• Home
  • Berita
  • Apa itu jQuery? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu jQuery? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Untuk membuat website yang menarik dan sesuai dengan konsep yang kamu miliki bukanlah hal muda karena membutuhkan web development yang optimal. Perlu kamu ketahui jika web development bukan hanya sekedar bagaimana kau memilih desain yang tepat. Lebih dari itu mengelola sebuah website yang lebih rumit justru cenderung mengarah kepada aspek non design.

Apa itu jQuery?

Dalam dunia coding JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Untuk web programer tentu kamu sudah sangat tahu mengenai hal ini. Namun, JavaScript tidak bisa berdiri sendiri, JavaScript terdiri dari berbagai jenis library, frameworks dan tool.

Salah satu yang paling banyak digunakan adalah jQuery. Sebenarnya apa itu jQuery? Sebelum kita mengulik lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan dari library JavaScript ini,  akan dijelaskan terlebih dulu sebenarnya apa itu jQuery.

apa itu jQuery
Sumber: Pixabay

jQuery adalah library JavaScript yang khusus dirancang untuk menyederhanakan scripting HTML. Jika dilansir dari situs yang bersangkutan jQuery memiliki karakteristik kecil, cepat dan punya banyak fitur yang bisa kamu gunakan.

jQuery ditemukan oleh John Resig pada 2006 bahasa pemrograman ini disebut sebagai library JavaScript yang bersifat lintas platform. Hampir semua web developer menggunakan jQuery karena mudah untuk penggunaannya.

Pada umumnya pembuatan kode JavaScript membutuhkan kode yang cukup rumit dan panjang disinilah jQuery berperan untuk menyederhanakannya dengan menggunakan fungsi yang terdapat didalam library tersebut, menariknya kita hanya memerlukan satu atau dua baris untuk membuat warna selang seling pada suatu tabel.

Kelebihan jQuery

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa dari sekian banyak library JavaScript kamu harus mempelajari jQuery. Mari kita mengulik lebih jauh lagi tentang jQuery dengan mengetahui apa saja kelebihan dari bahasa pemrograman satu ini. Sudah menjadi rahasia umum jika jQuery memiliki banyak kelebihan.

apa itu jQuery
Sumber: Pixabay

Bahkan slogan “write less, do more” benar-benar disematkan sebagai representasi dari salah satu library JavaScript ini. Mengapa jQuery menjadi pilihan banyak web developer? Dibandingkan Javascript Library pendahulunya seperti Prototype, Mootools, YUI (Yahoo User Interface), dan lainnya, jQuery memiliki beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jQuery:

  • jQuery bisa berinteraksi baik dengan berbagai macam tipe bahasa pemrograman.
  • Didukung oleh berbagai macam plugin.
  • jQuery dapat membuat sebuah animasi dasar dengan sangat mudah.
  • Kompatibel dengan semua jenis CSS.
  • Memudahkan untuk mengakses elemen-elemen HTML.
  • Open source/free dengan lisensi dari GNU (General Public License) dan MIT License.

Kekurangan jQuery

Sebagai library JavaScript yang paling populer dan banyak digunakan sudah pasti memiliki segudang kelebihan. Namun apakah kamu tahu bahwa bahasa pemrograman ini juga memiliki beberapa kekurangan yang sangat penting untuk kamu ketahui sehingga kau dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak terjadi dalam pembuatan sebuah website.

Berikut beberapa kekurangan dari jQuery :

  • Sebagai perangkat lunak yang open source terkadang memiliki beberapa masalah tidak terkecuali dengan jQuery.
  • Saat ini sudah banyak sekali versi jQuery yang tersedia itu berarti banyak juga yang versi yang sudah tidak kompetibel.
  • jQuery menyediakan fitur lightweight interface yang mungkin akan menimbulkan sebuah permasalahan nantinya dan kamu sudah harus siap untuk hal ini.

    apa itu jQuery
    Sumber: Pixabay

Tapi tenang saja kamu tetap masih bisa memaksimalkan penggunaan jQuery dan meminimalisir permasalahan yang terjadi, kamu mungkin bisa mulai aktif di dalam community development dan memahami tingkat atau level dari skill pemrograman individu maupun tim. Sehingga apapun masalah yang terjadi pada saat kamu menggunakan jQuery kamu bisa menemukan jalan keluarnya. Itulah sedikit penjelasan tentang apa itu jQuery. Semoga artikel ini membantu!

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!