• Home
  • Berita
  • Berapa Biaya Hosting Per Tahun? Simak Rinciannya

Berapa Biaya Hosting Per Tahun? Simak Rinciannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Buat kamu yang tertarik punya website, pasti kepikiran kan berapa biaya hosting per tahun. Memang, mengetahui biaya hosting dan juga domain adalah salah satu pertimbangan utama saat akan mengembangkan dan mengelola sebuah website. Harga hosting per tahun tentu memiliki perbedaan antara satu website dengan website lainnya. Hal ini karena dipengaruhi oleh jenis layanan dan penyedia layanan yang digunakan. Nah, berapa biaya hosting per tahun bisa kamu simak pada artikel ini.

Mengenal Apa Itu Hosting

Pengertian Hosting

Hosting atau web hosting adalah layanan online yang membuat konten website kamu dapat diakses di internet. Saat kamu membeli paket hosting, sebenarnya sama saja kamu menyewa ruang di server fisik untuk menyimpan semua file dan data situs web.

biaya hosting per tahun
Sumber: Envato

Penyedia layanan menyediakan teknologi hosting dan sumber daya yang diperlukan untuk pengoperasian situs web kamu yang efektif dan aman. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga dan menjalankan server, menerapkan langkah-langkah keamanan, dan memastikan bahwa data seperti teks, foto, dan file lainnya berhasil ditransfer ke browser pengunjung.

Sebenarnya tanpa berlangganan hosting kepada penyedia, kamu dapat menghosting situs web sendiri, tetapi membutuhkan keterampilan teknis yang ekstensif. Self-hosting memerlukan pengaturan dan konfigurasi server web dari awal, termasuk peralatan, infrastruktur, perangkat keras, dan perangkat lunak. Selain itu, kamu juga harus menangani semua pemeliharaan yang sedang berlangsung. 

Maka dengan adanya penyedia layanan hosting seperti DomaiNesia, kamu tak perlu repot-repot untuk melakukan setup dan perawatan sendiri. Penyedia layanan hosting web memastikan bahwa situs web kamu bekerja secara optimal dan dengan protokol keamanan yang lebih baik. Ini menyederhanakan banyak aspek rumit dari penghostingan situs web mulai dari penginstalan perangkat lunak hingga dukungan teknis.

Jenis-jenis Hosting

Ada beberapa jenis hosting yang populer saat ini. Pada dasarnya, untuk memilih jenis hosting yang sesuai dengan website-mu, ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan website dan spesifikasinya. Berikut ini adalah beberapa jenis hosting yang populer digunakan saat ini. 

Shared Hosting

Dengan shared hosting, akun atau situs web kamu akan berbagi sumber daya dengan akun dan situs web lain di server hosting karena semua berada pada server yang sama. Dengan berbagi sumber daya seperti ini, penyedia hosting dapat menekan biaya dan menawarkan harga yang murah. Itulah keuntungan dari shared hosting, ya harganya murah.

biaya hosting per tahun
Sumber: Envato

Cloud Hosting

Dengan cloud hosting, situs web kamu mendapatkan sumber daya khusus di jaringan komputer besar yang disebut “cloud”. Itulah salah satu perbedaan utama antara cloud hosting dan shared hosting, alih-alih berbagi sumber daya, dengan cloud hosting kamu mendapatkan sumber daya yang 100% didedikasikan untuk situs website-mu. 

Ini umumnya mengarah pada peningkatan kinerja karena kamu tidak perlu khawatir tentang situs web orang lain yang memengaruhi situs website-mu. Cloud hosting juga menawarkan keandalan yang sangat baik karena ada jaringan komputer yang menggerakkan segalanya, bukan satu titik kegagalan. Artinya, bila salah satu server cloud tersebut bermasalah, masih ada backup dari server cloud lain. 

VPS Hosting

VPS Hosting sangat mirip dengan cloud hosting. Perbedaan utamanya adalah situs website kamu mendapatkan sumber daya khusus dari satu server fisik, bukan dari “cloud”. Meskipun kamu tidak mendapatkan seluruh server untuk kamu sendiri, sumber daya yang dialokasikan ke situs website-mu adalah 100% milik kamu (tidak seperti shared hosting). 

VPS Hosting memberi kamu akses ke sumber daya yang terjamin dan kontrol penuh tanpa harus menjalankan server kamu sendiri. Ini adalah solusi yang sangat baik untuk situs web dengan lalu lintas sedang hingga tinggi, padat sumber daya, dan mungkin cocok untuk e-commerce. Jika kamu menginginkan lingkungan hosting skala bisnis yang andal dengan harga yang bersahabat, sangat layak untuk mempertimbangkan hosting VPS untuk situs web Anda.

WordPress Hosting

Gampangnya, WordPress hosting adalah hosting yang disediakan untuk meng-hosting situs website yang dibangun pada “pondasi” Content Management System (CMS) WordPress. WordPress hosting adalah layanan yang khusus yang ditawarkan kepada pemilik website WordPress atau orang yang ingin memilikinya. 

Muncul dengan beberapa fitur terkait WordPress yang hanya dapat kamu gunakan jika kamu memiliki situs WordPress, seperti instalasi sekali klik hingga plugin pra-instal. Server telah dikonfigurasikan untuk kebutuhan WordPress.

biaya hosting per tahun
Sumber: Envato

Kalkulasi Biaya Hosting Per Tahun

Setelah kamu mengetahui macam-macam hosting populer yang ada, mungkin kamu bisa mulai mempertimbangkan mana yang cocok dengan kebutuhan website kamu. Jika kamu telah menentukan jenis hosting, kamu bisa temukan hosting tersebut di DomaiNesia tentunya dengan harga yang terbaik. Berikut ini adalah kalkulasi rincian biaya hosting per tahun hosting Indonesia terbaik DomaiNesia

Hosting

Buat kamu yang baru ingin memulai mengembangkan website, biaya hosting per tahun menjadi hal yang perlu kamu ketahui. DomaiNesia menyediakan hosting yang cocok buat kamu yang baru pertama kali mengembangkan website tentunya dengan spesifikasi website-mu yang belum terlalu kompleks. Misalkan saja kamu ingin memiliki website pribadi, kamu bisa gunakan web hosting murah di DomaiNesia.  

Contohnya kamu mengambil paket Starter. Misalkan saja kamu mengambil paket ini untuk layanan selama dua tahun. Jika harga per bulan pada paket ini adalah Rp 12.000 maka dalam dua tahun kamu hanya akan mengeluarkan biaya sebesar Rp 288.000. Artinya biaya hosting per tahun yang kamu keluarkan sebesar Rp 144.000. Waw, biaya yang murah buat kamu pastinya. 

Kalau misalkan dihitung per hari saja, maka kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 400 perak untuk membayar langganan hosting dengan harga Rp 12.000 per bulan.biaya hosting per tahun

VPS Hosting

Mari beralih pada jenis VPS hosting untuk mengetahui biaya hosting per tahun dari layanan ini. Kamu telah mengetahui jenis-jenis hosting pada poin penjelasan di atas dan menyadari bahwa VPS hosting adalah layanan hosting yang cukup menguntungkan terutama bagi kamu yang memiliki website atau sistem yang cukup kompleks dan membutuhkan resource cukup banyak.

Tenang, tak perlu khawatir dengan harga yang terkesan “mahal”. Menggunakan VPS murah Indonesia di DomaiNesia adalah solusi VPS Hosting dengan harga yang bersahabat. Biaya hosting per tahun dari layanan itu sangat terjangkau. 

Misalkan kamu menggunakan layanan cloud VPS 1 GB, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 80.000, artinya dalam sehari kamu hanya perlu merogoh uang sekitar Rp 3.000 per hari. Dengan harga sekian maka biaya hosting per tahun yang kamu keluarkan adalah Rp 960.000.  biaya hosting per tahun

Harga Domain dan Hosting Per Tahun

Selain biaya hosting per tahun yang perlu kamu pertimbangkan, kamu memerlukan domain untuk bisa membuat website-mu dapat diakses di internet. Tenang, menambahkan anggaran domain tidaklah mahal. DomaiNesia punya banyak domain murah buat kamu. 

Jika kamu menggunakan domain .com kamu hanya perlu membayar Rp 119.000. Selain itu kamu bisa menggunakan domain lain seperti .xyz yang hanya seharga Rp 18.000 saja. Jadi, harga domain dan hosting per tahun yang kamu keluarkan untuk hosting starter dengan biaya hosting per tahun Rp 144.000 dan domain .com seharga Rp 119.000 adalah sebesar Rp 263.000 saja. Waw, harga domain dan hosting per tahun yang sangatlah murah!

Baca juga : Ingin hosting dengan resource besar? pakai Cloud hosting DomaiNesia

Pilih Hosting Yang Tepat Untuk Website-mu

Memilih hosting yang tepat adalah faktor keberhasilan website-mu dapat memiliki performa yang lancar. Memilih hosting juga soal kamu mempertimbangkan harga hosting per tahun yang perlu kamu keluarkan. Kamu tak perlu khawatir dengan harga hosting per tahun yang mahal karena DomaiNesia menyediakan layanan hosting yang tentunya memiliki harga yang bersahabat. Selain itu, DomaiNesia juga menawarkan harga untuk domain yang murah sehingga kamu tak perlu khawatir dengan harga domain dan hosting per tahun untuk website-mu.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds