• Home
  • Berita
  • Nama Domain Adalah Solusi Ribetnya Mengingat Alamat IP Pada Website

Nama Domain Adalah Solusi Ribetnya Mengingat Alamat IP Pada Website

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Nama Domain Adalah Solusi – Pernahkah kamu berpikir mengapa sebuah jalan membutuhkan nama layaknya manusia?

Hmm jika benar kamu memikirkannya, maka kamu memang orang yang sangat peduli dengan lingkungan.

Jalan yang tidak memiliki nama tentunya akan menyusahkan kamu saat ingin berkunjung ke suatu tempat.

Misalnya kamu mencari tempat A. Proses pencariannya pastinya membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Hingga pada akhirnya kamu tidak menemukannya.

Sumber : Elements Envato

Bikin kesal bukan? Jadi, tidak hanya menyusahkan saja, namun bisa jadi kamu memilih untuk mengurungkan niat berkunjung ke suatu tempat tersebut.

Coba kamu bayangkan, betapa mudahnya bukan jika setiap jalan memiliki nama?

Apabila setiap jalan memiliki nama tentu akan sangat bermanfaat dan memberikan kemudahan untuk mengunjungi suatu tempat.

Nama merupakan identitas. Manusia memiliki nama sebagai identitas pengenal. Begitu pula dengan sebuah jalan.

Jalan membutuhkan nama agar mudah ditemukan oleh orang yang ingin mengunjungi.

Oke, coba pemikiran tersebut kita terapkan pada website. Yuk, langsung saja ke penjelasan berikut ini!

Asal Usul Domain

Website merupakan suatu “tempat” yang dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun asalkan ada koneksi internet.

Karena website nantinya akan diakses oleh banyak orang, tentu sebuah website membutuhkan nama jalan agar orang dapat dengan mudah mengakses sebuah website.

Pada dasarnya nama jalan pada sebuah website disebut dengan alamat IP yang berupa kumpulan angka-angka. Tidak tanggung- tanggung, jumlah variasi angkanya-pun bisa mencapai 12 digit.

Sumber : Elements Envato

Seiring perkembangan teknologi, tidak hanya berupa variasi angka saja. Namun sekarang ditambah dengan huruf dan karakter.

Betapa menyusahkannya bukan jika kita ingin mengunjungi sebuah website dengan cara menuliskan alamat IP satu per satu? Ditambah lagi jika diterpa penyakit lupa, pasti akan sangat menyusahkan dan tentunya bikin kesal.

Nah, ada yang namanya domain. Mungkin bagi kamu yang sudah pernah membuat website atau bekerja di dunia IT, istilah domain sudah tidak asing lagi.

Namun, sebenarnya domain itu melekat di dalam keseharian kita sekarang. Apalagi di era digital ini yang serba online.

Pasti kamu sering menuliskan .com, .id, .net, .xyz ke dalam web browser bukan? Itulah yang disebut ekstensi domain.

Domain adalah komponen pembuatan website yang terdiri atas nama dan ekstensi (.com, .id, .net, dll) yang digunakan sebagai alamat website.

nama domain

“Lalu apa hubungan alamat IP dan domain?”

Pertanyaan yang sangat bagus! Karena alamat IP yang berupa kumpulan angka akan menyusahkan orang untuk mengakses website, maka hadirlah domain untuk memudahkannya.

Singkatnya domain akan membungkus alamat IP sebuah website agar mudah diakses oleh pengunjung.

“Kalau begitu alamat IP dan domain sama dong?”

Secara bentuknya berbeda, alamat IP berupa kumpulan angka dimana kita tidak bisa mengingatnya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, alamat IP juga tidak memiliki nama.

Sedangkan domain berupa nama yang disertai ekstensi domain. Itu berarti domain memiliki nama yang bisa memudahkan pengunjung dalam mengakses sebuah website.

Jadi, seperti halnya sebuah jalan akan membutuhkan nama agar dapat ditemukan dengan cepat. Begitu pula dengan website membutuhkan domain sebagai nama dan alamat website.

Tanpa Nama Domain? Dijamin Pusing

“Apa yang akan terjadi jika website tidak memiliki nama beserta ekstensi domain?”

Tentunya akan menyusahkan dari sisi pengunjung. Karena pengunjung website harus mengingat dan menuliskan alamat IP agar bisa mengakses sebuah website.

Kamu perlu tahu beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari nama domain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai identitas website dari bisnis yang dibangun. Misalnya kamu memiliki bisnis dengan nama “Coffee n Chocolate”. Bisnis yang kamu buat menggunakan website sebagai perantara penyebaran informasi. Dengan nama domain adalah coffeenchocolate.com akan menjadi identitas dari bisnismu.
  • Dengan nama domain dan ekstensinya, kamu dapat melakukan personal branding yang lebih efektif dan efisien. Misalnya kamu ahli bidang desain. Kamu bisa membuat website dengan domainnya adalah nama kamu sendiri untuk meningkatkan branding.
  • Jika kamu memiliki nama domain dan ekstensinya, salah satu keuntungannya adalah bisa membuat email dengan nama domain sendiri. Contohnya kamu memiliki bisnis makanan yang menggunakan website dengan nama domain adalah cookiesbyhoney.com. Lalu, untuk pemberitahuan promo diskon akan kamu sebarkan melalui email, nah kamu bisa menggunakan alamat email dengan nama domain adalah seperti marketing@cookiesbyhoney.com. Lebih keren bukan?

Baca Juga : Cara Membeli Domain dan Keuntungan Memiliki Nama Domain

Tips Memilih Domain Pada Website

Sebelum melakukan order domain, pastikan kamu sudah memikirkan nama domain atau nama untuk website kamu terlebih dahulu.

Mengapa? Karena ketika kamu telah order domain, kamu tidak dapat mengubah nama domain lagi nanti.

Adapun tips dan trik sebelum memilih nama domain yaitu,

    • Pastikan sesuai dengan website yang kamu buat. Misalnya kamu ingin membuat website tutorial makeup jangan sampai menggunakan nama domain masakanindonesia.com atau sebagainya
    • Sesuaikan dengan ekstensi domain yang ada. Misalnya kamu ingin membuat website untuk sekolah, kamu bisa menggunakan ekstensi .sch.id
    • Jangan terlalu panjang memberi nama domain. Hal tersebut akan membuat orang lain mudah lupa mengingat nama website kamu.
    • Jangan menggunakan kata- kata yang susah dimengerti. Usahakan jangan menggunakan ejaan yang berlebihan atau susah untuk dituliskan. Misalnya W3bsiT3aKoe.com dan sebagainya.
    • Selalu pertimbangkan harga domain. Karena domain sifatnya berkala dan harus kamu perpanjang sebelum expired maka kamu harus melihat harga domain. DomaiNesia memiliki beragam domain dengan harga yang murah. Kami juga memiliki harga spesial untuk domain tertentu.

      Selain domain murah , kamu juga dapat melakukan order paket hemat. Paket hemat merupakan paket “bundled” untuk domain dan hosting. Jadi, kamu akan mendapatkan domain sekaligus hosting apabila kamu melakukan order paket hemat di DomaiNesia.

Suggestion Tools : Fitur Rekomendasi Nama Domain Hanya Ada di DomaiNesia

Suggestion Tools adalah fitur rekomendasi nama domain yang dimiliki DomaiNesia agar kamu tidak bingung dalam menentukan nama dan memilih ekstensi domain.

Cara menggunakannya pun juga mudah. Cukup menuliskan nama domain yang kamu inginkan pada kolom Kata Kunci. Misalnya honeybread.

Maka Suggestion Tools akan menampilkan beberapa rekomendasi nama domain adalah sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Setelah itu, kamu bisa memilih apakah hanya membeli domain saja atau pesan paket hemat.

Segera Beli Nama Domain Sebelum Diambil Orang Lain!

Sekarang udah tahu kan kalau website membutuhkan domain sebagai alamat website agar mudah diakses oleh pengunjung?

Tunggu apalagi, yuk langsung saja segera beli nama domain yang kamu inginkan sebelum orang lain menggunakannya.

Baca Juga : Mengamankan Website Secara Cepat Dengan Single Domain SSL

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!