• Home
  • Berita
  • HTTPS: Arti, Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

HTTPS: Arti, Manfaat, Cara Kerja, dan Bedanya Dengan HTTP

Oleh Mila Rosyida

Apabila kamu memiliki website pribadi atau untuk urusan bisnis, sudahkan website kamu berprotokol HTTPS? Atau bahkan kamu tidak tahu bahwa HTTPS adalah tanda website kamu telah terlindungi?

Iya, protokol HTTP Secure adalah satu dari tiga persyaratan inti agar sebuah website menjadi aplikasi web progresif di dalam internet.

Hal inilah yang membuat dalam beberapa tahun ke belakang, pemilik website berlomba-lomba untuk meningkatkan keamanan websitenya, salah satunya melalui protokol website.

Sebab, terjamin aman saat online itu penting. Tidak ada pengguna website yang ingin informasi pribadi mereka dapat terlihat dan dimanfaatkan oleh orang lain, khususnya para hacker.

Berkat ekstensi protokol HTTP versi aman ini, hacker tidak dapat membaca data pengguna di internet secara sembarangan dan kamu jadi tahu bahwa kamu saat itu sedang “berbicara” dengan server.

Nah, bagi kamu yang belum “kenal” dengan apa itu HTTPS, silahkan baca artikel blog DomaiNesia berikut ini. Dengan begitu kamu jadi mengerti mengapa HTTP Secure adalah syarat penting kesuksesan traffic di search engine internet.

Apa Itu HTTPS?

Dikutip dari Wikipedia, HTTP Secure merupakan bagian dari keamanan website yang bertugas untuk melindungi saat terjadinya proses komunikasi dalam jaringan internet.

Hypertext Transfer Protocol Secure atau biasa disingkat HTTPS adalah versi aman dari HTTP yang juga merupakan protokol utama yang digunakan untuk mengirim data antara web browser dan website. HTTP Secure adalah bentuk aman dari protokol HTTP.

Protokol ini membungkus lapisan terenkripsi di sekitar HTTP dan Transport Layer Security (TLS) sehingga client dan server akan berkomunikasi dengan aman menggunakan HTTP.

Dengan kata lain, protokol ini akan dienkripsi untuk meningkatkan keamanan transfer data sensitif, misalnya ketika mengakses web rekening bank, layanan email, atau penyedia asuransi kesehatan.

Website yang menggunakan protokol HTTPS memiliki frasa https:// di awal URL domainnya, bukan http://. Contoh terdekatnya seperti ketika kamu mengakses website DomaiNesia ini, pasti akan bertuliskan https://www.domainesia.com.

Pasalnya, website apa pun, terutama website yang memerlukan verifikasi akun dengan login harus menggunakan protokol HTTP secure ini. Sebab, sejak tahun 2018, web browser modern seperti Chrome akan menandai website yang tidak menggunakan HTTPS dengan warning notification bertuliskan “Not Secure” di sebelah nama domain pada address bar. 

https

Baca Juga: Kenali Pengertian dan Manfaat Versi Terbaru HTTP yaitu HTTP3 Yuk!

Cara Kerja HTTPS

HTTPS menggunakan protokol enkripsi di server untuk mengenkripsi segala jenis komunikasi. Protokol ini disebut Transport Layer Security (TLS) yang mana sebelumnya dikenal sebagai Secure Sockets Layer (SSL certificate).

Protokol ini mengamankan komunikasi dengan menggunakan apa yang dikenal sebagai asymmetric public key infrastructure. 

HTTP hanyalah sebuah protokol, tetapi ketika dipasangkan dengan TLS atau keamanan lapisan transport, protokol itu menjadi terenkripsi. Jenis sistem keamanan ini menggunakan dua kunci berbeda untuk mengenkripsi komunikasi antara dua pihak. Adapun dua kunci HTTPS adalah:

  • Private key

Kunci yang dikendalikan dan disimpan oleh pemilik situs web yang bersifat private. Kunci ini akan bekerja di web server dan digunakan untuk mendekripsi informasi yang dienkripsi oleh public key.

  • Public key

Kunci ini tersedia untuk semua orang yang ingin berinteraksi dengan server dengan cara yang aman. Informasi yang dienkripsi oleh public key hanya dapat didekripsi oleh private key.

Kamu bisa menerapkan sertifikat ke protokol yang berbeda, seperti HTTP (web), SMTP (email), dan FTP. Sertifikat SSL atau TLS berfungsi dengan menyimpan kunci yang dibuat secara acak (private dan public) di web server kamu. Public key diverifikasi dengan client dan private key yang digunakan dalam proses dekripsi.

Saat browser telah terhubung ke server HTTP secure, server akan menjawab dengan sertifikat SSL.

Browser memeriksa apakah sertifikat itu valid, mulai dari informasi pemilik harus cocok dengan nama server yang diminta pengguna serta sertifikat SSL harus berasal dari otoritas sertifikasi terpercaya.

Jika salah satu kondisi ini tidak terpenuhi, pengguna akan mendapatkan notifikasi masalah keamanan website.

Request awal dikirim ke server untuk verifikasi. Setelah itu, ketika server menjawab bahwa itu adalah server yang sesuai, client kemudian mengirim pesan halo.

Alhasil, pada tahap ini, komunikasi menjadi terenkripsi dan terjadilah komunikasi online antara pengguna web dengan website melalui web browser.

Manfaat Menggunakan HTTPS

Menggunakan HTTPS pada website memang sangat disarankan. Hal ini demi keamanan dari website yang kamu bangun.

Mengingat sampai saat ini keamanan masih menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan apalagi di era teknologi yang berkembang dengan cepat.

Model kejahatan siber bermunculan dan juga semakin berkembang.

Untuk itulah mengapa HTTPS disarankan pada suatu website. Selain memberikan keamanan pada website, dari sisi pengunjung website juga akan merasa bahwa website yang mereka kunjungi merupakan website yang aman.

Baca Juga : Tips Memilih SSL Murah DomaiNesia

Manfaat Untuk SEO

Selain itu, penggunaan HTTPS juga memberikan pengaruh pada SEO website. Pada tahun 2014 Google memberikan pengumuman bahwa penggunaan HTTPS menjadi salah satu ranking signal atau penentu ranking dalam posisi website pada SERP Google.

Sebagai search engine yang besar dan banyak penggunanya, Google pastinya memprioritaskan dalam hal keamanan. Google ingin memastikan bahwa semua website yang diakses melalui search engine Google aman.

Bagi website yang telah menggunakan HTTPS, Google akan memberikan peringkat atau ranking yang lebih tinggi dan ditambah dengan banyaknya pengguna yang mengakses website akan meningkatkan traffic website maka peringkat SEO pada website akan meningkat.

Manfaat untuk keamanan website

HTTPS adalah protokol yang membuat data dienkripsi saat transit dari dan ke server asal.

Protokol ini menjaga komunikasi dan interaksi online tetap aman sehingga orang-orang jahat seperti hacker tidak dapat mengintip dan mengambil data apa pun yang sedang dikirim.

Misalnya, username dan password pengguna tidak dapat dicuri saat pengguna sedang mengisi formulir login ke suatu akun. Itulah kenapa HTTPS sangat berperan dalam menjaga keamanan website.

Sumber : envato

Jika website atau aplikasi web harus mengirimkan data sensitif atau pribadi kepada pengguna (misalnya, informasi rekening bank), proses enkripsi juga melindungi data tersebut.

Manfaat untuk website perusahaan

Untuk website perusahan biasanya menggunakan metode autentikasi yang diberikan kepada pengunjung website apabila ingin mengakses fitur tertentu.

Autentikasi adalah metode verifikasi bahwa validitas seseorang atau mesin dalam proses komunikasi antara pengguna dengan website. Dalam HTTP, tidak ada verifikasi identitas karena proses HTTP didasarkan pada prinsip kepercayaan.

Tapi, pengembang HTTP tidak serta merta membuat keputusan untuk mempercayai semua web server secara implisit. Sebab, mereka hanya memiliki prioritas selain keamanan pada saat itu.

Tetapi di internet modern seperti sekarang, proses autentikasi HTTPS adalah sangat penting.

Ibaratnya seperti saat kamu memesan ojek online di aplikasi Gojek. Kamu jangan sampai naik ke kendaraan yang tidak sama dengan informasi yang tertera pada aplikasi hanya karena pengemudi mengatakan “ganti dengan kendaraan lain”.

Demikian pula ketika pengguna menggunakan website kamu, mereka tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik layar website dan siapa orang yang mengelola datanya.

Sertifikat SSL yang berperan dalam mengaktifkan HTTPS adalah seperti informasi pengemudi di aplikasi ojek online tadi. SSL akan mewakili proses verifikasi eksternal oleh web server pihak ketiga terpercaya.

Buat kamu yang baru memulai bisnis yang membutuhkan website perusahaan, pilih hosting murah dan yang pastinya sesuai kebutuhan ya. Di DomaiNesia sendiri menyediakan beberapa paket hosting Indonesia yang beragam yang dapat memenuhi kebutuhan webiste perusahaanmu.

Manfaat https untuk toko online

Bagi toko online kepercayaan pelanggan atau customer adalah hal yang penting. Mengapa? Karena kepercayaan pelanggan akan menentukan nasib bisnis kedepannya.

Untuk itu dalam membuat website toko online pun membutuhkan HTTPS sebagai keamanan dan membangun kepercayaan pelanggan.

Tertarik untuk memulai bisnis toko online? Kamu bisa menggunakan hosting WordPress. Beberapa platform toko online di dalam WordPress bisa kamu dapatkan secara langsung. Eitss jangan lupa untuk menambahkan SSL ya.

Website yang menggunakan HTTPS adalah seperti restoran yang menampilkan logo “Halal” dari BPOM yang mana calon pelanggan akan lebih percaya bahwa mereka terlindungi dari makanan non-halal.

Seperti yang sudah sempat dibahas di awal bahwa HTTPS adalah protokol yang menggunakan sertifikat SSL atau TLS untuk mengenkripsi komunikasi sehingga meminimalisir upaya hacker untuk mencuri data.

SSL (Secure Socket Layer) atau TLS akan mengkonfirmasi ke pengguna bahwa mereka terhubung dan data mereka terlindungi di server website kamu.

Dengan begitu, kamu sebagai pemilik web dapat mencegah berbagai jenis cyber attack. Meskipun beberapa pengguna mungkin tidak menyadari manfaat SSL atau TLS ini, web browser modern akan memastikan bahwa mereka peduli dengan faktor kepercayaan website.

Beli Sertifikat SSL

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS?

Secara teknis, HTTPS adalah protokol yang tidak terpisah dari HTTP, dengan kata lain, masih satu “keluarga”.

Hanya saja, HTTPS menggunakan enkripsi TLS atau SSL melalui protokol HTTP. Fungsi HTTPS akan bekerja berdasarkan transmisi sertifikat TLS atau SSL yang memverifikasi bahwa provider tertentu adalah valid dan sesuai. 

Ketika pengguna terhubung ke halaman web, halaman web akan mengirimkan sertifikat SSL-nya yang berisi public key yang diperlukan untuk memulai secure session.

Kedua komputer, client dan server, kemudian melalui proses yang disebut handshake SSL/TLS, yang merupakan serangkaian komunikasi bolak-balik yang berguna dalam memastikan proses koneksi yang aman.

Perbedaan lain antara HTTP dan HTTPS adalah penggunaan port default.

Protokol HTTP menggunakan port 80 level TCP/IP, sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

Yang paling penting adalah bahwa HTTP bekerja pada layer application, sedangkan HTTPS bekerja di layer transport.

Sehingga protokol HTTP lebih cocok untuk website yang didesain khusus hanya sekedar akses informasi satu arah (hanya dari pemilik website) seperti website blog/personal.

Jamin Keamanan Website Kamu Dengan Berprotokol HTTPS

Dengan demikian, sedikit demi sedikit kita semakin paham bahwa HTTPS adalah protokol keamanan yang harus digunakan di semua jenis web.

Baik website personal, website portfolio, dan pastinya website bisnis seperti e-commerce.

Dengan menggunakan HTTPS, kamu telah memberikan koneksi yang aman kepada pengunjung web serta meyakinkan mereka bahwa segala bentuk komunikasi mereka di internet dilakukan melalui server terpercaya.

Seperti yang sudah dibahas di atas, kunci utama terwujudnya website aman dengan HTTPS adalah melalui penggunaan sertifikat SSL yang berkualitas.

Sumber : Elements Envato

Kamu bisa mendapatkan layanan sertifikat SSL murah dimana lagi kalau bukan di DomaiNesia! Kami menyediakan berbagai macam kategori sertifikat SSL dari berbagai brand SSL terbaik di dunia.

Kalau soal harga, jangan khawatir menguras kantong karena kami selalu menyediakan promo khusus bagi DomaiNesians tercinta. Produk sertifikat SSL murah yang paling diminati dan banyak digunakan adalah PositiveSSL.

So, tunggu apa lagi? Amankan website kamu dari berbagai lapisan keamanan digital bersama DomaiNesia! Dan buat kamu yang ingin upgrade website agar memiliki kapasitas yang lebih besar dan optimal kamu bisa upgrade ke VPS.

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds