Home  »  Permulaan   »   Cara Mengubah Timezone Server di Hosting

Cara Mengubah Timezone Server di Hosting

Last Update:

cara mengubah timezone server
Hi, DomaiNesians! Walaupun website kamu berada di shared hosting, kamu masih bisa mengubah timezone server lho. Timezone server ini berfungsi ketika kamu ingin menggunakan fungsi date() pada php. Kamu harus melakukan sinkronisasi timezone pada server dan pada script php. Secara default timezone terletak pada file konfigurasi php.ini. Untuk mengubah timezone server, kamu tidak perlu mengubah script php secara manual. Kamu bisa mengubah timezone server melalui cPanel Hosting. Bagaimana caranya? Silakan ikuti panduan cara mengubah timezone server di hosting berikut ini.

Cara Mengubah Timezone Server di Hosting

Untuk mengubah timezone server di hosting, kamu bisa ikuti step by step berikut ini,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.
membuat file htaccess

2. Memilih Select PHP Version

Kemudian, anda akan diarahkan ke dashboard cPanel DomaiNesia. Pada kolom pencarian, silahkan tulis “select php version”. Lalu klik menu tersebut.

cara mengubah timezone server

3. Memilih Switch To PHP Options

Nah untuk mengubah timezone server, kamu bisa klik Switch To PHP Options.

cara mengubah timezone server

4. Mengubah date.timezone

Pada menu PHP Options, kamu bisa mengatur beberapa konfigurasi dengan lebih mudah. Cara mengubah timezone server sendiri yaitu melalui pilihan date.timezone. Silakan sesuaikan dengan script dan lokasi kamu. Ada berbagai macam zona waktu/ timezone yang bisa kamu tambahkan. Misalnya, Asia/Jakarta, Asia/Jayapura, Asia/Kuala_Lumpur, Asia/Makassar dan sebagainya. Untuk daftar timezone server silakan cek http://php.net/manual/en/timezones.asia.php

cara mengubah timezone server
Jika sudah menuliskan timezone/ zona waktu yang diinginkan, silakan klik Apply.

Kesimpulan

Ada beragam cara mengubah timezone server yaitu melalui script php.ini dan melalui php selection pada cPanel. Bagi pemula, mungkin akan sedikit kesulitan dalam mengakses script php.ini. Untuk itu, bisa langsung diubah melalui cPanel Hosting lalu pilih menu Select PHP Version kemudian pilih PHP Selection. Setelah itu ubah pada bagian date.timezone. Apabila kesulitan, silakan hubungi Tim Support DomaiNesia. Kamu bisa hubungi kami via chat, tiket, email ataupun langsung ke kantor. Untuk lebih mengetahui tentang php selector, kamu bisa baca Mengubah file php.ini Melalui PHP Selector. Salam DomaiNesia!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!