Apa itu Web Server dan Jenis-Jenis Web Server3 min read

web server

Apa itu web server dan jenis-jenis web server ? Tentu Anda bertanya-tanya tentang bagaimana sistem kerja webserver dan pengertian webserver bukan? untuk itu simak artikel ini sampai selesai.

Untuk lebih jelasnya, Berikut adalah pengertian webserver menurut Wikipedia adalah peladen web yang bisa merujuk pada perangkat hardware ataupun software yang menyediakan layanan pada user melalui protokol HTTP atau HTTPS atas file-file yang ada pada suatu situs web dalam layanan ke user dengan memakai aplikasi pembuka web.

Apakah Anda semakin bingung? jika iya, berikut DomaiNesia jelaskan cara mudahnya.

Pemakaian webserver adalah untuk penghubung antara server dan browser, namun dalam penggunaannya diperluas lagi sebagai tempat peyimpanan data dan sebagai perangkat untuk menjalankan sejumlah aplikasi untuk kepentingan bisnis.

Dari penjelasan diatas maka Anda bisa menyimpulkan jika webserver merupakan software atau hardware yang berfungsi sebagai pemberi data kepada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, opera supaya browser bsia menampilkan halaman website tertentu.

Fungsi Web Server Dalam Internet

Fungsi dari web server adalah untuk mentransfer file permintaan melalui protokol HTTP atau HTTPS yang telah ditentukan di awal. Jika Anda tahu, halaman web memiliki banyak data, diantaranya : berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi. Data-data inilah yang dikirim dari web server ke client yang berupa web browser.

Adapun jenis-jenis Web Server di antanya adalah :

  • Apache ( Yang paling sering digunakan )
  • Apache Tomcat
  • Microsoft windows Server 2008 IIS (Internet Information Services)
  • NginX
  • Zeus
  • Sun Java System

Di dunia website ataupun skala bisnis, ada beberapa webserver yang paling sering digunakan untuk menjalankan server web maupun skala bisnis, berikut penjelasannya

Apache web server

web server 1

Sumber Unixmen

Meskipun biasa disebut dengan web server, Apache hadir dalam bentuk software atau sering disebut perangkat lunak server, software inilah yang nantinya menggantikan fungsi server sesungguhnya.

Yaitu fungsinya adalah untuk membuat sebuah hubungan antara server dan browser (crome, opera, safari )milik pengunjung web sambil mengirimkan file bolak-balik (antara user-server).

Bagusnya web server ini adalah software lintas OS atau operating sistem, oleh sebab itu server ini bisa berfungsi sangat baik di server Windows dan Unix .

Apache Tomcat Web Server

web server 2

Sumber Medium

Server web apache tomcat merupakan aplikasi open source dan juga merupakan suatu wadah web aplikasi berbasis java yang dipakai untuk menjalankan servlet dan JSP (Java Server Pages) disebuah aplikasi web.

Apache tomcat dibuat pertamakali oleh Apache – Jakarta, saat ini karena popularitasnya maka proyek apache tomcat dipisah. Saat ini apache tomcat didukung dan kembangkan oleh komunitas open source java komunitas. (Vukotic & Goodwill, 2011)

Web server IIS (Internet Information Services) sering di pakai pada OS Windows (Windows 2000 dan Windows 2008) kelebihan dari webserver ini adalah dukungan komponen protokol jaringan DNS, TCIP/IP dan software yang dipakai untuk membuat situs web.

IIS juga sangat cocok untuk mendukung protokol seperti FTP, HTTP dan SSL. Kelebihan dari IIS adalah bisa diakses penuh di sistem operasi Windows dan mendukung platform .NET.

NginX

web server 4

Sumber TechRepublic

NginX dibaca engine x ini adalah nama dari sebuah webserver open source yang dapat digunakan oleh siapapun secara bebas dan gratis. Keunggulan Nginx yaitu bisa menangani website dengan traffic tinggi jika dibandingkan dengan apache, maka kapabilitas NginX lebih baik dibanding apache server.

Dengan begitu Ngin X ini sangat cocok untuk bisnis profesional dengan pengunjung yang sangat banyak, Nginx lebih baik daripada Apache. Kelebihan selanjutnya yaitu memiliki peforma tinggi, arsitektur event-based dan fiturnya sangat bermanfaat.

CARA KERJA DARI WEB SERVER

Bagi Anda yang bingung dengan cara kerja dari web server, maka simaklah baik-baik penjelasan ini, karena sedikit teknis. Web server adalah sebuah mesin yang di install sebuah software atau aplikasi yang beroperasi untuk memberikan data sebuah halaman website ke pengguna.

Untuk bisa menghubungkan Web Server dan Web Browser merupakan sebuah proses dari gabungan jaringan komputer yang ada di seluruh dunia. Jika semua jaringan internet sudah terhubung secara fisik, diantaranya : Protocol TCP , IP  maka semua komputer di seluruh dunia bisa terhubung satu sama lain.

Itulah penjelasanan apa itu web server yang perlu Anda ketahui, semoga Artikel ini bermanfaat.

Bagi Anda yang hendak membeli server untuk websitenya ata untuk perusahaan, maka Anda bisa mengeceknya di hosting murah

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!
>