Cara Import Database MySQL ke phpMyAdmin

Hi DomaiNesians! Setuju nggak kalau salah satu komponen utama dalam website yaitu database? Menurut Wikipedia, database merupakan kumpulan informasi dalam website yang tersusun sistematis dan dapat diolah. Terdapat berbagai jenis database salah satunya yang paling terkenal yaitu MySQL. Biasanya para developer dalam mengembangkan websitenya menggunakan bantuan localhost terlebih dahulu. Hal ini digunakan untuk mempermudah proses develop website. Tetapi, pada akhirnya website dibuat untuk dikenalkan kepada publik ya kan? Untuk itu, anda perlu Hosting untuk menyimpan website yang telah selesai dibuat. Nah dari localhost ke Hosting pastilah memerlukan proses migrasi salah satunya migrasi database. Anda dapat melakukan eksport database dari localhost kemudian melakukan import database ke Hosting melalui phpMyAdmin. Nah, cara import database MySQL ke phpMyAdmin ada di panduan ini. Yuk intip yuk..

Tahap Persiapan

Oke, jadi sebelum anda melakukan import database, maka pastikan anda memiliki file berekstensi .sql. File ini merupakan hasil dump/ hasil eksport dari database tersebut. Misalnya anda ingin memindahkan database dari localhost ke Hosting. Maka anda dapat melakukan eksport database dahulu (di localhost) baru melakukan import database (di Hosting). Adapun cara eksport database MySQL silahkan baca panduannya di Cara Eksport Database MySQL di phpMyAdmin.

Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin

Setelah memiliki file .sql maka sekarang anda dapat melakukan import database. Adapun cara import database MySQL di phpMyAdmin yaitu,

Step 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

Step 2 – Memilih phpMyAdmin

Jika login berhasil, maka anda akan diarahkan ke dashboard cPanel Hosting. Pada form pencarian, silahkan ketik “phpmyadmin”. Setelah muncul, silahkan klik phpMyAdmin.

Cara Import Database MySQL

Step 3 – Siapkan File SQL

Langkah ketiga yaitu siapkan file berekstensi .sql tadi.

Cara Import Database MySQL

Step 4 – Memilih Menu Import di phpMyAdmin

Setelah itu masuk ke dashboard phpMyAdmin. Silahkan pilih database mana yang ingin dimasuki file .sql. Intinya database ini nanti akan menyimpan database yang telah di eksport tadi (file .sql). Untuk membuat database baru, silahkan baca Panduan Membuat Database MySQL. Setelah memilih database, silahkan klik Menu Import. Lalu klik Choose File untuk memilih file .sql. Kemudian scroll ke bawah dan klik Go.

Cara Import Database MySQL

Step 5- Import Database Telah Berhasil

Silahkan tunggu sebentar. Voila! Import database MySQL telah berhasil. Database yang baru dibuat tadi berisikan database dari hasil export. Jadi, anda tidak perlu takut apabila ada informasi/ data dalam database yang terbuang. Semua telah masuk ke database dengan rapi melalui proses import.

Closing

Import database MySQL di phpMyAdmin dilakukan ketika anda ingin memindahkan database dari localhost ke Hosting atau dari Hosting satu ke Hosting lainnya. Oiya, sebelum melakukan upload file website ke Hosting import database juga harus diperhatikan. Hal tersebut untuk menghindari adanya error dalam website. Untuk mengetahui cara upload file website, silahkan baca Panduan Upload File Website di Hosting. Pengen beli Hosting Indonesia tapi takut mahal? Jangan khawatir! Cek aja Hosting Terbaik DomaiNesia. Sstt…. banyak promo lho!

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles