Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

Cara membuat blog profesional tidaklah sulit. Kamu tidak memerlukan skill pemrograman apapun untuk membuat blog yang mampu menarik banyak pengunjung. Namun, pastikan kamu tahu tema dan ide blog yang akan dibuat. Kemudian tentukan nama blog yang cocok dan merepresentasikan konten dari blog kamu. Blog profesional pasti akan menggunakan domain TLD seperti .COM, .NET, .ID dan sebagainya karena hal tersebut berpengaruh pada branding blog dan kepercayaan pengunjung. Dengan CMS WordPress, para pemula dapat membuat blog, mengelola blog, mempercantik blog, optimalisasi blog, dan mengamankan blog dengan lebih mudah.

cara membuat blog
Cara Membuat Blog – Hi DomaiNesians! Pernah mendengar kata “blog” atau website? Tentunya pernah dong ya! Sekarang ini blog sudah menjadi trend atau gaya hidup masyarakat. Sudah banyak blogger yang sukses meraih keuntungan dan populer di media karena berbekal tulisan di blog. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utamanya. Nah, sebenarnya apa itu blog? Apa beda blog dan website? Bagaimana cara membuat blog hingga menjadi blog profesional dan banyak pengunjungnya? Bagaimana cara membuat blog mudah untuk pemula? Nah, kali DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membuat blog profesional.

Apa itu Blog?

Blog adalah sebuah aplikasi website yang berisi konten-konten tertentu. Dikutip dari Wikipedia, blog atau web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan atau biasa disebut posting pada sebuah sebuah halaman website. Situs website atau blog ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. Pertama kali, blog dipopulerkan oleh suatu platform milik Pyra Labs yang bernama blogger(dot)com.

cara membuat blog

Sumber : unsplash

Pernahkah kamu memiliki blog dengan akhiran blogspot? Nah itulah awal mula istilah “blog” dikenal publik. Dengan blog, kamu bisa tulis apapun yang diinginkan. Kamu bisa berbagi informasi, berbagi pengalaman pribadi, resep makanan, tips dan trik dan sebagainya. Para penulis blog atau biasa disebut “blogger” biasanya akan mudah berkembang karena didukung oleh banyaknya komunitas blogger lokal maupun di internet.

Apa Beda Blog dan Website?

Sebenarnya sama! Pertanyaan ini sering muncul untuk para pemula. Saya memiliki blog, apakah blog juga bisa disebut website? Dikutip dari Merriam-Webster, menurut arti katanya, blog adalah website yang isinya konten online tentang tulisan pengalaman pribadi, video, ataupun gambar. Dan semua orang dapat memberikan komentar terhadap apapun yang diposting. Sedangkan website adalah sebuah halaman di internet yang menggunakan domain dan hosting yang memiliki konten tertentu (Wikipedia). Jadi, blog adalah bagian dari website. Dari segi penulisan, blog lebih komunikatif dan lebih menarik. Sedangkan website, tergantung jenis website yang dibuat.

cara membuat blog

Sumber: Pexels

Ide Blog Yang Bisa Kamu Pilih

Oke, sekarang saatnya menuju ke cara membuat blog. Tetapi sebelumnya, kamu harus tahu tema dan blog apa yang ingin dibuat. Ada banyak tema yang bisa kamu pilih untuk blog kamu. Antara lain:

1. Blog Tutorial

Kamu bisa menulis tutorial berbagai hal. Misalnya, tutorial membuat website, tutorial cara membuat blog, tutorial memasak sayur kangkung, tutorial mengganti ban mobil dan sebagainya.

2. Blog Informasi

Blog ini membahas tentang informasi berbagai hal. Kamu bisa pilih informasi spesifik ataupun informasi global tentang bisnis, teknologi ataupun otomotif.

3. Blog Food dan Traveling

Buat yang suka jalan-jalan dan kulineran, mungkin blog food and traveling ini cocok untuk kamu.

4. Blog Review Produk

Siapa disini yang suka cari informasi dulu sebelum membeli suatu produk? Nah, buat yang melek teknologi ataupun suka membeli produk tertentu, kamu bisa buat blog review produk. Misalnya review produk handphone, laptop, komputer, otomotif dan sebagainya.

5. Blog Pribadi

Buat yang malas membuat blog dengan topik dan tema tertentu, tidak masalah. Buat blog pribadi saja! Kamu bisa tulis konten sesukamu dan semau kamu. Sudah banyak artis yang populer karena menjadi blogger misalnya Raditya Dika, Benazio Kribo, Shitlicious dan sebagainya.

cara membuat blog

Sumber: Shitlicious

6. Blog Politik

Untuk yang suka dunia politik, kamu bisa pilih membuat blog politik yang isinya tentang peraturan pemerintah dan pandangan-pandangan ke depan. Namun, jangan buat blog dengan konten hoaks dan menyebarkan kebencian ya.

7. Blog Kesehatan

Untuk yang berkecimpung di dunia kesehatan, berbagi ilmu kepada orang lain melalui blog juga bisa kamu pilih lho!

8. Blog Fashion

Kamu anak fashionable banget? Yuk bagi tips dan trik serta gaya fashion terbaru kamu melalui blog.

9. Blog Parenting

Sekarang ini, blog parenting juga banyak diminati. Banyak ibu-ibu yang “googling” di internet tentang tips dan trik bagaimana mengurus anak, tips memilih sekolah yang bagus dan sebagainya.

10. Blog Lifestyle

Nah agar tetap mengikuti tren, blog lifestyle bisa jadi pilihan.

11. Blog Riset

Kamu bisa tuliskan berbagai macam riset dan eksperimen tentang sesuatu dan sebagainya.

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Cara membuat blog paling mudah ya di DomaiNesia! Kamu bisa buat blog profesional lengkap dengan domain, hosting serta blog. Dan Kami akan memberikan tips dan trik bagaimana blog bisa ada di peringkat pertama Google. Nah, mau tahu cara membuat blog paling mudah? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini,

1. Menentukan Ide Blog

Tadi telah dijelaskan beberapa ide blog yang bisa kamu gunakan. Coba sekarang pilih salah satu. Blog apa yang ingin kamu buat. Kalau masih bingung, kamu bisa sesuaikan dengan hobi, passion dan tujuan awal pembuatan blog. Misalnya, kamu suka masak. Maka blog bertemakan resep masakan bisa jadi pilihan.

cara membuat blog

Sumber: Pexels

2. Memilih Nama Blog

Saat ide blog sudah berhasil ditentukan, sekarang saatnya memilih nama blog. Karena yang ingin dibuat adalah blog profesional, maka nama blog yang dipilih juga tidak asal-asalan ya. Nama blog disini akan digunakan untuk branding dan sekaligus promosi blog. Untuk blog profesional, kamu tidak akan menggunakan akhiran *blogspot, *wordpress ataupun *tumblr. Kamu akan menggunakan domain TLD seperti .COM, .NET, .ORG, .ID atau yang lainnya. Nah nama blog yang sudah kamu persiapkan, akan dikombinasikan dengan ekstensi domain TLD.

Sebagai contoh: blog yang akan dibuat adalah blog masakan. Maka nama yang akan digunakan masakanenakibu(dot)com atau resepmasakanenak(dot)net atau yang lainnya.

Namun, sepertinya kamu harus tahu apa itu domain terlebih dahulu.

cara membuat blog

Pengertian Domain

Pengertian domain menurut Wikipedia yaitu nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sebenarnya, domain adalah sebuah nama. Ya, domain adalah sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Domain dapat terdiri dari sebuah nama dan diikuti akhiran atau ekstensi domain seperti .com, .id, .co.id , .net dan masih banyak lagi. Untuk tahu jenis ekstensi domain, kamu bisa baca Jangan Bingung Memilih Ekstensi Domain.

3. Memiliki Hosting

Nah, biasanya domain akan berkaitan dengan hosting. Untuk blog yang masih berada di blogspot, *wordpress, *tumblr seperti itu memang tidak membutuhkan hosting. Karena user akan dipinjami “tempat” oleh Perusahaan Blogspot, WordPress ataupun Tumblr. Memang hosting tidak diperlukan, namun efeknya adalah kamu harus menggunakan akhiran sesuai dengan perusahaan tersebut (misalnya *blogspot(dot)com, *wordpress(dot)com). Kamu juga tidak dapat melakukan banyak hal agar blog menjadi profesional. Berikut beberapa kelemahan menggunakan blog tanpa hosting:

– Terbatas
– Susah berkembang
– Tidak dapat upload video, gambar atau tulisan sebanyak-banyaknya
– Tidak dapat upgrade hosting
– Tidak dapat membuat email pribadi/ email perusahaan dengan nama blog sendiri

Nah, untuk itu diperlukan sebuah hosting untuk blog profesional kamu! Ingat ya, DomaiNesia kali ini membahas tentang cara membuat blog profesional. Sebuah blog yang bisa membranding diri kamu. Sebuah blog yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang. Dan sebuah blog yang bisa membuat diri atau perusahaan kamu menjadi terkenal.

cara membuat blog

Apa itu Hosting?

Hosting adalah media untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website. Nah ibarat perumahan, hosting adalah bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan. Bangunan yang didirikan tersebut dinamakan website/ blog. Dan alamat suatu website/ blog tersebut biasa disebut domain. Jadi, untuk membuat website atau blog profesional diperlukan domain dan hosting terlebih dahulu. Beberapa keuntungan blog menggunakan domain dan hosting sendiri:

– Bisa memiliki email dengan nama blog sendiri

Misalnya,
Nama blog kamu: masakanenakibu(dot)com
Nama email : support@masakanenakibu(dot)com
dan sebagainya

– Dapat upload video, gambar, tulisan semau kamu tergantung kapasitas hosting yang dipilih
– Lebih aman
– Dapat dilakukan optimasi agar traffik blog tinggi
– Dapat dilakukan optimasi dari segi SEO agar blog dapat ada di halaman pertama Google
– Memiliki banyak tema yang bisa dipilih
– Lebih profesional
– Cara buat blog lebih mudah
– Dapat dilakukan upgrade hosting agar kapasitas lega

4. Gunakan Fitur Instant Deploy

Nah, coba sekarang di cek lagi. Sudah kamu persiapkan semua belum?

Ide blog / mau buat blog apa
Nama blog yang diinginkan
Pengetahuan tentang pentingnya buat blog menggunakan domain dan hosting

Jika sudah, sekarang saatnya kamu bisa buat blog profesional dengan mudah dan cepat. Kamu tidak perlu beli domain dan hosting secara terpisah lho! DomaiNesia telah menyediakan fitur Instant Deploy khusus untuk kamu yang ingin membuat blog profesional.

Instant Deploy DomaiNesia adalah fitur untuk memudahkan kamu dalam membuat blog/ website. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat blog hanya dengan sekali klik. Kamu bisa memilih kategori blog, tulis nama blog pada bagian domain, pilih kapasitas hosting, tulis username dan password untuk login kemudian blog langsung jadi.

cara membuat blog

Berikut ini akan dijelaskan cara membuat blog menggunakan instant deploy. Adapun yang akan akan digunakan dalam panduan ini yaitu WordPress. Mengapa WordPress? Kamu bisa baca keunggulan alasan blog/ website menggunakan WordPress di 30% Website di Dunia Menggunakan WordPress. WordPress yang akan digunakan untuk membuat blog kali ini berbeda dengan WordPress pada umumnya ya. WordPress yang akan digunakan kali ini adalah CMS WordPress yang berasal dari wordpress.org bukan wordpress.com. Dengan CMS WordPress ini, kamu bisa membuat blog profesional dengan mudah, cepat dan efisien. Bagaimana cara membuat blog dengan instant deploy? Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke Akun DomaiNesia

Buka web browser kemudian ketik https://www.domainesia.com lalu pilih sign in. Lalu Login menggunakan username dan password anda. Username dan password ini merupakan akun anda pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain atau hosting. Jika belum punya, kamu bisa daftar terlebih dahulu dengan klik Sign Up.

cara membuat blog

2. Memilih Menu Web Apps

Untuk membuat blog profesional menggunakan instant deploy, maka pilih Web Apps.

cara membuat blog

3. Memilih WordPress

Untuk melakukan instant deploy WordPress maka silahkan klik Blog lalu pilih WordPress. Kemudian klik Activate. Bagi pemula, DomaiNesia menyediakan panduan membuat website/ blog terlengkap menggunakan WordPress lho. Silahkan klik Download panduan untuk mendapatkan ebook cara membuat website dengan WordPress. Gratis!

cara membuat blog

4. Memilih Hosting dan Domain

Kemudian pilih hosting yang kamu mau. Untuk memilih hosting, kamu tidak perlu bingung. Kamu bisa baca Tips Memilih Hosting terlebih dahulu. Lalu pilih lokasi server. Kami juga menyediakan Panduan Memilih Server. Jangan lupa untuk mengatur siklus atau waktu penyewaan hosting sesuai keinginan.

cara membuat blog
Lalu tulis nama domain sesuai keinginan. Pilih durasi waktu penyewaan. Perlu diingat nama domain adalah nama blog yang telah kamu siapkan tadi ya! DomaiNesia juga menyediakan fitur DNS Zone Manager secara gratis.

cara membuat blog

5. Menambahkan Akun WordPress

Masukkan username dan password untuk blog berbasis WordPress yang akan kamu buat. Username dan password ini nantinya akan digunakan ketika login blog.

cara membuat blog

6. Menyelesaikan Trolli

Jika sudah, maka akan muncul total biaya yang harus dibayarkan. Setelah itu klik pada Masukkan Trolli.

cara membuat blog
Kemudian kamu akan dibawa ke dashboard keranjang belanja. Pada dashboard tersebut akan terlihat item pesanan. Yaitu pemesanan hosting dan instant deploy wordpress beserta nama domain. Untuk menyelesaikan pemesanan, kamu dapat klik Selesaikan & Bayar. Untuk menambah pesanan klik Tambah Pesanan.

cara membuat blog

7. Menyelesaikan Invoice

Kamu akan mendapatkan invoice yang harus dibayarkan. Cek email, dan segera lunasi pembayaran ya. Setelah lunas, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai hosting dan domain melalui email.

cara membuat blog

8. Login Blog Melalui Halaman Admin

Yeay! Blog sudah jadi. Kamu bisa membuka blog dengan menuliskan nama blog/ nama domain pada web browser. Maka akan muncul tampilan seperti berikut. Silakan klik Login ke Admin Panel. Atau kamu bisa melakukan pengelolaan blog melalui halaman admin. Untuk mengakses halaman admin, silakan tulis namablog/wp-admin atau namablog/wp-login.

Contohnya:
Nama blog : masakanenakibu(dot)com
Untuk mengakses halaman admin blog : silakan tulis masakanenakibu(dot)com/wp-admin

cara membuat blog

Di halaman admin ini, kamu bisa melakukan berbagai hal seperti:

– Menulis artikel
– Mengelola menu blog yang ditampilkan
– Mengubah tampilan blog
– Melakukan instalasi template/ plugin
– Konfigurasi blog
– Menambah penulis blog
dan sebagainya

cara membuat blog

5. Percantik Blog Kamu!

Nah, blog sudah jadi. Sekarang saatnya mempercantik blog kamu ya! Semua kemudahan telah ditawarkan WordPress baik dalam instalasi, pengelolaan, kustomisasi hingga security. Untuk mempercantik blog, WordPress telah dilengkapi dengan ratusan template/ tema yang bisa kamu pilih. Ada berbagai template gratis atau berbayar dengan berbagai macam model untuk tampilan blog kamu lho! Untuk mengubah tema WordPress, kamu bisa ikuti Cara Mengganti Template WordPress.

Sumber: WordPress Theme

6. Optimalkan Blog Sekarang!

Setelah tampilan blog telah kamu lakukan kustomisasi, maka sekarang saatnya mengoptimalkan blog. Apa tujuannya?

  • Agar blog memiliki traffic yang tinggi
  • Bisa berada di halaman pertama Google
  • Bisa ada di peringkat satu Google
  • Meningkatkan pengunjung blog

Untuk mengoptimalkan blog yang dimiliki, alangkah lebih baik kamu tahu apa itu SEO terlebih dahulu.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dikutip dari Wikipedia, SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Jika blog kamu berada di halaman pertama Google, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung sangat besar.

cara membuat blog

Sumber: Pexels

Cara Agar Blog Di Halaman Pertama Google

Setelah pengertian SEO kamu pahami, sekarang saatnya mengetahui cara membuat blog agar bisa ada di halaman pertama Google. Ada beberapa faktor yang berpengaruh seperti:

  • Kecepatan Website
  • Optimalisasi Blog Versi Mobile
  • Kualitas Konten

Untuk mempermudah, kamu bisa pasang 5 Plugin SEO di WordPress. Kamu bisa aktifkan W3 Total Cache untuk mempercepat akses website, menggunakan Yoast SEO untuk mengoptimasi penulisan artikel dan sebagainya.
Untuk lebih jelas tentang cara membuat blog memiliki pengunjung yang banyak, bisa dibaca di Cara Mudah Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google.

7. Buat Blog Kamu Aman!

Setelah mempercantik blog, melakukan optimasi blog agar traffic tinggi, sekarang saatnya membuat blog kamu aman. Inilah step terakhir dari cara membuat blog profesional. Aman dari siapa?

Aman dari para hacker yang berusaha masuk ke blog.
Aman dari malware.
Aman dari hacker jahat
Aman dari virus
dan sebagainya

cara membuat blog

Sumber: Pexels

Kamu tidak perlu menyewa security analis profesional untuk mengamankan blog ya. Ada beberapa hal mudah yang bisa kamu lakukan. Seperti:

  • Gunakan SSL di website. Ada banyak jenis SSL Murah yang bisa kamu gunakan baik berbayar maupun gratis!
  • Jangan menggunakan username default “admin”
  • Menggunakan password yang aman
  • Memasang beberapa plugin security seperti All In One WP Security & Firewall atau WordFence
  • Selalu lakukan update WordPress agar jika ada celah keamanan bisa segera di “patch”
    dan sebagainya. Kamu bisa baca Tips Mengamankan WordPress dari DomaiNesia ya agar lebih jelas!

Kesimpulan

Bagaimana? Cara membuat blog profesional cukup mudah, kan? Jangan setengah-setengah ya kalau ingin membuat blog. Pastikan kamu memilih nama blog disertai dengan akhiran domain TLD seperti .COM, .NET, .ORG ataupun yang lainnya. Selain lebih profesional, blog kamu akan lebih dipercaya orang lain lho. Semakin banyak orang mempercayai blog kamu, maka pengunjung akan semakin berdatangan. Butuh domain murah dan hosting murah? Langsung aja ke DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!