Cara Membuat Toko Online Mudah

Introduction

Hi DomaiNesians! Apakah anda termasuk kategori orang yang suka berwirausaha? Setiap wirausahawan/pengusaha pasti memiliki sebuah toko untuk berjualan baik itu berbentuk fisik atau online. Nah, sekarang ini bisnis online mulai dilirik oleh para pengusaha. Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia internet tumbuh sangat pesat. Sehingga pasar online sepertinya banyak dilirik. Banyak pengusaha lrela menghabiskan modalnya hanya untuk membuat toko online dengan biaya yang fantastis. Namun, tenang! Teknologi sudah semakin canggih. Sekarang ini anda bisa membuat toko online sendiri dengan mudah dan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman dan GRATIS! Yuk ikuti cara membuat toko online berikut ini.

Menggunakan CMS (Content Management System)

Nah, untuk membuat toko online sebenarnya ada beberapa cara.

Pertama, buat dari NOL

Untuk membuat website dari nol memang membutuhkan keahlian khusus. Anda dituntut untuk bisa bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, HTML, Python dan sebagainya. Selain itu, pengetahuan doman hosting, web security, dan beberapa keahlian juga dibutuhkan. Karena dibuat dari nol, maka waktu yang dibutuhkan juga agak lama. Maka dari itu, biasanya cost dalam pembuatan toko online lumayan merogoh kocek agak dalam. Tapi bagi anda yang suka tantangan, mencoba tidak ada salahnya 🙂

Kedua, menggunakan CMS

Cara membuat toko online kedua ini cocok untuk anda yang tidak mau ribet, kurang mengerti urusan pemrograman dan tidak pakai lama dalam proses pembuatan. Anda bisa menggunakan CMS (Content Management System). CMS merupakan suatu sistem manajemen konten yang bisa anda ubah sesuai keinginan. Jadi intinya, CMS ini merupakan website yang sudah “jadi”. Tinggal anda sesuaikan saja dengan keinginan. Ada beberapa CMS misalnya untuk membuat company profile bisa menggunakan WordPress, Drupal, Joomla. Untuk membuat toko online dapat menggunakan Prestashop, OpenCart. Untuk membuat elearning bisa juga menggunakan Moodle. CMS ini dibuat khusus untuk anda yang tidak bisa bahasa pemrograman. Selain itu, para developernya selalu melakukan merilis versi terbaru untuk menutupi beberapa celah keamanannya, sehingga jangan khawatir untuk urusan keamanan web.

Bagaimana Cara Membuat Toko Online ?

Di DomaiNesia, anda bisa membuat toko online hanya dengan sekali klik! Tanpa harus mengerti bahasa pemrograman, nggak pakai ribet, mudah dan cepat! Anda juga tidak perlu konfigurasi domain dan hosting secara terpisah, karena toko online kali ini dibuat menggunakan fitur Instant Deploy! Adapun cara membuat toko online dengan mudah dan cepat yaitu,

Step 1 – Buka www.domainesia.com

Langkah pertama, silahkan buka website DomaiNesia di www.domainesia.com. DomaiNesia memiliki beberapa produk hosting murah, domain murah, VPS murah, web apps serta SSL gratis. Untuk membuat toko online, silahkan klik Web Apps.

cara membuat toko online

Step 2 – Memilih Toko Online

Ada beberapa CMS yang bisa anda pilih sesuai keinginan. Di DomaiNesia terdapat 4 jenis CMS toko online yang populer yaitu Prestashop, OpenCart, LiteChart dan Magento. Apabila bingung bagaimana bentuk dan tampilan toko online tersebut, Kami memiliki contoh website dan panduan yang bisa anda lihat. Apabila sudah menentukan pilihan, silahkan klik Pesan.

cara membuat toko online

Step 3 – Memilih Hosting dan Domain

Nah dengan fitur Instant Deploy DomaiNesia, anda bisa secara langsung memilih Hosting dan Domain. Jadi nanti toko online, domain dan hosting menjadi satu kesatuan. Hal ini akan membuat konfigurasi dan pembayaran menjadi lebih mudah. Pilih paket Hosting dan lokasi server. DomaiNesia memiliki 4 lokasi server yang berbeda. Apabila anda merasa kesulitan dalam menentukan lokasi server, silahkan baca Panduan Memilih Lokasi Server. Pilih siklus sewa hosting selama 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun. Agar lebih aman, silahkan pilih SSL gratis Let’s Encrypt atau berbayar Comodo SSL.

cara membuat toko online

Tulis nama domain sesuai keinginan. Lalu pilih durasi domain dan addons. Nama domain merupakan nama website anda. Untuk itu, pastikan anda menggunakan nama yang sesuai. Apabila bingung dalam memilih domain, silahkan ikuti Tips Memilih Nama Domain dan baca Perbedaan Ekstensi Domain. Oiya, DomaiNesia memberikan domain GRATIS dalam setiap pembelian web apps!

Step 4 – Membuat Akun Toko Online

Agar bisa masuk ke toko online anda, maka dibutuhkan akun login. Silahkan tulis username dan password. Username dan password ini digunakan untuk bisa login ke toko online.

cara membuat toko online

Step 5 – Masukkan Troli

Kemudian terdapat total order yang harus anda bayarkan. Masukkan email anda kemudian klik Masukkan Trolli.

cara membuat toko online

Step 6 – Melunasi Tagihan

Anda bisa mendapatkan diskon tambahan dengan menuliskan kode promo pada kolom Kode Promo. Kemudian, untuk dapat melunasi tagihan maka anda harus login ke akun DomaiNesia terlebih dahulu. Apabila anda belum memiliki akun DomaiNesia, silahkan buat dahulu dengan mengikuti Cara Membuat Akun DomaiNesia.

cara membuat toko online

Silahkan klik tulisan “Saya telah membaca, memahami dan menyetujui Terms of Service”. Apabila ingin menambah pesanan silahkan klik Tambah Pesanan. Jika sudah selesai silahkan klik Selesaikan & Bayar.

cara membuat toko online

Silahkan cek email, maka akan ada invoice/ tagihan yang harus anda bayar dan cara melunasi tagihan. DomaiNesia memiliki beberapa metode pembayaran yaitu melalui transfer bank, kartu kredit, PayPal ataunpun Virtual Account. Agar lebih mudah dan cepat tanpa konfirmasi pembayaran, silahkan pilih metode Virtual Account. Apa itu Virtual Account? Silahkan baca Mengenal Virtual Account. Setelah melakukan pembayaran silahkan klik Cek Pembayaranuntuk mengetahui apakah pembayaran anda sukses atau belum.

cara membuat toko online

Step 8 – Toko Online Telah Siap!

Setelah pembayaran selesai, tandanya toko online telah siap! Silahkan buka panel admin dan konfigurasikan sesuai keinginan.
Cara menggunakannya,
OpenCart: silahkan tulis namadomain/admin
Prestashop : silahkan tulis namadomain/admin123
Kami juga memiliki panduan konfigurasi yang bisa anda baca seperti Panduan Membuat Toko Online dengan Prestashop.

Closing

Cara membuat toko online di era sekarang ini cukup mudah. Pilih CMS, tentukan hosting dan domain, lunasi pembayaran maka toko online impian telah jadi. Anda tidak perlu pusing dengan urusan pemrograman dan web securitynya asal anda rutin melakukan update ke versi terbaru. DomaiNesia penyedia jasa hosting terbaik , domain murah dan vps murah. Apabila anda memiliki pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi Kami melalui chat, kirim tiket atau email ke support@domainesia.com. Bagaimana cara kirim tiket? Cek Panduan Kirim Tiket DomaiNesia. See yaaa! 🙂

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles