Apa itu cPanel?

Oleh Mutiara Auliya
5/5 (5)

Pada saat pertama kali hosting aktif, kamu akan mendapatkan link cPanel Hosting. Apa itu cPanel hosting? cPanel hosting akan  membantu kamu dalam mengelola hosting, domain dan website. Kamu bisa setting subdomain dengan mudah, mengupload file website, memasang SSL di website dan sebagainya. Sebagai pemula, tentu saja cPanel akan mempermudah kamu. Tidak perlu ilmu manage server untuk mengoperasikan hosting. Yuk cari tau lebih dalam tentang apa itu cPanel ya.

Apa itu cPanel?

cPanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website. Dikutip dari Wikipedia, cPanel akan memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. tools ini dapat berjalan dalam server/ hosting dengan sistem operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Pernah mendengar kata cPanel Hosting sebelumnya? Ketika kamu membeli hosting ataupun berkutat dengan dunia hosting, pasti akan menemui sebuah control panel yang akan membantumu dalam urusan setting. Nah, control panel tersebut dinamakan cPanel Hosting. Berikut adalah gambar dari tampilan tools ini.

apa itu cpanel

Dikutip dari ReviewHell.com, tools ini dibuat dengan bahasa pemrograman Perl dan support custom plugin, IPv6 serta banyak server.

Apa Fungsi cPanel?

Fungsi tools ini sebenarnya untuk mempermudah pengelolaan website, domain serta hosting itu sendiri. Dikutip dari cpanel.com, ada beragam fungsi tools ini yang wajib diketahui:
1.Mempermudah proses manajemen web hosting
2.Mempermudah customer dalam melakukan setting website
3.Mempermudah pengelolaan email
4.Mengatur pengelolaan domain seperti pembuatan subdomain, addon domain dan sebagainya
5.Melakukan pengaturan file
6.Mempermudah dalam manajemen database website

Apa Yang Bisa Saya Lakukan di cPanel Hosting?

Kamu bisa melakukan pengelolaan apapun di tools ini seperti pengelolaan file, database, email, domain, scan virus bahkan melakukan pengamanan hosting. Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut di Hosting,

Pengelolaan File

Dengan adanya cPanel Hosting, kamu tidak perlu masuk ke server untuk hanya sekedar memindahkan file, membuat file baru, melakukan upload file website dan sebagainya. Dengan menu File Manager, kamu bisa melakukan semua hal tersebut dengan mudah. Ada juga menu Backup dan File Restoration yang memudahkan kamu dalam proses backup restore. Mau tahu berapa kapasitas hosting yang masih bisa digunakan? Kamu bisa klik Menu Disk Usage.

apa itu cpanel

Pengelolaan Database

Kehadiran website tidak bisa dipisahkan dengan database. Bagi orang awam, membuat database di hosting secara manual mungkin menyusahkan. Nah, kehadiran tools ini ini akan mempermudah kamu tentunya. Di cPanel, ada 2 macam database populer yang bisa digunakan seperti MySQL dan PostgreSQL. Terdapat juga menu phpMyAdmin, phpPgAdmin, hingga remote MySQL.

apa itu cpanel

Pengelolaan Domain

cPanel juga bisa digunakan untuk pengelolaan domain lho. Kamu bisa membuat addon domain, membuat subdomain, redirect domain, setting Aliases dan setting DNS. Setting DNS ini sangat berfungsi buat kamu yang ingin mengarahkan domain ke server lain, melakukan custom domain atau mengarahkan domain ke hosting. Untuk setting DNS, silahkan pilih Zone Editor buat kamu yang masih pemula.

apa itu cpanel

Pengelolaan Email

Dengan tools ini, kamu bisa membuat email dengan domain sendiri, menggunakan menu Email Accounts. Kamu bisa juga memilih Menu Autoresponders untuk membuat balasan email secara otomatis. Terdapat juga menu Email Filters untuk menyaring email yang masuk. Menurut c panel.com, terdapat Menu Apache SpamAssassin dan Authentication untuk pengamanan email.

apa itu cpanel

Grafik dan Data

Selain urusan setting dan konfigurasi, kamu bisa melihat grafik dan data dari website. Kamu bisa melihat data pengunjung website tiap bulan dengan memilih Menu Visitors. Kamu juga bisa melihat log website dengan memilih Menu Errors, Awstats dan Webalizer. Ingin mengetahui bandwidth yang sedang berjalan? Silahkan pilih Menu Bandwidth.

apa itu cpanel

Pengelolaan Security

Di tools ini kamu juga bisa melakukan kontrol terhadap server dengan menggunakan SSH Access. Perlu diingat bahwa SSH hanya bisa dilakukan minimal Paket Hosting Super. Untuk lebih tahu mengenai SSH, silahkan baca Cara SSH Server. Dikutip dari cpanel.com, untuk pengelolaan security terdapat menu Hotlink Protection dan IP Blocker. Kamu bisa memblokir IP tertentu yang melakukan indikasi spamming website menggunakan IP Blocker. Untuk lebih memperkuat keamanan website, kamu bisa tambahkan SSL berbayar di Menu SSL/TLS untuk keamanan lebih.

apa itu cpanel

Mengubah Password, Data User, Bahasa dan Tampilan

Jika bosan dengan tampilan yang gitu-gitu aja, kamu bisa mengubah tampilan cPanel Hosting sesuka hati. Kamu juga bisa mengubah password dan data user hosting langsung di cPanel. Males dengan bahasa inggris? Kamu bisa ubah pengaturan bahasa di Menu Change Language.

Pilih cPanel atau Plesk?

Sebenarnya ada beragam kontrol panel web hosting yang bisa digunakan seperti Plesk ataupun Webuzo. Namun menurut ReviewHell dalam cPanel vs Plesk: Picking The Right Control Panel, ada beberapa hal mengapa kamu harus memilih cPanel daripada kontrol panel hosting Plesk.
1. Sangat cocok untuk Linux Server Hosting. Apalagi dikombinasikan dengan CloudLinux, membuat tools ini memiliki performa tinggi untuk Linux Hosting. Sedangkan Plesk, lebih cocok untuk Windows Hosting.
2. Mempermudah customer dalam melakukan migrasi hosting. Jika server yang digunakan sama- sama menggunakan tools ini, maka proses migrasi mudah dilakukan. Berbeda dengan Plesk, walaupun sama-sama menggunakan Plesk, proses migrasi hosting cukup sulit.

Bagaimana Cara Akses cPanel?

Oke, sekarang saatnya mengakses cPanel Hosting. Untuk mendapatkan akses ke Panel Hosting, tentu saja kamu harus memiliki hosting terlebih dahulu. Kamu bisa order hosting terbaik berkualitas di DomaiNesia dengan harga yang beragam. Jika masih bingung, silahkan ikuti Cara Order Hosting. Nah, ketika pertama kali order hosting pasti nantinya akan mendapatkan Informasi Account Hosting yang berisi nama server beserta akun tools ini. Silahkan tulis url cPanel di browser kemudian isi dengan username dan password. Misalnya https://namaserver.rapidplex.com:2083/ atau bisa juga setelah nama domain. Misalnya namadomain.com/cpanel

Kesimpulan

Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu cPanel dan fungsinya, apa yang bisa dilakukan tool ini, perbedaan c Panel dengan Plesk hingga cara aksesnya. Panel ini sangat membantu user untuk mengelola domain, hosting serta website. Tanpa adanya tools ini, bisa dibayangkan dong betapa sulitnya membuat subdomain, melakukan upload file website hingga setting database. Hanya orang-orang tertentu yang bisa melakukan itu semua. Namun, dengan kehadiran tools ini, orang awam pun bisa melakukan konfigurasi sendiri. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi Tim Support DomaiNesia melalui live chat ataupun kirim tiket. Kami akan dengan senang hati membantu kamu! Jika ingin mengetahui tentang cara membuat website sendiri, silahkan baca 5 Jurus Jitu Membuat Website Dari Nol.

Mutiara Auliya

Hi! I am Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!