• Home
  • Hosting
  • Mengubah File php.ini Melalui PHP Selector

Mengubah File php.ini Melalui PHP Selector

Oleh Mutiara Auliya

 

Php.ini adalah file konfigurasi PHP yang berfungsi untuk mengatur bagaimana PHP mengeksekusi script atau kode dalam website. Jika di localhost, anda dapat mengatur file php.ini secara manual. Namun, ketika website sudah berada di Hosting dan dapat diakses secara online, file php.ini ada di dalam menu tersediri. Beberapa konfigurasinya juga dapat diatur secara otomatis, jadi semakin mudah. Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara mengubah file php.ini melalui php selector. Sehingga anda bisa mengubah limit memori hosting, mengubah versi php di hosting dan mengaktifkan modul terbaru di hosting melalui fitur php selector ini.

Apa itu php.ini?

Php.ini adalah file konfigurasi PHP yang berfungsi untuk mengatur bagaimana PHP mengeksekusi script atau kode dalam website. Dalam file ini anda dapat mengatur segala hal yang berkaitan dengan development website. Seperti besar maksimum upload file, permission dalam membuka file, waktu eksekusi, memori limit dan sebagainya. Dengan adanya cPanel, maka anda dimudahkan dalam mengubah file ini melalui PHP selector.

Cara Mengatur Konfigurasi php.ini

Adapun langkah- langkah mengatur php.ini yaitu sebagai berikut,

1. Login cPanel Hosting

Masuk ke dalam cpanel anda melalui https://namadomain/cpanelLogin cPanellalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Jika bingung, silahkan baca Cara Login cPanel Hosting.

2. Memilih Select PHP Version

Maka anda akan masuk kedalam cpanel dari hosting. Kemudian cari Select PHP version pada kolom pencarianSelect PHP version

3. Memilih PHP Version

Setelah itu anda akan diarahkan menuju halaman PHP Selector. Dalam PHP Selector ini, terdapat 2 bagian yaitu Extensions dan Options. Pada PHP Selector Extension ini anda dapat mengganti versi php dengan memilih dropdown pada Current PHP version .

Tulisan current artinya adalah versi PHP yang digunakan saat ini. Silakan klik pada tulisan versi PHP dan pilih versi PHP yang diinginkan.

Selain mengubah versi PHP, anda dapat menambah atau mengurangi ekstensi (extensions) yang ada pada server hosting. Sebagai contoh anda ingin mengaktifkan memcached maka beri tanda centang pada memcached. Artinya, fitur memcached sudah aktif.

4. Mengubah Konfigurasi File php.ini

Untuk mengubah konfigurasi pada file php.ini maka klik pada OptionsMaka anda akan masuk ke halaman Options. Di dalam PHP Options inilah terletak file konfigurasi php atau file php.ini. Anda dapat mengubah konfigurasi sesuai dengan keinginan anda.

5. Mengubah Kapasitas Memori

Misalnya anda ingin mengubah kapasitas memori, maka klik pada kolom sebelah kanan memory_limit. Ubah kapasitas memori yang anda inginkan lalu tunggu hingga muncul notifikasi sukses.

Setelah semua konfigurasi yang anda inginkan telah diubah, maka pilih Save. Setelah selesai, kamu bisa melakukan upload database ke hosting atau mengikuti cara hosting web agar website bisa online.

Kesimpulan

File php.ini adalah salah satu file yang penting bagi developer. Karena terkadang yang menyebabkan website tidak mau dijalankan pada hosting yaitu karena konfigurasi file tersebut yang bermasalah. Bukan pada script yang anda buat. Dengan adanya PHP Selector pada cPanel, akan mempermudah kinerja anda dalam proses editing file php.ini. Butuh website dengan Hosting Indonesia Terbaik? Yuk cek Hosting Murah DomaiNesia! Kamu juga bisa menggunakan beberapa library PHP dengan mudah menggunakan Composer. Ikuti panduan cara install composer di Hosting dengan mudah. Happy Coding!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!