampilkan informasi mengenai domain yang kamu gunakan tadi. 

Untuk mengakses website, silakan mengakses URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Sedangkan untuk mengakses halaman admin WordPress, kamu bisa menambahkan /wp-admin. 

Misalnya kamu memiliki URL blog WordPress jurnalhana.com. Langsung saja tambahkan /wp-admin menjadi jurnalhana.com/wp-admin untuk mengaksesnya.

Ingin install WordPress dengan cara yang lebih gampang saja sekali klik? Langsung saja ikuti Panduan Instant Deploy DomaiNesia.

Konfigurasi Dasar Blog WordPress

Setelah kamu selesai melakukan instalasi WordPress, sekarang saatnya melakukan beberapa konfigurasi dasar pada cara membuat blog. 

Untuk memulai konfigurasi dasar berikut ini, sebelumnya silakan untuk login halaman admin WordPress terlebih dahulu. 

Caranya tulis URL blog WordPress kemudian tambahkan /wp-admin seperti contoh ini jurnalhana.com/wp-admin. Setelah itu masukkan username dan password admin WordPress.

Adapun beberapa konfigurasi dasar yang bisa kamu lakukan, antara lain : 

Hapus Post Bawaan WordPress

Pada saat kamu menginstall tema WordPress ketika instalasi, terdapat beberapa post bawaan dari tema. 

Nah, post bawaan tersebut harus dihapus terlebih dahulu agar nantinya kamu bisa leluasa untuk membuat konten pada blog.

Kamu bisa memilih menu Posts, lalu klik Trash pada post Hello World!.

Setelah selesai menghapus post bawaan dari tema, kamu sudah bisa menuliskan konten apa saja di blog untuk meningkatkan traffic website.

Mengatur Kategori Blog

Dalam proses pembuatan konten pada blog WordPress, alangkah baiknya jika memperhatikan kategori konten yang akan diposting. 

Hal ini karena dengan adanya kategori akan memudahkan pengunjung dalam membaca konten pada suatu blog.

Biasanya, secara default kategori konten dalam WordPress akan diatur otomatis pada Uncategorized. Untuk itu supaya bisa menambahkan atau mengatur kategori baru, kamu perlu mengubah nama terlebih dahulu.

Cara mengubahnya adalah klik tab Posts kemudian pilih menu Categories dan dilanjutkan klik Edit pada Uncategorized. 

Setelah itu kamu bisa mengisi nama kategori pada bagian Name. Pada bagian Slug kamu bisa mengisinya sama dengan nama kategori saja agar lebih mudah. Klik Update untuk menyimpan perubahan nama kategori.

Mengatur Format Tanggal

Selain menghapus konten bawaan dan mengatur kategori, konfigurasi dasar yang ketiga adalah mengatur format tanggal pada blog WordPress. 

Defaultnya, format tanggal pada WordPress diatur mengikuti zona waktu benua Eropa. Apabila kamu tidak mengaturnya akan sulit bukan untuk mengetahui tanggal pada blog WordPress? 

Kamu bisa mengatur format tanggal di WordPress dengan cara pilih tab Settings, lalu pilih menu General. Pada bagian Timezone silakan mengubah nya menjadi UTC +7 apabila kamu berada di daerah WIB. 

Kemudian bagian Date Format dan Time Format kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan. Jika sudah langsung saja klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Mengubah Permalink URL

Dikutip dari Wikipedia, permanent link atau permalink adalah suatu bentuk URL (Uniform Resource Locator) yang diarahkan ke halaman tertentu pada blog atau website setelah melewati . halaman pertama pada saat website diakses.

Singkatnya permalink URL adalah alamat link yang kamu gunakan untuk mengakses halaman post, page, kategori dalam sebuah website.

Pada WordPress, permalink URL berupa nomor- nomor yang di-generate secara otomatis saat membuat konten baru atau melakukan posting di website.

Apabila permalink URL dibiarkan seperti contoh diatas, akan mendatangkan kerugian untuk suatu website. 

Mengapa? Hal ini karena dari sisi search engine seperti Google permalink seperti diatas tidak mudah diindeks atau tidak ramah SEO. 

Untuk itu kamu perlu mengubahnya sebelum posting konten blog WordPress. Selengkapnya kamu bisa mengikuti step by step mengubah permalink URL pada panduan Cara Mengubah Permalink pada WordPress.

  • Percantik Blog Kamu!

Nah, blog sudah jadi. Sekarang saatnya mempercantik blog kamu ya! Semua kemudahan telah ditawarkan WordPress baik dalam instalasi, pengelolaan, kustomisasi hingga security. Untuk mempercantik blog, WordPress telah dilengkapi dengan ratusan template/ tema yang bisa kamu pilih. Ada berbagai template gratis atau berbayar dengan berbagai macam model untuk tampilan blog kamu lho! Untuk mengubah tema WordPress, kamu bisa ikuti Cara Mengganti Template WordPress.

  • Optimalkan Blog Sekarang!

Setelah tampilan blog telah kamu lakukan kustomisasi, maka sekarang saatnya mengoptimalkan blog. Apa tujuannya?

  • Agar blog memiliki traffic yang tinggi
  • Bisa berada di halaman pertama Google
  • Bisa ada di peringkat satu Google
  • Meningkatkan pengunjung blog

Untuk mengoptimalkan blog yang dimiliki, alangkah lebih baik kamu tahu apa itu SEO terlebih dahulu. Dikutip dari Wikipedia, SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

Apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimization) adalah proses untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Jika blog kamu berada di halaman pertama Google, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung sangat besar.

Baca Juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Internet Bagi Pemula

Cara Agar Blog Di Halaman Pertama Google

Setelah pengertian SEO kamu pahami, sekarang saatnya mengetahui cara membuat blog agar bisa ada di halaman pertama Google. Ada beberapa faktor yang bisa dilakukan seperti:

1. Mempercepat Performa Website

Cara agar website tidak lambat yaitu dengan selalui gunakan versi CMS terbaru (jika menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, Magento, dan sebagainya). Selain itu selalu gunakan versi PHP terbaru dan aktifkan fitur PageSpeed serta Memcached di Hosting.

2. Optimalisasi Blog Versi Mobile

Selalu gunakan tampilan website yang responsive jika dibuka dalam smartphone. Google sudah menerapkan Mobile First Indexing atau bisa disebut MobileSEO. Metrik tersebut digunakan Google untuk menentukan peringkat website di berdasarkan kualitas versi mobile dari website tersebut. Kualitas mobile bisa dilihat dari tampilan versi mobile, performa website ketika dibuka dalam browser mobile serta konten yang ada.

3. Kualitas Konten

Selalu isi blog atau website dengan konten yang bermanfaat ya. Selalu lakukan riset terlebih dahulu tentang apa yang ingin ditulis. Kemudian lakukan riset keyword.

Untuk lebih jelas tentang cara membuat blog memiliki pengunjung yang banyak, bisa dibaca di Cara Mudah Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google dengan hosting berkualitas

4. Buat Blog Kamu Aman

Setelah mempercantik blog, melakukan optimasi blog agar traffic tinggi, sekarang saatnya membuat blog kamu aman. Inilah step terakhir dari cara membuat blog profesional. Aman dari siapa?

  • Aman dari para hacker yang berusaha masuk ke blog.
  • Aman dari malware.
  • Aman dari hacker jahat
  • Aman dari virus
    dan sebagainya

 

Kamu tidak perlu menyewa security analis profesional untuk mengamankan blog ya. Ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan. Seperti:

  1. Gunakan SSL di website. Ada banyak jenis SSL Murah yang bisa kamu gunakan baik berbayar maupun gratis.
  2. Jangan menggunakan username default “admin”.
  3. Menggunakan password yang aman
  4. Memasang beberapa plugin security seperti All In One WP Security & Firewall atau WordFence
  5. Selalu lakukan update WordPress agar jika ada celah keamanan bisa segera di “patch” dan sebagainya. Kamu bisa baca Tips Mengamankan WordPress dari DomaiNesia ya agar lebih jelas!

Jadi, cara buat blog untuk pemula dapat disingkat seperti berikut:

  1. Menentukan ide blog
  2. Memilih nama blog
  3. Membeli domain untuk nama blog
  4. Membeli hosting, sebagai tempat penyimpanan file blog/ website
  5. Untuk lebih mudah, bisa gunakan fitur Instant Deploy
  6. Percantik blog dengan mengganti template/ tema
  7. Optimalkan blog dengan SEO agar dapat berada di halaman pertama Google

Kesimpulan

Cara membuat blog untuk pemula dapat kamu lakukan dengan menentukan ide, memilih nama blog, membeli domain dan hosting dan gunakan Instant Deploy DomaiNesia. Instant Deploy DomaiNesia memudahkan pemula dalam membuat blog/ website instant otomatis tanpa koding php sendiri. Jadi, untuk membuat website atau blog profesional diperlukan domain dan hosting terlebih dahulu. Selain lebih profesional, blog kamu akan lebih dipercaya orang lain lho. Semakin banyak orang mempercayai blog kamu, maka pengunjung akan semakin berdatangan. Butuh domain murah dan hosting murah? Langsung aja ke DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)


yayat s
January 18, 2022

kalau saya lihat untuk google + saat ini sudah ngga ada lagi, jadi lumayan agak susah

yayat s
January 18, 2022

mengenai google + saya cari cari sekarang tidak ada lagi, padahal itu cukup membantu dalam mempromosikan website kita, sama halnya seperti pinterest.

rohim
February 14, 2021

Trimakasih kak sudah memberi penjelasan tentang seo bagi saya pemula blog..

Ayoni Sulthon
September 2, 2020

Halo kak, Terimakasih sudah dengan setia memakai domain dari DomaiNesia untuk pertanyaan kakak bisa pakai Tag HTML untuk mendaftarkan website kakak di google console, caranya masuk google webmaster tools dan tambah website --> lalu pilih metode lain dan pilih Tag HTML

Lutfi
August 24, 2020

makasih bang infonya. domain dari domainesia emang bener-bener top, penangananya cepat banget, itu yang bikin aku suka. tapi aku ada sedikit masalah nih. kenapa setiap aku mau index ke google console kok selalu gagal ya? bantuannya dong

Tito
August 17, 2020

Mksh, sangat bermanfaat infonya buat saya yg msh pemula

Swuragil
August 7, 2020

Artikelnya menarik. Bagian yang paling sulit adalah konsistensi merawat blog. Salam

Judi Slot Terpercaya - samudrabet.info
September 22, 2019

izin share ya min, makasih infonya sudah membantu..

amir jainva
July 28, 2019

mantabz infonya bro, saking terperincinya membuat saya pusing baca semua artikelnya.

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah