• Home
  • Berita
  • Tingkatkan Skill Coding dengan Belajar Coding Online Gratis

Tingkatkan Skill Coding dengan Belajar Coding Online Gratis

Oleh Ratna Patria

Pada era digital saat ini dimana informasi apapun bisa didapatkan dengan sangat mudah. Banyak sekali orang yang lebih memilih belajar melalui online, dalam artian mencari informasi yang diperlukan melalui platform-platform digital.

Melalui platform digital yang saat ini sudah sangat canggih, kamu bisa mempelajari apapun yang kamu mau. Termasuk belajar mengenal kode pemrograman atau coding adalah.

Melihat kemajuan teknologi yang terjadi saat ini tentu saja hal ini merupakan sesuatu yang menguntungkan untuk kamu yang ingin memiliki pekerjaan sebagai programmer atau web developer.

5 Rekomendasi Tempat Belajar Coding Online Gratis

Mungkin kamu berpikir jika kamu ingin belajar coding harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Hal tersebut tentu tidak salah. Untuk kursus coding memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

belajar coding online gratis
Sumber: Pixabay

Namun, di era informasi saat ini ini kamu bisa menikmati kemudahan mendapatkan informasi tanpa batas sehingga kamu bisa belajar coding online gratis. Belajar coding atau kode pemrograman bukan hanya untuk IT atau programmer yang sudah profesional saja. Kamu sebagai pemula pun bisa belajar coding secara online.

Saat ini banyak sekali situs-situs belajar coding online gratis yang tersedia. Menariknya kamu bisa belajar coding online gratis melalui situs-situs tersebut. Disini akan diulas beberapa situs belajar coding online gratis yang cukup populer dan paling banyak dikunjungi yang bisa dijadikan referensi.

BitDegree

Bitdegree adalah salah satu tempat belajar coding online gratis yang direkomendasikan. Bitdegree juga menawarkan banyak kursus yang bisa kamu ikuti secara gratis.

Situs ini menawarkan kursus programing sampai ke game development. Situs ini menyediakan kursus online standar dan kursus gamification. Untuk memulai kursus online di BitDegree sangatlah mudah.

Kamu cukup memilih bahasa yang digunakan dan mulailah menggali keahlian kamu. Banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang dipelajari diantaranya yang paling populer adalah : HTML, CSSPHP, JavaScript, SQL, jQuery. Situs ini pun menyediakan sistem reward dan achievement.

Code Academy

Untuk kamu yang ingin belajar coding online gratis sebaiknya jangan melewatkan situs yang satu ini. Code Academy adalah salah satu situs yang paling populer yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk belajar coding secara cuma-cuma.

Platform ini menawarkan berbagai macam kursus dari mulai pengenalan programing sampai programing tingkat lanjut.

Pada Codecademy kamu bisa mendapatkan pendekatan dan metode belajar yang interaktif, sehingga kamu bisa langsung mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari.

belajar coding online gratis
Sumber: Pixabay

FreeCodeCamp

FreeCodeCamp adalah satu dari sekian banyak situs belajar coding online gratis yang menyediakan layanan menarik. Platform ini menyediakan komunikasi real life dan kamu juga bisa berinteraksi dengan komunitas seputar pembelajaran bahasa pemrograman.

Dalam FreeCodeCamp kamu dapat belajar coding dengan berpartisipasi dalam berbagai tantangan.

Kamu juga bisa mengakses ke tutorial dan kursus pemrograman untuk bisa menyelesaikan tantangan yang kamu ambil. Selain itu kamu bisa berinteraksi secara online melalui forum jika ada hal yang tidak dimengerti.

Code School

Platform biasanya digunakan oleh para pemula dan tentu saja bisa dinikmati secara gratis. Code Schoole telah memiliki lebih dari 1 juta pelajar di seluruh dunia.

Platform ini memiliki metode dan proses belajar yang berbeda dari situs-situs belajar coding online gratis yang lainnya. Metode belajar yang diterapkan adalah:

  1. Kamu bisa memilih jalur pendidikan yang telah dibuat dan disusun oleh para profesional, kemudian kamu bisa mulai mempelajari materi yang telah disediakan.
  2. Kamu bisa berlatih dari materi yang telah dipelajari di browser dan akan mendapatkan feedback.
  3. Akan tersedia poin setiap kali kamu menyelesaikan level khusus.
  4. Platform ini juga memungkinkan untuk kamu memonitor progress dan melihat semua achievement.

Codewar

Platform ini menawarkan metode belajar yang cukup kreatif untuk coding online gratis. Seperti namanya Codewar memiliki tema seperti seni beladiri, program ini didasarkan tantangan yang disebut “kata”.

Kamu bisa memilih banyak sekali bahasa kode pemrograman seperti C++, JavaScript, Ruby, SQL, PHP, Swift TypeScript, dan masih banyak lagi.

Belajar Hal Baru Nggak Perlu Mahal

Demikianlah beberapa situs yang bisa kamu jadikan tempat belajar coding online gratis. Selain situs-situs yang telah kami sebutkan diatas tentu masih banyak lagi situs yang lainnya.

Kamu bisa memilih situs yang menurut kamu memiliki metode belajar yang bisa kamu pahami dengan mudah. Namun, perlu kamu ingat seperti segala hal yang gratis tentu saja kamu akan menemukan banyak kekurangan di setiap situs tersebut.

belajar coding online gratis
Sumber: Pixabay

Salah satu kekurangan jika kamu memilih untuk belajar coding melalui platform-platform online maka kamu harus siap untuk belajar otodidak.

Selain itu fasilitas dan layanan yang kamu dapatkan secara gratis tentu saja tidak sama dengan kamu mengikuti kursus dengan berbayar. Semuanya tergantung bagaimana kamu mau melakukannya. Dimana ada usaha, disitu juga pasti ada jalan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds