• Home
  • Berita
  • Web Browser adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya

Web Browser adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya

Oleh Ratna Patria

Bagi kamu yang setiap hari bekerja didepan laptop rasanya tidak akan mungkin jika kamu dalam sehari saja tidak membuka browser atau web browser. Ya, browser adalah perangkat lunak atau software yang sering kamu gunakan untuk membuka Twitter, Youtube, hingga tools produktivitas-mu bekerja seperti misalnya Trello dan aplikasi sejenisnya. Mungkin kamu adalah pengguna browser Google Chrome? Atau Mozilla Firefox? Atau Safari? Nah, buat kamu yang mau tahu lebih lanjut mengenai apa itu browser, pengertian browser, cara kerja web browser, fungsi browser, dan macam macam browser, simak penjelasan dibawah ini ya!

Mengenal Apa Itu Browser

Pengertian Browser

Browser atau web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses world wide web (www) atau yang lebih dikenal oleh semua orang sebagai Internet. Ini adalah jembatan antarmuka yang menghubungkan antara kamu dan informasi yang tersedia di website. Pelajari apa itu pengertian website, jenis dan kelebihannya.

browser adalah
Sumber: Freepik

Web browser adalah program atau aplikasi client-server, artinya program ini meminta server web untuk memberi informasi yang diminta oleh pengguna. Beberapa browser yang umum digunakan orang Indonesia adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Internet explorer atau Microsoft Edge.

Web browser digunakan terutama untuk menampilkan dan mengakses situs web di internet, serta konten lain yang dibuat menggunakan bahasa seperti Hypertext Markup Language (HTML) dan Extensible Markup Language (XML). Browser adalah aplikasi yang mampu menerjemahkan halaman web dan situs web yang dikirimkan menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) menjadi konten yang dapat dibaca manusia. 

Browser juga memiliki kemampuan untuk menampilkan protokol dan awalan lain, seperti HTTP aman (HTTPS), File Transfer Protocol (FTP), penanganan email (mailto:), dan file (file:). Selain itu, sebagian besar browser adalah aplikasi yang juga mendukung plug-in eksternal yang diperlukan untuk menampilkan konten aktif, seperti konten video, audio, dan game dalam halaman.

Web browser adalah perangkat lunak yang mulai muncul sebelum awal abad ke-21, dengan browser yang hanya berupa teks yang disebut Lynx dan browser lain yang disebut Mosaic. Setelah itu, Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer muncul sebagai dua pilihan utama, hingga diluncurkannya Mozilla Firefox pada tahun 2004. 

Sementara itu, produk Safari milik Apple diluncurkan pada tahun 2003, dan menjadi sistem operasi standar untuk iPhone milik perusahaan pada tahun 2007. Sejak saat itu, Google Chrome juga menjadi pesaing dalam perang persaingan produk web browser.

Fungsi Browser

Sebenarnya, fungsi browser telah “terlihat” dan benar-benar sudah kamu rasakan fungsinya, yaitu untuk membantu kamu mengakses website yang kamu inginkan. Namun selain itu apa aja sih fungsi browser itu? Beberapa fungsi browser adalah sebagai berikut:

browser adalah
Sumber: Freepik
  • Fungsi utamanya adalah untuk mengambil informasi dari World Wide Web dan membuatnya tersedia untuk pengguna 
  • Mengirim permintaan ke dan mengambil data dari server. Browser digunakan untuk mengambil dan mengambil teks mark-up hypertext dari internet ke perangkat pengguna.
  • Menyediakan fasilitas navigasi bagi pengguna. Kontrol navigasi adalah fungsi lain dari browser internet. Semua browser memiliki menu, tab, dan banyak fitur lain yang digunakan untuk menjelajahi situs web dan internet secara umum. Browser memungkinkan pengguna untuk membuka lebih dari satu halaman web, dan mencetak, dan menyimpan halaman di antara fitur-fitur lainnya.
  • Caching data yang paling sering diakses untuk meningkatkan kecepatan penelusuran. Web browser menyimpan konten yang sering diambil pengguna untuk menghemat waktu saat mengambil data dari server. Alih-alih mendapatkan halaman dari server, dengan cache browser mampu mengambil beberapa komponen yang disimpan di komputer klien untuk operasi cepat. 
  • Memberikan metode yang aman untuk mengakses konten melalui internet. Browser menyediakan metode aman untuk mengakses data melalui internet. 

Macam macam Browser Populer

Tentu kamu telah mengetahui macam macam browser yang populer. Entah itu memang kamu gunakan sendiri atau digunakan oleh teman dan rekan kerjamu. Berikut ini adalah macam macam browser populer yang bisa kamu gunakan:

Google Chrome

Google Chrome adalah web browser yang paling populer dan banyak digunakan. Ada kemungkinan besar kamu menggunakannya sendiri sekarang ini. Alasan di balik popularitasnya adalah kecepatan dan lengkapnya fitur yang ada didalamnya. Ini adalah salah satu browser tercepat untuk membuka dan memuat dengan cepat, hasil pencarian diambil dalam hitungan detik. Alasan lain mungkin karena UI – nya yang sederhana dan mudah digunakan.

Mozilla Firefox

Yang ini adalah pilihan populer lainnya di kalangan pengguna. Meski banyak orang yang menggunakannya namun tetap saja masih lebih banyak pengguna Google Chrome atau Safari. Salah satu alasannya karena masalah kompatibilitas akses dengan produk atau aplikasi buatan Google lainnya. Sebenarnya browser ini juga memiliki kecepatan yang tidak kalah dengan Google Chrome.

browser adalah
Sumber: Freepik

Safari

Safari adalah browser Web yang dikembangkan oleh Apple, Inc., dan merupakan browser default dari sistem operasi yang digunakan dalam lini produknya seperti OS X untuk komputer Mac dan MacBook dan iOS untuk perangkat seluler iPhone dan iPad. Safari pada awalnya dikembangkan untuk OS X dan dirilis sebagai beta publik pada 7 Januari 2003, dengan pembaruan besar di Safari 4 yang dirilis pada Februari 2009. Perlu kamu ketahui jika setiap server website yang dibuka di internet memiliki hosting utuk penyimpananya

Microsoft Edge

Yang ini sudah diinstal sebelumnya pada perangkat Windows 10. Ini dikembangkan untuk menggantikan internet explorer dan dengan demikian bertindak sebagai browser default. Ini semakin populer karena fitur rendering barunya, UI yang mudah digunakan, penulisan gaya bebas melalui tampilan halaman web, dan banyak lagi. Microsoft Edge adalah web browser lintas platform berpemilik yang dibuat oleh Microsoft. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2015 sebagai bagian dari Windows 10 dan Xbox One.

Cara Kerja Web Browser adalah

Seluruh proses pengumpulan informasi dimulai dengan pengguna saat memasukkan URL situs web yang diinginkan di bilah pencarian url atau domain. Browser adalah bagian dari model client-server di mana ia berperan sebagai klien. Browser mengirimkan informasi yang diminta ke server web melalui protokol transfer HTTP-hypertext. 

Setelah permintaan diterima, server mengumpulkan informasi terkait yang diteruskannya melalui halaman web. Saat URL dimasukkan nama domain, web browser pertama-tama meminta domain name server (DNS) alamat IP. DNS adalah “buku telepon internet” dan oleh karena itu, DNS menyimpan nama sistem dan alamat IP yang sesuai. Selanjutnya, setelah alamat IP ditemukan, alamat tersebut digunakan untuk meminta server situs web untuk konten tersebut. Ini kemudian dipenuhi dan ditampilkan di layar klien. Begitulah cara kerja web browser.

browser adalah
Sumber: Freepik

Sudah Paham Belum Sama Browser Yang Sering Kamu Pakai?

Walaupun sering kamu pakai, bahkan setiap hari namun kamu baru tahu kan kalau fungsi browser itu cukup banyak. browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses world wide web (www) atau yang lebih dikenal oleh semua orang sebagai Internet. Ini adalah jembatan antarmuka yang menghubungkan antara kamu dan informasi yang tersedia di website. Selain fungsi utama tersebut, fungsi browser adalah untuk caching data yang paling sering diakses untuk meningkatkan kecepatan penelusuran dan yang tidak kalah penting adalah memberikan metode yang aman untuk mengakses konten melalui internet. Browser menyediakan metode aman untuk mengakses data melalui internet.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds